Thursday, September 22, 2016

Nonton Fireworks di Docklands

Hi, guys! How y'all doin?

Dari awal gw sampai di Melbourne, temen2 gw udah pada making a fuss about “Fireworks in Docklands”. 

Jadi selama winter (Juli-Agustus), pemerintah Melbourne menghibur para penduduknya dengan menyajikan pertunjukan fireworks setiap Jumat malem di Docklands. Gratis. Tinggal dateng, cari spot enak buat berdiri/duduk/tiduran, siapin kamera, nonton deh.

Docklands ini suburb-nya Melbourne yang sebelahan sama laut/bay. Eh, wait a minute, itu laut atau Yarra River ya? HAHAHAHAHA~~~ Maafkan gw baru dua bulan di Melbourne, GPS gw masih lemah~ wkwkwk~

Anyway, posisi Docklands masuk city circle, which is tram-nya gratis. Jadi orang2 ga perlu effort lebihlah buat nonton fireworks ini.

Beberapa temen gw ambisius banget, langsung nonton itu fireworks di minggu pertama setibanya mereka di Melbourne.

Gw sih ga buru2, well selain I’m not a fan of fireworks (berisik banget ya Tuhan!!!), belum sampai sebulan sebelumnya, di Indonesia baru Lebaran, yang pastinya penuh fireworks dimana-mana~ ALL FREAKIN NIGHT LONG!

I’m so enough of fireworks, thanks.

Lagian yang namanya fireworks dimana2 sama aja~ Paling gitu2 aja. Meletus, jadi bunga api raksasa warna warni di langit untuk beberapa detik, padam.

Bedanya cuma di kualitas, durasi, variasi cara penyajiannya. Ada yang dikasih efek lighting macem di Disneyland, ada yang dipakein soundtrack macem di Disneyland juga. Ada yang cuma semenit kayak petasan murahan yang dijual di Indo. Ada yang sampai satu jam kayak petasan tahun baru di New York.

So yeah, intinya gw ga ambisius pengen nonton itu fireworks di Docklands. Ga nonton pun gapapa, hidup gw bakalan baik2 aja. Kkk…

But then it was another Friday, gw yang biasanya sibuk berjibaku dengan tugas, waktu itu lumayan kosong hari Jumatnya. Kegiatan gw cuma nonton film bareng anak2 movie club (I’m a registered member of Melbourne University Film Society, woohoooo!!) jam 2-4 pm, sama ada tutorial academic writing jam 4-5 pm. Abis itu udah, free!

Tapi, mau pulang males~ hahaha~ Biasa pulang malem kalo out of nowhere pulang sore tuh rasanya aneh aja~

Akhirnya tercetuslah ide buat nonton fireworks. Gw langsung watsap Mbak Nindi, yang dari dulu juga pengen nonton fireworks tapi ga pernah kesampean (karena ga ada yang nemenin~ dia selalu ngajak gw, tapi gw ga pernah mau~ HAHAHAHA~). Sekarang giliran gw yang ngajakin, tentu saja si mbak langsung mau! Wkwkwk~

Okelah. Jam 5an gw samper ke Law Building buat makan malem dan titip laptop, baru kita beranjak ke Docklands. Berhubung gw sama Mbak Nindi belum pernah ke Docklands, jadi kita berpedoman pada Google Maps untuk mengarahkan kita ke lokasi fireworks.

Kita naik Tram 86 dari city as suggested by Mbah Google, yang juga bilang kita harus turun di stop terakhirnya tram ini, yaitu Stop D11. Okelah, berarti tinggal duduk manis.

Sepanjang perjalanan tram makin penuh. Kita berasumsi orang2 ini pada mau nonton fireworks juga. Jadi wajarlah kalo rebutan tram. But then, belum sampai stop D11, orang2 ini pada turun! Pas kita liat maps, ternyata itu stop-nya Etihad Stadium. Kok orang2 pada turun? Emang lagi ada footy (sepak bolanya Aussie)???

Tapi ga keliatan ada kehebohan apa2 yang berhubungan dengan foot~? No people in costume or body-paint or something~ Apa sebenernya nonton fireworks-nya dari Etihad Stadium?

Ah yasudahlah, kita tetep percaya sama Mbah Google.

Orang2 tetep turun sampai literally cuma kita berdua yang tinggal di tram, sama satu orang ibu2 yang abis groceries. Gw dan Mbak Nin mulai panik karena tram udah jalan lagi~ But then maybe karena liat muka panik kita, si ibu2 nyamperin.

“Do you want to see the fireworks?”
“Yes, we do. Are we supposed to get off at Etihad Stadium?”
“No, you don’t have to. You can get off at the last stop. I’m going there too, my house is nearby the fireworks location. I can show you the way!”
“Great! Thanks!

This is what I love about Australia. The people here are sooo nice!! They help even when we don’t ask for. Ini ke-sekian kalinya gw ditolongin tanpa gw minta. :)

“Excuse me, Ma’am. Why people are getting off at Etihad Stadium?”
“They are watching the fireworks too. Just like you girls."
"But why aren't they get off at the last stop?"
"Of course it’s more fancy over there, isn’t it? Young people would rather watch the fireworks in the stadium than by the bay.”
“Oh, okay. Hahahaha~”

Jadi gw sama Mbak Nindi less-fancy ya, nontonnya by the bay~ wkwkwk~

So yeah, kita turun di stop terakhir Tram 86, Harbour Town Shopping Centre. Terus diarahin ke jalan setapak disamping mall sama si ibu2, katanya lurus aja, ikutin jalan, nanti ketemu semacam meeting spot, pasti udah banyak orang2 di sana. Nice!

Bener dong, ga sampai 5 menit kita jalan, langsung ketemu segerombolan orang2 yang mau nonton fireworks juga. Banyak foodtruck dan orang jualan mainan (lucu2 banget!! Tempted beli tongkat starwars ala2, tapi $22~ T.T). Ada band lagi tampil sama orang2 pake kostum ala2 stormtrooper. Gw ga foto sih, Snapchat doang. Jadi udah ilang~ But if you follow my Snapchat you'd see how much I was having fun during the event. :D

Anyway, yeah pokoknya suasananya festive banget. Segala macem orang ada. Anak kecil banyak, mahasiswa pengejar hiburan gratisan (macem gw) banyak, nenek2 dan kakek2 juga banyak. Ada yang niat banget sampai bawa tiker n makanan, ada juga yang bawa kamera dengan lensa tele plus tripod segede gaban. It’s just amazing! People and their effort. Padahal fireworks-nya cuma 40 menit!

Gw sempet rekam pake hape sedikit:




Review:

Sebelum fireworks mulai, ada countdown yang lumayan bikin hyped. Terus, right before the fireworks lighted, musik diputer duluan, dan lagu pertama yang diputer adalah I LOVE ROCK N ROLL. Sukses bikin hyped banget!

And then the fireworks came! Yang namanya fireworks –seperti yang udah gw bilang- dimana2 sama aja kan? Nah, fireworks kali ini pun sama aja. Paling bedanya, as the playlist got more intense, meaning semakin lama musiknya semakin upbeat (they freakin played Toni Basil’s Mickey!), the fireworks got more intense too. Kembang apinya makin ke atas dan makin heboh semburannya. By the end, mulai slow lagi sampai akhirnya abis.

I like the idea that they are providing playlist alongside the fireworks. Bikin suasana makin festive dan tentunya jadi footage yang bagus dan lengkap banget kalo di-upload ke YouTube. Playlist-nya pun terdiri dari bermacam2 genre lagu, bener2 accommodating buat semua orang karena pasti ada aja lagu yang pas dengan selera musik lo.

I love the duration. 40 minutes is okay. Lo jadi punya waktu buat nonton dengan mata telanjang dan ngerekam pake kamera atau Snapchat.

I really love that it’s free!!! THANK YOU MELBOURNE CITY COUNCIL! Next time boleh ga provide makanan gratis juga? Wkwkwk~~ #ngelunjak

Satu yang kurang memuaskan adalah transportation facility-nya. Pas pulang, literally harus nunggu 30 menit buat tram kosong. Pas dapet pun isinya langsung bejubel kayak kereta di Jakarta pas jam berangkat & pulang kantor, not to mention tramnya berhenti 15 menit tanpa sebab yang jelas.

Aduh nightmare. Mending jalan kaki aja deh pulangnya.

Tapi overall worth the experience-lah. Makin worth lagi setelah tau fireworks yang gw tonton itu show terakhir tahun ini. Weleh!!! Pantes yang dateng bejibun~ Deadliner semua kayak gw ya~ hahaha~~

So yeah, thank you Melbourne for the fireworks experience. Semoga taun depan diadain lagi dan gw berkesempatan nonton lagi. Tapi kalo bisa sih gw ga mau nonton dari bawah. Nonton dari gedung bertingkat gitu lebih seru kali ya? Jadi fireworks-nya sejajar sama eye level.

Alrighty then! Thank you for staying tune to my oh-so-rare blog spot. Catch ya later!

No comments:

Post a Comment