Friday, January 7, 2011

Busway dan MRT

Ini soal transportasi.

Jadi ceritanya Koridor 9 dan 10 TransJakarta baru dibuka. Gw, yang udah nunggu2 dari dua taun yang lalu, ga mau kelewatan momen untuk nyobain tuh busway di minggu-minggu pertama launching-nya.

Kalo lagi ngomongin transportasi di Jakarta emang paling enaknya sambil dibandingin sama transportasi di... Singapore! haha.. Karena dari dulu gw ga abis pikir: Jakarta ini luasnya 4x Singapore, penduduknya berlipat-lipat lebih banyak, daerahnya lebih bervariasi, tapi kenapa transportasinya begitu semrawut?? Ga mungkin dong hal-hal tersebut jadi penyebabnya? Seharusnya transportasi bisa jadi bisnis yang menjanjikan di Jakarta...

Ah sudahlah gw ga mau bahas itu karena ujung-ujungnya jadi badmood sendiri.

Waktu gw di Singapore, kalo kemana-mana jelas gw pilih MRT. Selain mudah, murah, dan cepat, kalo naek MRT tuh ada rasa bangga, something about well-cultured. Jadi gw sukaaaa banget naek MRT. 

Lihat betapa bahagianya ekspresi gw di MRT
katro ga ada Station se-wow ini di Jakarta
waaa~ tangganya tinggiii~
foto teruuuuussss

Kalo lagi iseng, gw suka menghabiskan waktu di MRT. Gw suka maen asal masuk ke satu MRT Station terus asal masuk ke MRT mana aja yang lagi berhenti, entah kemana tujuannya gw ga peduli. Terus asal turun di station mana aja, keluar station, tengok situasi daerah itu, kalo menarik gw jalan-jalan di sekitar situ, kalo ga menarik gw masuk lagi ke MRT Station dan asal masuk MRT lain lagi.

Ilustrasi
Sounds silly, eh? I know.. 

Tapi gw sukaaa banget, gimana dong? Gw enjoy aja di dalem MRT, merhatiin orang-orang yang lagi ngomong, dengerin iPod, baca koran, dll. Kadang-kadang sok nanya2 pertanyaan ga penting ke orang-orang kayak "What time is it?" [padahal pake jam tangan] atau "Is this train heading to Harbour Front?" [Padahal tinggal liat ada peta rutenya di langit-langit MRT]  atau apalah nanya arah suatu daerah gw karang-karang. Hahahahaha. Gw sengaja nanya itu biar disangka turis ga tau jalan jadi dikasitau deh sama orang-orang itu. 

Intinya kan gw mau meneliti cara mereka merespon pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Penelitian gw membawa hasil kog! Nih gw list macem-macem jawaban yang gw terima (gw urutin dari yang paling ramah sampe galak):

Q: "Is this train heading to Harbour Front?" [pertanyaan menjebak!]

A1: "Oh yes! yes! Of course, just five stops ahead! Are you tourist? Where from?" 
>> biasanya dia lanjut ajak ngomong gw dengan excited.

A2: "Ah yes, you can check on the map over there."
>> biasanya sambil senyum singkat.

A3: "Yes."
>> biasanya cuma dengan anggukan kepala.

A4: "There's the map, just check there!"
>> biasanya abis jawab langsung pindah tempat duduk.


A5: "Do I look like a map to you?!"
>> biasanya gw yang langsung menjauh dari dia, hahaha

Eniwei, sekarang yang mau gw bandingin adalah tenaga kerja atau pegawai yang ngurusin halte busway dengan MRT Station.

Di setiap halte busway, paling ngga kita bisa liar 3-5 orang petugas setiap harinya, mulai dari yang di loket tiket (1-2 orang) , yang ngerobek tiket (ga penting banget!), yang bersih-bersih halte, dan (di halte tertentu) yang ngurusin vending machine (seriously, vending machine dijagain??). Bayangkan ada 100 halte di Jakarta brarti ada 500 orang yang bekerja di dalam halte busway setiap harinya. Belom lagi di dalam satu bus ada supir dan kenek (biar pun pake seragam rapi tapi kalo jagain pintu bus tetep aja namanya kenek hahaha).

Nah kalo di MRT Station, gw ga pernah tuh liat pegawainya satu pun~

Ada sih di loket untuk beli EZ Link dan informasi lost and found, tapi loket itu letaknya ga deket2 MRT-nya.. Jauh di bagian depan station. Kalo di waiting area, gw sama sekali ga liat pegawai MRT, even the cleaning service!

Taun lalu gw masih buta banget rute MRT ditambah dengan kesulitan membaca petanya. Waktu gw ditinggal sendirian ama Bone, gw sih mikirnya yaudah ntar tanya arah ke petugasnya aja. Tapi pas udah sampe MRT Station, gw blank banget karena ga ada siapa2 kecuali sesama penumpang yang bisa gw tanyain. Kalo mau nanya petugas harus jalan jauh lagi ke depan, which means keluar lagi dari pagar perbatasan tempat scan EZ Link, which means gw kena cost juga!

Awalnya ngambek: Kog ga ada petugasnya gini sih???????

Tapi pada akhirnya gw mengerti. Ngapain juga mereka punya petugas dimana-mana kalo masyarakatnya udah tertib? Tiket di-scan di mesin sendiri. kalo mau pop-up ada mesin sendiri, makan/minum dilarang jadi ga mungkin ada vending machine, peta MRT dipasang dimana-mana, pintu MRT terbuka otomatis, MRT pun dijalankan mesin otomatis~

Cleaning stuff? Bersih-bersih station konon dilakukan dari tengah malem sampe subuh, saat MRT Terakhir udah balik dan station udah ditutup. Makanya MRT Station always looks shiny and clean everyday!

Tentunya ini bagian dari bisnis juga, dengan meminimalis jumlah pegawai tentunya perusahaan ga usah ngeluarin biaya untuk gaji pegawai dong? Ga perlu terima resiko di-demo pegawai dong?

Nah kalo di Jakarta, sebenernya sih menurut gw bukan tidak mungkin semua halte busway dibikin kaya MRT Station. Tapi ya.. well, mungkin ga ada dana buat beli mesin2nya, dan masyarkatnya ga terbiasa disuguhkan yang canggih-canggih, masyarakatnya masih 'butuh bantuan' (even to step into the bus!), dll..

Dan lagi keadaannya serba salah kalo disini. Kalo pun pada akhirnya kita punya teknologi-teknologi canggih yang bisa meminimalisir jumlah pegawai, pasti akibatnya adalah: p.e.n.g.a.n.g.g.u.r.a.n.

Jiah malah bikin masalah baru lagi~

(-_-")

4 comments:

  1. Dan hal yg paling gue suka dari petugas busway (yg jumlahnya super banyak itu)...
    gue bisa minjem hp mereka buat nuker simcard waktu batre hp gue habis buat nelpon penting (gue lakukan di halte dukuh atas)
    gyahahahahahahah

    ReplyDelete
  2. seriously??
    edan kowe hahaha

    eh dech dech add YM gw dongss
    kita lanjut ngomongin bisnis yg kmaren~ hohohoho

    ReplyDelete
  3. @ Dechu: Sumpe looo?? Itumah abangnya naksir lw tau..hahaha

    Lei..gw ngebayangin bojong akan kaya stasiun MRTdi S'pore itu..Kapan yah??1000 taun lagi mungkin..

    Yah kalo transportasi kita itu gw rasa ga berkembang juga karna manner penumangnya juga belum bisa sebertanggungjawab org sana.

    Lw bayangin aja, kl bis ato kereta ga ada petugasnya, gw rasa tuh kereta ud ancur diobok2 penumpang jail yg alay2..hahaha

    Tp sebel juga nih kereta ekonomi naek harganya..
    mending kalo jd pake AC dan ga bau ketek setiap harinya..hahaha..(curcol jadinya)

    Oia, tapi kayanya kita juga ga bakal tahan deh hidup di negara setertib Singapore. Secara buat naek taksi aje kudu ngantri lama. kalo kebelet pipis udh wer-wer dijalanan deh.hahaha..mending di jakarta. di tengah jalan aj bisa brenti tuh taksi..

    Piss lah

    ReplyDelete
  4. setuju odah!
    makanya nih ngumpulin duit aja trus pindah ke Singapore, hahaha

    ReplyDelete