Wednesday, February 24, 2010

late post: Singapore Trip #1

Pondok Gede

10.40 PM

Halo blogwalkers. Selamat malam. Yeah. Sudah malam. Dan gw seharusnya sudah tidur sekarang mengingat besok kuliah pagi dan udah harus ada di kelas minimal jam 7.45. Namun apa daya? Gw dengan suksesnya : BARU BANGUN TIDUR SIANG!

Dodol ah. Jadi tadi pulang kuliah gw nonton drama Korea pinjeman dari Grace, judulnya That Fool. Emang dasar dodol, udah tau gw punya kelemahan daya tahan mata kalo nonton sambil tidur2an, eh gw beneran nonton sambil tidur2an. Sukses deh bablas. Kalo bablasnya cuma sejam dua jam sih gapapa ya. Lha ini 5 jam! Terus orang rumah gw mana tega banget lagi, ga ada gitu yang inisiatif bangunin gw, padahal gw kan butuh makan malem, butuh belajar buat besok (percaya? Jangan!).

Ya intinya gw baru bangun. Apa saja yang gw lewatkan? Makan malam (tentunya), udah dimasukin kulkas aja gitu, akhirnya gw makan Chitato doang. Gapapa kan? Toh jumlah kalorinya sama kaya makan nasi pake minimal 2 lauk.

Terus sekarang gw dihadapkan dengan kenyataan ga bisa tidur, sampe pagi. Great! Jadi terus ngapain dong? Ngerjain tugas aaaah (sok rajin). Udah slese smua tugasnya. Lanjutin nonton That Fool, yah kasian DVDnya kan baru dimatiin setengah jam yang lalu, setelah gw tinggal tidur 5 jam dengan senonohnya. Jadi ya satu2nya opsi yang gw miliki adalah online, and here I am.

Bingung sih mau ngepost apa, 3 hari yang lalu kan gw baru ngepost juga. Tapi keinginan untuk menulis semakin menjadi2 malam ini, so, I have to post something! Kapan lagi coba gw produktif?

Oke. Barusan gw melihat-lihat folder foto lama di laptop, dan gw menemukan segepok stok foto-foto gw waktu lagi ke Singapur. Hmmm, kalo ga salah kan gw pernah janji mau certain pengalaman gw berwisata ke negeri Merlionita itu ya dulu. Tapi belom kesampean kan? Jadi? Tunggu apa lagi? Hajar bleh malam ini! hohoho!

Okay. Satu hal yang gw syukuri bisa gw dapatkan di tahun 2009 adalah berwisata ke Singapur. Walaupun bukan pertama kalinya, tapi pertama kalinya gw berpergian ke luar negri: sendirian. Yes. Gw sendirian bow! Emang sih disana ada temen gw, Bone, yang baik hati menampung anak Bekasi ilang ini selama 6 hari 5 malam di rumahnya. Tapi kan tetep aja, pulang perginya sendirian. Hohoho! Bangga sekali saya.

Alright. Dimulai dari trip to Batam. Di suatu hari Minggu di penghujung bulan Juli 2009. Gw inget banget tuh pagi2 jam 6 gw lagi di Terminal 3 Cengkareng, nunggu pesawat ke Batam, Ayu, Dinda, Ema, pada ngejarkom gw buat ngamen di car free day. jiah! Maap2 ya pren! Eke mau jalan2 dulyu~

FYI, segala perjalanan gw berlibur ke Semenanjung Malaka itu direncanakan dengan mendadak dan spontan. Jadi buat elo2 yang mikir kalo gw setiap liburan pasti kemana2 yang jauh2, maaf anda salah besar. Itu semua bermula dari ajakan kaka sepupu gw yang baru pindah rumah ke Batam, yang ceritanya kesepian di kota berpotensi tinggi itu dan dengan becanda mengajak gw untuk menginap. Saat itu, gw sedang dalam masa jenuh yang amat sangat karena magang yang bikin stress gila2an. Dan gw emang mau banget jalan2, refreshing lah gitu. Tapi pada awalnya gw ga yakin bakal dibolehin (baca: disponsorin) sama bokap nyokap. Eeh.. ternyata diluar dugaan bonyok gw ngebolehin aja gitu! Dengan entengnya cuma bilang “Yaudah sana, mumpung lagi libur kenapa engga?” plus dengan embel2 “Kamu kan udah lama ga makan gonggong.” Lah Lah Lah! Ada apa dunia?

Dan malam itu juga gw memesan tiket AirAsia menuju Batam. Nah! Terus gw mikir, kayanya kalo gw udah jauh2 ke Semenanjung Malaka kaya gini, trus abis dari Batam langsung pulang lagi ke Bekasi kan rasanya sia2 banget ga sih? Otak dagang berputar dong? Gw menego2lah bonyok.

“Abis dari Batam aku langsung pulang, Ma?”

“Kenapa? Mau ke Singapur dulu?”

Laaaaaaaaaaaaaah????? Malah ditawarin~ ga perlu negolah kalo gini sih.

Gw ngangguk2 semangat.

“Yaudah sana, sekarian cari hotelnya, yang deket City Hall aja, bagus buat foto2 ga usah jauh2.”

“Lah Ma! Kan ada si Bone di Singapur, aku nginep di rumahnya dia aja.”

“Yaudah baguslah, hubungin dia dulu aja sekarang.”

Dan gw pun nge-wall si Bone malem itu juga. Singkat cerita: Deal! Rebes! Sip! Gw akan stay di Batam 1 minggu, terhitung tanggal 25 Juli – 1 Agustus dan kemudian lanjut ke Singapur naik Ferry dari tanggal 2-7 Agustus, dan balik ke Indonesia langsung dari Changi, flight jam 12.40 waktu Singapur, which is jam 11.40 waktu Jakarta, dengan perkiraan waktu kedatangan jam 13.10. Kata bokap: “Ya paslah jam segitu lagi jam makan siang, ntar papa langsung jemput kamu aja.” Uhuy! Baguslah, brarti ga jadi naek Damri yang turunnya di Jatibening. Ih padahal pengen banget nyobain naek Damri~ aku kan belom pernah L itung2 kan biar tambah mandiri gitchu, datang tak dijemput-pulang tak diantar, eh, pergi sendiri pulang sendiri.

Then? Berangkatlah gw, setelah menyelesaikan beberapa unfinished business disini, mulai dari kartu asuransi yang ilang sampe harus bikin lagi, bikin kartu kredit yang super ribet (ihiy~ kalo ga gara2 mau ke Singapur, gw ga bakalan dibolehin bikin kartu kredit tuh!), kontrak magang yang belom selese, rapat prasar sama #Kom07, vaksinasi flu beibeh (swine flu) plus dikasi seabrek suplemen sama dokter buat daya tahan tubuh, maklum waktu itu swine flu lagi gila2nya, dan nyokap gw panic se-at the disco nya. Soalnya dia kan join forum ibu2 yang ngebahas flu babi gitu di internet, trus kabar terakhirnya Swine Flu di Singapur masa 3000 orang meninggal dalam sehari gara2 itu. Nyokap langsung ajep2, ngingetin gw jangan makan aneh2, jangan ke China Town, jangan makan babi (eh itu nyokap apa agama yang ngingetin?), pake masker kemana2 (beneran loh gw dibekalin masker 3 pak, 1 pak isinya 5, ditambah ultimatum: sehari pake satu, abis dipake langsung buang!).

Hadeeeeeeh~ dasar ibu2. Ntar kalo gw punya anak dan anak gw mau ke Singapur sendirian, gw janji ga bakalan nyuruh dia pake masker, even lagi ada Flu Nyamuk Chikungunya yang nularnya melalui kontak mata dengan orang bermata sipit. Ga bakalan gw kasih masker dah! Paling gw suruh pake topeng ninja yang item itu. Lebih cool, bukan?!

Oke! Let’s go! Berangkat!

Anyway, ini gw belom brangkat aja udah panjang bgt postingannya ya~

Paling ntar bersambung aja lah ya…

Skip Trip to Batam

@ Ferry Harbour – Batam Centre

Hari terakhir di Batam, setelah jalan2 ke Mall-Apa-Itu-Tuh-Yang-Jual-Gadget2-Oke dan makan siang bersama abang gw, istri, dan anaknya, mereka pun mengantar gw ke pelabuhan Ferry. Beli cemilan bentar, pamitan, cipika cipiki, hati2 sana, hati2 sini, sayonara deh. Masa abang gw ngasi last note gini : “Selamat bersenang-senang, Ta! Awas jangan minum macem2 lo disana!” Hwehehehe. Si abang tau adza, tenang aja kali Bang, aqua (baca: aer keran) kan gratis disana, masa gw minum macem2. :P

Langsung check ini di Ferry, yang prosedurnya gampang bgt. Trus masa gw ketemu orang-orang India disitu, banyak bgt. Heran deh, seminggu di Batam, jalan2 sana sini, sampe pelosok2nya, gw ga liat orang India sama sekali, eh pas udah hari terakhir dan di pelabuhan ferry pula, tuh Dev Patel kinda people banyak bener, sampe serem, takut diajak joget, banyak tiang kapal soalnya kan…

Akhirnya ferry eike ready. Langsung hop in dan berangkaaaat. Sepanjang perjalanan aku bernyanyi, “nenek moyangku, seorang pelaut… mendaki gunung lewati lembaaah…” eh bener ga sih lagunya gitu? Lupa deh. Ya nggaklah, gw ga nyanyi, Cuma dengerin MP3 sambil merhatiin cowo2 China ganteng yang duduk di meja depan gw, masing2 tenggelam dalam PSPnya. Huh!!

Tapi emang dasar gw orangnya trip-who-care ya, ga sampe setengah jam kemudian ketiduran. Pas ke bangun ferry nya udah jedak jedok ga jelas gitu, udah mau sampe kayanya. Eh bener, Giant Merlion itu udah keliatan batang idungnya, cottage2 Sentosa Island n sentosa train yg warna warni itu juga uda kliatan, n lautnya udah warna biru. Hahaha. Kata abang gw, kalo mau tau udah sampe batas teritori Singapur apa belom, perhatiin warna lautnya, kalo masih butek, itu masih Indonesia, kalo udah biru, itu udah Singapur. Bener lho!

Hwaaaaaa!!! I’m so excited. Langsung lah meng-sms Bone, ngasi tau udah sampe, tinggal parkir ferry. Si Bone juga udah sampe ternyata, lagi jalan2 abis pulang gereja. Terimakasih Bone sudah menjemputkyu. *smooch

Amazing banget sinyal Telkomsel masih kuat gitu loh!!! Hohoho. Tapi 5 menit kemudian udah berganti jadi Singtel. Wohooo!!! Joint venture rupanya. Dan sejak detik itulah, setiap biaya SMS yang saya keluarkan bernilai Rp 4000,- per 160 karakter. T_T

Imigrasi

Keluar dari Ferry, gw sampe di pelabuhan sekaligus Mall super funky bernama Harbour Front. Ini harbor g4o3L abiezzz deh, masa sekalian sama Mall! Mall! Benar-benar strategi promosi yang tepat sasaran. Dan gw pun menuju tempat imigrasi bersama penumpang2 laen. Gw yakin deh banyak yang ngira gw TKW nyari kerja di Singapur, soalnya planga-plongo sendirian gitu, pake syal motif batik, bawa2 paspor ijo lagi, Indonesia banget deh gw. Ih biarin, eke kan udah bertaun2 ga kesini, lagian siapa bilang gw planga plongo, gw sedang mengamati tau!

Dan langsung mengantri imigrasi “All Passport” eh apa Foreign ya nama antriannya? lupa. Mengantri biasa. Kagum deh orang2nya tertib sekali. Wew! Bahasa-bahasa yang biasanya cuma gw denger di Metro Xin Wen semakin berseliweran. Ih gatel pengen ikutan! Aku udah lulus Mandarin dasar loh, guys! Haha. Orang India semakin banyak, tapi sebanding sih sama orang China (atau keturunannya) dan orang Melayu. Jadi gw ga serem2 amat, udah ga ada tiang kog. :P

Mengantri, mengantri, dan mengantri, tibalah giliran paspor gw dicap2 itu. Ih si Mba yang ngurus paspor gw keren banget deh. India sih, tapi keren. Maskulin2 gimana gitu. Trus dia nanya.

“Indonesia?”

“Yep.”

“Here for a holiday?”

“Yeah.”

“How long it takes?”

“Bout 6 days.”

“Got a family here? Friends?”

“Both.”

“Good. Where?”

(eh bused banyak nanya deh lo Kajol!)

Dan gw menunjukkan sms alamatnya Bone di Singapur.

“Toa Payoh! that’s near my place.”

(lah bodo amat!)

“Alright go on then.”

Dan gw capcus tanpa tengkyu. Haaaaah! See! Gw bukan TKW and EAT THAT, Kajol!

Setelah koper n ransel di scan, eke keluar imigrasi dan Bone sudah ada!!! Kyaaaa!!! Bon!! Aku sampai, Bon!!! Ihiy! Senangnyaaaa!!!

@ HARBOUR FRONT

Laper. Tiba2 aja laper. Gatau ya, over-excited kali. Jadi gw n Bone langsung menuju foodcourtnya Harbour Front. Sambil jalan2 di mall itu juga sih. Gile ni mallnya gede bgt, ya mungkin ga segede Grand Indonesia sih, tapi konsep mallnya tuh santai bener, ada yang indoor, ada yang outdoor. Sekilas kaya Citoz n Paris Van Java Bandung gitu, tapi lebih keren lagi. Banyak ornamen-ornamen warna warninya gitu, lucu deh. Sayang lupa mengabadikan foto disitu… toko2nya sih ga jauh beda sama di mall2 di Jakarta, macem Guardian, Century, Watson gitu banyak. Trus di balcony nya mall itu ada kolam gitu, lucu deh, orang2 pada maen aer, foto2, hwaaaah!! Aku juga mau!!

“Bon, kita harus kesini lagi ya! Hari apa keg! Gw harus foto di kolam itu!”

“Lah emang kita pasti kesini lagi kan? Katanya mau ke Sentosa? Pasti kesini lagilah.”

Hen hao le! Dan kita pun sampe di foodcourt. Foodcourtnya sih biasa, desainnya mirip-mirip Food CrEATive yang di Mall Kelapa Gading itu. Bodohnya gw culture shock! Stand makanannya banyak bgt dan ga ada yang familiar sama sekali. Duh makan apa nih?? Salah2 milih tau2 ada babinya gimana? Ah sebenernya bodo amat kalo babi doang sih, pura2 aja ga tau, hwehehe. Lah kalo makanannya udah yang aneh2 gitu kan berabe.

“Bon kita ke McD aja yuuk.”

“hah? Udah jauh2 ke Singapur kamu mau makan McD?”

Iya juga sih.

“Trus makan dong apa disini?”

“Ya terserah, kamu maunya apa? Kan tinggal keliling biasa kan.”

“Tapi kalo makanannya aneh2 gimana bon?”

“Aneh2 gimana, yaudah sini gw yg pesenin, kamu mau apa? Ayam goreng? Tuh ada Java Kitchen, jual makanan jawa smua.”

Ngekngok. Bahkan ada makanan Jawa. Oke gw cari aman.

“Yaudah bon gw itu aja. Hahaha.”

Dan makanan pertama yang gw makan di Singapur adalah nasi+ayam goreng+lalapan+sambel. Indonesia sekali… T_T… Tapi tenang.. gw makan pake sendok kog. :P


(to be continued)

No comments:

Post a Comment