Monday, November 26, 2012

Everyday Hours



Hi guys! How y’all doin?

It’s 07.00 PM, saat gw mulai nulis postingan ini.

Sekarang gw dalam keadaan sudah pulang kantor, udah mandi, udah makan, udah sikat gigi, siap bobo.

Mungkin lo bertanya2: kok lo udah pulang jam segini? Emang jam kerja lo sampe jam berapa? ih enak banget!!

Well, win some lose some, beibeh.

Lemme tell you my everyday hours.

Setelah setahun lebih sebulan jadi labor, akhirnya gw membuat adjustment jam biologis setiap hari. And it goes like this:

Dari Senin-Rabu, gw itu morning person. Kenapa begitu? Karena gw pengen dalam seminggu ada hari-hari dimana gw menjadi seseorang yang taking everything seriously. Artinya gw menganggap serius segala sesuatu tanpa ada sedetik pun waktu buat bersantai. Dengan kata lain, Senin-Rabu adalah hari dimana gw mencurahkan hidup gw sepenuhnya sama pekerjaan. Gw pengen produktif, dari pagi sampe sore. Jadi kalo lo ngajakin gw jalan hari Senin-Rabu, most likely gw ga akan bisa. Kecuali mungkin hari Senin, karena ada satu pekerjaan yang mengharuskan gw nge-mall setiap hari Senin dua minggu sekali. Haha~

Jadi hari Senin-Rabu gw bangun jam 5 pagi, terus siap2 ke kantor. Kalo jalanan bersahabat, jam 7 pagi gw udah sampe kantor. Terus gw sarapan sambil nge-YouTube. Efektif gw baru mulai kerja itu jam 8 pagi. Kalo konsentrasi lagi bagus, seperti hari ini, gw bisa babat habis semua deadline di hari Senin. Sayangnya momen itu jarang sekali terjadi, hahaha~

Anywaaay… Kalo lagi ga deadline, biasanya sekitar jam 4an itu kerjaan gw udah bisa ditinggal. Belum selesai, tapi bisa dilanjutin besok karena belum deadline. Jadi sekitar jam setengah 5 gw udah bisa pulang. Jam segitu jalanan menuju Bekasi masih bersahabat kalo lewat tol. Oh ya, kondisinya adalah gw pulang naik omprengan. Mahal, tapi efektif dan happy ending alias ga bikin gw stress di jalan. Jadi jam 5an gw udah sampe rumah. Lain cerita kalo pulang di jam yang sama, tapi naik busway. Mungkin baru sampe rumah jam 7an dalam keadaan mau bunuh diri. Hahaha~

Dengan metode hours seperti itu, gw mungkin mengakhiri hari dengan lebih cepat. Kesannya gw ga punya kehidupan sosial gitu ya, jam segitu udah pulang. Di kala orang2 seumuran gw lanjut hang out abis ngantor, gw memilih pulang. But again, win some, lose some. Toh gw jadi punya lebih banyak waktu di rumah. Bisa makan malem di rumah bareng keluarga. Bisa nonton TV. Bisa main sama adek gw. Bisa nge-YouTube. Bisa ngeblog kayak sekarang ini. Yang jelas gw bisa melakukan hal-hal yang akan sangat gw rindukan misalnya gw lagi dalam kesibukan yang menggila. 

It sounds cheesy, but I do appreciate the simplest thing in life. 

Oke, itu tadi kalo kondisinya gw lagi ga deadline. Kalo lagi deadline, ga ada tuh istilahnya kerjaan bisa ditinggal. Gw harus di kantor sampe kerjaan selesai. Kalo kerjaan itu mengharuskan gw untuk lembur, ya gw lembur. Tapi karena kondisinya gw udah start kerja dari jam 7 pagi, di atas jam 6 sore itu otak gw udah ga bisa bekerja dengan optimal. Kecepatan berpikir dan kreativitas gw menurun. Reflek gw pun mencari distraksi, misalnya nyari cemilan, dengerin musik, cari angin keluar gedung kantor sebentar, nge-YouTube, anything yang bisa membuat otak gw calm sedikit sebelum bertempur mikir lagi. 

Sama halnya kalo gw dikasih liputan malem. Lembur itu udah pasti. Kalo udah begitu, waktu untuk quality time di rumah jadi nggak ada sama sekali karena biasanya gw baru balik jam 8 dari kantor dan nyampe rumah jam 10. Jam segitu, tenaga udah hampir habis, jadi satu-satunya tindakan masuk akal yang bisa gw lakukan adalah tidur.

Begitulah jam biologis gw hari Senin-Rabu. Semalem apapun gw pulang, asal besoknya masih hari Senin, Selasa dan Rabu, gw akan tetep bangun pagi jam 5. Template waktunya akan tetap seperti itu.

Well, kalo gitu gimana dengan hari Kamis dan Jumat. Nah! Dua hari ini judulnya adalah S.A.N.T.A.I. Kenapa santai? Karena gw kan udah serius di hari Senin-Rabu. Kalo Kamis-Jumat serius juga, kapan gw santainya? I still have a life to live, eh? :D

Lagian hari Kamis itu hari favorit gw. Kenapa? Karena setelah itu dateng weekend. Well, dateng Jumat sih, but still Friday is always the day you’ll be thankful for, rite?

Jadi kalo Kamis-Jumat, gw bangun siang. Well, ga siang2 banget sih, gw bangun jam 6an. Menurut gw itu udah siang. Gw bisa bangun tanpa alarm jam 6. Kalopun kebablasan, maksimal jam 7 gw udah bangun. I've told you Imma morning person, rite?

Ga seperti Senin-Rabu yang gw ambisius gila2an dateng paling pagi di kantor, Kamis dan Jumat gw santai. Berangkat kapan aja terserah mood gw. Biasanya gw capcus jam 8an. Kondisi jalanan jam segitu ga usah ditanya. Tapi toh gw-nya lagi santai. Jadi paling bawa amunisi aja, bawa buku kek, siapin playlist kek. Apapunlah yang bikin gw ga konsentrasi sama jalanan. Tau2 udah sampe kantor aja.

Tapi lagi-lagi win some lose some. Kalo berangkat jam 8, gw paling baru sampe kantor jam 10. Konsekuensinya adalah gw ga bisa pulang cepet. Minimal jam 6an baru boleh pulang. Tapi kan gw-nya lagi santai. Jadi ya, biarin aja. Kalo dikasih liputan malem pun, gw asyik2 aja. Toh gw lagi santai, ga usah dibawa ribetlah. Nah kalo mau ngajak gw jalan, hari Kamis sama Jumat aja. Dengan senang hati akan gw iyakan. :)

Begitulah everyday hours gw.

Believe it or not, everyday hours ini mempengaruhi gaya berpakaian gw setiap harinya lho. Karena konsep serius sama santainya itu tadi. Hahaha~

Kalo hari Senin-Rabu, karena temanya serius, gw pake baju super formal ke kantor. Beneran kayak mbak2 kantoran, ga kayak wartawan. Well, ga pake rok sih. Tapi pasti pake celana bahan dan kemeja atau cardigan. Sepatunya pun sepatu formal. Flat shoes gitu~ hihihi.. 

Banyak temen yang suka ga sengaja ketemu di hari2 itu, kaget banget melihat gaya berpakaian gw. Hahaha~ Ya namanya juga lagi (berusaha) serius~

Nah kalo Kamis sama Jumat gw lebih santai. Pake terusan/legging/celana kargo. Sepatunya sneakers atau sepatu sendal. Gw juga ga pernah menyia2kan kesempatan untuk pake jeans setiap hari Jumat, karena kantor memperbolehkannya. 

Everyday hours gw ini, sudah gw terapkan cukup lama dan sejauh ini membawa hasil positif buat hidup gw. In general, gw merasa balance dalam berbagai aspek kehidupan. *halah* 

Okay, that’s it.

So tell me, do you have adjustable everyday hours like mine?

If yes, please share! I’d love to hear it!

:D 

1 comment:

  1. tidak bisa begituuu jadwal gw ga pasti tiap hari xDDDDD

    eniweey menurut gw kalo kantor dan rumah jaraknya gila jauhnya DAN ga ada supir anter jemput, ga mungkin lah sempet sok hang out syalala. lagian gw juga lebih memilih nginep langsung di rumah temen yang makannya gratis daripada ngopi ngopi (tapi gw punya voucher kopi jadi bisa ngopi ngopi)

    ReplyDelete