Thursday, March 17, 2011

Rant on Sushi #1


Terhitung Februari 2011, gw officially putus hubungan sama sushi!


Maksud gw sushi yang mahal2 kaya di Sushi Tei gitulah...

Well, nafsu makan gw mungkin ga bisa mengeluarkan sistem imun terhadap sushi, but my mind did.

Makanya gw benci banget sama sushi.

Sadly, kebencian ini timbul karena gw terlalu cinta sama sushi.

Pengalamannya sih, gw udah berulang kali didzolimi sama sushi, tapi karena gw terlalu cinta sama sushi, jadi gw merasa pendzoliman itu sah2 aja.

Tapi sekarang gw udah officially jadi korban jadi gw udah benci beneran sama sushi.
*sigh*

Sushi ini apa sih sebenernya?!

Makanan Jepang yang konon di negara asalnya ga happening2 amat, trus tau-tau jadi happening di Indonesia, buka booth dimana2, bikin pencitraan sedemikian rupa sampe para abege labil mencintai sepenuh hati dan rela mengeluarkan banyak uang cuma buat makan berapa? 6 pieces satu porsi?!

Cuih!

Pernah suatu kali gw mencoba menganalisis sushi pake logika.

Mulai dari ukurannya: kecil. Kalo dibandingin sama satu suapan normal nasi di sendok makan, sushi cuma setengahnya.

Kemudian dari kontennya: nasi, nori, daging, sayuran. Semuanya dengan ukuran sangat kecil untuk menjaga body ideal sushi yang imut-imut dan unyu-unyu. Sekali lagi dibandingkan sama lauk pauk yang biasa dimakan sama nasi, jelas kalah dalam segi ukuran dan varietas.

Kemudian dari segi jumlah per porsi: ada yang 4, 6, sampe 8 pieces. Ga pernah ada yang lebih dari 8 pieces satu porsi. Bandingkan dengan jumlah suapan dalam satu porsi makan siang 4 sehat 5 sempurna, bisa lebih dari 10 suapan. Jelas sushi kalah telak dalam konteks mengenyangkan.

Kemudian dari segi harga: MAHAL NAUJUBILAH! Harga standar murahnya sekitar 15rb which is bisa dapet 2 porsi nasi goreng tek-tek yang kuantitasnya jauh lebih banyak!

Worth it? Of course not!

Terus kenapa dia mahal banget??

Alasan paling rasional yang bisa menjawab pertanyaan ini hanya: kualitas bahan-bahannya.

Nori > jelas mahal, snacknya aja yang seukuran Lays atau Chitato besar harganya sekitar Rp 20rb

Nasi > apanya yang mahal?? Well, gw memang merasa nasi yang disajikan di sushi agak beda sih dari nasi di rumah, kaya lebih kenyal gitu, entah bukan nasi Indonesia atau cara pembuatannya beda atau dikasih ramuan2 tertentu biar rasanya beda, dunno. Well lets say the rice is not like another rice.

Daging > pada prinsipnya daging memang mahal. Apalagi daging yang disajikan di sushi adalah daging2 yang emang jarang ditemukan di dapur rumah. Salmon, tuna, kepiting, jarang2 kan kita makan daging2 itu kecuali lagi special occasion. Gw pun kalo ke restoran sushi yang gw pesen pasti salmon2an atau tuna2an. Well, OKELAH INI BISA JADI ALASAN!

Sayur2an > ga ada istilahnya sayuran mahal, apalagi sayur dimana2 rasanya sama, dan gw seratus persen yakin sayur2an di restoran sushi pasti sayuran lokal!

Wait a minute, apakah gw baru saja menyebutkan alasan2 yang malah menjadi bukti pendukung kalo sushi itu pantes dibayar mahal???

Cuih!

Well, ill just share my bad experience of eating sushi-lah, biar cepet.


Back in November 2010, pas gw di Singapore mengunjungi Bone, gw iseng-iseng bertanya pada Bone:

Gw    : Bon, sushi disini enak2 ga?

Bone  : Kenapa? Kamu mau makan sushi?

Gw    : Pengen sih, enak ga tapinya?

Bone  : Well, gw bilang sih sama2 aja kaya di Jakarta, disini Sushi Tei gitu2 ada juga kog, harganya juga sama, tapi kalo resto sushi yang laen gw belom pernah nyoba sih... Eh tapi, apa kamu mau nyoba Sushi Sedol?

Gw    : Hah? Apaan tuh Sushi Sedol?

Bone  : Restoran sushi favorit temen2 gw, ada di Cineleisure Orchard, di basement-nya, temen-temen gw bilang sushi-nya enak trus murah gitu, cuma sedolaran, makanya disebut Sushi Sedol, soalnya harganya SEDOLaran semua..


*Krik.. krik..* 

Gw    : What a name, huh?! Tapi beneran harganya sedolaran, Bon? Emang berapa pieces?


Bone  : Ya standarlah, enam apa delapan gitu, kaya Sushi Tei gitu, tapi emang khusus student gitu kali ya jadi murah..

Gw    : Okay, yuk capcus kesana!


Tergoda karena harga murah (sedolaran berarti 7rb-an, dapet minimal enam pieces, lebih murah dari Sushi Tei!) dan title khusus student, kita pun memutuskan untuk lunch disana. Ceritanya hari itu gw mau berpetualang sendirian karena si Bone harus kerja, jadi gw harus punya tenaga ekstra dong! Di jalan gw udah merencanakan akan beli minimal 3 porsi, macem2 daging, dll, udah ngimpi gila2an deh pokonya.


Sesampainya di restoran Sushi Sedol a.k.a Suki Sushi (ada ga sih di Jakarta?), tanpa duduk dulu kita langsung grab nampan n ngambil2in Sushi yang jalan muter2. Gw melihat Bone cuek2aja ngambil sushi banyak banget. Ga mau kalah, gw ikutan ngambil banyak juga.

Ada beberapa yang bentuknya doang yang lucu padahal namanya absurd banget, kita ambil juga. Yaudah sih ya cuma sedolaran, ga abis juga gapapa. Target gw di restoran Sushi itu maksimal mengeluarkan duit $ 10, logikanya 5 porsi bisa dong! Yaudah di-pas-in deh tuh 5 sushi, 6 karena ada satu porsi ada yang berdua sama Bone karena 8 pieces.

Sampe situ masih baik2 aja tuh, sampe gw melihat papan kayu yang bertuliskan harga2 sushi, tapi nulisnya tuh ga beres, jadi gw ga yakin itu harga sushi apa harga makanan laen. Yang jelas sih di papan itu gw melihat ada tulisan $5, $7, $10, dll... Tapi gw juga melihat tulisan: Red Plate Sushi, Blue Plate Sushi, Gold Plate Sushi, dll... Persis seperti hukum harga sushi berdasarkan warna piring!  


Gw    : Bon, itu di papan itu ada harga apaan?

Bone  : Hah? Ooh.. paling harga makanan laen...

Gw    : Tapi itu ada red plate sushi gitu Bon.. Bon jangan2 lo salah lagi! Jangan2 itu harga sushi sebenernya! Kita tanya dulu yuukk..

Bone  : Gausah,, ini gw udah nanya temen gw, dia bilang emang sedolaran harga sushinya disini, dont worry-lah, temen2 gw sering kesini n maen asal ngambil2 aja kaya kita gini.. Ntar kalo ditotal bakalan murah kog...

Gw    : Err.. yakin lo Bon?

Bone  : Iyeeee.. Udah. Yuk. Duduk. Makan. Gw. Laper.

makanan dengan dua kepribadian


Kita pun menikmati sushi super banyak dengan nista. Gila sushi2nya emang enak banget bow!! Gw aja ampe mau nangis makannya.. Sushi Tei kalah lah, enakan sushi sedol kmana2.. Gw pun sampe lupa pernah liat papan harga tadi..

Gw    : Gile Bon enak banget nih sushi-nya! Ga salah pilih temen2 lo!

Bone  : Iya kan?? Gw tuh udah dari lama pengen nyobain ini, tapi ga pernah jadi, trus sebel gitu kalo temen2 gw udah cerita tentang sushi sedol yang maha enak, huhuhu.

Gw    : Well, akhirnya lo nyobain kan! Sumpah Bon, sebelom gw balik gw harus makan disini lagi! Kalo bisa gw bungkus n bawa pulang ke Jakarta.

Bone  : Gampanglhaaa..

Simalakama 2.0


Kita makan sampe sushi abis ga tersisa, terus pas mau minta bill, waitressnya nawarin dessert ice cream mochi. Dengan sombongnya kita pesen juga ice cream itu... yaudah sih ya kan makan sushi-nya udah murah...


Setelah selesai semua2nya, kita menuju kasir buat bayar.

Gw    : Bon this is the best sushi day of my life! Terima kasih Bone telah mengajakku kesini.

Bone   : Sama-sama Seeta.

Cashier : This is your bill, alright, everything would be $35.

Bone   : Hah? Pardon, how much is it?

Cashier : $35, Miss. Youre going to pay cash or credit card?

Gw sama Bone liat2an. Bone melihat gw dengan tatapan takut, gw melihat Bone dengan tatapan WHAT-THE-FUCK-BON?!

Bone   : Are you sure that is from our table?

Cashier : Sure, you want me to prove it?

Bone   : Yes, please.


Si cashier pun menyebutkan satu2 pesenan kita dan semuanya benar! Terus kenapa mahal banget?? Kan sushi-nya sedolaran!!!

Bone   : Im sorry but if the sushi is about $1 each, and we ordered about 10 portions, plus the mochi ice cream, i think it would be around $15-$20, wait, the ochas are free right?

Cashier : Of course, Miss. But the problem is, not all your sushi are $1, here you see, the XXX sushi is $3 and you take 3, the YYY Sushi is $5 and you ordered two, the ZZZ Sushi is $7. So the total is $35.


Gw diem, Bone diem.

Semenit kemudian kita udah di dalem taksi.

Gw    : WHAT-THE-FUCK BON! SUSHI SEDOL! SEDOL MATAMU!!!!

Bone  : I HAVE NO IDEA, SEETA!! Gw kan cuma ngikutin rekomendasi temen2 gw!!! Duuuhh.. nih gw coba telpon mereka nih!


Gw lupa percakapan Bone dan temennya gimana, intinya sebenernya temennya menyarankan sushi sedol untuk makan rame2, satu porsi buat rame2, jadi bisa bayar patungan, bukan satu porsi sushi untuk dimakan sendiri..


Temennya Bone waktu itu makan disitu rame2, mesen banyak buat rame2, pas diitung bill-nya, mereka cuma bayar sekitar sedolaran setiap orang, jadi begitulah legenda tercipta nama Sushi Sedol.

Temennya Bone juga kesana dalam keadaan perut yang ga laper2 amat, jadi mesennya masih yang ringan2, yang sedolaran juga jadi bisa dapet banyak.

Pesan moral:

Jangan makan sushi sendirian, jangan juga berdua, ajaklah temanmu minimal 10 orang.

Jangan makan sushi dalam keadaan lapar akut, makanlah nasi lengkap sebelum makan sushi.

Masih ada pengalaman buruk nge-sushi gw yang lain, tapi daripada postingan ini kepanjangan, tunggu saja di Rant on Sushi #2. 

No comments:

Post a Comment