Friday, August 26, 2016

Cerita Matahari

Halo, teman-teman! Apa kabar?

What? Sekali-sekali boleh dong nyapa pake Bahasa Indonesia? “Halo! Apa kabar?” kan basically “Hi, guys! How y’all doin?” Hehehe~~

Fyi, demi keamanan, perdamaian dan ketentraman kehidupan Melbournian, postingan ini akan sepenuhnya pake Bahasa Indonesia untuk mencegah pihak-pihak yang tidak diinginkan membacanya. Wkwkwk~~

Di kampus gw, atau di Melbourne in general, entah kenapa banyak banget orang Cina. Di jurusan gw aja, sekitar 70%-nya adalah orang Cina. Mereka berasal dari provinsi yang berbeda-beda, ga cuma kota-kota yang mainsteam kayak Shanghai dan Beijing. Kayaknya perwakilan masing-masing provinsi tuh ada aja di sini.

Let me kindly remind you that I’m addicted to all things Chinese. Makanya gw seneng banget banyak orang Cina di Melbourne. Gw bisa praktis bahasa Mandarin, ngobrolin pop culture Cina yang gw suka banget, atau ya belajar budaya Cina in general juga udah bikin gw happy.

Long story short, gw berteman sama beberapa orang Cina di sini. Mereka friendly banget. Sejauh ini gw ga kesulitan berkomunikasi/bergaul sama mereka. Kita punya mutual understanding juga kalo kita sama-sama non-English speaker. Jadi saling ngertilah gimana susahnya bertahan hidup di Melbourne dan gimana struggle-nya kuliah S2 di Unimelb.

Nah, ada satu temen Cina yang gw lumayan deket. Kita sejurusan kuliah dan sejurusan jalur tram, makanya sering pulang bareng dan jadi deket. Demi melindungi identitas oknum yang bersangkutan, kita sebut saja dia Matahari.

Matahari ini orangnya lucu, bersemangat, dan so full of life. Dia juga sangat stylish, eksentrik dan sedikit gila. Maybe that’s why gw cepet akrab sama dia. Haha~~

Dari Matahari, gw banyak dapet cerita lucu. Salah satunya mau gw share sekarang ke kalian semua blog reader tersayang. #tsaaaahh

Bentuknya conversation yang gw terjemahkan langsung dari obrolan gw sama dia beberapa hari lalu. Biru adalah gw, hijau adalah Matahari. Oke? Check this out!

---

Jadi gimana lo enjoy ga tinggal di Melbourne?

Enjoy banget dong! Gw lebih suka tinggal di sini daripada di Cina!

Kenapa?

Karena di sini gw tinggal sendiri, ga sama keluarga!

Hahaha~ Emang ga kangen sama keluarga?

Nggak! Gw benci sama keluarga gw!

Hah?? Kenapa??

Karena gw anak yang ga diharapkan di keluarga gw!

Lho?? Kok gitu??

Iya, lo tau kan di Cina ada peraturan satu keluarga cuma boleh punya satu anak?

Iya. Terus?

Nah, gw adalah anak kedua.

Terus?

Seharusnya gw ga boleh lahir, karena gw lahir akibat perbuatan yang melanggar hukum.

Lho, tapi keluarga lo ga punya masalah ekonomi kan? Mereka toh masih bisa membiayai lo sekolah. *Matahari tajir banget by the way*

Masalahnya bukan di keadaan ekonomi. Tapi di Cina, keluarga-keluarga yang punya anak lebih dari satu dianggap melanggar hukum. Jadi kita semacam kriminal. Akibatnya, dari kecil gw disembunyiin, karena keluarga gw malu punya gw yang adalah bukti mereka melanggar hukum.

Hah?? Separah itu?? Terus nyokap bokap lo berurusan sama hukum gitu?

Ga sampai separah itu, hukumannya lebih ke hukuman sosial. Mereka dikucilkan di masyarakat. Kasarnya gini, bokap gw jadi susah cari kerjaan. Nyokap gw ga diterima di kelompok ibu-ibu arisan setempat. Kakak gw di-bully di sekolahnya ketika temen-temennya tau dia punya adek.

What??? Jahat banget!

Emang. Dari kecil gw tinggal sama tante gw, supaya orang-orang bakal mengira gw anak dari tante gw, instead of anak dari orang tua kandung gw. Gw cuma seminggu sekali ketemu sama orang tua dan kakak gw. Itupun cuma untuk mereka mengecek kondisi gw baik-baik aja atau nggak. Bukan family quality time gitu.

Waduh. Tapi sekarang peraturan itu udah dihapus, kan?

Udah. Tapi ga berarti gw jadi deket sama mereka. Tante gw udah merit dan punya anak, jadi gw harus pindah dari rumahnya dan balik ke rumah orang tua gw. It was awkward. Walaupun gw anak mereka, hampir seumur hidup gw ga tinggal bareng mereka. Jadi di rumah diem-dieman aja.

OMG.

Makanya gw seneng ketika bisa tinggal di luar negeri. Jauh dari mereka. Kalau bisa sih gw mau di luar negeri selamanya aja. Hahahaha~~

Tapi lo sendiri sayang ga sama mereka? Pernah ga kepikiran buat jadi deket sama mereka suatu hari nanti?

Ya, sayanglah. Paling motivasi gw pulang ke rumah adalah keponakan gw sih. Dia masih bayi dan lucu banget. Sejak ada keponakan gw, rumah jadi lebih hangat dan ramai karena semua orang saling bantu buat ngurus dia. She actually brings us together. Give me a reason to come home.

Aaaw.

---

Menarik banget ya ceritanya si Matahari. Cerita yang sebenarnya menyedihkan dan berpotensi untuk dikembangin dan dijadiin Asian drama, hahaha~ But for now, cukup untuk jadi bahan renungan buat gw supaya bersyukur jadi orang Indonesia yang ga dibatesin mau punya anak berapa (well, dibatesin KB sih, tapi it’s okay as long as lo punya jaminan untuk memberikan kehidupan layak untuk anak-anak lo kan?).

Gw ga kebayang sih kalo gw dari kecil dianggap “aib” keluarga padahal bukan kemauan gw juga untuk dilahirkan.

Matahari merasakan itu sejak dia lahir. Disconnected dari keluarganya tapi berhasil melalui semua itu dengan tegar. Keluarga mungkin jadi missing pieces di kehidupannya, but that doesn’t stop her. Dia masih bisa live her life to the fullest. In fact, dia masih bisa ceritain masalahnya ini dengan gaya/nada yang biasa aja, kayak lagi cerita soal jerawatan atau tugas kuliah menumpuk, tanpa ada air mata atau emosi yang lebay, itu aja udah keren sih.

Bangga gw sama dia.

Terus dari ceritanya gw ga cuma dapet knowledge soal budaya di Cina tapi juga fenomena di masyarakatnya. Seneng nih gw dapet first hand experience story gini. Looking forward to the next one! Kalo ada yang menarik lagi, pasti langsung gw share di blog ini.


Until the next story, bye!

No comments:

Post a Comment