Monday, January 31, 2011

Belajar 1-2 Dari Mereka

Aloha!

Jadi ceritanya gw lagi suka blogwalking ke blog-blog anak muda... Singapore!
Hohoho!
Gimana caranya gw bisa menemukan blog-blog mereka?
Simply karena stalking.
Huahaahaahhahahaa~

Well, actually it's not really stalking, i was just following the link (and my curiousity) and VOILA! Nyampe deh di blog-blog mereka.

Ceritanya gw berteman dengan salah satu dari mereka di jejaring sosial Plurk. Kenapa kami bisa berteman di Plurk adalah karena kami pun berkenalan di dunia nyata. Dia pernah gw sebut di postingan ini, sebagai cewe berinisial NL temennya Bone orang Malaysia. Waktu gw kenalan sama dia, dia sekalian nanya apakah gw punya jejaring sosial karena kita kemungkinan kecil ketemu lagi. Jadi gw persilahkan dia nge-add Facebook gw.

Tapi terus dia nanya: "Any others?" Maksudnya apakah gw punya situs jejaring sosial lain yang bisa dia add. Well, karena jaman itu gw belom punya Twitter dan lagi suka pake Plurk, dan dia ternyata juga punya Plurk, akhirnya gw persilahkan dia nge-add Plurk gw juga.

Otomatis setelah gw approve, segala status Plurk-nya dia langsung masuk timeline gw dong, jadi kalo gw baca pun ga apa-apa dong...

Dia ini sering masang status yang berupa link ke blognya dia. Suatu ketika gw lagi ga ada kerjaan, terus buka Plruk dan ada link ke blog dia. Iseng-iseng gw aja gw klik, gw baca deh blog dia itu. Blognya lumayan seru, banyak cerita tentang kehidupan sosial-nya dia, hobby-nya dia, the guy she crushes on, gimana pelajaran di sekolah, dll.

Ya sebenernya standar isi blog-blog cewe pada umumnya. Tapi kenapa gw tertarik untuk baca lebih jauh ya? Oh! Karena dia nulis pengalaman traveling-nya juga di blognya, ada pengalaman dia traveling ke Taiwan, China, Australia, dll. Gw kan suka banget baca pengalaman traveling orang, jadi gw lanjut baca deh! Trus karena blognya dia pake Bahasa Inggris, jadi kaya semacam latihan buat gw aja, latihan reading toh pada dasarnya.

Terus dari blognya dia itu gw juga tau satu dua hal tentang kehidupan sosialnya, gimana dia (yang ngakunya hobi banget nyanyi) ikutan audisi dimana-mana tapi ga lolos2, gimana dia beradaptasi di lingkungan baru (Singapore), dll. Lucunya di salah satu postingannya gw menemukan nama Bone dalam postingan yang berjudul “My India Friends”. Huahahahahahaha!! Gw ngakak pol!!

Ya gitu deh secara ga langsung gw jadi mengenal dia lebih jauh dari blognya itu.

Is that considered stalking?

Hmmm…

Well, semakin jauh gw tenggelam dalam blognya dia, semakin luas jangkauan follow-the-link yang gw lakukan. Di blognya dia itu, ada list blog temen-temennya. Sekali lagi, karena gw iseng ga ada kerjaan, gw baca deh satu-satu blog temen-temennya. Interesting in the same way.

And once again I ask, is that considered stalking?

Ah whatever, bukan itu yang sebenernya mau gw bahas disini.

Jadi semakin banyak pengalaman blogwalkers melalui link dari blognya si NL, semakin gw menemukan persamaan antara blog-blog anak muda Singapore itu. So here they are, I sum up for you:

1. Mereka semua rata-rata tergabung dalam komunitas blogger bernama Nuffnang, karena di setiap blog mereka pasti ada widget kecil dengan tulisan “Ads by Nuffnang”. Apa sih Nuffnang itu? Google berbicara.


Nuffnang.com is Asia-Pacific’s first and leading blog advertising community.
Our online platform allows advertisers to serve graphic or video based advertisements onto more than 100,000 blogs hosted on various platforms.
Nuffnang.com currently has offices in 4 countries, Singapore, Malaysia, Philippines and Australia.
It is from these offices that our teams actively seek our brands to match with our bloggers. Our advertiser rollcall includes bluechips such as Citibank, Nokia, Sony, Proctor & Gamble, Nokia, Nike, Nestle, and more!
Beyond blog advertising, we also pride ourselves in being a community for bloggers by bloggers, organising and supporting a wide range of blogger attended events like movie screenings, seminars/workshops, parties, and more.


Hmm.. jadi semacam pasangiklan.com gitu ya kalo di Indonesia. Tapi dengan versi yang lebih keren tentunya, wong sampe ada komunitas segala. Indonesia juga punya ya komunitas blogger kaya gitu, tapi yang jadi anggotanya cuma blogger2 yang udah nge-hits…

Kalo gw teliti, si Nuffnang ini sangat berdedikasi sama blogger-blogger yang mereka naungi, soalnya mereka ikut nyebarin update setiap blogger di Twitter mereka @NuffnangSG. Jadi kalo ada postingan baru dari member mereka, tanpa ba bi bu langsung HootSuite mereka post status notifikasi di Twitter @NuffnangSG.

Sejak mem-follow @NuffnangSG, dunia perselancaran dunia maya gw semakin berwarna, especially karena setiap status @NuffnangSG berisi link ke blog-blog anak muda Singapore, jadi gw ga bakalan mati gaya di internet kalo FB, Twitter, dan situs jejaring sosial lain udah semakin membosankan. Blogwalking, that’s what I do. :)

2. They take a LOT of AWESOME pictures!

Kalo gw perhatiin, rata-rata postingan mereka itu dipenuhi oleh foto atau gambar instead of tulisan. Makanya kalo mau baca satu post aja, loadingnya lama banget, soalnya kebanyakan gambar yang resolusinya gede-gede semua (pasti di ambil pake kamera SLR! Cuih!).

Mereka foto semua hal yang berhubungan sama postingan mereka, dari mulai yang penting sampe ga penting sama sekali.

Foods, 
places, 
people’s expressions, 
activities, 
urban life, 
thingies, 
gadgets, 
fashions, 
etc..

Kebanyakan mereka foto makanan sih, karena mereka itu asal singgah di restoran mana aja, pasti foto-foto makanannya. Gw sih bingung, apa sih esensinya foto makanan? Untuk rekomendasi ke orang lain atau untuk pamer ‘gw udah pernah makan ini lho!’ atau apa?

Tapi somehow, kog gw enjoy aja ya nungguin postingan yang berisi gambar2 itu reload?

Mungkin efek visual yang dijelaskan oleh sebuah gambar emang lebih menarik daripada baca satu paragraf full kata-kata. Entah karena foto-fotonya yang bagus2 atau ini pengalaman baru blogwalking, not sure, suka aja! 

Mungkin juga karena foto dan gambar bisa membuat halaman blog lebih colourful dan ga ngebosenin untuk dikunjungi.

Tapi melihat fakta kalo gw aja enjoy baca blog mereka, brarti blog mereka sukses membuat orang jadi suka membacanya, karena toh gw aja terus-terusan baca. Jadi gw otomatis berpikir, apakah blog yang lebih banyak fotonya akan cenderung lebih disukai oleh pembaca ketimbang blog yang berisi mostly tulisan?

Hmmm...

What do you think?

Tapi on the contrary, kalo nge-blog untuk post foto doang, apa gunanya blog dong? Kan mendingan pake Flickr yang jelas2 khusus buat foto…

Hmmmmmmmmmmmmmmm…..

3. They update their blog almost everyday.

Beneran lho! Kalo gw buka blog mereka pasti udah ada postingan baru! Kayanya inspirasi mereka dateng setiap hari aja gitu, dan stok foto2 mereka kayanya ga abis2.. haha
Tapi ada kalanya yang mereka post beneran ga penting, kaya hal-hal yang tiba2 aja kepikiran terus di-post!
Tapi kog ya gw enjoy aja bacanya…

Strange.

Mba @TrinityTraveler pernah berkata, jangka waktu update blog paling lama kalau bisa seminggu sekali. Kenapa? Simply karena orang suka lebih baca blog yang rajin di-update! Haha

Ini tercermin dari gw sendiri sih, kalo gw lagi ga ada kerjaan, gw suka buka bookmark blog-blog favorit gw untuk melihat ada ga update terbaru dari si A atau si B. Dan hal ini berlangsung SETIAP HARI, hahhaha, atau lebih tepatnya SETIAP GW ONLINE.

Huhuhu, iya deh.. saya berjanji akan semakin rajin meng-update blog~
Tapi kan inspirasi ga dateng setiap hari… gimana dong??
Huhuhuhu, gw kan perfeksionis, kalo tulisan gw lagi ga bagus ya jangan di-post…

Aih.. aih.. kenapa berdilema sekali ya?


Well maybe satu dua hal dari pengalaman blogwalking ini bisa jadi pembelajaran buat gw. Well, mungkin ga pembelajaran, but at least they do widening my horizon.

Kalo lo tertarik blogwalking ke blog-blog anak muda Singapore, follow aja Twitter @NuffnangSG dan follow semua link yang mereka post di setiap status.

Okeh??

No comments:

Post a Comment