Friday, January 12, 2018

Culture Shock

Hi, guys! How y’all doin?

I know what you’re thinking.

“Ah lebay banget lu pergi 1,5 taun aja pulang2 culture shock~”

As impossible as it sounds, it’s true, guys. Balik ke Indo gw merasakan beberapa culture shock yang cukup lebay dan norak!

These are how they went down.

~~Kentang Curly~~

Sejak di Melbourne, gw ngidam banget yang namanya kentang keriting atau kentang spiral atau Curly Fries! Emang siy di Melbourne banyak kentang goreng rasa surgawi yang ga kalah enak, tapi entah kenapa gw kangen banget sama si kentang curly.



Beberapa hari setelah gw sampai di Jakarta, gw ke PIM buat nebeng pulang sama nyokap setelah ketemuan sama Ica di Kemang Village. Gw jalan-jalan sambil nungguin nyokap meeting dan karena udah jam makan malem, gw pun cari makan. Kemudian gw melihat Wendy’s.

Entah karena laper banget atau udah lama ga liat Wendy’s, gw pun langsung masuk dan yang kepikiran di otak gw adalah: gw mau pesen kentang curly!

“Halo Mbak, saya mau kentang curly dua.”

“Kentang apa, Kak?”

“Kentang curly.”

“Kita adanya mashed potato sama French fries, Kak.”

“Hah? Udah ga jualan kentang curly?”

“Kita ga ada, Kak.”

“Yah, padahal saya suka banget lho, Mbak. Yaudah deh French fries aja.”

Gw makan French fries dengan kecewa karena Wendy’s udah ga produksi kentang curly. Padahal menurut gw kentang curly dia itu adalah kentang yang rasanya paling pas sama taste-nya orang Indo~ Di mobil, gw curhat sama nyokap.

“Wendy’s kenapa udah ga bikin kentang curly sih?”

“Hah?”

“Si Wendy’s udah ga jual kentang curly katanya. Sejak kapan?”

“Sejak kapan Wendy’s jualan kentang curly?”

“Hah??”

“Itu mah A&W kali!”

................................


~~No Touch Off~~

Kejadian ini baru gw alami tadi siang.

Ceritanya gw tuh kangen naik Transjakarta. Today akhirnya gw naik busway setelah sekian kali pengen naik tapi ga jadi melulu karena semangat gw constantly dipatahkan orang2 penuh kenistaan aka temen2 gw. LOL~

Temen2 gw tuh ya, what the hell is wrong with you people???

Setiap gw bilang gw mau naik busway, pasti diracunin~

“Ngapain naik busway, udah ada gojek, lebih murah lebih cepet~”

“Busway sekarang ga enak karena jalanan makin macet~ Sengsara deh lo di jalan~”

“Hari gini masih naik busway???”

Bottom line is every single person yang gw ajakin atau minimal gw bilang bahwa gw mau naik busway, they would think I’m crazy. Seakan naik busway itu dosa yang lebih besar dari dosa-dosa Jennifer Dunn ditumpuk jadi satu. #kontekstual

But anyhow today gw akhirnya naik busway! Tujuan Ratu Plaza, dari Blok M. Cuma 2 stop. Ga penting emang, receh banget. Wkwk~ Tapi gapapa, yang penting rasa kangen terobati.

Jadi gw menuju halte busway Blok M (yang gw amnesia lokasinya dimana sampai harus dianterin nyokap~ wkwk) dengan riang gembira. Gueeee mauuuuu reuniiii samaaaaa buswayyy tercintaaaa~

Masuk halte, touch on kartu Flazz, pindahin tas ransel ke posisi depan, naik tangga ke atas, kemudian menyesal.

Rame banget, nyet!

Najis~

Kirain kalo nunggu di Blok M busnya lebih banyak~ Jadi penumpang ga numpuk~

Asem~ Kebiasaan nih baswei~

Tapi gapapa. Tetep positive thinking. Cuma dua stop kok. Sabar… Sabar…

Nunggu busway 5 menit, masih sabar.

10 menit, mulai gelisah.

15 menit, mulai emosi.

20 menit, busway dateng, udah siap makan orang.

Perjalanan less than 1km berasa sejam karena jadi pepes~

Turun busway sumpah serapah.

Mau keluar halte, kemudian touch off di mesinnya.

Ga bisa.

WTF~

Coba lagi.

Masih ga bisa.

Sekali lagi.

Mesin tetap bergeming.

Seriously??? Di halte gede gini mesinnya rusak???

Udah siap komplen, tapi Tuhan masih melindungi gw dari self-humiliation yang lebih parah. Malaikat datang dalam wujud mbak-mbak di belakang gw.

“Nggak usah pake kartu, Mbak, langsung dorong aja.”

………………………………


~~Go-Pay Part 1~~

Ini konsep yang bener2 baru buat gw. Sesampainya di Jakarta, tentu gw harus meng-install Go-Jek. Interface-nya udah beda banget sama yang terakhir gw pakai 1,5 taun yang lalu. Salah satu feature yang baru adalah Go-Pay.

Awalnya gw ignore aja si Go-Pay karena dia semacam virtual account yang harus diisi deposit—males ngurusnya~ Dalam benak gw, gw harus ke bank/ATM/kantor Go-Jek buat ngurus virtual account~ Ngebayanginnya aja udah rempong~

But then semakin sering gw pake Go-Car, semakin jauh tujuan gw, semakin mahal tarifnya. Gw perhatiin sometimes tarif Go-Pay bisa significantly lebih murah gitu. Jadi mungkin punya Go-Pay not a bad idea~

Akhirnya gw minta ajarin ade gw gimana pake Go-Pay.

“Gimana cara pake Go-Pay?”

“Minta isiin ke abang-abangnya.”

“Abang-abangnya???”

“Iya driver Go-Jek atau Go-Car-nya. Bilang mau top up Go-Pay.”

You know it’s very normal for siblings to lie to each other, right? As a joke. So I took my sis’ answer as nothing but a lame joke. But bitch ain’t got no time for a joke!

“Serius ah, penting ini! Gw butuh Go-Pay!”

“Beneran! Tinggal bilang ke driver-nya!”

Ini Masha and The Bear minta dipites.

Fast forward, gw di another Go-Jek ride. Driver-nya ngajak ngomong.

“Kakak kenapa bayarnya ga pake Go-Pay? Kan lebih murah.”

“Ga tau cara isinya, Pak.”

“Tinggal bilang sama saya aja, Kak. Nanti saya isiin.”

“Hah? Maksudnya, Pak?”

“Kakak tinggal bilang ke saya mau isi berapa, minimal 25ribu, kasih uangnya ke saya, nanti saya isiin.”

“Maksudnya Bapak yang isiin?”

“Dari hape saya, Kak. Saya langsung isiin.”

“Maksudnya Bapak nelpon orang Go-Jek buat isiin?”

“Nggak, Kak, langsung dari hape saya. Nanti langsung masuk ke Go-Pay Kakak.”

“Kok bisa, Pak?”

“Emang gitu, Kak. Gampang kok.”

“Terus saya harus ngapain?”

“Kasih uangnya aja. Minimal 25ribu ya, Kak.”

Ngasih uang 50ribu ke si Bapak.

Saldo Go-Pay langsung bertambah dalam waktu kurang dari 2 detik.

Muka si Bapak bersinar seketika.

Sekarang gw jadi mengerti kenapa banyak orang Indo yang kalo ditanya siapa pahlawan untuk mereka, pada jawab Nadiem Makarim.


~~Go-Pay Part 2~~

Sebenarnya the idea of Go-Pay sangat mudah dipahami: no cash = easier, faster, and safer transaction. Tapi entah kenapa otak gw malah memberikan pemahaman yang berbeda:

Now that I pay the trip cashless, I just need to pay the tip to the driver in cash.

Karena menurut gw awkward kalo lo turun ojek terus ga ngasih apapun ke abangnya.

Dua sisi untuk menilai pemahaman ini:

Pertama, Melbourne berhasil mendidik gw untuk jadi lebih dermawan—which is good.

Kedua, justru poinnya Go-Pay itu supaya lo ga perlu transaksi fisik apapun, ogeb!

Fast forward ke perjalanan gw naik Go-Jek/Go-Car, with giving tip to the driver in mind when the trip is completed.

“Pak saya pakai Go-Pay, ya.”

“Iya Kak, makasih ya.”

“Ini Pak.” *nyodorin goceng*

“Apaan nih, Kak?”

“Buat Bapak aja.”

“Oh ga usah Kak, saya kan udah dapet poin dari Go-Pay Kakak.”

“Gapapa Pak, ambil aja.”

At first I thought the driver was just being humble—atau mungkin udah di-training untuk ga terima tip dari penumpang.

Tapi kok, pola ini terjadi di setiap ride?

Masa sih, semua driver-nya humble? Masa sih, ketika si Go-Jek training driver, semua driver-nya ga ada yang absen?

Akhirnya cerita ke seorang teman yang namanya tidak mau disebut.

“Driver Go-Jek tuh ga boleh terima tip, ya?”

“Ngapain lo ngasih tip?”

“Kan bayarnya pake Go-Pay~”

“So?”

“Kalo bayar cash kan biasa di-round up tarifnya, missal 27ribu, di-round up jadi 30ribu. Jadi 3ribunya tip buat dia. Kalo pake Go-Pay kan ga bisa tambah tip~”

“Ngapain ngasih tip deh, mereka itu udah dapet bonus banyak tau~”

“Awkward aja kalo turun motor ga ngasih apapun ke abangnya~ Langsung jalan aja gitu?”

“Kenapa harus awkward?”

“Emang lo ga awkward?”

“Nggak~”

“Jadi ga harus ngasih tip?”

“Nggaklah~”

Gw buktikan keesokan harinya.

Turun Go-Jek.

“Makasih Pak.”

Balikin helm.

Walk away.

…………………………

There’s a certain feeling. But definitely not awkward.


***

Well itu 4 major culture shock yang gw alami. Selebihnya minorlah. Ketika naik escalator orang2 ga berdiri di kiri, bikin gemes karena ngalangin orang2 yang buru2. Kalo abis makan fastfood orang2 ga buang sendiri sampahnya. The “every-man-for-themselves” mentality. Shock melihat bill makanan yang totalnya jauh lebih mahal dari harga makanannya—karena belum include pajak. Bingung liat orang2 di mall atau di jalanan atau dimana pun sekarang cuek aja ngeluarin hape buat IG stories—ga takut hapenya tiba2 dijambret~ Excited melihat almost every corner of Jakarta sekarang ada konstruksi untuk future MRT & LRT—walaupun konsekuensinya 2018 ini akan jadi puncaknya macet di Jakarta. But it will be worth the struggle in the end.  

Kalo ada culture shock lain nanti gw post di postingan selanjutnya.

Until then, bye now!

No comments:

Post a Comment