Wednesday, August 21, 2013

WINNER – YG NEW BOYGROUP



Dua hari ini gw nontonin ini mulu


Reaksi gw akan video itu lucu-lucu, berikut di antaranya:
- “iihh.. ada yang mirip Jay Park!!”
- “gila tuh anak nge-rapnya kayak Dok2~”
- “yah ga ada yang ganteng~ kkk…”
- “yaampun kelahiran 97!!!”
- “eeh.. ada JYP!”
- “wew belom apa2 udah swag…”
- "nge-dance-nya sinting juga nih bocah2."
- “B.I. the next GD banget~”
- "eh ada yang anak kampung kayak Seungri!"
- "lah suaranya Bieber banget itu~"
- “kayanya banyak ruangan di YG building yang masih kosong deh, itu emang dipersiapin buat artis baru ya?” >> ini ga penting banget~ ignore! ignore!

Duh~ Sebenernya gw lagi dilema banget ini. Di satu pihak gw udah males banget menambah bias di K-pop, apalagi yang usianya JAUH di bawah gw. SHINee dan EXO itu udah excuse kenistaan yang paling tinggilah. Cukup ke dua grup itu aja gw menjadi fan-noona. Tapi kalo gw ngebias grup ini juga, sebutan gw udah bukan fan-noona lagi, tapi FAN-AHJUMMA! OMG~

Tapi oh tapi, sejak reality show WIN: Who is Next kemarin dirilis, kok gw jadi sangat tertarik untuk mengikuti perkembangannya ya? Padahal ya ampun, adik2 swagga yang dipungut YG ini usianya jauh di bawah SHINee dan EXO~ Tapi gw tetep penasaran sama mereka. Ga tau ya, mungkin karena gw emang YGstan at heart jadi ga bisa bohong. Mau self-proclaimed hardcore Blackjack gimana juga, tetep aja root-nya ya YG. Apapun produk YG kayanya gw ga bakalan ga suka deh, atau at least give a shit gitu~

Aaah~ ga ngerti, bahas aja dulu deh. Hehehe~

Jadi gw memperhatikan Team A dan Team B ini dan menemukan beberapa kesamaan dengan artis2 YG lain. Semacam template yang digunakan YG untuk menyaring bakat2 baru. Artis YG itu penampilan (as in looks) beda2, tapi ada benang merah yang memperlihatkan kesamaan ciri khas mereka: nge-rap-nya sinting, dance skill lumayan, English pronunciation-nya bagus, tapi… ga punya tampang~ Hehehe… YG emang solusi cepat orang2 berbakat yang visualnya agak kurang~ hahaha~

Terus… uhmm… ini perbincangan orang2 di dunia maya juga sih. Banyak yang merasa YG bikin WINNER dengan segini banyak member ini buat head to head sama EXO. Hmmm… kalo diliat dari misi reality show-nya (bahwa yang menang akan didebutin duluan) sendiri  sih, berarti ga bisa dibilang kayak EXO dong. Kan team A cuma 5 orang dan Team B 6 orang, terus ga didebutin barengan. Sedangkan EXO 12 orang didebutin dalam waktu bersamaan.

Tapi slightly bisa juga dibilang demikian, karena usia WINNER (terutama Team A) itu emang usia EXO. Waktu debut mereka (diperkirakan 6 bulan dari sekarang) adalah waktu dimana EXO lagi naik2nya. Secara YG & SM udah bersaing dari jaman purba sih, ya bukan ga mungkin kalo ada misi terselubung dibalik banyaknya member WINNER ini.

But again, menurut gw YG bukan perusahaan yang suka copycat pakem yang sering digunakan perusahaan kebanyakan walaupun pakem itu pakem mainstream. Supergroup (lebih dari 10 member) itu so last year and so SM banget ga sih? Waktu SuJu happening dengan 13 member yang semuanya cakep2, YG pede kok ngeluarin BigBang yang cuma 5 member dan ga ada yang cakep. Mudah2an YG strict ke misi reality show WIN ini dengan pada akhirnya mendebutkan 1 tim duluan. Males aja kalo di akhir reality show-nya ternyata ada twist dua tim didebutin barengan, for fans sake. Terus awkward juga, secara rentang usia member Team A sama Team B jauh gitu~ (Eh, tapi emang YG peduli umur ya? 2NE1 aja age-gap-nya 10 taun, hahahahaha~)

Lagian WINNER ini less pretty faces disbanding EXO. Gw baca di webnya fanbase (yup, WINNER udah punya fanbase. Klik disini) di WINNER ini ga ada yang megang jabatan visual atau dancer. Kalo di-scan mereka emang ga ada yang bener2 punya tampang sih, kayak yang gw bilang tadi, hahaha. Terus pas ngeliat video dance practice Team A di yutupnya Kang Seung Yoon (kayak yang gw post disini) kayanya kalo dari segi dance mereka equally skilled. Ga ada yang minus sendiri. Masih butuh dipoles pastinya, tapi overall udah bagus semua, at least ga kaku dan swag-nya dapet. 

Kalo diliat dari video reality show itu sih, kayanya mereka akan diarahin musik, musik dan musik. Genre-nya hip hop, rap dan R&B, sesuai sama idealisme YG. Nge-dance-nya pun pake lagu yang beat-nya keras gitu. Komposisi jumlah rapper sama vocalnya seimbang. Gw rasa ini misi terselubungnya YG juga untuk me-mainstream-kan kembali hip hop underground Korea yang sempet ilang ketutup K-Pop. Korea indeed has good quality hip hop back in the days (read here). Hip hop yang sebener2nya gitu lho, yang persis kayak black people music. Jadi early verdict gw akan WINNER adalah… kayanya bakal hip hop banget!

WINNER ini katanya akan jadi penerus BigBang. Well, I really hope so. Regenerasi itu penting. Apalagi dalam kurun waktu 2-3 taun ke depan mungkin BigBang udah pada wamil semua. Gw ga yakin musiknya WINNER ini akan seperti musiknya BigBang kecuali kalo produser mereka si GD. 

Tapi mudah2an WINNER ini memperbaiki kekurangan2 BigBang terdahulu, dari segi dance misalnya. BigBang kan dari segi dance bisa dibilang agak failed ya, hahaha~ Gw pun mengakui dari segi dance SM jauh lebih unggul dari YG. Tapi pas ngeliat video teaser WINNER yang pertama kali di upload adalah video dance epic-nya Team A itu, gw lega karena YG udah taking this dance issue seriously. Mudah2an untuk beberapa taun ke depan ga ada yang give up ngedance terus dimaklumi aja gitu (lirik T.O.P), hehehe…

Okay gw ga mau berpanjang2 karena sumber informasi untuk WINNER ini masih dikit banget. Reality show-nya aja baru resmi tayang hari Jumat. Tulisan ini hanya verdict singkat dan pendapat gw akan WINNER. Mudah2an reality show-nya akan semenarik teasernya. Gw percaya akan menarik sih. Dengan sejarah YG bikin reality show BigBang Documentary sama 2NE1 TV yang rating-nya gila2an, gw percaya WIN: Who is Next akan menarik. 

Teaser-nya aja udah sangat menjual menurut gw, apalagi part ketika CL, GD, Taeyang dll pada bertanya2 "jadi cuma satu tim yang didebutin??" "terus tim yang lain gimana?" "it will be a battlefield!". Terus part ketika para member udah mulai keliatan panik dan jadi ambisius juga menjual banget. Pas si B.I ngomong "gimana nasib kita kalo ga didebutin?? Bobby udah jauh2 dateng dari US, Jinhwan dari Jeju, Joonhee dan Donghyuk bela2in ga sekolah. gimana nasib kita kalo ga debut???" hahaha! hilarious! I'm so sold! 

And uhmm... walaupun agak jijik tapi gw menginginkan WIN ini akan ada sisi dramanya juga. I dunno, nangis2an seperti pas Hyunseung dieliminasi mungkin (eh, ga ada eliminasi2an ya? :P) atau drama2 ga penting di dalam grup (gw mengarah pada GD yang sering marah2 sendiri karena terlalu perfeksionis) atau menjual drama sejarah hidup/kisah survival masing2 member (ini kayaknya udah pasti sih, haha~). Atau kalo ga mau drama, ya dibikin lawak aja, misalnya dengan memperlihatkan sisi geblek dan idiot mereka kayak Dara di 2NE1 TV. Hehehe… Everything, hopefully.

So, are you excited for WINNER? :D
 

No comments: