Wednesday, April 27, 2016

Purpose #4: Essay and LGD

Haaiiii~~

Gile gw committed banget ye 3 bulan kemudian baru ngelanjutin cerita Purpose. Hahaha~

Anyway, terakhir gw ceritain wawancara ya? Jadi sekarang lanjut cerita tentang Essay sama LGD. As I already told you, my essay and LGD test were scheduled the next day, dan gw kebagian pagi2 buta. Kalo ga salah esay gw jam setengah 8, LGD gw jam setengah 9.

Oke. Esay.

I don’t really remember but I think I slayed my essay. LOL~

Sistemnya pilih 1 di antara 2 topik. Gw dapet topik hukuman mati buat pengedar narkoba sama apa ya? Hahaha~ Lupa~ Kalo ga salah satu lagi soal agama. Since my conception of religion agak2 kontroversial XD, jadi gw pilih yang hukuman mati biar lebih aman.

Ga perlu gw jelasinlah ya jawaban gw gimana~ I think I made myself very clear on it. Gw ga setuju sama hukuman mati itu, jadi straight to the point aja jelasin alasannya apa aja. Elaborate satu2. Selesai.

Ketika orang lain nulis panjang lebar sampe berlembar2 gw cuma nulis setengah halaman kertas folio. 10 menit selesai. LOL~

Here’s a tip: essay itu ga ada ketentuannya harus berapa kata. Jadi ada baiknya lo langsung ke idea, ga usah bertele2 jelasin latar belakang masalah, dll. It’s not a scientific writing, walaupun ada baiknya lo jawab dengan struktur scientific writing, meaning ada opening, body sama conclussion. Tapi ga usah panjang2lah. It's just an opinion.

Anyway so yeah, I nailed my essay in 10 minutes, dan esay praktis jadi tes yang paling gw suka out of all substantial tests, becoz 100% sure I nailed it. LOL~

Abis essay, langsung digiring buat LGD. Kalo kata orang2, LGD ini kayak ngobrol santai aja, dengan topik isu-isu terkini. Waktu itu kelompok LGD gw (yang terdiri dari 10 orang, semuanya cewek!) kebagian topik tentang intoleransi antar umat beragama, dengan studi kasus gereja Situbondo yang dibakar massa.

Hmmm… Berat.

That was when I was most afraid I would fail. Simply becoz I suck at scientific discussion. Well it’s not like I can’t talk or anything, in fact sometimes I ace at discussion BUT only when the topic is my area of expertise.

2NE1
Beyonce
Britney Spears
Lady Gaga

JUST KIDDING!
Stuff like:

Popular Culture
Entertainment Industry
Creative Industry
Journalism
Digital Media and Internet

or certain human interest topic like feminism, homosexuality, racism, dll.
I would love to discuss about that!
Other than that, it’s a lot of struggle, which was exactly how my LGD went like.

Gw hampir sama sekali ga ngerti isunya. I mean gw pernah baca beritanya satu dua kali. Ngerti sih, tapi cuma di permukaan. Gw mau berpendapat, tapi pendapat gw baseless, cuma assumption, jadi ga kuat. Gw ga punya receipt untuk mendukung pendapat gw.

Sebenernya LGD itu diskusi yang sangat santai, ga ada yang menjatuhkan. Tapi ketika elo dikasih waktu setengah jam diskusi dengan orang2 yang berasal dari bidang yang berbeda2, meaning ada 10 otak yang jadi motor diskusi itu, bahasannya bisa jauh banget! 

Since gw ga terlalu ngerti topiknya at the first place, the further they discuss, the more I lost. Ketika orang2 udah 3 kali berpendapat, gw baru sekali dan itu pun pendapat ga penting! T.T

Just when I thought that’s it, that’s the end of me, like confirmed fail at this, tiba2 ada cewek di kelompok LGD gw, totally lupa namanya siapa, tapi cewek ini tiba2 bahas peran media massa dalam isu ini.

EUREKA!

Dari situ gw baru dapet celah untuk intervensi dan mengutarakan opini dengan cerdas sesuai dengan area of expertise. :D

YASSSSSS!!!!!!!

Jadi pada kesempatan ini gw mau berterimakasih pada elo -siapapun elo- si cewek misterius temen LGD gw yang secara ga langsung membantu gw saat LGD, THANK YOU SO MUCH! :* semoga sukses studinya yaa~~

And that’s it, my LGD didn’t end up that tragically. LOL

Keluar ruangan LGD perasaan gw udah lega banget. Ga sempet kenalan sama siapapun karena literally semua orang langsung ilang ketika keluar ruangan. LOL~ Bener2 ga romantis deh grup LGD gw, kalo grup LGD lain tuh akrab banget mingle sampai bikin grup watsap. LGD gw bener2 SLGDP alias sehabis LGD pulang~ wkwkwk~~

Jadi gw balik ke lobi utama buat ketemu sama Rika yang abis wawancara. Saat itu gw udah tenang banget karena semua tes akhirnya selesai. Eh pas ketemu Rika, masa dia nangis!

Like WTF~ Kok Rika nangis???

Ternyata wawancaranya ga smooth, dia debat kusir sama interviewer-nya~ T.T

Kasian Rika sampai trauma~ Ada kali sejam gw dengerin Rika cerita sambil nangis. Gw bener2 bingung harus diapain itu anak biar berenti nangisnya~

Tapi Rika bilang gw ga perlu ngapa2in, cukup dengerin ceritanya aja. A psychology bachelor she is, dia bilang sekarang dia masih di stage Anger. Jadi emang ga bisa diapa2in. 

Ngeliat gw ga mudeng, dia sempet2nya jelasin 5 stages of loss and grief:

1. Denial and Isolation
2. Anger
3. Bargaining
4. Depression
5. Acceptance

Dari stage itu, nomer 1-4 bisa diapa2in deh, meaning the person who endure it has to deal with hisself/herself. Orang lain ga bisa membantu.

Orang lain baru bisa bantu di stage 5, acceptance. That's gw mencoba bantuin Rika menuju level acceptance dengan mengajak dia ke… Mall Artha Gading buat kongkow. LOL~

Daerah UNJ situ mall-nya cuma Arion, ga mungkin gw ajak dia ke Arion, bisa makin depresi entar~ wkwk~ akhirnya ke Artha Gading.

Di Artha Gading, true healer datang pada Rika dalam bentuk… Daiso! LOL~

Secara gw banci Daiso, otomatis ke sana kan secara Daiso Artha Gading yang paling gede dan paling lengkap se-Jakarta~ Kebetulan Rika belum pernah ke Daiso, pas bangetlah diajak ke sana. Langsung kalap belanja sampe 200k++. Langsung happy lagi deh anaknya! Hehe~

Well, gw bersyukur banget interview gw happy ending, interviewer-nya ga rese nanyain pertanyaan aneh2. Gw justru mau nangis di ruangan LGD~ LOL~ Saking no clue-nya mau ngomong apa pas diskusi. Tapi itu pun happy ending karena ada savior yang tadi gw bilang. Wkwkwk~

Overall semua tes substansial ga ada yang meninggalkan trauma atau regret sih. Campuran persiapan gw matang, niat gw baik, doa nyokap bokap, dan tentu saja luck. :)

Till the next Purpose story, bye now!


Oiya! Selamat menunaikan ibadah Civil War bagi yang merayakan! Aku nonton malem ini, kamu??? :)))

No comments:

Post a Comment