Thursday, February 2, 2012

Inspiring People #1


Halo!

Ketemu lagi, di bulan Februari, bersama Lescha Mayseeta Caesariany. #rhymes

Gw lagi kesel nih, sama otak gw.

Minggu lalu saat gw lagi ga deadline, doi sama sekali ga dapet inspirasi ngeblog. Eh sekarang saat kerjaan gw di kantor lagi numpuk senumpuk2nya, malah dapet inspirasi buat ngeblog~ haiyah!

Tadinya gw pengen bawa kerjaan ke rumah hari ini, biar besok semuanya cepet beres dan gw bisa nonton Contraband pulang kantor.

Apa daya tiba2 inspirasi ngeblog dateng membludak yang kalo gw sia2in begitu aja pasti besok bakalan lupa dan menyesal. 

Lagian, seminggu ini gw udah kayak mesin, memaksakan diri untuk ngerjain semua kerjaan dengan cepat, akibatnya gw lembur mulu dari Senin. Baru hari ini gw ga lembur.

So here I am.

Sekarang gw mau cerita pengalaman gw wawancara lagi. Nope, bukan artis bule lagi karena postingan ini bukan tentang konser.

You see, if there’s one thing i like the most about my job, is giving me the chance to meet many inspiring people. It’s like, after i met and had a little talk with them, my life changed.

Gw dapet pelajaran baru, gw dapet wawasan baru, gw dapet inspirasi baru, gw dapet pengalaman baru, gw dapet sudut pandang baru, semua hal yang membuat gw melihat dunia dengan cara yang ga sama lagi.

Itu priceless banget menurut gw, karena ga semua orang bisa merasakannya.

The moment when your knowledge grows, and yourself too.

Ini bisa jadi bekal banyak untuk kehidupan nanti, gw percaya itu.

Kemarin gw baru mewawancara seorang aktor, bernama Iko Uwais.

Siapa yang ga kenal Iko Uwais?

Silahkan cari di IMDb. :)

Yup, semua pasti kenal Iko Uwais. Pemeran utama Merantau (2009) dan The Raid (2011).

Sedikit cerita tentang perjalanan gw menuju kantor Merantau Films untuk wawancara dia. Gw dan supir kantor, nyasar sampe 3 kali~ Soalnya kantornya itu ga ada plang namanya jadi kita muterin daerah yang sama 3 kali buat nyari gedung itu, tapi ga ketemu2. Setelah tanya sama tukang ojek baru ketemu.

Kantornya sepi dan agak horor. Beneran deh, begitu masuk gedungnya, gw berasa lagi di lokasi syuting The Raid. Tipikal bangunan kantor tua yang gelap gitu dan ya, horor, ga ada tanda2 aktivitas. Gw udah takut aja~ Terus ada satpam yang cukup menyeramkan menghampiri gw, nanya keperluan gw apa. Gw jawab mau wawancara, tadi udah janjian sama manager-nya. Terus gw disuruh naik ke lantai 3.

Gw makin takut aja.

Bukannya harusnya ada semacam resepsionis yang at least akan laporan ke manager-nya kalo wartawan dari majalah XXXXX udah dateng? Lah ini satpamnya langsung nyuruh gw naik ke lantai 3~ Yakali dah, kalo ternyata gw salah alamat dan yang ada di lantai 3 ternyata sindikat mafia jual beli cewek gimana?!

Yaudah gw bismillah aja.

Tapi untungnya gw ga salah alamat. Di lantai 3, kantor itu memang lebih ‘hidup’, sedikit. Ada ruang rapat dan meja resepsionis, dan 1-2 orang. Gw bertanya sama mereka, Iko mana? Katanya lagi makan. Okelah gw tungguin. Sekitar 10 menit kemudian Iko dateng.

Sorry gw ga bisa ngasitau apa yang gw dapet dari wawancara itu karena itu bagian dari ethic media tempat gw bekerja. *Kalo mau tau, beli aja majalah gw yang terbit 2 minggu lagi* :P

Yang gw bisa bilang adalah, Iko Uwais itu orang yang sangat inspiring. Lepas dari fakta bahwa dia ganteng, badannya bagus, dan fakta fisik lainnya, dia adalah orang yang humble, supel, pintar, berwawasan luas, open minded, down to earth, berwibawa, dan sosok yang asyik buat diajak ngobrol.

Awalnya, gw ga berharap banyak dari wawancara itu. Gw cuma mau nanya2 tentang The Raid dan sedikit hal trivial tentang pribadinya dia.

Ternyata yang gw dapetin lebih dari sekedar itu. 

Gw suka efek dimana pertanyaan2 yang gw siapkan berkembang karena jawaban2 yang dia berikan memacu kreativitas gw untuk mencari tahu lebih banyak.

Gw suka efek dimana sebuah scheme wawancara secara singkat berubah jadi ngobrol2 santai, dimana yang diomongin lebih bebas.

Gw suka ketika kata ganti "Saya dan kamu" berubah jadi "Gue dan elo" dalam waktu singkat.

Sebelum semua pertanyaan yang udah gw siapin di selembar kertas terjawab, kertas itu udah gw masukin tas.

List pertanyaan itu udah ga berguna lagi, karena pertanyaan2 gw akhirnya ngalir sendiri dan gw sangat menikmati sensasi otak gw kepikiran hal2 baru untuk ditanyain.
Pas gw balik kantor abis wawancara, otak gw ga berhenti berpikir, mengolah setiap jawaban yang dia berikan, mencoba menangkap makna dari kata2nya dia. Reaksi gw mendengar jawabannya dia macem2, mulai dari “Oh iya yaa..” atau “Iya juga yaa..” sampai “SHIT HE’S RIGHT!” “Damn! I never thought of this before,”, dll~

Gw sempet nanya apakah dia sempet cedera waktu syuting, mengingat dia melakukan semua adegan aksi tanpa stunt (Yes, no fuckin’ stunt!). Dia ga segan2 menunjukkan bagian2 tubuhnya yang cedera sambil cerita gimana kejadiannya dia dapet semua cedera itu. Dan dia ceritanya dengan nada datar, seolah2 itu cuma digigit semut~ Padahal itu cedera parah yang proses penyembuhannya butuh berminggu2.

Sinting! Gw udah “Oh shit-Oh shit” ga jelas aja liat luka2nya dia, dia cuma ketawa2 aja.

Dia juga banyak cerita tentang The Raid, and i tell you, semakin dia cerita, gw semakin pengen cepet2 nonton The Raid. Belom pernah gw merasakan excitement luar biasa kayak gini buat nonton film action.

And he is such a gentleman. Dia punya attitude, dia punya manner, dia punya kesigapan, dia punya profesionalitas yang jempolan, dan dia sangat menghormati wanita. 

Tanpa dia bilang pun gw tau dia orangnya tekun, bertanggungjawab, pekerja keras, nasionalis, taat beragama (damn!), sopan, etc...

Semua ketebak dari cara dia menanggapi setiap pertanyaan yang gw tanya.

In short, he’s everything that a woman could ever ask for a man.

Mungkin dia 0,000000000000001% dari cowok Jakarta yang punya itu semua. Di Jakarta, cowok ganteng banyak, tajir banyak, tapi yang punya manner sangat sedikit. Jangankan yang punya manner, yang punya 'balls' aja hampir ga ada~ #Fact

Intinya setelah wawancara dia satu hal yang pengen gw lakukan adalah menjabat tangan Jane Shalimar dan bilang sama dia:

“Jane, elo beruntung banget.”

Dan kalau gw sekarang disuruh milih Sébastien Lefebvre atau Iko Uwais, mungkin gw butuh bertaun2 buat mikir. :D

Argh! Nyari cowok kayak dia dimana yaaa??? *celingak celinguk di depan realita*

Until then, mari mencari inspiring people yang lain. :)

Bye guys!


2 comments:

  1. Surprise! Surprise! Iko Uwais orang BETAWI ASLI! HAHAHAHAHAHAHA
    Jadi orang Padang cuma acting di Merantau.

    ReplyDelete