Sunday, April 5, 2015

Tooth Job



Hi guys! How yall doin?

Jadi dua minggu yang lalu gw merasakan sakit yang aneh di mulut bagian dalem sebelah kanan. Sakitnya nyebelin karena bikin gw ga bisa makan dengan baik soalnya nyeri kalo ngunyah. Terus entah kenapa kuping bagian dalem juga ikut sakit~

Awalnya kirain cuma sariawan, tapi kok udah dikasih obat ga sembuh2 juga~ Akhirnya ke dokter gigi. Di-rontgen, ternyata gigi geraham bungsu gw tumbuhnya miring gitu, ga sejajar sama kakak2nya. Like WTF is it doing banget~ Kalo lo liat rontgen-nya tuh gigi aneh banget~ Miring 45⁰~ Super ridiculous!

Jadilah gw divonis kena penyakit geraham-bungsu-tumbuhnya-ga-beres yang mainstream itu. DAN harus operasi buat dicabut, karena keberadaannya bisa mengancam gigi2 yang lain. -___-

Awalnya gw defensif, ga mau dioperasi~ Abis lebay banget, kalo emang posisi dia aneh, ya benerin~ Pake behel kek, apa kek~ Ga usah diilangin~ ya nggak? I mean, how do I suppose to live my life with one tooth gone??

Lagian gigi geraham bungsu itu innocent banget, dia bahkan belum muncul ke permukaan, masih di dalem gusi~ Jadi kalo gw cabut dia, udah kayak aborsi! WTF~ Masa gw ga kasih dia kesempatan buat merasakan kehidupan dulu? 

Gw pun mengutarakan hal ini pada si dokter.

Gw: Kenapa harus dicabut sih Dok? Emang ga bisa dipakein behel aja atau apalah?

Si Dokter: Geraham bungsu ini bahaya, bisa mendorong posisi gigi lain dan bikin gigi lain keropos/bolong.

Gw: But how do I suppose to live my life with one tooth gone??? Nanti kalo saya makan gimana???

Si Dokter: Lho gigi ini tuh ga akan kamu pake makan. Jadi ga berguna juga, mendingan diilangin daripada bikin sakit.

Gw: Ya gimana kita bisa tau dia berguna/nggak kalo dia belom keluar aja udah dicabut?!

Si Dokter: Ya udah kalo kamu mau nungguin sampe gigi ini berguna ya terserah. Tapi siap-siap sakit terus aja.

Gw: Ada obatnya kan??

Si Dokter: Obat cuma menghilangkan rasa sakit, bukan menyembuhkan. Nanti akan kambuh terus.

Gw: Sampe kapan?

Si Dokter: Seumur hidup.

WTF!!! It’s like I’m pregnant with an evil murderous baby so I have no choice but to let it go~

Okelah. Kita. Operasi.

Sabtu, 28 Maret 2015

Pagi bangun jam 5 karena dentist appointment jam 7. Tapi baru berangkat jam stengah 8 soalnya nungguin bokap n cuprit siap2nya lama. Jam 8an nyampe RS dokternya belom dateng -______- nunggu sampe jam 9 baru mulai operasinya. 


whut? credit: mom

whut?? credit: mom


Pas dibius SAKIT GILA! I literally screamed like a dying cat! But thank God that was the most painful stage. Abis dibius langsung mati rasa, jadi selama operasi ga terasa sakit sama sekali.

Tapiii… biusnya ga mempan buat sistem kesadaran tubuh gw (yaiyalaaahh cuma bius lokal~) jadi pas gigi dibor + dicabut + dijait gw masih fully awake dan bisa denger jelas bunyinya kretek kretek gitu!!! Like a massacre!!! So scaryyy >< and I know I'm bleeding a lottt~~ T.T



little fella, my unborn baby T.T kinda gross tho~ ew


Operasinya cepet cuma stengah jam, sesudahnya ga bisa gerakin mulut n ga boleh makan 3 jam (thank God, kirain 10 jam).

Abis nebus obat tadinya mau langsung pulang karena kirain gw lemes dibius (hey I’ve never been on a surgery before, wajahlah kalo parno n lebay!), tapi ternyata masih fully awake, fully sober akhirnya...... nyalon.

4 jam kemudian pulang, laper, tapi masih ga bisa ngunyah n ga ada tukang bubur siang2 akhirnya beli... puding~ Makan 2 biji terus minum obat, bobo. Jam 5an bangun, nyokap udah sediain bubur, makan lagi, minum obat lagi, bobo lagi.

So yeah, that’s my tooth job story. Setelah operasi gw harus bear with the pain for a whole week. Ga boleh makan nasi/makanan keras. Harus bubur atau pudding. So THANK GOD for Ta Wan at Setiabudi One. #rhymes

Ughhh I really, reeeeeally miss rice! Bubur bener2 bukan clique gw deh soal makanan. Daya tahannya di perut cuma 2-3 jam abis itu laper lagi~ not to mention my poo bentuknya jadi aneh gitu~ Like very2 slender and fragile~ meeeehhh~

Hari Sabtu kemarin gw ke RS lagi buat cabut jaitan. Masuk ruang perawatan terus dibius lokal (again), jaitan dibuka, berdarah lagi. Tapi dikit. Terus disemprot cairan rasa mint aneh. Bibir n mulut sebelah kanan langsung mati rasa.

Terus pulang, sampe rumah lanjut tidur lagi karena masih drowsy n pusing akibat bius lokal n antibiotik. Alhasil malemnya liputan Japan Night setengah sadar dan pulang sebelum acara selesai. Pusing bray.

Yah begitulah sodara-sodara perjalanan tooth job gw.

One thing about this tooth job, ternyata semua orang mengalaminya ya? Well, mungkin ada yang memilih untuk mendiamkan saja dan ada juga yang milih operasi seperti gw. Dan si geraham bungsu ternyata punya nama panggung yang lebih populer: Wisdom Teeth.

Kenapa disebut Wisdom Teeth?



Third molars have been referred to as “teeth of wisdom” since the Seventeenth Century and simply “wisdom teeth” since the Nineteenth Century. The third molars generally appear much later than other teeth, usually between the ages of 17 and 25 when a person reaches adulthood. It is generally thought among linguists that they are called wisdom teeth because they appear so late, at an age when a person matures into adulthood and is “wiser” than when other teeth have erupted.


Lately, science has added some credence to the idea that the third molar does indeed erupt when a person is “wiser”. Recent research has shown the brain continues to grow and develop right on through adolescence: in fact, most researchers believe the brain does not reach full maturity until the age of 25. Perhaps, then, our ancestors weren't so far off the mark — that the eruption of “wisdom teeth” is a sign that the carefree days of childhood have given way to the responsibilities of adulthood.

Source: here

Hmmm… That makes sense. But one thing, kalo emang wisdom ini menandai seseorang sudah lebih bijak dalam hidup, kenapa harus dicabut? Hilang dong kebijakannya?

Anyway for those of you who wonder where I got my tooth job, gw operasi di Lakesgilut-Halim. Itu RS gigi dan mulut punya tentara. Alamatnya lo google aja sendiri. Pokoknya kalo dari Taman Mini ke arah Pondok Gede, vice versa kalo dari arah Pondok Gede ke arah Taman Mini.

Dokter gw (dokter yang operasi, bukan yang pertama kali konsul) namanya Inda Pribadi, spesialis bedah mulut. Beliau Letkol lho! Orangnya asyik, baik dan lucu. Pas ngeliat nama gw dia kira gw bule/setengah bule, terus nyokap gw penampakannya bule pun, alhasil selama di ruang operasi dia ngomong pake bahasa Inggris ke kita! Hahahahaha~

Oh ya dokter ini kayaknya udah senior banget dia udah punya teknik bedah yang lebih cepet n ga sakit. Pas operasi gigi gw, teknik dia adalah menghancurkan sumbu giginya supaya lebih gampang dicabut. A lot faster and less painful! Walaupun yah, gigi lo jadi kebelah dua.

Kayaknya gw beruntung dapet dokternya dia, soalnya kata si dokter, dokter lain banyak yang belom tau teknik bedah yang lebih canggih ini. Jadi mereka biasanya ngutak ngatik rahang pasien dulu biar rongga antar gigi lebih lebar dan giginya gampang dicabut. Nggak salah sih, cuma yaaa… bentuk rahang lo jadi ga sama lagi which means bentuk muka lo jadi ga sama lagi juga! HAHAHAHAHAHAHA~~~

So scary yaa~~ It’s like a jackpot, you just wanna fix your teeth but you also get your jaw done as a bonus. Plastic surgery in disguise. You don't have to go to Korea~ Wkwkwkwk~

Anyway, soal harga, buat cabut geraham bungsu di Lakesgilut range-nya 1,5-1,8 juta. Tergantung tingkat kesulitan. Gw termasuk yang sulit banget soalnya giginya masih di dalem, harus dibelek dulu gusinya, jadi kena 1,8.

Ternyata termasuk murah karena pas gw tanya orang2 yang operasi serupa, mereka kena 2-3 jutaan per gigi. Hmmm… mungkin karena RS milik pemerintah. Lo pada ke Lakesgilut aja kalo mau operasi gigi/mulut murah.

Eh tapi sama aja sih biasanya kan orang cabut Wisdom Teeth langsung kanan-kiri atas-bawah. Kalo sepaket di atas 5 jutaan juga ujung2nya. Hahahaha~

Anyway that’s about it. :)

Oh ya I have a bad news, mungkin belakangan ini gw akan semakin jarang ngeblog karena lagi berusaha ngeberesin hidup gw yang berantakan banget. Hahahaha~ Seriously, I’d love to blog more but I have lots of thing in mind which are very mind-consuming, sort of make me crazy and can’t focus.

Sooo I’m so sorry~~ I promise when my mind has settled down, I’ll update this blog as much as possible! To be very honest I really miss posting about 2NE1!! Like belakangan ini banyak hal awesome yang terjadi sama mereka tapi gw ga bisa ngapa2in T.T like when CL debuted @ Ultra Fest! How awesome is that!!! Gw cuma bisa meng-update via Twitter T.T padahal itu deserve a long long blog post, semacam feature khusus pre-debut CL di US which is one of the thing I really anticipate this year!

But I’m still active @ Twitter though. Twitter menjalankan fungsinya sebagai microblog dengan sangat baik. Kalo ada apa2 soal 2NE1, gw pasti langsung post di Twitter. So, make sure to follow. Terus belakangan ini gw juga lagi rajin update blog gw yang satu lagi, yang isinya tulisan2 gw di majalah. I also have ask.fm and sometimes I don't mind answering question with long answer, almost like a blog post, so why don't we make it as an alternative blog? Ask me here. :)

A’ite! Bye now!

2 comments:

  1. klo boleh tau biayanya brp yaa?

    ReplyDelete
  2. Hadeh itu kan udah dikasih tau. Masa masih nanya lagi harga nya berapa-_-

    ReplyDelete