Sunday, April 12, 2015

Debut Resto Review: Take a Bite at Curry House CoCo ICHIBANYA!



Hi, guys! How y’all doin?

So this is gonna be a very exciting blogpost! Hari Sabtu kemarin gw diundang launching restaurant untuk pertama kalinya atas nama blogger!!! How awesome is that!

Gw udah ngeblog dari taun 2009, tapi gw ga pernah menggunakan blog ini untuk kepentingan komersil.  Pun ga pernah share blogpost-nya dimana2, coz it’s basically my diary. How my blog so far got over 70k views is beyond me. Well, I did the 60k myself I guess. Hahahaha~ No!! Really!! ><

But anyway, that is why being invited to a resto launching as a blogger is very awesome experience for me! This is gonna be my debut on reviewing food and restaurant! Let’s make it all or nothing!!!

Restoran yang mengundang gw adalah Curry House CoCo ICHIBANYA! Restoran ini udah ada di GI sejak 8 Desember 2013. Tapi yang gw datengin bukan yang di GI, karena kalo mau kesana harus pake mesin waktu ke 2 taun yang lalu pas mereka launching. Hahaha~ Yang gw datengin adalah CoCo ICHIBANYA di Summarecon Mall Bekasi (SMB)!!! Hohohoho~~ Menyenangkan sekali, bukan? Deket rumah. Seneng deh makin banyak restoran enak buka di Bekasi! Hehehe~


Yup, Curry House CoCo ICHIBANYA Summarecon Mall Bekasi baru banget buka 26 Februari 2015 kemarin, menjadi cabang kedua CoCo ICHIBANYA di Indonesia. Hari ini (12 April 2015) mereka baru buka juga di Gandaria City. Jadi so far ada di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Bekasi. 

Anyway sekilas tentang CoCo ICHIBANYA. Ini adalah restoran franchise Jepang dengan spesialisasi di kari. Konon katanya di Jepang restoran ini legendaris dan ngetop banget dan jadi bias orang Jepang buat makan kari. Smart move mereka buka restoran di sini, karena penggemar makanan Jepang di Indonesia banyak banget, tapi yang spesialis kari masih dikit.



Design restorannya yang di SMB super mini. Kecil, tapi apik dan nyaman. The ambience is really nice. Warnanya didominasi kuning-orange-cokelat muda, khas warna kari. Ada yang indoor ada yang outdoor. Saran gw kalo mau makan di sini siang-siang, di dalem aja karena di luar panas. Tapi kalo malem, mending di luar soalnya udah ga panas dan bisa sambil nonton live music! FYI, di beberapa bangku ada colokan yang grateis (confirmed) dan ada wifi SMB yang bisa dipakai grateis juga!  

Konsep restorannya sendiri fastfood, tapi bukan asal fastfood yang 1-2 menit jadi. Setiap porsi kari yang disajikan dimasak ± 15 menit dan dimasak sendiri-sendiri. Bukan sistem masak banyak terus tinggal diangetin kalo ada yang pesen. Kemarin gw diajak liat2 dapurnya juga dan bener aja lho, panci yang mereka pakai buat bikin kari banyak banget. Semua stand by buat setiap porsi kari! Kewl!

Terus beras dan bumbu yang mereka pakai ga main2 bro, semuanya impor! Supaya rasanya persis sama seperti yang di Jepang. Nah iya, CoCo ICHIBANYA nggak memberlakukan standardisasi rasa buat orang Indonesia. Dia mau rasa karinya seoriginal mungkin seperti yang di Jepang. But no worries, khusus buat di Indonesia, mereka ga pake babi kok, baik di bumbu/minyak/dagingnya. :)

Okelah, sampai disana, gw dan blogger2 yang lain langsung pesen makanan. Pas pertama kali liat makanan display-nya, gw pesimis karena porsinya gede buanget! Udah piringnya gede, karinya banyak, nasinya pun banyak! Secara bukan pemakan banyak, gw takut ga bisa habisin. Kan sayang yaa udah dimasak sepenuh hati ± 15 menit masa ga dihabisin? :(

Eh ternyata CoCo ICHIBANYA punya cara order yang unik banget >> CUSTOMIZE!

Waaah!! Kece!! Kita bisa nentuin sendiri nasinya mau seberapa banyak, toppingnya mau apa dan level kepedasannya segimana!

Khusus buat nasi, dia punya yang 150g, 250g, 350g, 450g, 550g! Porsi standar/normal orang Indonesia adalah yang 250g. Porsi itulah yang dikasih liat di display. Karena menurut gw 250g masih kebanyakan, akhirnya gw pesen yang 150g.

Toppingnya sendiri dia punya buanyak banget pilihan: boiled egg, corn, ripe tomato, chicken cutlet, minced beef cutlet, lightly crisped chicken, fried chicken, hamburg, sausage, beef shabu, beef, minced beef, fried shrimp, vegetable, spinach, mushroom, cheese, natto (yes they have frikken natto!! i don't recommend this to anyone who never tried natto before tho), cream croquette, extra sauce. Semuanya dengan variasi harga yang beda.

Secara gw pecinta daging sapi, mata gw langsung ke tulisan ‘beef’. Tapi karena opsi beef pun banyak banget dan gw belom pernah cobain semua, akhirnya gw pilih ala2 anak TK: yang penampilannya paling bagus. Gw liat Minced Beef Curry lucu gitu warna warni karena ada paprika dan tomatnya, akhirnya pesen itu. Hehehehe~

Okay, sekarang pilih tingkat kepedasan atau spiciness level. Ada yag mild, standard, level 1, level 2, level 3, level 4, dan level 5. Mild itu yang ga pedes sama sekali, biasanya buat anak2 atau orang yang ga suka pedes. Standard itu pedes standarnya CoCo ICHIBANYA, mungkin ladanya super duper minimalis.

Menurut Kak Meimei, area manager CoCo ICHIBANYA, kalo di Jepang tingkat kepedasan itu 1-10. Di Indo yang notabene negara yang penduduknya cabe hardcore, level 1 aja udah harus pedes. Jadi dibuatlah 1-5. Level 5-nya Indo = Level 10-nya Jepang. Sadis.

Gw sih sebenernya suka pedes. Kalo pake tolak ukur Bon Cabe, level 10 itu masih normal buat gw. Tapi gw ga mau pengalaman pertama gw makan CoCo ICHIBANYA rusak cuma gara2 gw salah pilih tingkat kepedasan~ Kan ga lucu kalo udah pede pesen level 5, ternyata pedes banget sampe akhirnya trauma dan ga mau makan sama sekali~ Jadi gw pilih level 2. Cupu sih, but I still do better than the Japanese. Hahaha~

Lagian kata Kak Meimei, ga usah khawatir kalo ternyata kurang pedes, karena di setiap meja CoCo ICHIBANYA ada TOBIKARA, racikan lada bubuk spesial yang dari baunya aja -whoa- udah ketauan segimana pedesnya!

Oke sip!

Oiya, kalo misalnya males mikir untuk CUSTOMIZE kari, ada kok yang tinggal pesen. Ada 18 menu kari dengan range harga 60ribu-78ribu. Terus mereka juga punya salad yang bisa di-combine jadi set menu. Lumayanlah kalo butuh appetizer. Soal minuman, CoCo ICHIBANYA ga terlalu heboh. Pilihannya cuma iced tea, iced lemon tea, orange juice, apple juice, softdrinks dan green tea (produk). Mungkin karena karinya udah heboh kali ya? Jadi minumnya biasa aja. Hehehe~ Semua minuman under 20k, FYI.

Alrite, without further ado, here’s our food!!!! Before you freak out, 6 menu ini dimakan berempat (gw, Acu, Ayu dan Kak RG), ga cuma gw sendiri kok. Hehehe~

click to enlarge

1. Hambuger Cheese with Mushroom Curry (65k+15k) 
Commentary: Perpaduan unik barat dan timur, baru sekali gw liat daging hamburger dijadiin kari. Keju cairnya menang banget disini. Mushroom-nya enak, tapi kasian spotlight-nya ketutup sama keju. Hehehe~
Rating: 4/5
2. Minced Beef Curry + Fried Shrimp Topping (60k+25rb)
Commentary: Dagingnya kecil2 dan alus, gampang dikunyah. Paprikanya juga dipotong kecil2 tapi karena rasa karinya udah kuat banget, paprikanya ga terlalu terasa. Oiya bener prediksi gw, level 1 ga terasa sama sekali pedesnya. Udah campur paprika pun masih belum terasa. Setelah gw coba yang level 5 pun masih tolerable buat lidah orang Indonesia. So, TOBIKARA TO THE RESCUE!!!
Rating: 3,5/5

3. Chicken Cutlet & Vegetable Curry (78k)
Commentary: Chicken Cutlet-nya renyah. Caution untuk menu ini adalah di dalem vegetable-nya ada kentang yang bikin makin kenyang. Jadi kalo mau mesen ini mending pake nasi yang 150g aja.
Rating: 3.5/5
4. Sausage Salad (35k)
Commentary: Sosisnya CoCo ICHIBANYA one of a kind banget. Belom pernah gw nyobain sosis yang rasanya kayak gitu. Dagingnya lebih berasa, jadi ga kayak daging olahan. One thing about the salad, I don’t really like the sauce. Ga tau ya, bumbunya asin manis gitu. Acu bilang namanya Bumbu Buah Manis dan katanya ngetop di daerah Pecinan. Acu dkk sih suka. Tapi rasanya ga familiar di lidah gw. Ini kayaknya karena gw terlalu Thousand Island minded soal bumbu persaladan.
Rating: 3/5
5. Beef Omelette Curry (75k)
Commentary: Gw ga nyobain yang ini sih, tapi menurut Acu ini enak. FYI menu omelette ga bisa di-customize nasi dan tingkat kepedasannya.
Rating: -
6. Fried Chicken Salad (35k)
Commentary: Ayamnya gurih banget tapi potongannya terlalu kecil. Dan gw lagi2 bermasalah sama bumbu saladnya, so I don’t really dig this one too.
Rating: 3/5

Drinks Gallery

their special designed curry spoon and fork! so unique!


Salah satu signature style-nya CoCo ICHIBANYA dalam menyajikan makanan adalah membagi piring jadi dua bagian sama rata. Berlaku untuk semua kari kecuali omelette. Sangat catchy dan Instagramable! Hehehe~

Overall, gw suka! Karinya enak dan rasanya blend sama semua topping yang disediakan. Harganya emang agak mahal tapi menurut gw worth it karena porsinya gede banget. Bahkan walaupun lo pesen nasi yang paling sedikit (150g), karinya alone udah bisa bikin lo kenyang. Padahal dia ga pake minyak lho! Jadi ga begah/mual juga abis makan. 



Overall Score: (3,5/5)



Thank you CoCo ICHIBANYA!! 

 More info if you want to visit:

Curry House CoCo ICHIBANYA
The Downtown Walk Ground Floor, Summarecon Mall Bekasi
Opening Hours: Mon-Thu and Sun: 10AM-10PM, Fri&Sat: 9AM-12PM
Price Range: Food: 60k-78k, Drinks: 10k-20k


 

No comments:

Post a Comment