Sunday, November 29, 2015

My Chinese Name


Hi, guys! How y’all doin?

gw lagi kesambet nih kayaknya tiap minggu update blog. hahaha~

notes: postingan ini harusnya gw bikin berpuluh-puluh tahun yang lalu, tapi selalu kelupaan, sekarang mumpung momennya lagi ada, mendingan cepet2 ditulis. :))

so uhm… beberapa hari yang lalu gw mendengar kabar yang cukup mengejutkan bahwa kakak gw baru menikah.

emang lo punya kakak, ta???

punya. 



ganteng abis si kakak~

anywaaayyy~~ so yeah itu kakak gw. in fact -along with F4~ he was my original oppa, way before bigbang and everything.

imma die-hard meteor garden stan, you know?

meteor garden (MG) is obviously the best out of three. so little budget yet so well executed, all thanks to the casting director who scouted the mighty F4: Jerry, Vic, Vanness and Ken, and also Barbie Hsu who was potraying Sanchai to perfection.

BBF and Hana Yori Dango fans can stay pressed. y’all can claim your fave to be the best, but nah~ MG is. like seriously dude, saking epic-nya MG, F4 sampe dilirik Disney dan dikontrak bikin album sama mereka! belom lagi tur keliling dunia sana sini. i wanna see lee minho struggling to get to that level of relevancy with such limited talent~ lmao~

well we talk about MG in another post, okay? if you want to debate/discuss about it, just leave some comments below and i’d reply. i always love open discussion about MG.

anyway, so Vic just recently got married. :’)

berita selengkapnya bisa baca di sini.

icydk, vic is my bias in F4, even though i love them all equally like 2NE1. awalnya bias gw Jerry coz you know, THAT HOTNESS HOT BLOODED TAOMINGTSE WHO COULD RESIST??!!

OMG~

tapi kemudian gw nonton MARS dan terpukau sama aktingnya vic di sana~ he was so good~ like i found another kind of hotness gitu, referensi hotness gw bertambah karena hotness ga cuma bisa diliat dari karakter jagoan_hot blooded_manly_arogan kayak Taomingtse, tapi juga dari karakter bandel_urakan_setengah gila kayak Chen Ling. 

so yeah, aku jadi adiknya vic zhou and his marriage gives me mixed feeling. di satu pihak gw sedih karena gw forever Barbie-Vic shipper layaknya britney-justin shipper, jadi gw ga terima mereka nikah sama orang lain~~ T.T tapi di pihak lain gw seneng dia menemukan tambatan hatinya~ *tsaaah

so yeah congrats to vic-gege and his nu-pengyou (now wife) semoga segera dikarunai hen duo ke ai de haizi!

anyway, sebenernya yang mau gw omongin di postingan ini bukan itu. tapi jelas terinspirasi dari itu. yang mau gw bahas adalah status gw sebagai adiknya vic zhou dan impact-nya dalam kehidupan gw. 

icydk, i’m a huge fan of china. the country, the culture, the people, everything! i love everything about chinese. i have a lot of chinese friends whom i really embrace and respect. i went to china twice couple years ago and still willing to visit some of the province now. and i learnt chinese/mandarin language in 2008-2009 to validate my love to chinese culture. hahaha~

nah ketika gw lagi les bahasa china itu, laoshi (guru) meminta kita untuk bikin chinese name untuk dipakai di percakapan sehari-hari.

wow~ gw langsung semangat. bikin nama china tentunya ga akan sesusah bikin nama orang indo, wong cuma 3 syllables, satu udah dipake buat marga~ haha~

mulai deh gw mikir. pertama nyari marganya dulu. ga mau pake Zhang atau Wu atau Li soalnya pasaran. kemudian terpikirlah untuk menggunakan marga si kakak:

周 - Zhou.

mulai deh riset tentang marga zhou. ternyata dulunya itu nama dinasti. whoa, nice~ ada unsur turunan bangsawan gitu. terus dari segi kebahasaan zhou itu artinya thoughtful, wah gw banget nih! HAHA~ okelah fix, marganya zhou.

sekarang cari nama panggilan. gw pengen nama panggilannya ada unsur nama gw gitu, jadi antara May/See/Ta. See dibacanya Si, tapi kalo di bahasa mandarin, Si dibacanya tse, kan jadi aneh ya? 

gw bisa mempertahankan Si tapi harus diganti bentuknya jadi Xi, biar dibacanya Si. hmmm… bisa sih, nanti jadinya: Zhou Xi Ta. not bad~

but then gw baru nyadar Ta itu kalo diucapkan lumayan ga sopan, karena harus sambil menyemburkan sesuatu dari mulut~ wkwk

seriously! lo suruh temen lo yang keturunan china ngomong Ta pake aksen chinese deh, see what happens~ hahaha~

nah kan ga lucu ya misalnya ada orang mau manggil nama gw, harus ada adegan bikin banjir sekitar~ jadi gw coret opsi Ta, along with the Xi. karena kalo mereka ga sepaket rasanya ada yang salah aja gitu.

gw pun menggunakan satu-satunya opsi yang tersisa: May. kalo dichinain jadi Mai, tapi Mai yang gw tau (atau yang baru gw pelajari) artinya ‘membeli’. agak kurang menjual ya~ hahaha~

tapi May juga bisa dibaca Mei, dan ada beberapa referensi kata dalam bahasa cina yang menggunakan Mei, and somehow………… make sense!

Mei Li (美丽) = cantik, indah, rupawan

Mei Mei (妹妹) = adik perempuan

Mei Guo (美国) = Amerika

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA~~~~

LET’S EXPERIENCE!

Zhou Mei Li, hmmm… sounds a bit gross but okay.

Zhou Mei Mei, hmmm… sounds not creative and lazy

Zhou Mei Guo, meh~ kayak nama cowok~

but i have to use this Mei, i have a good feeling about this.

mulailah cari referensi lagi. terus baru nyadar, gw kan suka nonton film/drama mandarin, kenapa ga cari referensi dari situ?

mulai ngutak ngatik nama tokoh cewek drama2 favorit dan ga tau ya ini jodoh apa bukan, ada tokoh cewek di MARS namanya QING MEI! 

Ni hao~ this is Qing Mei.

and Qing Mei happened to be…… a bitch! LOL~~~ 

WTF!!!!!!

seriously! dia tuh tipe cewek populer tukang bully di sekolah2 gitu. MEAN GIRL! terus setiap malem clubbing pulangnya bobo sama random guy~ QING MEI IS LIVING THE LIFE~ LMAOOOOO~~~

and that’s it, my chinese name is

 周晴美 

 Zhou Qing Mei 

sounds awesome!!!!!!

i’m so proud!!!! T.T

lebih bangga lagi setelah searching baru tau Qing artinya “fine”. WHOA!

so the meaning behind the name can be interpreted as:
  • (vic) zhou’s (fine) little sister
  • zhou’s girl who likes fine and beautiful things
  • zhou’s girl who likes America

LMAOOOOO~~~

so that’s it, fellas. my chinese name. silahkan memanggil gw dengan nama itu kalo kita lagi jalan2 di chinatown atau semacamnya, hahaha~ kalo mau manggil gw dengan nama itu on daily basis, ga masalah, gw akan tetep nengok kok kalo dipanggil. toh itu nama gw~ :))

buat anak2 pribumi yang mau bikin nama china untuk kepentingan les, practice chinese atau semacamnya, tapi bingung menentukan syllables-nya, boleh konsultasi atau minta rekomendasi ke gw. just @ me on twitter or sumthin~ lol


zai jian!

No comments:

Post a Comment