Sunday, September 1, 2024

Low Maintenance Friendship

Hi, guys! How yall doin?

Kali ini mau bahas soal friendship. 

Gw bisa dibilang adalah orang yang temennya dikit. Maybe temen gw yang bener-bener deket dan pertemanannya gw maintain kalo dihitung kasar paling nggak sampai 50 orang~

Salah satu alasan temen gw dikit adalah gw introvert. Tidak suka bergaul, atau bahasa jaman dulunya “kuper” alias kurang pergaulan. I don’t like to socialize and meet people—kecuali untuk urusan pekerjaan ya, kalo yang ini sih bisa dibilang banci banget. I always love professional networking, ketemu orang-orang keren dan passionate di bidangnya.

Tapi kalo buat urusan pribadi for the sake untuk nambah temen gw merasa ga butuh. IDK sometimes people scare me~ Kayak kita ga pernah tau mereka deketin kita intention-nya apa, bisa jadi yang aneh-aneh, so better stay away.

Kenyataan bahwa temen gw dikit ini ada positifnya dan negatifnya. Mulai dari negatifnya deh biar postingan ini endingnya ceria. Hehe

Negatifnya sering ngerasa lonely. Kalo weekend kayak sekarang nih, sendirian di rumah, ga ada yang ngajak pergi. Lalu ngeliat IG Stories orang2 yang lagi seru-seruan sama temen-temennya, yang kadang-kadang temen gw juga, meaning gw ga diajak, di situ saya merasa lonely. Wkwkwk~~

Lalu misalnya lagi butuh bantuan/lagi susah, bingung lari ke siapa karena pilihannya dikit, referensinya dikit. Akhirnya semua problem terpaksa ditelen sendiri. 

Lagi mau mencoba sesuatu yang baru, mau tanya-tanya/konsultasi, ga tau mau ke siapa, again, karena pilihannya dikit, referensinya dikit. 

Lagi sakit, yang ngucapin ‘get well soon’ dikit.

Lagi Lebaran, yang ngirim hampers dikit.

Mungkin ada korelasinya juga dengan jodoh. Kata Henry Manampiring kan cari jodoh ibarat teori awareness di marketing. Kalo customer ga aware akan produk lo, gimana mereka mau beli~ This punches me in the face karena gw sebagai orang marketing sangat paham dengan teori ini. Wkwk~

Sedikit pressure juga datang dari social media ketika melihat akun orang-orang kok followernya banyak banget, sedangkan gw 10 tahun lebih main Instagram follower cuma 400an. Well, salah satu alasannya karena akunnya gw private. Yang gw add adalah orang2 yang gw pernah kenal personally in real life aja, rather than strangers yang mau follow gw. Kalo gemboknya gw buka sih udah ribuan kali, tapi gw ga mau. Balik lagi, people scare me. 

Beda banget sama friends di Linkedin, 1200++, bcoz again, I’m all in for professional networking.

Hmmm… Apalagi ya negatifnya? Kayaknya itu aja deh~

Ok now the fun part!

Sisi positif punya temen dikit nomor satu adalah >> LOW MAINTENANCE FRIENDSHIP

Hell yeah!

Wah gila ini sangat gw syukuri sih, the fact that pertemanan gw tuh ga bikin boros.  Temen yang bener-bener temen tuh, yang 50 orang itu, paling ketemu monthly, or quarterly, atau yearly, membuat gw ga harus sering-sering keluar uang kalau mau maintain pertemanan sama mereka. 

Mereka pun lifestyle-nya ga yang gimana-gimana, biasa aja, sederhana. Kalaupun ketemu, paling cuma makan di mall, atau olahraga bareng, atau nonton.

Kadang-kadang ada sih pengeluaran yang besar kayak si Bone tuh di Singapore, ketemu setahun sekali tapi sekalinya ketemu kita traveling ke negara lain spending puluhan juta~ Tapi gapapa, toh setaun sekali dan gw pun juga butuh jalan-jalan for self-reward. 

Pengeluaran besar lain paling nonton konser bareng, kayak upcoming bakal nonton Sheila on 7 di Bandung sama Iif, Rini, Rhara—geng tomat. Ini gapapa juga, once in a lifetime experience. 

Gw ga kebayang sih kalo temenan sama orang-orang yang lifestyle-nya high end, terus ketemunya sering, going out every night, dan jumlahnya banyak~

Parahnya lagi kalo udah terjebak di lingkaran setan pertemanan toxic yang ga bisa nolak kalo diajak ketemuan. Kalo nolak, nanti diomongin, or worst case scenario, dijauhin~

Atau tipe pertemanan yang berlandaskan materi. “You have to have Birkin bags to sit with us” kind of friend. 

Literally harus boros untuk maintain friendship. Wah kacaw. 

Jadi gw sangat bersyukur sekali temen gw sedikit dan semuanya low maintenance. 

Sisi positif kedua, walaupun sedikit, mereka semua quality friends. Meaning they are trustworthy, reliable, they are ‘home’ to me—gw bisa jadi diri sendiri di dekat mereka tanpa harus takut diapa-apain, dan mereka siap bantu gw kalo lagi susah.

Mereka juga bikin gw happy. Ga judgmental akan keputusan2 hidup gw. Kalo ngasih kritik pun tau gimana cara ngomongnya. Lucu-lucu pula orang-orangnya. Tau apa yang bikin gw seneng. Hapal kebiasaan-kebiasaan atau gimmick-gimmick gw. Best!

Another thing yang gw syukuri: less conflict. Alhamdulillah gw belum pernah kena konflik pertemanan sampai yang berantem besar gitu. Paling pernah diem-dieman beberapa bulan, but time heals, eventually ngomong lagi. Sungguh saya benci konflik, saya anaknya cinta damai. 

Punya temen sedikit juga memastikan gw punya cukup waktu buat diri gw sendiri. Gw lebih mandiri, in a way. Kalo ke kafe atau nonton gitu sendirian gapapa. 

Kecuali traveling ya, ini gw lebih suka in group. Minimal berdualah. Bukan apa-apa, kalo nyasar ada temennya. Kalo sakit ada yang rawat. Kalo panik ada yang nenangin. Gitu aja sih.

Tuh kan positifnya lebih banyak. Hehe

Gw bersyukur my self-worth isn’t dictated by how many friends I have. The person I am is determined by my own thoughts and actions, not what other people think of me. I can be an awesome person, with or without friends.

Punya banyak temen juga bukan jaminan bakal sukses. Sering gw liat orang yang inner circle-nya banyak banget, tapi toxic or fake or bully or whatever-lah yang bikin dia ga happy. Thank God I’ve never been in that kind of situation. 

Okay itu aja.

Have a great week ahead, guys!

No comments:

Post a Comment