Tuesday, December 9, 2014

Miss J



Hi, guys! How y’all doin?

Today I wanna talk about Twitter.

Just so you know, my Twitter game is strong.

Gw orangnya banci Twitter sekali. Di tengah terpaan sosial media lain seperti Path, Ask.fm, dll yang semakin menggeser eksistensi Twitter, gw tetep main Twitter dan dalam beberapa waktu ke depan ga ada rencana untuk quit Twitter sama sekali, karena gw sudah sangat ketergantungan sama Twitter.

I have 4 Twitter accounts. Yes, 4.

Tapi tentu saja yang gw pake untuk sosial cuma satu, yang ini. Tiga lainnya gw gunakan untuk keperluan dan kepentingan yang berbeda2, yang ga ada sangkut pautnya dengan being social. All of those three are protected, jadi lo ga akan bisa kepo dengan search2 ga jelas. Hahaha~

Today, I wanna talk about one of my protected Twitter account.

Sebut saja akun @BM21 (bukan nama sebenarnya). Akun ini, gw pergunakan untuk mencari informasi2 terbaru seputar entertainment yang gw suka, which is K-pop, which is more specifically, YG. Jadi gw follow segala akun YG related yang sekiranya bisa memberikan gw informasi terbaru tentang YG dengan cepat. Official accounts, news accounts, fanbases, fanmasters, parodies, dan segala macem account lain yang bisa membuat pengetahuan gw akan YG lebih kaya.

Kalo ditotal, ada kali gw follow sekitar 300-an account. Dari 300-an ini, bukan berarti semuanya orang Korea lho. Sekitar 200-nya adalah orang dari berbagai negara, ada US, Singapore, Filipina, Malaysia, Hong Kong, Jepang, Perancis, Inggris, bahkan Arab! Orang-orang Indo juga ada. Mereka ini mungkin ga saling kenal, tapi di Twitter, mereka saling mem-follow dan berkomunikasi karena sama-sama YGstan. Jadi kalo lagi buka akun @BM21, selain bisa dapetin info2 terbaru soal YG, gw juga bisa menyaksikan fenomena komunikasi antar budaya tingkat internasional. 

Itu seru banget, I’m telling you! Melihat mereka berkomunikasi itu seru banget. Lo bisa melihat ciri khas dan perbedaan budaya dan pola pikir orang2 Amrik, Asia, Eropa, dll kalo lagi berkomunikasi. Amrik, pikirannya cenderung lebih terbuka, bisa melihat sesuatu dari sisi santainya, ga dibawa ribet. Tapi tetap punya strong opinion dengan base yang jelas. Asia, terutama Korea, orang2nya sensitif dan serius. Gampang butthurt kalo idolanya diomongin yang jelek2. Ga bisa santai kalo ada kasus/skandal/whatever they ain’t feel right. Eropa, probably somewhere in between, kadang dukung yang Amrik, kadang punya pandangan sendiri, kadang dukung yang Asia.

Tapi walaupun sama2 YGstan, atau sama2 Blackjack, atau VIP, atau Inner Circle, dll, ga selamanya mereka bisa akur. Karena perbedaan budaya dan pola pikir itu, sering juga terjadi yang namanya internal war dalam satu fandom. Apalagi yang namanya fans K-Pop kan semuanya punya bias ya. Dan ikatan mereka dengan bias mereka itu kuat banget. Kalo dalam satu grup bias si A somehow better/worse than bias si B, itu bisa jadi omongan dan memicu fanwar. And I'm telling you, if fanwar happens, they gonna go batshit crazy! LOL

Anyway, dengan segitu banyaknya akun yang gw follow di Twitter @BM21, tentu saja ga semua statusnya bisa gw baca. Apalagi 90% dari mereka itu adalah crazy spazzer yang kerjaannya ngetwit 100 kali dalam semenit. Sekali gw scroll down untuk refresh Twitter di hape, bisa 1000 tweet keluar. Kalo udah gitu, paling gw baca sekilas aja.

Tapiii… ada beberapa akun yang tweet-nya ga pernah ketinggalan gw baca. Simply karena gw suka baca tweet mereka. Apa yang mereka tweet itu (mostly opinion/commentary/review about recent news) penting dan berbobot, dan kadang2 lucu, konyol dan menghibur. Terus kalo mereka udah ngomongin sesuatu and somehow they agree with each other, kadang2 pembicaraan mereka suka ngelantur dan bodoh. Hahaha~

Dan entah kenapa ya, I always find myself agree with their views. Kayak merasakan sensasi: yasss- she-said-it-all or yasss-she’s-preachin, kayak gitulah.

Sejauh ini gw punya 5 akun favorit: Miss J (orang US, Blackjack-Bom biased), Mr. K (orang Kanada, Blackjack-ot4), Mr. S (orang Perancis, Blackjack-CL biased), Miss B (orang US, Blackjack-CL biased), dan Miss A (orang Filipin, VIP-Inner Circle).

These people are my favorites. Mereka semua YGstan, walaupun favoritnya beda2. Setiap pagi gw selalu menyempatkan diri untuk buka timeline mereka, catching up about what I missed last night (karena sebagian besar orang Barat, jadi ketika gw tidur, mereka justru lagi aktif2nya). Mereka-mereka ini, selalu mengomentari apapun yang terjadi di ranah K-Pop, khususnya YG, di hari sebelumnya. Dan seperti yang tadi gw bilang, gw hampir selalu setuju sama opini mereka. Realistis, ga delusional. Serving the truth, not the lie. 

Kadang-kadang mereka suka nyinyir/nyindir/kritik sesuatu. Tapi mereka melakukannya dengan cara yang cerdas dan berlandaskan fakta (receipts). Gw menyebutnya dengan nyinyir berkelas. LOL. Ga asal ngomong aja gitu lho. Misalnya nih, mereka bilang SNSD musiknya jelek, pasti ga asal ngomong. Mereka ngasih bukti kalo digital sales SNSD emang rendah, mereka punya print out atau screen capt data dari Nielsen bahkan. Terus mereka kasih link review-nya Billboard misalnya, yang disitu ada penilaian obyektif para pakar musik. Semua di-attach dalam tweet-nya, jadi bener2 legit dan valid deh.

Mereka ini juga sering live-review album/lagu yang baru dirilis lho. Dan walaupun mereka bukan siapa2, review mereka kayak review profesional. Bener2 detil melihat dari sisi produksi, komposisi, tren musik, teknik vokal/instrumental, semuanyalah. Gw kayak baca review wartawan/kritikus musik gitu. Obyektif, ga subyektif. Yang bagus dibilang bagus, yang jelek dibilang jelek.

Yaa intinya hanya dengan mem-follow dan mengamati Twitter mereka, gw belajar banyak.

Anyway… Yang mau gw ceritain sekarang adalah salah satu akun favorit gw itu, Miss J. Baru-baru ini dia memutuskan untuk quit Twitter. T.T

Alasan tepatnya gw ga tau apa, pokoknya pagi2 ketika gw lagi cek Twitter, orang2 udah rame aja ngomongin Miss J deactivate akun Twitter-nya. Gw kaget banget, gw kira cuma sekedar di-protect aja, mungkin karena dia baru spazz gila2an tentang sesuatu terus di-bash sama orang2, wajar kalo dia memilih untuk mem-protect Twitternya. Tapi ternyata bener2 ga ada, ilang gitu aja akunnya dari daftar following gw.

Setelah gw keep up sama berita terbaru, ternyata hari itu adalah satu hari setelah YG tampil di Healing Camp. Dimana di sana, YG secara tersirat ngomongin tentang Park Bom.

Miss J, yang adalah Bom-biased, sangat menanti2kan kemunculan YG di Healing Camp. Dia berharap, di acara itu, YG bisa stand up for Bom, yang pertengahan taun lalu kena skandal narkoba (being framed lebih tepatnya), dan membersihkan nama baik Bom, yang literally rusak parah paska kena skandal.

Bom ini nasibnya emang kasian banget sih. Dia jadi korban kasus yang di-ada-adakan, cuma karena Knetz iri sama kesuksesan yang diraih 2NE1 dengan album CRUSH. Karena kasus ini, Bom kehilangan pekerjaannya, dia di-banned dari segala acara2 keartisan, dan terpaksa hiatus. Bom cuma bisa muncul di acara YG di luar Korea, misalnya di konser YG Family di negara lain atau misalnya 2NE1 diundang ke acara fashion manalah. Kalo Bom making public appearance di Korea, orang2 akan bash dia, sampe ngirim death thread segala!

Parah banget emang. Gw aja yang bukan Bom-biased kesel, gimana yang Bom-biased??!

Makanya Miss J pengen banget YG ngebelain Bom di Healing Camp. Supaya karier dan kehidupan Bom bisa kembali seperti semula.

Eh ternyata yang terjadi ga sesuai ekspektasi Miss J. YG cuma bilang:



Miss J marah banget. Apologizing clearly is not something she expected YG to say. Apalagi di kasus ini posisi Bom adalah korban, bukan pelaku. Kenapa YG harus minta maaf on behalf of Bom? Itu secara ga langsung menyatakan kalo Bom bener2 salah. 

Nama baik dan image-nya Bom ga berhasil diselamatkan sama YG dan akan terus terpuruk sampai (most likely) akhirnya menghilang. YG juga ga memberikan clear vision akan apa yang akan dia lakukan pada Bom paska skandal ini. Solo album/solo project yang selama ini dijanji2kan sama sekali ga disebut-sebut, sehingga seolah2 YG membuang Bom.

Awalnya gw merasa Miss J immature banget, gitu doang kok marah~ I mean, YG kan company’s CEO, pasti dia sangat hati2 menjaga omongannya. Apalagi di teve nasional, karena apapun yang YG katakan pasti berefek sama keberlangsungan company-nya.

Tapi mungkin kecintaan Miss J sama Bom udah bener2 di luar logika. Jadi dia tetep marah sama YG. Abis Healing Camp selesai, ia terus menerus spamming ke akunnya YG, protes gila2an akan apa yang YG bilang di Healing Camp. Dia ga berhenti bertanya2 'how could you do that to Bom??!' 

Mungkin ini frustrating juga buat Miss J, karena sebagai international fans, dia ga bisa berbuat apa2 untuk nolongin Bom. Dan dengan interpretasinya bahwa YG membuang Bom, dia merasa udah ga ada gunanya lagi dia bertahan di dunia maya, yang selama ini membuat dia dekat dengan Bom, membuat dia bisa berkomunikasi dan berinteraksi (walaupun satu arah) sama Bom. Karena Bom-nya udah ga bakal muncul lagi. So, no Bom, no Miss J.

Banyak banget yang sedih atas keputusan Miss J ini. Ga bisa dipungkiri Miss J adalah salah satu orang paling berpengaruh di fandom Blackjack, khususnya buat international fans. Karena opininya dia selalu bagus2, selalu keep up with the trend, ngerti musik, ngerti fashion, ngerti internet, ngerti social media, ngerti 2NE1, not to mention dia orang US, New York lebih tepatnya, jadi bisa berbahasa Inggris. So many people could relate with her tweets.

Selain 2NE1 related, Miss J ini juga ngerti how entertainment industry goes. Dia punya nalar yang bagus akan sesuatu, jadi dia bisa predict kesuksesan sebuah project entertainment.
Dia juga lucu. Selera humornya khas cewek Amrik banget, jadi kadang2 bisa dodol banget omongannya. Apalagi kalo udah ngomongin kedodolan 2NE1, udah deh, golden banget Miss J ini. Dia tuh yang menciptakan nama2 panggilan baru buat 2NE1, kayak Park Boobs (Park Bom), Choobs (Chaerin Boobs), Kris Jenner (mamanya Minzy), dll…

Oh Miss J…

You’ll be missed.

Mr. S, salah satu orang yang deket sama Miss J, berhasil menghubungi dia via Snapchat dan bertanya apa alasan sebenernya dia deactivate Twitter. Bahkan, di saat terakhirnya berkomunikasi lewat Twitter Mr. S sama orang2, dia masih sempet2nya bikin kita ketawa.




Well, Miss J… wherever you are, I wish you all the best. One day, mungkin gw akan mengikuti jejak lo dengan meninggalkan dunia maya dan fokus ke dunia nyata. Tapi mungkin itu masih bertaun2 lagi, as for now gw ga ada rencana meninggalkan dunia maya, khususnya Twitter. Mengingat 50% kebutuhan rohani (?) gw disuplai oleh dunia maya. Fufufu~

Well…

Mudah2an ada yang replace Miss J di Twitter. Huhu~
 

No comments:

Post a Comment