Thursday, September 17, 2015

My IELTS Class: The Invincible Pupils of Michael ❤

quick post! lemme introduce you to my new family!

my "home" for the last 2 weeks

so, seperti yang sudah pernah gw bilang di postingan ini, selama september gw ambil cuti di luar tanggungan sebulan (unpaid leave T.T). adapun alasan gw cuti adalah… i’m going back to school!!!

hehe~ it’s not really school tho, lebih tepatnya gw ambil ielts course untuk persiapan tes ielts yang sesungguhnya. 

ngapain lo tes ielts, ta? ya ngapain lagi~ tentu saja untuk memenuhi persyaratan aplikasi beasiswa paling mainstream di indonesia itu~ wkwkwk~

lo les dimana? IALF-Kuningan.

kenapa di sana? direkomendasiin sama Wendah (temen SMA) dan Dinda (Kom 07), dua cewek kece itu udah berhasil mendapatkan beasiswa yang sedang gw incar juga, setelah les di IALF. so i’m sorta following their path, hopefully it’ll lead me to the same destination. :) 

so yeah, i took ielts class. i’m using past tense coz the class is already over. it was only two weeks long, an intensive 8 hours a day class, pretty much as long as regular school, that’s why i always reckon it as school.

anyway…..

so these guys are my classmates!






you know, awalnya gw ga expect akan dapet banyak temen baru or even membangun pertemanan di ielts course ini. i was not expecting any kinds of friendship with those guys.

dalam pikiran gw waktu itu, kelas yang akan gw masuki ini akan sangat kaku, dalam artian murid2nya akan sangat individualis, ga peduli sekitar, dateng cuma buat belajar, bukan untuk bersosialisasi, dan orientasinya cuma nilai. 

kenapa gw berpikiran seperti itu? mostly because i’m one of them. hahaha~ jujur aja ketika sign up buat course ini, tujuan gw cuma satu: memaksimalkan pelajaran yang gw dapet supaya band score ielts gw minimal 8. kalo harus jadi nerd, jadi nerd-lah. kalo harus antisosial, antisosial-lah. kalo harus jadi single fighter, jadi single fighter-lah~

gw ga peduli lingkungan sekitar (khususnya temen sekelas) gw gimana. kalo mereka ga bisa membantu gw meraih tujuan gw itu, atau malah jadi obstacle di tengah jalan, ya buat apa dijadiin temen~

second, well what do you expect with only two weeks long of togetherness? i mean, course itu ga murah, untuk 50 jam course intensif, harganya 4,1 juta. pastinya setiap orang yang sign up course itu udah punya tujuan di kepala mereka. ga mungkin menyia-nyiakan uang segitu banyaknya cuma buat iseng kan?

third, the class will consist of MANY kinds of people~ seriously, MANY MANY kinds of people. segala usia, latar belakang, karakteristik, asal usul, dll. therefore, i have to be extra careful in selecting which one i wanna friends with, which i can’t, coz it’s only two weeks, i got ielts to worry about, i can’t give shit to something as trivial as this, it will waste my time~

lagian, untuk bisa menjalin pertemanan dengan mereka akan membutuhkan waktu yang saaaangat panjang. ga bakal keburu kalo cuma 2 minggu doang.

eh tapi ternyata eksekusinya lebih mudah dari yang gw bayangkan. kelas pertama di hari pertama, kita langsung disuruh bikin grup sama teacher-nya, grup itu dimaksudkan untuk melatih speaking skill kita untuk speaking test. 

lo tau ga speaking test-nya ielts kayak gimana? it’s a freakin kepo conversation. examiner (penguji) akan kepo banget nanya2 hal2 pribadi lo, kayak keluarga, tempat tinggal, hobi, dll.

ketika disatuin dalam grup dan diminta role playing ganti2an jadi examiner dan peserta ielts, dalam sekejap kita jadi tau latar belakang masing2 dan kenapa mereka ambil les ini. 

dari situlah gw mengetahui ternyata banyak yang background-nya mirip sama gw, misalnya:
  • sama2 lulusan UI, tapi beda angkatan/fakultas walaupun ga jauh2 amat bedanya.
  • sama2 angkatan 2007, tapi beda kampus.
  • sama2 anak bekasi, wkwkwkwk~~~
  • sama2 ngefans sama beyonce, skrillex, dll… *LOL*
ada juga yang senasib sepenanggungan: 
  • sama2 resign (or unpaid leave/break) dari kantor buat ikut kelas ini
  • sama2 ngejar beasiswa yang sama, dengan deadline pengumpulan aplikasi yang sama pula
  • sama2 ngincer band score 6.5, untuk memenuhi persyaratan beasiswa tersebut
  • sama2 ngincer kuliah di ****** (yang ini masih sangat confidential, belakangan aja gw kasih taunya ya~ :P)
  • sama2 masih payah english-nya, hahahahaha~~ seriously!!! gw tuh selalu merasa english gw lumayan, ya level mediocre sih lewatlah. but then, when i entered this class, it was solely proven that my english STILL SUCKS SO BAD~ LOL~ english gw levelnya masih IndoGlish alias Indonesian-English~ jauuuhh banget dari native american english. suprisingly, these guys do too!!! biar pun dari kecil tinggal di luar, kuliah S1, S2, S3, S4, S5 sampai kerja di luar juga, juara debat bahasa inggris internasional, ga ngaruh!!! IndoGlish juga tuh keluarnya kalo ngomong~ so it feels like being in the same class with a bunch of Seungri~ wkwkwk~~

by the end of the class, one of the guys had initiave to create whatsapp group, so that we could exchange information, not only about the ielts, but also about the scholarship, universities, edu fair, visa, etc. 

and that’s it, we became pretty close in one day. 

bener2 ga nyangka deh kalo kita bakalan akrab secepat itu. kalo lagi ngobrol bareng tuh nggak keliatan kayak orang yang baru kenal beberapa hari~ tapi kayak orang yang udah temenan lama aja.

padahal kita tuh sekelas bener2 beda banget background-nya. ada yang dari teknik, ekonomi, politik, akuntansi, hukum, psikologi, kedokteran, dll…

temen2 sekelas gw mostly science peeps, teknik A, teknik B, teknik C~ ada yang udah S2 mau S3, atau Ph.D. SICK BANGET YA? XD

buat gw ini menyenangkan banget, karena terakhir sekelas sama anak2 IPA itu hampir 10 taun yang lalu pas SMA~ sejak kuliah mainnya sama anak2 IPS mulu~~ T.T

and damn man, science people are veryyy sexy! kalo mereka udah ngomongin ke-IPA-IPA-annya, beuhhh~~ i’m slayed~~ 

makin nyesel gw ninggalin IPA~ i lost golden opportunity to be as sexy as them~ :p

anyway, soal umur juga macem2, ada yang masih muda remaja belia, baru lulus kuliah lagi nyari kerja, udah kerja beberapa taun, udah jadi bos besar, dll. tadinya gw udah takut bakal sekelas sama bocah2, and i was indeed one of the oldest students there, but thank God gw bukan yang paling tua~ XD 

hal lain yang membuat kita cepat akrab adalah IALF is a very homie place. tempat lesnya bikin betah banget, kalo udah masuk, lo ga akan mau keluar. hahaha~ 

seriously, karena makanan sekitar gedung ga ada yang enak (kalo mau yang enak harus nyebrang halte busway dulu terus ke setiabudi one), kita jadi males keluar dan memutuskan bawa bekal tiap hari buat dimakan di COMMON ROOM (ala2 Hogwarts gitu), yang biasa dipake buat makan/kongkow. 

banci-banci common room :p 

jadi rutinitas tiap hari itu ketika break makan siang, kita ke common room buat makan dan bersenda gurau. hahaha~ i mean like ngobrol2 cantiklah, getting to know each other. terus setiap ada break di tengah pelajaran (biar otak ga panas), kita juga ke common room buat bikin teh/kopi biar ga ngantuk, terus ngobrol2 lagi deh.

it didn’t take much time until i remember all of their names. paling hari kedua atau ketiga gitu udah hapal nama+muka semuanya, sekaligus background-nya juga. 

so yeah, dua minggu les berjalan dengan sangat menyenangkan. gw bener2 merasakan kembali serunya sekolah, enaknya belajar sama temen-temen di kelas, becanda sama mereka, berinteraksi sama the teachers (shoutout to Roz and Michael! you guys are awesome! thank you!!!)~

with Roz

with Michael


terus juga ngerasain ribetnya bikin pe er tiap malem, sama after-class session di common room sambil ngeteh/ngekopi cantik ditemani biskuit2 lucu a la British tea party, atau di hangout perpus yang wacananya “latihan speaking” tapi kenyataannya malah curhat2an ga jelas in broken english, hahahaha~~

one thing i like the most from these guys: they are sooo supportive!

masing2 dari kita ambil ielts test di tanggal dan institusi yang beda2. ada yang duluan, ada yang belakangan. tapi ga ada kompetisi, kita semua saling mendukung, saling menguatkan, kayak ngerti each other gitu kalo persoalan ielts ini penting banget buat masing2. we’re continuously fixing each other flaws, sharing anything that could be shared, like experience, do’s and don’ts, etc… 

sabtu besok (19/09), gw akan ielts test. doakan ya!!!! band score 8 amieennn!!!! temen2 ini gw ga henti2nya ngasih semangat, moral support, dll…ah pokoknya kece bangetlah anak2 kelas gw~ ga ada duanya~ i can not ask for better classmates! <3

per 11 Sept kemarin, kelasnya berakhir. T.T

tapi minggu ini beberapa dari kita masih ketemuan buat belajar bareng di perpus. 





setelah tanggal 19, gw ga yakin bisa ke IALF lagi since i got so much to do~ this means, it’s a very small chance that i could meet these guys again~~

one thing for sure i will miss them a lot~~ T.T

mudah2an someday in the future bisa ngumpul bareng lagi ya, guys! semoga grup whatsapp Michael’s Pupils dengan tagline “Michael’s Rules should be implemented here :))” tetap hidup, dan semoga yang ngincer beasiswa diterima semuaaa~~ amieennn~~ 

sooo… see you when i see you, guys!!! good luck for everything!!! thank you for the short-but-awesome classmateship dear Rika, Rahma, Wendi, Stephanie, Asyifa, Ray, Riyan, Bayu, Tama, Erland, Fitri, Kara, Meki and Idrus! <3


ps: kalo ada yang mau nanya soal les ielts di IALF, japri aja ya. mention aja di twitter, nanti gw DM. males jelasin di sini, kesannya gw di-endorse buat promosi~ :p

1 comment: