Saturday, September 11, 2021

Vaccinated and it feels so gewd~~

 Hi, guys! How y’all doin?

Kemarin pas bahas Covid, lupa cerita soal vaksinasi.

Ketika tulisan ini dibuat, gw belum vaksinasi kedua. Vaksin pertama sih udah bulan Juni kemarin. Karena gw dapetnya AZ, jeda 3 bulan dulu sebelum vaksin kedua. Minggu ini jeda 3 bulan hampir berakhir dan gw akan vaksinasi kedua minggu depan.

Hell yeah!

Sedikit cerita vaksin pertama, berikut live report dari Twitter yang gw rangkum:

9 jam setelah vaksin pertama, tangan bekas suntik masih sakit, badan lemes dikit tapi masih bisa kerja (walaupun slow motion), otak masih bisa mikir, makan ga ada masalah, sering ngantuk tapi mostly karena paracetamol—yang diwajibkan minum.

H+1: Body temp went up. 36 to 38,5 within 2 hours! Terus menggigil + keringet dingin. Paracetamol ga mempan. Napsu makan hilang. Skipped breakfast, tapi bisa maksain makan siang. Lalu paracetamol lagi. Kemudian turun jadi 37ish, masih pusing. 

H+2: Fever’s end (do not correct my grammar, it’s Tablo’s album), just have a little headache and muscle pain, all bearable. Appetite’s back, still can’t taste a thing tho, kebanyakan minum paracetamol~ Injection site swollen, I feel muscular.

Intinya gw sakit 3 hari setelah vaksin. Ga enak banget rasanya, but could be a blessing in disguise karena gw jadi ga usah kerja~ HAHA~

But seriously sakitnya ga enak banget sih. Bukan tipikal demam biasa yang abis minum paracetamol sekali langsung turun gitu lho~

Konon AZ itu kan virus Covid yang diduplikasi dan dimasukkan ke tubuh dengan harapan tubuh kita membentuk antibodi yang dibutuhkan untuk melawan Covid jika virus yang sebenarnya menyerang.

Jadi bisa dibilang pas sakit 3 hari itu, secara ga langsung gw ikut merasakan apa yang dirasakan pasien covid. 

Dipaksa empati. Campur aduk rasanya. Ketika lo harus menahan sakit secara fisik, pikiran dan perasaan juga dipaksa menahan sakit karena inilah realitanya yang dihadapi para pasien Covid di luar sana. Luar biasa AZ. Bukan cuma bikin physical antibody tapi juga mental antibody. 

Mungkin efek samping vaksin AZ ini juga yang bikin gw “betah” ga keluar rumah setelah 3 bulan di lockdown. Karena gw jadi mengerti benar rasanya kena Covid, jadi ga mau ambil risiko. 

Minggu depan tanggal 14 September gw akan vaksin kedua. Di tempat yang sama, Vaksinasi Serviam SMA Santa Ursula. It was a fun trip waktu vaksin pertama, karena SMA Santa Ursula sedikit banyak mengingatkan gw pada sekolah gw yang lama. Sama-sama sekolah Katholik soalnya. Ada sedikit vibe nostalgia waktu melihat salib dan patung Bunda Maria ada dimana2. 

I hope the next vaccination will be a fun trip too. Udah belajar dari vaksin pertama, karena jarang2 keluar rumah, sekalinya keluar harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Apalagi kalau setelahnya bakal demam 3 hari. Wkwk~~

Gw punya sekitar 3-5 jam window setelah disuntik untuk “bersenang-senang” sebelum vaksin bereaksi. Makdarit, ayo kita dine in di restoran mahal~ Muahahahaha~~ 

Karena masih agak takut masuk mol, rencananya sih makan steak di Gandy-Menteng, kan mayan deket tuh dari Lapangan Banteng.

Yah beginilah kalo anak Bekasi kelamaan dikurung, sekalinya keluar harus dikhilafin. Itung2 memasok protein hewani berkualitas, secara asupan protein makanan sehari2 terbatas dari pasokan daging tukang sayur komplek dan catering rumahan. Nyehehehe~~

Gw juga udah riset efek samping AZ. So far variatif. Ada yang lebih kalem dari vaksin pertama, ada yang sama parah, bahkan lebih parah. Jadi tidak bisa disimpulkan. 

Gw sendiri pasrah. 
Kalo demam lagi yasudahlah.
Kalo ga demam Alhamdulillah.
Dibawa chill aja hidup mah~ 

#rhymes

Semoga setelah vaksin kedua ini kehidupan jadi lebih baik. Bisa lebih sering keluar (dengan pre-caution tentunya), ketemu orang2 lagi, dan minim dampak terpapar. Amien. 



--UPDATE 18 SEPT--

Jadi Rabu kemarin sudah vaksin kedua dengan AZ juga tentunya. Sekarang statusnya fully vaccinated. Senang tentunya, proteksi dasar untuk bisa hidup normal lagi sudah dimiliki. 

Anyway, gimana vaksin kedua? Ada efek sampingnya ga? 

Ada. Tapi minimalis.

Demam masih, tapi nggak sampai 38,5 derajat kayak pas vaksin pertama. 37 derajat aja ga nyampe, cuma sekitar 36,8, terus badang sumeng aja. Itupun cuma 1x24 jam, selebihnya aman2 aja. Paling pusing dikit dan ngantuk banyak, tapi mungkin itu cuma efek paracetamol. Dibawa tidur 2 malem langsung enakan.

Good job, my antibody! 

Bekas injection-nya pun ga bengkak biru berhari2. Cuma ngilu dikit. Ga ada masalah tidur madep kiri. Ditepok2 pun cuma nyeri dikit aja. I guess antibodi juga udah jalan2 di badan gw dan bikin pos ronda di lengan kiri bagian atas karena dia tau bakal ada vaksin kedua. Genius! Wkwkwk~~

So yeah, AZ doesn't fuck the second time. Yeay!
 
Semoga benar-benar menguatkan! Here's to going back to normal really soon!





No comments:

Post a Comment