Thursday, June 21, 2012

Oh dear gadgets…


Belakangan ini merasa butuh banget punya gadget baru yang bisa membantu produktivitas kerja di kala mobile. Rencana ini udah kepikiran sejak tugas ke Malang beberapa bulan lalu. Jadi sistemnya, kalo ada tugas keluar kota, make sure kerjaan di kantor beres tepat waktu. Sebenernya bisa aja dikerjain sepulangnya dari luar kota itu, tapi entah kenapa perasaan ga tenang aja kalo pergi2 dalam keadaan banyak unfinished business. Well, that’s just me~

Kemarin pas dapet tugas ke Bali, gw bener-bener bersikeras kerjaan harus beres sebelum berangkat. Alhasil yang ada gw lembur mulu, bahkan pas tanggal merah pun gw maksain masuk sampe akhirnya sakit. Selalu gini deh, sebelum keluar kota pasti sakit. Untung penyebabnya jelas: kecapean, bukan karena norak mau naik pesawat~ :p

Akhirnya ide itu semakin urgent untuk diwujudkan: gw harus beli gadget yang bisa gw bawa-bawa pas keluar kota. Jadi gw ga harus maksain semua kerjaan selesai sebelum berangkat. Mulailah mem-browsing segala jenis gadgets yang kira2 cocok sama keadaan gw: gw butuh gadget yang kecil, praktis, asyik buat nulis (or ngetik?), compatible, canggih (as in sistemnya baru dan tidak lemot), bisa buat online tanpa harus beli modem lagi, ber-wifi (wajib hukumnya), bisa tahan lama sekali nge-charge, dan pastinya tahan lama biar nanti kalo gw akhirnya berangkat kuliah S2 1-2 taun lagi, gadget itu pun masih bisa gw pake buat ngeblog dari Amerika bikin tesis lalala lilili~

Ketika gw utarakan ide ini ke nyokap pertama kali, beliau langsung menyuruh gw beli iPad. Hmmm… sounds interesting! Mari kita cek harganya, wow! Ada yang 3 jutaan. Cakep. Eh eh tapi tapi, kalo sistemnya Apple itu kan aplikasi2nya bayar lagi ya? Belum pernah mampir ke Apple store sih, jadi gw tanya aja sama orang yang udah punya iPad, si Apri. Kata doi, emang bayar, so make sure you’re ready to take those consequences-lah. But.. but.. I don’t think I’m ready, that’s the problem~

Tapi terus gw keki sendiri, bikin tesis pake iPad, kok kesannya becanda banget ya~ iPad emang canggih dan terkesan sangat gaul untuk dibawa-bawa, tapi untuk menulis sepertinya itu bukan sarana yang tepat. Dan karena menulis adalah kerjaan utama sekaligus bentuk pelampiasan gw dalam situasi apapun, jadi sarananya pun harus maksimal. iPad mungkin cocok buat orang-orang yang kerjaannya di bidang grafis, tapi untuk wartawan? Hmmm… sepertinya kurang tepat. Okelah, kita coret opsi itu.

But wait a minute, kalo gw mencoret opsi iPad, brarti secara otomatis gw juga mencoret opsi untuk gadget2 sejenis, seperti galaxy tab dan tablet-tablet sejenis. Padahal oh padahal gw pengen banget punya gadget yang sistemnya android karena aplikasi2nya keren, lengkap dan… gratis! Hmmm… jadi bingung~

Tapi prinsip tetap prinsip. Think further! Kalo beli tablet, in a year or two it’ll become useless. Mungkin berguna sekarang, tapi untuk ke depannya bakalan jadi sampah juga~

So, laptop it is.

Beli laptop? Sounds fit! Laptop ada segala ukuran dengan segala spesifikasi kecanggihan dan harga. Tinggal pilih. Benar, tinggal pilih. Waktu itu gw ke salah satu toko elektronik di bilangan Senayan dan liat-liat laptop. Yang sesuai keinginan udah ada, harganya pas pula. Tapi sistemnya masih Windows. Setelah diliat2, harganya kok cuma beda tipis sama Macbook? Rugi amat, mending beli Macbook sekalian toh?

So?

Mari bersabar sedikit lagi. Menabung sedikit lagi. Bersakit-sakit sedikit lagi.

Lalu kita beli.

Hohoho!

Bye guys!

No comments:

Post a Comment