Saturday, December 26, 2015

Purpose #2 - Made It To The 1st Round



Hi, guys! How y’all doin?

I know on the last post I promised you that I’m gonna talk about the major I’m taking. Tapi kalo dipikir2 gw belom dapet LOA, jadi agak takabur aja ngomongin sesuatu yang belom pasti, so...... CANCELLED!

Instead, today I’m gonna talk about the substantial tests, that consisted of interview, LGD (Leaderless Group Discussion) and on the spot essay.

So yeah, setelah submit semua berkas, waktunya menunggu hasil seleksi satu. Oiya, Purpose itu seleksinya ada 2 tahap: Administrasi dan Substansi. Kalo lolos seleksi berkas, itu namanya lolos seleksi administrasi, yang berarti lo berhak mengikuti seleksi substansi.

Kalo ga salah gw submit berkas sekitar awal Oktober, sedangkan deadline batch gw waktu itu 19 Oktober. Jadi gw early 2 mingguan. So, since semuanya udah beres, gw bisa balik ke kantor dengan tenang sambil nunggu hasil seleksi administrasi yang konon katanya diumumkan awal November. Jadi rentang antara gw submit berkas sampai pengumuman itu sekitar 1 bulanan.

Satu bulan yang menegangkan, but thank God I still have a job, jadi lumayan terdistraksilah. Walaupun setiap dapet notification di email degdegan juga~

So yeah, week after week passed, and finally on a sunny day in early November, that email came! Gw inget banget saat itu gw masih setengah sadar karena sehari sebelumnya baru pulang outing sama anak2 kantor, jadi badan masih capek, pikiran masih ngawang2 dan nyawa masih berceceran dimana2, out of nowhere ada email masuk.

It was from them, dan isinya bukan terang2an menyatakan kalo gw lolos, tapi ada file PDF yang harus di-download, isinya adalah daftar nama peserta yang lolos. Langsung download dan buka, mereka listing in alphabetical order, langsung scroll ke abjad L, dan nama gw……………………….. GA ADA!

Lemes~

Tapi cuma sedetik lemesnya, langsung CTRL+F, ketik nama gw dan………………………….. ADA!

WTF! Kok di halaman abjad L ga ada tapi kalo di-search ada?!

Oh ternyata tadi gw salah liat~ Gw liatnya list beasiswa Dalam Negeri. 

HAHAHAHAHAHAHHAHA~~~

ihiyyyy~~~

YE TO THE AY!!!!

Heboh deh~ hahaha~ I literally screamed and laughed like crazy~

Langsung watsap Rika, temen seperjuangan, dan dia juga lolos. Cakeplah. :D

Terus mengamati nama2 lain yang lolos. Ada beberapa yang familiar, ah tapi cuma perasaan gw doang kayaknya~ :))))

Wew~ Banyak juga yang pilih kampus sama kayak gw~ Dari daftar berisi 2000-an nama ada sekitar 30 orang yang pilih kampus itu. Couldn’t help it, kampus #1 di ******~~ Wkwkwk~

Anyway, di PDF itu juga tertera tanggal dan lokasi seleksi substansi. Gw kebagian tanggal 11-13 November di UNJ. Thank God, karena angkatan Kak Puji (batch pertama 2015), dapetnya di STAN~ Kebayang ga stress-nya cari angkutan ke sana?

Jadwal lengkapnya tes gw akan berlangsung jam berapa dan bagaimana dikirim sama mereka keesokan harinya. Gw masih setengah tidur di omprengan pagi2, tiba2 email masuk lagi yang isinya jadwal lengkap.

Gw dapet tanggal 11 jam 10.00 untuk verifikasi berkas, 13.40 buat wawancara dan tanggal 12 jam 08.30 buat LGD dan on the spot essay. Jadwal ini emang untung2an, ada yang sehari langsung 3 tes, ada yang 2 hari kayak gw. Pasrah aja.

Okay then. Ada waktu sekitar semingguan untuk mempersiapkan diri. These pretty much are the things I did within a week:

- Request cuti. Gw block 11-13 langsung. Tes gw emang cuma 11-12, tapi gw butuh 13 buat refleksi. LOL

- Siapin berkas2. Semua berkas yang di-upload harus dibawa untuk diverifikasi, jadi harus siapin semuanya. Step ini sebenernya udah gw lakukan sejak September, jadi tinggal compile dan masukin tas.

- Siapin baju. Prepared two of my finest batik to show my Indonesian-ity and two formal pants)

- Siapin hi-heels. Wore the one I bought for Rhara’s wedding, coincidentally the color match my outfit! :D)

- Siapin otak! Ini sebenernya udah gw lakukan sejak submit berkas. I did my research on substantial tests, made a list on the Q&A samples, tried practicing them with my own answers, following the news/national&international issues that were happening for the LGD and essay, made short thesis about them to state my opinion/determine my position, practice analyzing things quickly and logically, memorizing important names, histories and dates (my NIAT game is strong on this one~ LOL)

- Siapin konsep diri. I felt the need to prepare a self-concept. I kid you not, bertaun2 mengawasi penjurian XXXXX Sampul, one thing I learn is that the judges mostly like a finalist who has a personality, like something different about her, something unique as a person. Dan kalo juri2 itu udah suka, chance untuk menangnya bisa sampai 90%. Well, I did realize Purpose ga bisa disamain sama XXXXX Sampul, but still, it doesn’t mean it’s not worth applying, no?

Let just say that this phenomenon sort of inspired me so I prepared a self-concept and my concept was… happy. LOL~ Kinda lame, I know~ I tried to make the judges like me by looking happy all the time whatever happened! So I practiced my happy expression, happy intonation, happy gesture, etc.

Don’t get me wrong tho, I wasn’t faking it, I did feel very happy, well more like very excited coz I survived the 1st round. Also I had this list of possible judges who would interview me and looking at the list itself already making me so excited. Haha~ In case you’re wondering, three of the wildest names out of the list are Pak Triawan Munaf, Pak Anies Baswedan and Pak Rudiantara, now you tell me how could I possibly not excited becoz of that? *fangirl mode*

- Minta wejangan. Gw punya 4 orang “kakak” yang membantu gw along the way, and by kakak I mean my dear friends who had succeeded getting Purpose before me. They are Kak Puji (dulu satu kantor di YYYYYY Group, tapi beda majalah), Wendah (bos tercinta di 48), Pretty (temen sebangku pas kelas 3 SMA), and Naimah (Kom 07 represent!!). Kepada merekalah gw meminta tips and trick, saran, dll. Couple times I asked them to review my essays and they did not just review them, they actually gave some brilliant ideas and made my essays very very EPIC!!! THANK YOU, GUYS!!!!

Di hari2 menuju tes, gw kembali menghubungi mereka untuk minta wejangan. Not only wejangan tho, I asked them to review my answers on couple questions too. LOL~ This is actually a bad move coz interpretasi setiap orang untuk setiap pertanyaan & jawaban beda2. Lumayan bikin bingung mau ngikutin yang mana, but in the end, gw balik lagi ke jawaban gw yang sebelumnya karena toh ga ada pembenaran juga. As long as jawabannya make sense dan sesuai dengan visi dan misi Purpose, I think jawab apapun ga masalah.

- Gladikotor. More like gw bikin simulasi/latian wawancara. Role playing gitu, ganti2an nanya. Yang jadi partner in crime gw lagi2 si Rika. Hahaha~ Maacih ya, sist! :*

- P.R.A.Y. Unbelievable, eh? Kalo kata Kak Ayu cuma beasiswa yang bikin gw solat~ Wkwk~ Not true tho~~ Bokap nyokap gw juga bisa~~ hehe~ Tapi terbukti ampuh sih, bukan dalam konteks meloloskan gw (even tho it also contributes a lot I swear!!!), but more like giving me peace. Bikin gw rileks dikit. Coz honestly I’m always having trouble with the nerve system. Penyakit gw sejak kecil tuh, gampang grogi/cemas/panik. But I never consume any anxiety pills, nope~ don’t want to! Jadi aku berserah aja sama the great Gee.Ow.Dee.

OMG! It’s almost midnight! I gotta wake up early tomorrow so I stop here. The next post is definitely the three nastily exhausting tests. Stay tuned!

No comments:

Post a Comment