Monday, May 3, 2010

May Issue

Hallo blogroll~

Lama sekali gw ga ngepost, sejak terakhir nonton 3 Idiots.. tadi udah nonton Iron Man 2 aja. Bad timing! Tugas kuliah menggila. Well, mau gimana lagi, kan udah bulan May. Tugas2 kuliah menumpuk itu May Issue buat gw. Too bad I'm having my birthday this month. :{

Sangat tidak mood kondisi gw sekarang untuk nulis blog ini. Belakangan ini gw sering tidak fit, not physicsly sick or what, gw cuma ngerasa jenuh banget sama rutinitas gw sehari-hari. Gw jenuh banget, tugas2 kuliah menumpuk menjelang h-3 minggu UAS sehingga seluruh konsentrasi gw harus dikerahkan sepenuhnya cuma buat tiga kata, tugas, tugases, tugaseses. Gila banget deh. Kalo kata Fergie, rough as hell.

Sampai hari ini, tugas gw ada 4. Karena sebagai sesama manusia terutama sesama mahasiswa, kita harus saling bersimpati dan berempati, maka gw dengan senang hati akan berbagi tugas gw sama kalian semua, blogroll! Here we go:

1. Electronic Publishing
a.k.a ePub, yang belakangan makin sering kita sebut dengan ePooP seiring dengan tambah nyebelinnya tugas2nya. Ya.. ya.. agak sedikit tidak senonoh ya, tapi pada dasarnya cuma mau menyederhanakan kata aja sih, ya karena tadi itu, tugas2nya semakin sucks! Misalnya mau ngerjain tugas ePub, reflek maki2 dulu dong,
“Ah ta* nih ePub!”
“ePub e2 nih bikin gw ga tidur!”
Dari pada ngomong satu kalimat malah bikin cape, mending kalimat itu disederhanakan dalam satu kata yang artinya sama dengan kalimat yang akan dimaksud, bukan?
“Ah dasar ePooP!”
Singkat. Padat. Berisi.
KISS Bay >> Keep It Short and Sexy, Baby!
Ada tugas bikin video argumentasi teks, yaitu video berdurasi 3-5 menit, yang isinya teks semua. Explaining something. Kita bisa bikin pake segala macem program yang mendukung video maker, kaya Windows Movie Maker, Adobe Flash, Adobe After Effect, Adobe Premiere, Adobe Photoshop, Ulead, Photoscape, etece.. etede.. Bikin sekreatif mungkin, se-ngga-ngebosenin mungkin, seheboh mungkin, terserah anda. Trus juga ditambahin soundtrack yang ga boleh suara manusia, harus full instrumental.
Dan ini tugas kelompok. Oya, kelompok gw itu terdiri dari gw (ya iyalah!) yang rumahnya di Bekasi – (deket) Jakarta Timur, Ayu di Pluit-Jakarta Utara, Icha di Kelapa Gading- Jakarta Timur-Ngga-Utara-Juga-Ngga, Iif di Depok - (deket) Jakarta Selatan, dan Ema di Cengkareng-Jakarta Barat. Wuidih.. ikutan abang none aja kita yeee.. jadilah Sabtu Kemaren kita ngerjain di kampus tercintah sampe diusir dari MBRC karena mo tutup.
Seems like fun? Mata lo! Below is 10 reasons WHY this is NOT FUN AT ALL!

Kita malah bingung mau pake program apa saking banyaknya pilihan kaya Rahma Azhari waktu ikut Take Him Out.

Kita ga punya program-program tersebut di atas, atau at least, ga punya program yang malah ingin kita pakai!

Dan kalopun udah punya, kita gatau cara makenya gimana!

Kita bingung mau nulis apa karena kita ga ngerti apa yang mau kita tulis!

Kita cuma dikasih waktu ngerjain seminggu!

... yang dalam seminggu itu, tugas kita ga cuma ePooP!

Satu kelompok terdiri dari 4-5 orang dengan latar belakang laptop yang berbeda-beda. Hal ini sangat berpengaruh pada efisiensi pekerjaan, karena: kita ga bisa fokus pake satu laptop karena jadwal kita beda-beda dan jarak rumah masing2 tidak mendukung untuk ketemuan di satu tempat kecuali kampus.

Masih berhubungan sama efisiensi pekerjaan, karena kita harus pake banyak laptop, jadi kita ga bisa bikin satu file lagsung jadi, harus bikin banyak file trus baru digabungin. Kerjanya dua kali deh.

Kriteria penilaian bikin mabok! Kita jadi harus hati-hati menentukan apa aja yang mau kita cantumin disitu.

Ini tugas U.A.S.

Bankruptcy, leading the way.

Level of sigh : *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh

2. Em Pe Ka.
Ya gw ga harus ngejelasin dong gimana2nya si MPK ini, semua mahasiswa pasti akan berhadapan dengan kuliah yang satu ini jadi pasti ngerti gimana susahnya. Anyway, MPK itu Metode Penelitian Komunikasi, yang biasa disebut Metpen di Fakultas Hukum UI, ato Metolit di Universitas Dipenogoro. Ya overall the same kan?
About MPK kelompok gw, dooohh, kita udah bener2 the hell kali ya, jadi emang udah dijadiin prioritas nomer sekian puluh sekian, even Iron Man aja lebih didahulukan daripada MPK, jadi yasudahlah. Mau muntah juga udah ga ada lagi yang bisa dimuntahin, lha wong untuk makan saja susah...
T____T
Level of sigh : *sigh *sigh *sigh *sigh

3. Produksi Berita TV
Mungkin kelelahan ini cuma dirasakan sama gw, atau Nanien juga kali ya. Jadi tugasnya bikin buletin berita, tugas kelompok juga. Supposed to be fun, eh? Again, mata lo! Mungkin akan lebih fun kalo posisi gw di kelompok itu jadi khalayak, yang tinggal nonton doang, kasih rating, matiin tipi, tidur. Ato mungkin kerjaannya Resti (teleprompter) yang kata Resti sih boring.
Tapi kerjaan gw Pidi, cing! Pidi! Pidi apaan, Ta? Pidi itu yang ngatur semua2 kerjaan hari H, Pidi itu yang dimaki2 atasan kalo beritanya kepanjangan n ga sesuai timer, Pidi itu yang tanggungjawab semua kesalahan baik yang di VTR Room ato Studio, yang ngasih aba2 semua personil lain untuk gerak, mastiin acara berjalan sesuai rundown, mastiin semua personil stand by di posisinya masing2, even make up presenter beleber, yang disalahin Pidi, even ada yang kentut waktu siaran, yang disalahin Pidi!
Excuse me, where’s the restroom? Even if I have no food inside my stomach, at least I could throw my mind out, cause this is getting craaaaaaaazy!!
Dan ini tugas UAS juga by the way. T___________T
Level of sigh : *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh *sigh

4. Produksi Feature Radio
Tema baru udah dikasih, kelompok baru udah ditentuin, tinggal liputan. Kapan? Dont ask me. Yang jelas Mr Water udah minta progress hari Kamis, hari yang sama tugas ePooP dikumpulin.
Level of sigh : *sigh *sigh *sigh

- - - - - - - -

Selain bikin gw tambah gila dan stress, semua tugas ini juga ngebuat gw banyak ngorbanin tugas2 lain. Yang paling sering dikorbanin efilkom sama kuliah papope. Duh maap ya! I never meant to.. But I have to.. entah brapa kali udah ga masuk efilkom n kelas papope. Kalo efilkom mungkin masih bisa dimaafkan ya, cuma kelas papope ini lho! Udah paling ga jelas, paling gampang dilupain banget deh kelasnya. Selalu ada tugas tiap minggu, tapi kita (jurnal siar 2007) udah ngelupain tugas2nya bahkan sebelom papope selese ngomong tugasnya apaan.. saking ga ada niat sama kuliah itu banget~

Dampak lain tugas2 ini adalah stress, yang tadi gw bilang. Tiap orang punya representasi stress yang beda-beda, ada yang kalo stress jadi jerawatan, migren, dll. Kalo gw stress, gw bakal sariawan. Dan ya, sekarang gw lagi sariawan, terhitung udah lima sariawan bersarang di mulut gw, dan parahnya, gw ga punya inisiatif untuk ngobatin, karena udah pasrah banget sama hidup ini. T_T

Satu lagi, kenyataan stress karena tugas ini menyadarkan gw akan satu hal yang penting banget. Satu hal yang sebenernya udah sering gw pikirin sejak lama, kalo lagi merenung sendiri untuk refleksi hidup gw sejauh ini. Satu hal yang jadi salah satu quotes di 3 Idiots juga.

Kalo ada satu hal yang gw sesali waktu gw masuk UI, adalah misi utama gw untuk cummlaude alias dapet IP bagus. Sengganya itu misi gw sampe semester lima kemaren. Fokus utama gw kuliah ya cuma itu saja. Kaya yang pernah gw post sebelumnya, gw puas kalo nilai gw bagus. Pamer SIAK NG ke bokap nyokap, banding2in sama nilai orang laen, feel that pride, feel that praise, feel that victory. It’s done! Good bye! The end! Greet the new term.

Tapi terus kenapa kalo udah cummlaude?

Lo cummlaude trus segala2nya buat lo gilang gemilang di masa depan?

Lo cummlaude trus langsung keterima di perusahaan media mana2?

Lo cummlaude trus semua orang bakalan keep honouring you like you’re some kind of prophet?

No, it won’t!

Jalan ke depan masih panjang, yang harus lo kejar ga cuma nilai, stuck ngejar nilai dan lo ga akan dapetin apa2. Yang ada lo jadi stress, secara ga sadar jadi perfectionist sendiri, ga akan pernah ngerasa puas sama semua yang udah lo capai, dan yang paling parah, you’re losing yourself.

Gw pernah baca blognya Upi, sutradara itu, dan dia menulis sesuatu tentang being perfectionist, dan tulisan dia itu menyadarkan gw akan betapa bahayanya kalo mencari kesempurnaan dalam hidup. Awalnya gw suka ngerasa kalo jadi perfectionist itu bagus. Waktu SMA gw punya temen yang orangnya perfectionist banget. Saking perfectionistnya, dulu dia pernah salah mengartikan tugas sekolah, which is itu merugikan dana kita sekali, dan semua itu dia lakukan karena dia ga mau ambil resiko tugas itu tidak sempurna.

Waktu itu kita diminta baca beberapa bab suatu buku kedokteran, which is pake bahasa Inggris, dan me-review bab itu. Tapi babnya yang mana, guru biologi ngga ngasih tau, dia cuma bilang, yang relevan sama topik yang dikasih. Temen gw itu ga mau ambil resiko kita miss satu aja bab yang misalnya ada relevansinya, akhirnya kita dia suruh review satu buku full. Gimana caranya gw bisa survive waktu itu, entahlah, gw lupa, yang jelas gw kebagian ngeprint kira2 100 halaman untuk tugas sekolah yang isinya semrawut, ga jelas. Ya iyalah, apa yang lo harapkan dari seorang anak SMA ngereview buku kedokteran pake bahasa Inggris?

Well, memang pada akhirnya nilai kita sempurna, tapi apa poinnya kita jadi sempurna, kalo kita pun ujung2nya ga ngerti sama apa yang kita tulis? Dan gw yakin guru biologi kita agak terpaksa ngasih nilai sempurna karena ga tega ngeliat segepok kertas setebel 3 senti ke depan muka dia..

Gondok banget, kesel banget, rugi banget, cape banget.

Rancchodas Shyamaldas Chanchad di 3 Idiots bilang:
"Those are exactly what will happen if you pursue score. Pursue excellence, and success will follow."

Gw pengen ngilangin semua pemikiran2 kolot yang ujung2nya malah bikin gw stress kaya gini. Ngejar nilai? Ngapain sih! Kalo ngejar nilai itu malah ngebuat lo ga bisa tidur pules setiap malem, emosian ga jelas tiap hari, labil, nyimpen kekesalan sama temen2 lo, marahan sama mereka, kehilangan nafsu makan, kehilangan banyak me-time, kehilangan senyum dan tawa tiap hari, sariawan sampe lima biji, sakit mata, jadi buat apa??? What’s the point???

- - - - - - - -

Hari ini gw bolos kuliah lagi. *maaf ya efilkom* karena ada wawancara untuk majalah Elle. Abis wawancara tadinya mau ke kampus ngerjain tugas, tapi ngebayangin kampus aja bikin mau muntah. Akhirnya gw memilih nonton Iron Man 2 sendirian di Blok M Plaza. Lesson learned? Jangan nonton sendirian di Blok M Plaza. Haha. Abis isinya anak SMA semua yang nontonnya bergerombolan dan berisik. Ckck. Udah deh emang Bekasi XXI the best buat ngelonely. :P



Anyway, Iron Man ceritanya sih bagus walau skenarionya kurang “mengantar” ke arah bagusnya itu, unsur kebaruan ceritanya ada (loh ini Iron Man apa feature radio??), tapi endingnya kog kurang spektakuler ya? Oh come on! Iron Man ini jagoannya Marvel gitu! Sengganya harus setara The Dark Knight lah endingnya! Jangan malah kaya Cinderella story gitu ah.. klise..

Gwyneth Paltrow nya terlalu biasa, lebih oke waktu di Iron Man pertama. Terrence Howard digantiin sama Don Cheadle yang tampangnya kolot, jadi kurang bisa bawa situasi. Ada Samuel L. Jackson buat teaser yang efektif. Scar Jo as Black Widow, hmmm, what am I tryin to say? Oh yeah it’s just, Green Lantern is such a lucky guy! Haha. Last but not least... this guy!



Kalo ada yang bisa menggeser posisi Shia Labeouf di hati gw, ya Om-Om yang satu ini.

Kalo ada yang bisa bikin ngasih nilai Iron Man: 9 (sembilan) walopun gw agak kecewa sama endingnya, ya Om-Om yang satu ini.

Kalo ada yang bikin gw berfantasi selama dua jam di studio 1 Blok M Plaza, ya Om-Om yang satu ini.

Kalo ada yang bisa bikin gw berpikir, bersikap, dan bertindak sedikit lebih ‘cewe’ hari ini, ya
Om-Om yang satu ini.





As I twit before, kog ada ya cowo yang makin tua malah makin sexy???

God might be in a very good mood when He created this guy!

Menurut gw, Robert Downey ga perlu susah payah acting Tony Stark karena karakter mereka emang udah sama. Robert Downey itu ya Tony Stark di kehidupan nyata, dari eksentriknya, narsisnya, nakalnya, bandelnya, kocaknya, humornya, cerdasnya, wanitanya.
Aaaaaaaaaaaaarrrggghh!!! Oh Om Iron Man, take me home~ :P

Well, too much blabs, the point is, I don’t regret for skipping class today, I don’t regret for cancelling every appointments related to campus matter. I don’t regret for not mentioning fashion as my interest back there in the interview. No, I don’t, at all.

It’s great having myself back today! Thanks to Mr Iron Man!

2 comments:

  1. like this. hahaha.. emg yg maha sempurna cuman Tuhan. kalo manusia terlalu berusaha keras mencari kesempurnaan, yang didapat justru 'kegagalan'. dan kegagalan itu ada banyak variannya. kekekeke..

    ReplyDelete
  2. blokm plaza tempat gw nge-lonely lho... tapi jangan dateng hari senin dan siang menjelang sore krn emang udah pasti banyak ank SMA. gw biasanya nonton jam pertama, jam 12, biar ga rame. bahkan klo jam segitu biasanya studionya cuma diisi 4 orang termasuk gw.

    ReplyDelete