Saturday, November 7, 2009

labil?

hai.
09.45 p.m.
mau curhat boleh ya? boleh dong.


Prolognya gini.
Belakangan ini, gw sering dibingungkan dengan kata "labil".
Terus terang gw ga begitu ngerti apa arti sebenernya "labil", yang gw tau labil itu karakter orang yang gampang banget dipengaruhin, gampang banget dibelokin, ga punya prinsip, hidupnya terlalu ngambang2, ga punya pendirian, cenderung pasif kalo komunikasi, sort of kayak gitulah.

Itu definisi labil yang gw anut selama ini.
Tapi kemudian belakangan ini, kalo gw lagi ngumpul sama anak2, mereka sering banget mendefinisikan kata labil jadi (kalo yang gw tangkep) a.l.a.y.
Sorry to say ya, tapi beneran gw nangkepnya gitu.

Okay, mungkin gw terlalu eksplisit. Temen-temen gw, cenderung menyamakan arti kata labil itu jadi terlalu "remaja", mungkin? Karena remaja adalah sosok yang masih sangat gampang dipengaruhin, belom punya arah tujuan hidup, lugu, naif, dsb, makanya remaja cenderung suka bersikap, bergaya, berexpresi yang aneh2,
seperti itukah?

Dimulai dari becandaan atas pose seorang teman dalam suatu foto. Dan berakhir dengan becandaan atas tweet seorang teman juga di twitter, gw jadi makin bingung apa sebenernya artinya labil.

English mobile dictionary di handphone gw mendefinisikan labile hanya dengan 2 kata, changing dan unstable.
Yeah, exactly those what I got from the word. Tapi kenapa gw beda sendiri sama temen-temen gw ya?

Makanya kalo mereka lagi tiba-tiba mengangkat topik labil versi mereka, gw memilih diam dan ga mau ikutan komentar.
Simple, karena persepsi gw tentang labil-itas itu, beda.

Ehem.
Sebenernya gw sekarang lagi capeee bgt,
baru pulang GrandLaunching Kom 2009, yang entah kenapa menurut gw kerjaan gw disitu dikit banget tapi bikin gw cape banget.
Acara tadi sebenernya quiet fun, regardless acara ga happy ending (ya iyalah, kan belom Sar) dan regardless kom 07 berakhir dengan argumen2 lama yang bikin gw bosen setengah mati ngedengernya, tapi momen2 ngeliat maba yang salam pribadinya kocak2 sampe bikin sakit perut, ketemu alumni2 yang lucu2 (?), kompakan pake baju putih sama anak2 kom 07, ribut mati lampu di takor bareng2, etece etece... it's just way too hard to ignore lah. :)

Okay,
hmmm, yang jadi masalah gw sekarang adalah tadi, tadi banget, tepatnya di mobilnya Ayu, tiba-tiba gw jadi ga fokus.
Tiba-tiba aja mood gw langsung ga bagus, boring gila2an,
kepala gw jadi pusing, bawaannya emosi, ga santai, semua yang diomongin mereka yang sebenernya totally fine keliatan salah semua di mata gw.
Rasanya pengen keluar dari mobil Ayu terus lari keluar tanpa arah.
Yah, kira2 gitu.

Dan entah kenapa,
Gw jadi kesel sendiri, kepikiran yang aneh2 sendiri, dan nyalahin diri gw sendiri.
Alhasil gw jadi pengen nangis. Nangis!
Dan gw akhirnya memang menangis. Dari sejak di jalan tol tatapan mata gw udah kosong. Untungnya gw masih inget untuk ngebrentiin angkotnya.
Sampe rumah yang ada di pikiran gw cuma cepet2 masuk kamar mandi, buat nangis.
Keran aer panas gw nyalain gede-gede buat menuh2in bathtub. Dan gw berendem di dalemnya dalam keadaan nangis.

Nangis yang kalo gw pikir-pikir ga ada penyebabnya... Nangis independen kali ya namanya?
ngga kog, gw ga lagi pe em es.
Gatau persisnya berapa lama gw di kamar mandi, yang jelas efek aer panas bener2 nge-heal gw banget, karena selesai mandi perasaan gw udah sedikit lega.
And here I am, writtin this post.

Dan tiba-tiba gw kepikiran lagi dengan kata labil, yang kali ini cenderung kepada pengertian labil a la temen-temen gw, labil itu terlalu "remaja". Ya, tiba-tiba gw ngerasa labil. Kenapa ya gw, yang udah semester 5 ini, yang udah 20 taun ini, kog bisa2nya nangis tanpa sebab kayak gitu?

Itu kan aneh.

Memalukan.

Udah gede lho!

Ga boleh childish lagi.

Ya, gw tau.
Pertanyaan gw adalah kapan tepatnya seseorang, terlebih kalo dia cewe, mencapai suatu waktu dimana di waktu itu, dia PURE dituntut untuk menjadi dewasa,
means dia ga boleh labil lagi,
means dia harus udah bisa bedain yang mana yang baik, mana yang ngga, mana yang priority mana yang later-ity,
means dia DIPASTIKAN mampu critical-decision-making,
means dia udah tau besok gw akan jadi ini, ga boleh jadi itu,
means dia udah punya gambaran konkret tentang masa depannya dia,
means dia bisa sterilize every tension's around,
means dia akan selalu in a stable condition no matter what.

Kalo gitu gw masih labil dong??
karena gw pribadi ga yakin gw udah bisa bersikap "dewasa",
Gw kayak ngejilat ludah gw sendiri, karena ga ada satu poin pun disitu yang udah bener2 gw jalanin.
hahah
I feel kinda pathetic fool right now.

Huff, thinkin a lot more about this is even more tiring...
Why can't I just skip this shits and greet the next brand new day with smile.
Yeah. Smile from a mothafuckin liar.

itu aja sih, maaf ya kalo ada yang ilfil setelah baca postingan ini, karena jujur,
gw aja ilfil.
Mungkin gw cuma cape,
mudah-mudahan gw cuma cape.
Maaf ya smua.

Oya, gw gatau kapan tepatnya penyakit labil kronis gw ini bisa sembuh, atau kapan badmood gw bisa sembuh, yang jelas, misalkan besok gw memilih untuk di rumah buat istirahat, gw ga akan nyentuh tugas apapun dan gw akan pending tugas2 sampe hari senen.
means, gw ga ikut nonton di hotel nikko.

So, I guess this post status is : to be continued. :P
Yeah, I'll tweet them up!

byeboooo!

1 comment:

  1. ah ga ilfil kok, gw juga suka gitu tiba2. bahkan kadang2 gw suka mengeluarkan kemarahan tanpa sebab gw ke orang lain.. hahahaha.. makanya jadi terlihat menyebalkan..
    mungkin gw harus nyoba berendam di air yang lagi direbus, siapatau rileksnya bisa lebih berganda.. hahahaha...

    ReplyDelete