Sunday, May 13, 2012

A Guy Named Park Jae Beom [Part 1]


Hai!

Gue mau lanjutin postingan Jay Park yang tertunda. Harusnya gw kerjain hari Jumat, tapi seperti biasa, shit happens and everything goes wrong, so here i am!

Anyway, thank you so much for birthday wishes yesterday! Yes, yesterday was my birthday, yang sebenernya gw ga peduli2 amat, tapi jadi peduli karena semua orang ngucapin. At least i had to say thanks, so...

My birthday was supposed to be fun. Gw udah ngerencanain pergi seharian sama keluarga, makan dimana keg, gw yang traktir. Eh, gagal semua rencana. Kenapa? Because it happened to be Cruciatus Curse Day 1~

Well thank you so much, universe. It was the most incredible birthday present ever! X(

Okay Jay Park! Jay Park!

 
Foreword: 

Mungkin ga banyak orang yang tau tentang Jay Park. Kalaupun tau, pasti mereka taunya Jaebeom, mantan personil 2PM yang dikeluarin karena menghina Korea di MySpace-nya. Gw, sebagai Jaywalkerz, tertarik untuk mempelajari kasus ini lebih lanjut, karena Jay Park yang gw tau, bukan orang yang seperti itu. Setau gw dia sangat menghormati Park Jin Young, founder JYP Entertainment yang menemukan Jay di Amerika dan memboyongnya ke Korea untuk dilatih untuk jadi future 2PM member. Setau gw juga, JYP sayang banget sama Jay karena ga bisa dipungkiri dia itu salah satu aset paling berharga yang mereka punya. Jadi kalo tiba2 ada rumor Jay menghina JYP dan Korea, ga masuk akal banget!

Lo nggak harus jadi pecinta Kpop untuk mengerti apa yang gw tulis disini. Tapi gw kindly meminta lo untuk terus membaca karena gw pengen lo tau kisah sebenarnya tentang Jay Park. Well, gw ga tau yang gw tulis disini bener atau nggak sih karena alasan sebenarnya kenapa Jay keluar dari JYP nggak pernah terungkap.

But yes, this guy has a story. He’s not a typical Korean popstar if you ask me. In fact, he’s not even Korean. This is what i wanna share in here. A story about Jay Park.



------------------

Alkisah adah seorang cowok dari Seattle (Washington, USA) yang sangat multitalented. Dia bisa nyanyi, ngedance, breakdance, bikin lagu, ngerap, dan lainnya. Cowok itu kemudian ikutan audisi  untuk jadi Korean popstar yang diadakan JYP Entertainment. Bisa ditebak, dia lolos audisi itu dan langsung dibawa ke Korea taun 2005 untuk dilatih lebih lanjut sebagai trainee. Rencana awal JYP adalah mempersiapkannya sebagai salah satu anggota boyband bernama 2PM.

Semakin dilatih, bakatnya semakin keliatan. Berkali2 nunjukin bakatnya di tv show, event2, dan acara2 lain, makin banyak juga fansnya. Bahkan lebih banyak dari fans personil 2PM yang lain (yang adalah cowok Korea tulen). Nggak heran kalau JYP kemudian menunjuk dia sebagai leader 2PM. Selain karena fans-nya paling banyak, bakatnya juga paling menonjol. Sebagai seorang leader, Jaebeom melakukan tugasnya dengan sangat baik. Dia selalu jadi spokesperson 2PM dimanapun kapanpun. Beruntung dia bisa multiple language. Dia bisa ngomong pake Bahasa Inggris ke Nichkhun dan Taecyeon dan Bahasa Korea ke yang lain.

Jay (when he was) in 2PM. The guy in black right in the middle (leader position).

Pokoknya sampai taun 2009 semua baik-baik aja. 2PM ngeluarin album, bikin reality show, tur konser, dsb... Jay masih disitu sebagai leader, everything was fine. Sampai suatu ketika, ada fans 2PM yang ngehack akun MySpace Jay Park. Dari akun itu, mereka menemukan status yang dibuat Jay di wall-nya.

“Korea is so gay…. I hate Koreans. I wanna come back (to the States). ”

Status itu dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan seorang temannya yang bertanya “Woi Jay! Gimana di Korea, asyik ga?” Pertanyaan itu diajukan tepat setelah Jay ninggalin US taun 2005. Jadi Jay menjawab pertanyaan itu juga taun 2005, waktu dia masih 18 taun! 

Do you get my point in here?

Umur segitu kan orang lagi labil2nya. When i was 18, i cursed everything everywhere, and you did too, right? Jadi kalo dia nulis status kayak gitu, itu kan sesuatu yang sangat wajar. Sialnya, Jay udah jadi popstar ketika status itu ditemukan, so everything blew up. Semuanya jadi salah kaprah. JYP menganggap serius status MySpace itu dan menuduh Jay menghina Korea. Media langsung ngebesar2in kasus ini dan kemudian berujung pada di-skors-nya Jay oleh JYP. Dia di-banned dari semua kegiatan 2PM dan dipulangin ke US.

Jay’s fans were really angry. But everything was confusing. Mulai dari pihak 2PM yang belum ngeluarin pernyataan kalo mereka ngeluarin Jay, trus 2PM ngeluarin album 1:59PM yang mengandung filosofi kalo mereka masih nungguin 1 member lagi supaya bener2 jadi 2PM, pernyataan JYP kalo Jay Park bakal balik lagi, etc...

Dari sini semuanya jadi ngebingungin. Siapa sebenernya pihak yang dirugikan? Apakah Jay Park sebagai pelaku utama. Dia yang nulis status, dia yang dimaki-maki orang. Apakah JYP sebagai perusahaan yang menaungi Jay Park, yang pencitraannya jadi jelek gara2 kasus ini?  Yang pasti kesepakatan di antara mereka memutuskan bahwa Jay ga bakal balik ke 2PM. Apakah Jay Park yang menolak balik atau JYP yang membuang Jay Park? We never know. People can always assume.

For me, I believe this is a win win solution. Mungkin Jay dan JYP berpikir kalo Jay stay di 2PM, yang jadi korban maki2 orang ga cuma Jay, tapi juga 2PM dan bahkan mungkin JYP as a company. Jadi biarlah dua2nya berkorban, for a better situation. 

But again, it's still a 'maybe'. 
Okay back to the status. Lo melihat sesuatu yang salah ga disini?

Gw ngeliat banget.

Menurut gw ini semua pure misunderstanding.

First, kalo lo baca kalimat statusnya lagi, itu kan kalimat becandaan banget! Sama aja kayak lo ngomong ke temen lo “Ah homo, lo!” gitu kan? Konteks yang lagi berlangsung adalah becanda, sama sekali bukan hal serius. 

Apalagi kasusnya Jay waktu itu kena semacam culture-shock, dimana dia tadinya adalah regular kid from Seattle yang hidupnya bener2 bebas, tiba2 harus jadi trainee boyband Korea yang setiap tindakannya dikontrol abis2an sama manajemen. Kalo dia complain, ya wajar. He was 18 for God sake!

Second, the status was from 2005. Akun MySpace itu bahkan udah ga dipake lagi sama Jay sejak taun 2005. Sejak jadi trainee di JYP, dia stop semua ‘Ke-amerika-an”-nya dan fokus jadi trainee. Pertanyaannya, ngapain sesuatu yang sudah terjadi di masa lalu dibahas lagi sekarang? Ini jadi masalah kalo status itu dibuat taun 2009, ketika nama Jay udah besar. Tapi ini terjadi taun 2005, ketika dia baru pindah dari Seattle ke Seoul. C’mon! Logikanya dimana???

Waktu itu Jay masih bukan siapa-siapa! Dia masih bocah! Dia belom tau apa2 tentang Korea, belom jadi 2PM, belom ngapa2in!! Kalo dalam mindsetnya Korea itu gay, ya ga apa2, toh dia masih dalam kondisi blank~ Lagian kata 'gay' juga ga berarti homo kan di kalimat itu? Artinya lebih kayak 'sucks' atau 'nyebelin'. Intinya menunjukkan dia ga suka. Ya kayak kalo Justin Bieber ditanya kenapa lo suka Selena Gomez dan dia jawab "Because she's hot!" Apakah itu berarti Selena Gomez seksi? Kan nggak...

Dooooooohhhh~ This is your problem ya, Korean people! Chauvinist. Close-minded.

*sigh*

Well, that’s the story about Park Jae Beom a.k.a Jay Park.

Lo bisa baca lengkapnya disini dan disini.

Later we knew, Jay sent his apology through his official fanbase website and said that he’ll be in US for a while to calm the situation down.

But all Jaywalkerz knew, the term ‘calm the situation down’ means ‘prepare for something bigger’. Kita tau Jay ga bakal mengakhiri karirnya di Kpop cuma gara2 kasus ga penting kayak gini~ C’mon! He’s American! You give him liberty, he will rule!

Jadi selama di US dia bikin konsep baru, siap2 untuk comeback to Kpop.

Taun 2010, dia nekat balik ke Seoul dan gotta tell ya, sambutan fans di airport bener2 luar biasa. Something we all have predicted, because speaking of quantity, Jaebeom’s fans is more than another 2PM’s fans combined altogether. 



 


Later on, in 2011 Jay came back in Kpop, with a whole new concept, new management (Sidus HQ), new producers (Art of Movement and 1illionaire), and new supporting system (Prepix, Dok2, Dumbfoundead, etc...)

He released a mini album, Take a Deeper Look, which was really great, a platinum in Korea. A big punch in JYP’s face. It’s like Jay’s saying: “Hey, look at me now! I survive! Look what i can do by myself!” :D

2012, Jay explores himself even more. Released full album of 15 tracks. It’s an R n B and Hip Hop mixtape, from where he began his music passion. Completely different from Take a Deeper Look. A new taste in Kpop. A New Breed. :)



Coming up in Part 2: Jay Park New Breed showcase Indonesia.


1 comment:

  1. oooo gitu toh alesannya jaebum keluar dari 2pm *fans kasual males cari tau berita*

    ReplyDelete