Friday, August 6, 2010

Traveller Cupu [Part 1]


27 Juli – 2 Agustus 2010 gw mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke kota Medan, tepatnya berkunjung ke Sumatra Utara, karena gw ga cuma stay di Medan. Perjalanan singkat murah meriah ini dimulai dari pembicaraan antara gw n Pika yang sama-sama punya planning ke Medan. Si Pika katanya mau ziarah ke makam leluhurnya, sedangkan gw sih emang pengen nyari escapee aja dari Jakarta.

Awalnya sempet ngira rencana ini bakalan ga jadi dan gw pasrah aja kalo ga jadi karena waktu gw ngajuin proposal jalan-jalan ini ke nyokap bokap, mereka menolak mentah-mentah untuk men-sponsori. So the trip is fully sponsored by me alias semua pake duit gw sendiri. Kemudian H-7 malem-malem, Pika nelpon gw bilang kalo dia berhasil ngedapetin tiket Air Asia Jakarta-Medan pulang pergi 700rb. Demi apa lo??? Hajar ga nih? Hajar duong!!! Langsung buking malem itu juga. Well, walopun 700ribu itu cuma harga promo, yang bakalan jadi 900ribu juga ujung-ujungnya setelah ditambahin asuransi, pick-a-seat, convinience fee [entah what the hell apa ini!], baggage, plus airport tax, tapi yaaah.. it still a chance so we took it.

So it’s just like that, berangkatlah kita ke Medan. Rencana sih, satu malem gw bakal nginep di rumah Om gw di Tebing Tinggi dan Pika nginep di rumah Opungnya di Des Sukadamai which is ga terlalu jauh dari Tebing Tinggi. Terus baru hari berikutnya kita ke Danau Toba dan Pulau Samosir, nginep semalem di rumah sodaranya Pika dan besoknya di hotel yang udah dibuking sebelomnya. And that’s it, all settled.

Sesampenya di Medan, gw dijemput sama supirnya Om gw, tadinya sih pengen nyari bus sendiri menuju Tebing Tinggi, biar berasa bener-bener explorer gitu, tapi setelah dikasi tau sama nyokapnya Pika kalo jarak jalanan antar kota di Sumatra itu jauh-jauh, terpaksa gw urungkan niat itu. Kesan pertama gw di kota ini adalah, ah ga jauh beda sama Bandung ato Bogor. Beberapa spotnya persis Jakarta yang daerah kota sana. Ya iyalah ya sama2 masih di Indonesia.. jadi mungkin ga terlalu rugi kalo kita ga foto-foto, xp

Hari kedua kita memulai perjalanan ke Danau Toba. Sambil jalan kita ngelewatin beberapa kota besar, salah satunya Pematang Siantar. Oooh.. ini toh yang namanya Pematang Siantar, rame juga.. banyak pasar tradisional yang pastinya jadi alasan utama jalanannya macet. Haha.

Perjalanan ke Danau Toba ga jauh beda kaya perjalanan ke Puncak, mendaki gunung lewati lembah, jalanan belok2 bikin pusing dan mual. Makanya gw lebih milih buat tidur selama perjalanan daripada mabok! Sepanjang jalan supir gw selalu nanya: “Mau berhenti sebentar ga buat foto-foto view-nya?” Hahaha, ngga deh, kalo pun gw mau berhenti, itu pasti buat muntah, bukan buat foto-foto. Hadeeeeeh, berasa cupu banget, ngakunya suka jalan-jalan tapi gitu aja mabok! huhuhuhu

Kita pun menuju ke Pelabuhan Ajibata yang katanya ada kapal yang akan nganterin kita ke daerah Nainggolan, kampung halamannya si Pika. Dan bener aja loh, ada kapalnya marga Nainggolan! Bahkan Pika udah dikenal gitu sama Nahkodanya, karena abang sepupunya Pika yang notabene adalah Kepala Desa Nainggolan udah nitip pesen sama Nahkoda kapal buat jemput kita. Wuih, berasa VVIP gimana gitu, hehe, dan kita beruntung karena alasan yang sama membuat kita tidak perlu membayar untuk perjalanan kapal. Hehehe. Mayan.

Perjalanan kapal memakan waktu sekitar dua jam. Tapi bener-bener ga kerasa dua jam, karena gw kan jarang banget dikasih liat pemandangan aer danau super luas dan pegunungan hijau super alami yang bener2 memberi efek relaxing. Jadi ya bener-bener enjoy aja. Sebelum brangkat kita udah dikasi tau kalo perjalanan akan sedikit terhambat karena ombak danau lagi tinggi. Gw mikirnya, ah, setinggi apa sih, paling goyang dikit doang.. ternyata emang bener-bener tinggi dan goyangan kapal cukup hebat sampe kita kegeser dari tempat duduk. Tapi seru sih, ehehe, ga jauh benda sama maen arung jeram di dufan, bedanya kalo di dufan yang diuji nyali, kalo disini yang diuji nyawa. xp

Nah di perjalanan kapal ini ada kejadian seru! Jadi gini, waktu kita naek kapal, yang kita tau kita akan berlayar menuju ke Desa Nainggolan, dimana pelabuhan Desa Nainggolan itu namanya Harian, brarti kita akan turun di Harian itu karena abangnya Pika bilang akan jemput kita disana. Tapi kira-kira setelah satu jam perjalanan, kapalnya berhenti di pelabuhan yang namanya Onambaru dan sebagian besar penumpang kapal emang turun disitu. Gw sama Pika lantas bingung dong, ini kog pada turun.. Tapi terus penumpang kapal yang ga turun ngasi tau kalo pelabuhan Harian masih jauh, jadi kita stay aja di kapal. Dan kita juga make sure ke seorang ibu-ibu dan dia bilang bener ternyata Harian itu masih jauh lagi. Yasudah kita tunggu di kapal.

But then disaster begin.. Tau-tau Nahkoda kapal bilang ke kita berdua kalo kita udah dijemput di Onambaru, brarti kita harus turun sekarang! Loh? Loh? Kog gitu sih? Dia bilang abangnya Pika udah nelpon seseorang buat jemput kita di Onambaru. Loh? Tapi instruksi yang kita terima kan bukan begitu.. Ini gimanah?? Terus kita terus-terusan diyakinkan orang-orang kapal untuk turun, mereka bilang “Ayo ga apa-apa, ini udah dekat, pake mobil lebih cepat, bla bla bli bli (pake bahasa Batak)!” dan tolong dicatat ya, mungkin by written omongan mereka terdengar ga apa-apa, tapi actually yang ngomong itu orang Batak asli yang sangar abis, dan ngomongnya dengan nada marah, merintah, ngebentak! Monkey!

Ya jelas gw n Pika langsung paniklah! Tapi kayanya Pika lebih panik dari gw, soalnya dia kan ngerti bahasa Batak, dan gw engga, jadi jarak antara dia dan resiko jauh lebih dekat daripada gw. Masalahnya kita ga tau Desa Nainggolan itu dimana, masih sejauh apa, lewat jalanan mana, dll. Dan yang lebih parah, kita ga pun ga tau entah siapa yang bakalan jemput kita! Tapi tetep aja tuh orang-orang kapal brengsek maksa kita turun, akhirnya daripada kita digendong massa trus dilempar langsung ke aer, yaudah kita turun dengan excuse tunggu sebentar ke Nahkoda kapal karena Pika mau mastiin ke abangnya dulu.

Di darat, keadaan tidak bertambah lebih baik! Segerombolan mas-mas tengil, sebentar, mungkin lebih tepatnya disebut preman! Segerombolan preman langsung nyamperin kita nawarin ojeklah, bawain baranglah, dll yang aneh-aneh deh. Trus seorang bapa2 Batak item gendut gahar kumisan nyamperin kita dengan nada marah,

Bapa2 Batak Item Gendut Gahar Kumisan (B3IG2K) : “AYO CEPAT KALIAN INI LAMA KALI!! CEPAT!!”

Pika : “Sabar sebentar, Opung, ini lagi telepon si Abang dulu!” >> Pika udah panik

Gw : “...” >> emang ga tau harus ngomong apa!

B3IG2K : “TELEPON APA!! TADI UDAH SURUH JEMPUT SAMA ABANGMU ITU!! AYO CEPAT MASUK MOBIL!!”

Pika : “Iya-iya, tapi Abang ga bilang akan dijemput disini..” >> Pika udah mau nangis

Gw : “...” >> antara mau nenangin ato maki2 Pika karena ga bisa bales nyolotin si B3IG2K

B3IG2K: “YASUDAH NAEK MOBIL AJA DULU!! NANTI TELEPONNYA DI MOBIL AJA!!!”

Pika : “t-tapi ini- g-ga ta-ta-tau, si Abang, aduh...” >> Pika gagap

Gw : “...” >>sambil memberikan tatapan lo-harus-kuat ke Pika

Ini mampus banget! Kita bener-bener ga tau harus ngapain. Mana abangnya Pika ditelponin ga diangkat-angkat lagi! Terus kita ngeliat ke mobilnya si B3IG2K, bahkan mobilnya tuh udah penuh banget! Ga ada tempat buat kita! Terus kita ditaro dimana??? Mampus! Pikiran kita udah yang aneh-aneh aja, gw jadi inget film Taken, gimana ntar kalo kita diculik, dijual, dijadiin prostitusi! OMG!! Ga elit banget!! Prostitusi di Danau Toba! Ga bakalan bisa jadi selingkuhan konglomerat kaya! Ga prospektif sama sekali! Oh tidaaaakk!!!

Terus ada Tante2 Batak sangar nyamperin kita dengan muka marah, langsung ngomong straight ke Pika: “EH! AKU INI BORU-MU! AYO CEPAT! KUANTAR KAU!!” Apaan lagi neh! Tiba-tiba ada yang ngaku2 Tante-nya Pika! Buset, kenal aja ngga! Tidak! Tidak mungkin! Orang itu tidak mungkin sodaranya Pika!

Gw : “Pik! Kalo beneran tuh Tante2 ada hubungan darah sama lo, gw ga mau temenan sama lo lagi selamanya!”

Ternyata ga membantu, Pika pucet.

Cobaan sudah berakhir? Belom! Salah satu preman yang nyamperin kita tadi deketin kita lagi trus ngomong bisik-bisik ke kita.

Preman : “Naek aja lagi ke kapal, dek. Kalo ikut sana nanti lilu.”

Gw : “Hah? Lilu apaan, Bang?”

Preman : “Hehe, nyasar.” >> dia ngomongnya nyantai banget, tapi itu yang bikin kita makin ngeri.

Pas gw liat ke kapal, salah satu awaknya lagi ngelepasin tali-tali yang buat nambatin kapan ke Pelabuhan, kapal udah mau berangkat lagi. Mampus, terlambat sudah, menjadi prostitusi Toba adalah masa depan kita.

Saat gw lagi mikirin nama apa yang bakal jadi julukan gw kalo bener nanti jadi prostitusi, secercah harapan datang. Telepon Pika bunyi, ternyata Abangnya yang bilang kalo dia udah nungguin di Harian !!!ALHAMDULILLAH FEATURING HALELUYAH!!! We’re fuckin safe!!!

Langsung cepet2 lompat ke kapal dan duduk di tempat duduk paling belakang n mulai atur napas. Gw udah mulai cengar-cengir sendiri ngebayangin kejadian tadi ternyata lucu juga, tapi si Pika masih shock.

Gw : “Pik.. Pik.. lo ga apa2 kan? Mau minum?”

Pika : “...” (geleng-geleng)

Gw : “Tenang, Pik, tenang.. udah ga apa-apa.”

Pika : “Gw.. butuh.. rokok.”

Gw : “Yah, kaga punya, Pik, gw punyanya Sugus.”

Pika : “Yaudah biarin mana sini!”

Dan Pika ngabisin Sugus 1 pak, yang tadinya kita beli supaya ga mual di jalan.

Hebaaatt.. Ternyata Sugus punya efek healing and relaxing!

Ga berapa lama kita sampe di Harian, dan abangnya Pika udah sampe disana. Pika emosi, langsung nyeritain kejadian tadi sambil marah-marah! Selidik punya selidik, ternyata Abangnya Pika emang bener nyuruh orang buat jemput kita di Onambaru karena dia khawatir perjalanan menuju Harian ombaknya lebih besar dan bahaya, dan bener orang yang dia suruh jemput kita itu si B3IG2K, tapi sayangnya (ehem) dia lupa ngasi tau Pika tentang itu, karena dia pikir pasti bae2 aja, karena masyarakat sana tingkat saling percayanya tinggi.

Pika : “Brengsek lu, Bang! Ngapain lo pake nyuruh orang kaya gitu jemput gw!”

Abang Pika: “Biarin, biar pengalaman. Hehe”

Dalam hati gw setuju. Hehehe.


[bersambung ke Part 2]

4 comments:

  1. Wuiiih..mantap ciing.. liburan ke medan..Makanya lo mestinya ngajak gw..katanya gw mirip orang batak, ntar jadi diperlakukan bagai saudara seperguruan..hahahaha..

    Bahkan Daniel Kom udah ngasih gw marga, Odah Hutagalung katanya..Hahahahaha

    ReplyDelete
  2. hahaha!odah hutagalung!!!
    sebenernya tampang mirip aja ga cukup dah, yang penting tuh emosi sama kesangaran lo harus nyamain orang batak kalo ngomong.. hehehe

    ReplyDelete
  3. Buahahahahahahahahahahhaha

    gue bayangin tante2 bataknya itu Desy (ketawa guling2 di lantai sekali lagi)

    ReplyDelete
  4. mungkin ada hubungan darah sama Desy. hahaha

    ReplyDelete