Sunday, January 15, 2012

Lagi Happy


Hi, guys! How’s everyone doin?

Tadinya gw pengen bikin postingan me-what’s-up, karena banyak banget update yang pengen gw share. Tapi kayaknya yang mau gw omongin di postingan ini lebih penting deh. hehe.

Jadi gini, hari Rabu kemarin gw nonton konsernya Foster The People. Tentu saja dalam rangka liputan. Sebetulnya, liputan Foster The People ini bukan jatah gw, tapi jatahnya salah satu senior gw di kantor. Sayangnya, kakak senior gw itu lagi sakit, jadi gw disuruh gantiin.

Wah gw panik! Pertama, gw bukan fans-nya Foster The People. Gw sama sekali ga tau lagu-lagunya. Jangankan lagunya, gw aja ga tau ada band ini. Beneran deh, kalo ga karena David Choi ngecover salah satu lagunya di YouTube, mana gw tau Foster The People. Kedua, gw didaulat untuk foto dan ngetwit. FYI, di majalah tempat gw bekerja itu itu, kalo liputan konser, yang ngeliput 2 orang. Satu bertugas untuk menulis liputan konsernya, satu lagi buat foto dan nge-twit. Gw udah pernah berperan sebagai penulis sebelumnya, waktu konser Pitbull dan Greyson Chance. Kali ini jadi fotografer dan tukang ngetwit.

Sekilas keliatannya gampang ya, cuma jepret2 doang sama ngetwit. Kenyataannya, dua-duanya susah! Banget! Hasil foto gw kemaren kebanyakan crap semua. Gw ga tau yang salah kamera kantor apa tangan gw, tapi buat dapet foto yang bagus itu bener-bener susah. Apalagi kalo  artisnya hiperaktif banget lari sana lari sini. Kacau semua. Gw bener-bener butuh banyak latian untuk yang satu itu.

Terus ngetwit. Jangan dianggap sepele, karena yang ngetwit itu harus bisa menjelaskan keseluruhan konser dalam 140 karakter. Dan karena sifatnya live twit, jadi lo harus ngetwit minimal 5 meit sekali. Yang di-twit pun semua detil yang ada saat konser, dan pastinya lagu! Semua lagu yang dinyanyiin harus ditwit. Ini PR banget.

Jadilah gw kebut selama 2 hari, yes 2 hari, gw baru dikasih tau liputan hari Senin dan konsernya hari Rabu. Dalam 2 hari itu, gw kebut dengerin lagu2nya Foster The People, hafalin dikit2 liriknya, in case musiknya gw lupa, tentu saja yang jadi patokan adalah liriknya. CD-nya gw rip dan gw masukin playlist di hape, gw dengerin lagu-lagunya kapanpun dimanapun. Di kantor, di omprengan, di kamar, waktu makan, waktu mandi, kapan pun ada kesempatan gw pasti dengerin.

Again, keliatannya simple, karena Foster The People baru punya satu album. Tapi kenyataannya, susah men! Apalagi jenis musik mereka bukan jenis musik yang gw suka. Duh beneran deh, itu rasanya kayak dijejelin biskuit Malaysia! Ga enak!! Tapi ini tetap tugas, gw harus melaksanakannya, dan gw udah bertekad pasti bisa, harus bisa. Alhasil selama 2 hari itu gw puasa K-Pop (sedih banget, padahal seminggu sebelumnya Jay Park baru ngeluarin Star sama Up and Down T_T).

Tapi alhamdulillah gw managed untuk hafal lagu-lagunya. Ternyata lagunya cukup asyik dan ga ngebosenin. Kalo gw punya lebih dari dua hari untuk mengenal mereka, mungkin gw akan jadi fans-nya. Tapi, entah kenapa gw ga berminat untuk mengenal mereka lebih lanjut, jadi setelah konser selesai, gw hapus playlist Foster The People dari hape gw diiringi kepuasan luar biasa. 

Anyway, that’s not even the point i wanna talk about. 

Jadi gini, setelah gw dikasih tau akan ngeliput konser, ternyata majalah gw kebagian sesi round table! Dan karena gw belom pernah ikutan round table sebelumnya, para senior di kantor pun menunjuk gw untuk ikutan.

Alamakjang!

Wawancara dong?!

Mampus!

Panik lagi.

Wawancara. Artis. Bule. Yang. Gw. Ga. Kenal.

Die!

Gw takut banget. Takut salah. Takut screw up. Takut gelagapan. Takut don’t know what i’m doing. Takut ngeblank.

Tapi, seperti kata salah satu senior di kantor juga, there’s always a first time in everything. Jadi kalo salah, screw up, gelagapan, don’t know what i’m doing, ngeblank, dan lain sebagainya, untuk first timer, itu semua dimaafkan.

Iya sih... Tapi kan... tetep aja!!!

Kalo gw salah, gw akan malu2in tempat gw bekerja dihadapan media lain.

Itu yang membebani gw sedemikian parah sampe gw kepikiran buat ujan2an aja pulang kantor biar besoknya sakit n gajadi wawancara.

Tapi, somehow gw juga tertantang. Kalo ga mencoba sekarang, terus mau kapan? Mau terus2an kaya gini? Kapan belajarnya? Kapan jagonya?

Jadi gw coba ambil sisi positif dari ini semua.

1. Nambah pengalaman. Yang paling priceless dari semua shitty shit that might be happened.

2. Practicing English For Free. Bener toh? Sama native dari Amerika langsung pula. What could be better, huh?

3. Ketemu artisnya langsung. Well, walaupun ga ngefans, tapi tetep aja beruntung. Gila lo, Ta! Jutaan orang di luar sana harus jungkir balik buat ketemu Foster The People, dan lo dikasih semacam VIP access, masih ada alasan untuk nolak?

Yaudah, hajar aja deh! Untungnya senior gw di kantor udah bikinin Question List, jadi gw tinggal bacain aja. Oke gampang. The only problem that may occur is starstruck, but since i’m not a fan, that would be solved rightaway. Insya Allah.

Malam sebelum hari H, gw ga bisa tidur, tiap jam kebangun dan kepikiran. Jam 5, dengan langkah gontai gw mandi dan berpakaian. Di omprengan, biasanya gw tidur, kali itu ga bisa. Tetep kepikiran. Jam 10 berangkat ke JW Marriott, lokasi presscon dan roundtable. Jalanan macet. Mencoba tidur, tetep ga bisa. Perut keriukan pun gw ga sadar. The only thing in my mind was, the sooner the day’s over, the better. Boleh ga skip hari ini ke jam 12 malem? T_T

Presscon selesai lebih cepat dari yg gw kira. Tau2 gw udah ngantri buat round table aja. Gw roundtable bareng 2 orang dari majalah remaja (leading) yang lain. Alhamdulillah, kirain bareng sama puluhan wartawan seluruh Indonesia. Kami bertiga dikasih jatah 10 menit buat tanya2. Agak gawat karena ada 10 pertanyaan yang mau gw ajukan, dan pertanyaannya panjang2. Jadi beneran tricky banget.

Tapi bodo ah, sekali hajar tetep hajar. Akhirnya gw sadar ga ada waktu lagi buat panik, takut, grogi, dll. Gw tegaskan ke diri gw waktu itu, kalo lo punya waktu buat menakutkan semuanya, mending waktu itu lo pake buat practice ngomong dan pelajari situasi. Lebih worth it. Gw bertekad mau nyolot, mau ga tau malu aja. Kita bicara prioritas disini. Yang penting percaya, all is well. 

Tiba giliran kami masuk. Lihat situasi. Conference room. Tapi ga se-dungeon yang gw bayangkan. Ya kayak mau ngobrol2 akrab biasa aja. Degdegan seketika hilang.

Kami duduk. Mark Foster menghampiri dan duduk di bangku depan kami. He warmly greeted us. ‘Hi!’ katanya. By the time we shaked hands, there was no fear left in myself.

Gw memberanikan diri memulai round table dengan pertanyaan, “How do you like Jakarta so far? Is there any place in Indonesia you’d like to visit?” Dia menjawab dengan asyik. Pertanyaan kedua mulai nyolot2an. Cukup sulit berbicara ketika semua orang ngotot pengen dapet giliran. Yang penting pinter cari celah aja. Gw udah ga peduli lagi dinyolotin, disirikin, diapain keg, terserahlah! Again, kita bicara prioritas disini.

Singkat kata, the interview run well. Gw senang karena 9 dari 10 pertanyaan yang gw ajukan terjawab. Gw senang ternyata gw ga malu2in banget, hehe. Oh ya gw screw up sedikit, gelagapan karena pertanyaan di kertas kepanjangan dan makan waktu, jadi gw harus think-fast menyederhanakannya di tempat. Grammar berantakan pastinya, tapi seenggaknya si Mark ngerti apa yang mau gw tanyakan dan menjawab seperti yg gw harapkan.

Gw juga senang karena dalam kesempatan itu karena gw bisa belajar banyak.

Dan yang paling penting, gw senang pada akhirnya gw bisa mengalahkan ketakutan gw sendiri.

Jadi inget quote di 3 Idiots,

This heart scares easily. You have to trick it, however big the problem is. 
Tell your heart, 'Pal, all is well. All is well.'

Betul itu! Semuanya pasti baik2 aja. Yang penting lo harus percaya dan berani. :)

Lagian capek ga sih lo takut terus2an? Fear is sooo... last year! Lo bukan mahasiswa lagi. Dunia yang lo masukin sekarang adalah dunia yang sebenarnya, real world.

So, just do something real! Start with your heart, no more lies, no more fear.

Jadi, resolusi 2012 gw adalah: no more fear in everything!

Because all is well.

:)

Bye, guys!

Go deal with your fear!


Oh ya, dapet salam dari Mark Foster :P




NB: Gw jadi ketagihan round table nih, mudah2an Simple Plan besok dan Katy Perry (Insya Allah) gw kebagian lagi! Hohoho!

Oh ya, kalo mau liat gimana gw live twit kalo konser, follow ini dan saksikan Selasa dan Kamis malem besok! Kalo mau liat gimana gw wawancara Mark Foster kemarin, subscribe ini. :)

1 comment:

  1. Gila gilaaaa..
    Bowing to sensei..

    Yes, all I have to do, errr.., all we all human kind have to do are beating our fear. Wakwakwak. Hopefully, I can do it just like you sooner.

    ReplyDelete