Sunday, November 22, 2015

Life at WKWKWK


hi, guys! how y’all doin?
so i just read through some of the most recent-to-considerably-old posts in the blog, how my life has been for the past few months and i realized there’s only so little information i share to you about my current work place, WKWKWK.
let’s just say i talk very less about WKWKWK in this blog. 
in some posts i just slightly mentioned it, meanwhile when i was still in XXXXX, i used to talk about my job almost always in one blog post full. lots of stories told, thousands of word written, resulted in hundreds of posts.
well, gw ga menyangkal kalo kehidupan gw di XXXXX jauh lebih berwarna dan twisty* dibandingkan di WKWKWK.
*) this non-existent word in the dictionary is the the word i use to describe “an interesting turn of an event” — twist (noun), twisty (adj) = banyak interesting turn of an event, bisa juga diartikan sebagai banyak kejutan/sesuatu yang tak terduga terjadi. sudah pernah gw gunakan di postingan ini dan ini.
i mean kerja di media pada hakekatnya adalah kerjaan yang sama sekali ga boring, apalagi buat mereka yang kerja di ranah hiburan/gaya hidup, walaupun jadi wartawan “serius” juga ada kepuasan tersendiri. 
dalam konteks jadi wartawan hiburan dan gaya hidup, you got to meet interesting people everyday and talked to them, got the privilege to come to some events for free, eat lots of good food, try out everything new/hype in town before everyone else, and made exclusive coverage/report about them, etc.. ya lo taulah apa aja, udah sering gw bahas kan di postingan2 lama.
dengan kata lain, jadi wartawan selain memberikan lo privilege2 seru, hidup lo juga dijamin ga bakal sama setiap hari. lo ga akan dateng ke kantor, duduk di meja dan melakukan rutinitas yang sama setiap hari, becoz new day =  new surprise, you’ll never know what life will bring and you can never predict! as a journalist, your life changes on daily basis, and this is what i mean by ‘twist’.
but you know, i think it’s unfair to keep thinking about how awesome my former life is and not moving on. after all i was the one who decided to quit that life — for the greater good, and now WKWKWK is almost like a second home to me, like XXXXX used to be. i especially have become very close with the guys at WKWKWK, even though i’ve only been there for 6 months.


in this post, i wanna give you sneak peek on how the life at WKWKWK is according to me. i’ll Google-cardboard WKWKWK for y’all. ;)
let’s start with a number!

(one)
WKWKWK adalah sebuah agensi digital berbasis di Jakarta, tepatnya Gatot Subroto - Jakarta Selatan. perusahaannya sudah berdiri sejak taun 2012, dan bulan september kemarin, kita baru rebranding, ganti sistem dan ganti nama (well sorry, di blog ini nama lo akan tetap WKWKWK)~ hahaha~
kantor kita bisa dibilang kecil, paling cuma 10x20 meter. karyawannya juga dikit, 15-25 orang, yang terbagi dalam 5 divisi: Organic Media, Paid Media, Data & Analytics, HR & Finance, dan Sales. gimana ceritanya orang sedikit banget kayak gitu bisa dibagi ke dalam 5 divisi, i don’t even know! lol~
gw sendiri tergabung di divisi Organic Media, apa sih organic media itu? dalam sepengetahuan gw setelah bekerja 6 bulan di agensi digital, organic media adalah segala teknik/praktek/proyek digital marketing yang memberikan dampak engagement alami (organic) terhadap peningkatan traffic suatu website. termasuk di dalamnya adalah SEO (search engine optimization), Content Creation dan Content Marketing. 
adapun jabatan gw adalah Project Coordinator Organic Media, which means gw harus involve di setiap project/campaign organic media. dalam hal ini, gw diberi porsi besar untuk mengurus konten, karena latar belakang gw adalah editor dan jurnalis. jabatan gw sebelum kantor rebranding pun adalah Content Strategist dan Editor. jobdesc-nya ngapain aja, lo bisa Google sendiri atau bisa cek LinkedIn gw. :)
anyway, so yeah that’s the first and foremost. setelah ini gw mau mengekspos fakta2 tentang WKWKWK yang lebih dari sekedar fakta. *halah*

(two)
kehidupan di WKWKWK sangat berbeda sama di XXXXX. di WKWKWK gw mostly berada di kantor. pernah sih keluar beberapa kali buat meeting sama klien, tapi ga sering. ini yang membuat kehidupan gw less-twisty. 
gw setiap hari kerja 9to6 di kantor. boring, huh? i know~ itu yang gw rasakan ketika awal2 kerja di WKWKWK. but then setelah agak lama di kantor, gw malah bersyukur. karena WKWKWK, walaupun judulnya agensi, tapi urusan jam kantor, ga agensi sama sekali~
gw sering denger cerita temen2 gw yang kerja di agensi, jam kantor mereka lebih ajaib lagi. ada yang kerja sampe jam 2 pagi, terus baru dateng lagi jam 11 siang~ dibanding agensi2 lain, jam kantor WKWKWK termasuk manusiawi. 
di WKWKWK, ga pernah tuh sampe ada yang lembur sampe pagi. paling lama jam 10 malem, itu pun jarang banget, setaun sekali mungkin. gw selama kerja di sana hampir selalu pulang tenggo jam 6. pernah sekali jam 8 itupun karena ada kerjaan yang mendesak harus dikerjakan. pernah juga sekali jam 11 karena abis ikut workshop marketing dan undangan event dari klien. selain itu ga pernah, selalu jam 6.
temen2 kantor gw pun begitu, kalo bisa pulang tenggo ya tenggo. paling yang ga tenggo biasanya nungguin 3in1 jam 7 karena bawa mobil atau nungguin tarif gojek balik ke 15ribu. jarang banget masih ada yang di kantor di atas jam 8. ga ada juga yang baru dateng jam 11 siang, mostly dateng jam 9an, jam 10 paling telat.
aneh ya? haha~ agensi tapi jam kerja teratur kayak di corporate/bank~ lol~
tapi cuma jam kerja kok yang membedakan kantor gw sama agensi lain. selebihnya kurang lebih sama.

(three)
WKWKWK mungkin salah satu agensi paling sehat di jakarta. pantry kita selalu terisi penuh makanan sehat dan cemilan. sejak kerja di WKWKWK gw ga pernah khawatir pergi ke kantor ga sarapan karena kantor selalu sedia segala macem sereal plus susu siap self-service. 
ga usah khawatir kelaperan selama kerja juga karena WKWKWK punya catering sendiri yang dimasak langsung oleh ibu HRD kita tercinta. sumpah ya ibu HRD gw tuh ‘mami’ banget deh, selalu masakin kita (dan masakannya enak luar biasa! taste like home!) jadi kita ga usah jajan di luar, bersesakan sama karyawan2 kantor sekitar buat beli makan siang. beliau juga selalu belanja untuk memenuhi kebutuhan kita sehari2. mami, if you read this, you rock!!! :*

(four)
tadi gw sempet bilang hidup gw di WKWKWK less-twisty, which means twist-nya lebih dikit daripada waktu kerja di XXXXX. tapi bukan berarti ga ada twist sama sekali lho~ sekali2 WKWKWK juga memberikan twist buat hidup gw.
walaupun bukan twist kelas tinggi yang bisa change my life or anything, cuma hal2 simpel tapi manis dan cukup menyenangkan, and make me feel lucky to be able to do it with them and more alive as a person!
beberapa waktu sekali, WKWKWK ngadain nobar di bioskop dibayarin kantor. terakhir gw nobar bareng mereka kira2 sebulan yang lalu, nonton The Intern. terus 3 minggu yang lalu kita baru outing!!! hold on this makes me emotional coz it happened to be my very first company outing ever!!! jaman di XXXXX mana pernah outing kantor~ jalan2/liputan semuanya sendiri~
outing-nya ga jauh2 sih, ke bandung doang dan cuma sehari. but for me it was a very meaningful and pleasant experience. bener2 melatih teamwork, mempererat pertemanan, and i got to know these guys better. menurut gw pengalamannya lebih berharga daripada business trip ke antah berantah sendirian. i’m very grateful-lah.
terus kira2 dua minggu setelah gw kembali ke WKWKWK, setelah cuti sebulan buat les IELTS itu, bos besar out of nowhere, mengirim gw ke sebuah workshop content marketing. kebetulan saat itu jabatan gw baru “dinaikin” dari Content Strategist jadi Project Coordinator Organic Media, jadilah gw dikirim buat workshop. mayanlah, menambah ilmu.


terus di workshop itu ketemu temen2 baru juga, anak2 ahensi~ ihiyyy~~
sensasinya beda banget deh sama kalo lagi liputan ketemu temen2 pers. kalo pers kan ada feel senasib sepenanggungan ya, lo ngeliput apa gw ngeliput apa, bisa sharing apa aja yang udah di dapet, bisa saling kasih tau info2 penting juga. kalo agensi tuh kayak ada hawa kompetitif gitu, kayak klien lo bisa gw sikat nih kalo campaign gw lebih oke n harga gw lebih make sense~ LOL
visual wise, anak2 ahensi somehow terlihat lebih eksentrik dan sophisticated. bahasa dan cara ngomongnya juga beda. everyone is as friendly though. 

(five)
sekarang ngomongin masa kerja karyawan. gw gatau ya WKWKWK dikutuk apa gimana, tapi orang2 yang kerja di sana tuh ga pernah ada yang lama banget sampe bertaun2. well perusahaannya sendiri baru 3 taun sih umurnya, tapi jarang banget ada karyawan yang bertahan lama.
ini kontras banget sama orang yang kerja di media yang bisa ga resign bertaun2. di XXXXX misalnya atau YYYYYY Group, ada yang kerja sampe 5 taun lebih, bahkan belasan taun. semacam mengabdi ke perusahaan atau terlalu menikmati pekerjaan. well gw sendiri kalo ga ada hasrat tinggi dari lubuk hati paling dalam buat belajar digital (becoz one told me that you’ll never survive in this jungle if you never learn about digital world) kayaknya ga bakal resign dari XXXXX, secara yah yang tadi gw udah bilang, privilege… privilege everywhere… twist… twist everyday…
nah di WKWKWK, kerja setaun tuh itungannya normal/pas untuk resign. bertahan setaun lebih atau bahkan dua taun ke atas itu itungannya udah super lama, super senior. 
the world rotates so freakin fast here in WKWKWK. ada yang cuma 3 bulan kerja, terus masa probation abis, ga ngelanjutin. ada yang 6-11 bulan kerja terus resign. bukan karena ga betah, tapi mostly ditawarin kerjaan baru yang lebih menjanjikan.
gw gatau ya ini kultur berkarier di dunia digital atau gimana~ mungkin karena dunia digital perkembangannya begitu pesat dan prospektif jadi demand tenaga kerja yang menguasai bidang ini juga tinggi, atau karena temen2 gw pada pinter menjual diri di LinkedIn, gw belum sepenuhnya paham. 
apakah anak2 agensi lain juga mengalami yang seperti ini?
and this topic also makes me wonder how long i will survive in WKWKWK.

(six)
last but not least:
kob@m.
LOL~
am i being too straightforward? XD
well i have heard stories, so many of them, that it is a very very common thing in agency world.
menang pitching? kob@m. campaign selesai? kob@m. achieve target? kob@m. friday night? kob@m. LOL~
nah WKWKWK tidak berbeda, kob@m pun menjadi salah satu budaya kita, walaupun ga sering2 banget sih. paling kalo dapet klien baru yang lumayan bonafit aja. gw sendiri baru 2 kali merasakan budaya kob@m selama di WKWKWK, dan karenanya gw gatau harus bersyukur apa nggak~ 
the thing is i am so against drinking…….. in Indonesia~ hahaha~
di jakarta gw jarang banget minum. jaman masih di XXXXX minum paling kalo lagi liputan atau berkunjung ke restoran tertentu aja, other than that paling nyicip wine punya bokap sekali2. kalo dalam konteks kob@m, gw ga suka minum di jakarta karena gw bukan anak gaul atau semacamnya, kalo ke lounge/bar/club gitu gw risih. 
i’m so not a social drinker, bukan juga loner-drinker, gw ga pernah beli alcy buat diminum sendirian di rumah sambil nonton tv atau semacamnya, i don’t really like the taste, pait~ iyuh~
kalo mau kob@m atau minum yang bener2 diniatin, gw lebih milih di singapore. bone selalu men-service gw dengan “welcome drink” kalo gw ke sana (she’s a pretty good mixer by the way, like a pro bartender! her alcy collection is also to die for!), dan kalo timingnya lagi oke, sekalian ber-happy-world juga karena di sana gw ga risih, mau going wild atau ngapain kek, i’m down for it!
ya intinya di jakarta gw anak baik2lah~ anak alim ga pernah kob@m. tapi semua itu berubah ketika gw gabung di WKWKWK~ HAHAHAHAHA~~~
well it’s not like i’m kob@m on daily basis, only special occasion like those mentioned above. not a bad thing though, just our unique way to have fun and be grateful. lol~
but yeah, walaupun WKWKWK mengubah gw jadi anak-yang-ga-terlalu-alim lagi, gw juga bersyukur karena gw jadi sedikit banyak tau tentang… well, tentang minum. like which one is recommended and which one isn’t, which one is dangerous and which one isn’t, something like that~
WKWKWK berhasil membuat gw meninggalkan zona aman dan karenanya gw berterima kasih karena -mengutip Sirius Black- what is life without a little risk? :)
**
well kayaknya itu aja yang bisa gw share tentang WKWKWK. someday kalo ada yang lucu2 lagi postingan ini gw update. okeh?
byeeeeeeee~~~~

No comments:

Post a Comment