Thursday, June 1, 2023

Me wassup #86 – Ultah, Reuni Oz, Dehidrasi, Ph.D

 Hi, guys! How yall doin?

Been a while ga ngeblog. Gw dari kemarin struggling dua minggu untuk kelarin review konser Blackpink. Udah jadi review-nya, baca di sini.

Kenapa lama banget kelarinnya? Two things: pertama gw sibuk, kebanyakan acara—abis ini gw jabarin satu-satu. Kedua gw pengen review sedetil mungkin (karena itu konser mahal) sehingga gw memeras otak sekeras mungkin, mencoba mengingat-ingat apa yang berkesan—which is susah. 

Now that it’s done, I finally got time to talk about something else—yang ga kalah seru.

Seperti yang sudah diketahui bersama ya, gw ultah tanggal 12 mei dan di hari itu juga gw capcus ke Singapore. It was a long overdue bday trip. Dari dulu selalu pengen ngerayain ultah di luar negeri, finally terwujud. Semoga tahun2 berikutnya lebih jauh lagi mainnya ya.

Oiya, gw belum cerita lengkapnya Singapore trip kemarin ya? Bentar ya. Teaser dulu aja deh, trip-nya kurang menyenangkan. Haha~ Karena Singapore panas banget yang berujung gw dehidrasi to the point gw bermasalah di pencernaan dan saluran urin (bisa kencing sejam sekali!!), sehingga harus ke dokter, dikasih antibiotic, dilarang minum teh & kopi 1 minggu, cuma boleh minum air putih & Pocari. 

Ini kali pertama merasakan dehidrasi yang parah. Kirain dehidrasi cuma haus aja, ternyata bisa komplikasi sampai demam, pusing, nyeri otot, badan meriang, mata ga fokus..

Banyak minum ya gaes. I know it’s annoying, gw juga bukan tipe yang suka minum, tapi itu penting dan harus dilakukan, apalagi di cuaca yang panasnya lagi ga karuan ini. Kalo perlu, stok Fiji di rumah. Kan rasanya enak tuh, jadi semangat minum. Ya paling boncos aja. 

Anyway, balik ke 12 Mei, hari itu, karena huru hara Singapore, Blackpink, dsb, gw jadi ga terlalu memedulikan ultah tbh. Jadi kalo ada yang ngucapin dan gw lupa bales, maapin ya. Thank you so much atas ucapannya, semoga doa yang sama balik ke elo.

Masih ngomongin ultah, Kamis kemarin ultah gw dirayain di Pippo Senayan City bareng tim di Errthing, ihiyy~~ Makasih ya kesayangan-kesayangan~




It’s been a while juga ga ngerayain ultah bareng temen kantor. Dulu zaman di XXXXX dan Dian, ada adegan di-surprise-in di kantor tuh, yang selalu berhasil “menyerang di saat lengah”. Padahal udah tau pasti bakal di-surprise-in, tapi mereka bisa aja menangkap momen lengah, tau-tau nongol dari belakang bawa kue. Kemarin adegan itu terulang di Pippo. Hehe.

Next, dalam kurun 2 minggu, gw reuni Oz 2x! Yang pertama yang gw ceritain di sini. Turned out, acaranya formal banget guys. Hahaha~ Settingan tempat duduknya yang gw kira round table buat makan-makan gitu, salah besar, it was theatre. Wkwk~

Acaranya juga cuma speech dari pemangku hajat aja, lalu dinner prasmanan, udah. Untung ketemu kroco-kroco sehingga tidak boring. Lama tidak bertemu, kami saling bertukar masalah hidup cerita. Temen-temen gw, ada yang freelancer, entrepreneur, aktivis. Beda-beda semua deh latar belakangnya. Setelah bertukar cerita, ternyata walau berbeda kita tetap satu. Tetap sama-sama stress. Hahaha~

Selama ini gw mengira kerja freelancer itu lebih enak, karena bisa ngatur sendiri waktu kerja lo, lebih banyak waktu luang, bisa kerja dari rumah, dll. Kerja entrepreneur juga gw kira lebih cihuy, secara you are your own boss, bisa bikin policy sendiri, punya power akan kerjaan lo dan orang-orang yang kerja sama lo. Ternyata malah yang mereka ngiri sama gw yang budak corporate karena punya gaji tetap dan dikasih fasilitas perusahaan. 

Oh well.. Adult life is hard indeed.

Tetap semangat ya, teman-temanqu~~

Reuni kedua tanggal 20 Mei, yang ini sifatnya reuni akbar semua alumni Oz. Event-nya gw kontenin di TikTok gw

Gw kesini sama Gilang my bestie, karena belio juga Oz Alumni perwakilan rayon Canberra. Acaranya formal juga sih, tapi kali ini beneran round table. Hehe. Persis event yang gw datengin tahun 2018, yang bikin gw wondering kenapa ga diadain tiap tahun. Kemarin gw menemukan alasannya: karena event tersebut untuk alumni-alumni baru. LOL~~

Like 1-2 years fresh! OMG!! Gw kan like… 6 years old! Wkwkwkwk~~

Jadi sebenernya gw ga diundang, gaes. Hahahaha~~ Si Gilang dapet undangan—karena dia lulusan 2021. Sedangkan gw kemarin daftar dari link yang di-forward berkali-kali di Whatsapp. Huhu maafkan.. Next-nya saiia akan lebih considerate lagi.

Next, beberapa minggu belakangan ini gw menerima kabar beberapa temen gw lanjut Ph.D. Ada yang di Aussie, ada yang di UK, satu lagi coming soon di Belanda.

Luar biasa sekali deh mereka. Ph.D is a huge responsibility which requires a total commitment. Minimal 4 tahun riset ngerjain satu disertasi. Lo bayangin 4 tahun berkutat di topik yang sama. Kuliah 1 matkul 1 semester aja bikin eneg, lha ini 4 taun~~ Kalo di tengah jalan bosen atau hilang passion, habislah. 

Also the hardest thing about a PhD isn’t the research, it’s the lifestyle. Memutuskan Ph.D artinya siap-siap jadi ansos, karena pretty sure orang-orang yang non-academic mostly ga akan ngerti apa yang lo lakukan. Jadi kalo ketemuan sama mereka pasti ada gap in communication.

You have to explain it in very very dumb way for them to understand. Tapi tidak menjamin mereka akan tertarik, highly possible mereka malah mengisolasi lo. Adjusting to this kind of life might not be easy.

That’s why gw yang introvert aja tidak punya niat (dan nyali) untuk Ph.D. Selain sejak awal niat gw sekolah lagi adalah supaya jadi professional (hence gw ambil master by coursework bukan master by research waktu S2), post-graduate aja sudah cukup berat ya. Masih berasa lho traumanya. 

Sure Ph.D also comes with amazing benefits such as choosing your own working hours and indulging in your personal passions. Ya kayak kerja freelance aja. In case of temen2 gw karena Ph.D-nya di LN semua, pasti masih ada hepinya karena bisa sekalian plesir, rehat dari negara yang menyebalkan ini for a while. 

There’s a lot of freedom involved which can be both a benefit and a drawback. So buat temen-temen yang ambil Ph.D, semangat belajar dan risetnya! Semoga ilmunya berguna untuk nusa dan bangsa, dan bisa membantu membangun Indonesia ke arah yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment