Saturday, June 24, 2017

Puasa dan Lebaran di Melbourne

Hi, guys! How y’all doin?

Salah satu topik yang paling banyak dirikues adalah ini. Since ini udah hari terakhir puasa, ga ada salahnya gw membahasnya, mumpung masih trending~

So, puasa. Di Melbourne itu orang2 yang puasa semacam dimanja banget karena cuma 11 jam. Jam 6 pagi sahur, jam 5 sore udah buka. Inilah privilege yang didapatkan ketika lo tinggal di negara-negara yang terletak di bumi bagian selatan. Matahari terbitnya telat, tapi terbenamnya kecepetan. So yeah, puasanya 11 jam aja.

Wah, asyik dong? Maybe asyik, but don’t forget kami di sini berpuasa di tengah musim dingin dengan suhu rata-rata 6-14 derajat. Barusan gw ngintip Weather app di hape dan minggu depan diprediksi suhu udara di malam hari udah 2-3 derajat. Ga usah ditanya real feel-nya berapa, udah pasti minus. In fact esensi real feel di app itu udah bener2 ilang karena some of your senses literally udah kebas ga bisa ngerasain apa2 lagi~ So what's the point of real feel when you can't actually feel anything anymore~ :/

So, science-nya adalah: berpuasa di musim panas akan membuat elo gampang kehausan, sedangkan berpuasa di musim dingin akan membuat elo gampang kelaparan. Which one is better? You tell me. Some people prefer starving to being thirsty, some others are the other way around. I’m not a fan of both obviously, so yeah, bye bye puasa~ :p

Terus gimana situasi puasa di Melbourne?

Damai, sis!

Pertama kalinya ga digangguin sama iklan2 n acara TV bertema Islami yang berisik dan mengganggu mata. Pertama kalinya bangun sahur ga usah buru2 dan ga pake drama menjelang imsak. Pertama kalinya ga terima excuse2 ga penting terutama yang berkaitan dengan kerjaan. Pertama kalinya ga rempong ngurusin angpao buat bocah2 dan ngurus sumbangan buat tukang sampah, tukang sayur, tukang becak, dll yang ada di list panjang nyokap gw tiap tahun. Pertama kalinya bulan puasa tanpa petasan, orang2 teriak ngebangunin sahur, beduk, atau semacamnya. Pertama kalinya ga dikejar2 deadline kerjaan yang harus selesai sebelum liburan panjang...

Well, dikejar2 deadline assignment sih, tapi gw kan jago assignment-nya udah kelar dari jauh2 hari~ wkwk~

Satu hal yang gw kangenin though, adalah buka puasa bersama. Entah itu undangan atau janjian sama temen2. Karena di sini ga ada sama sekali~ #cedih

Bukan karena gw ga punya temen ya, well itu juga sih~ Wait, kayaknya itu the only sole reason deh~ OH MY GOD KOK SEDIH AMAT YAK GW~ T.T

No I mean, gw punya temen dan mereka indeed ga ngajak gw buka puasa bersama, tapi itu karena mereka lagi sibuk assignment, sementara assignment gw udah selesai duluan, jadi gw ga punya temen buat buka puasa bersama~ Gitu konteksnya, sis!

Well anyway, so yeah, sebenernya ga bisa dibandingin sama di Indo sih, yang hampir setiap hari selama bulan puasa gw dapet undangan bukber, whether it’s from friends, clients, celebrities, companies, etc. Bener2 ga bisa dibandingin ya, dulu kan kerja, sekarang student~ So yeah~

But generally speaking puasa di sini terutama untuk orang Indo, sebenernya ga sepi2 amat. I mean kalo lo ke daerah rumah gw di Brunswick dan Coburg, itu banyak banget komunitas middle eastern yang tentunya sangat mengakomodasi orang2 yang puasa. Beberapa halal groceries juga menyediakan makanan buka puasa gratis dan semua masjid (baik mushola atau masjid besar) pasti ada taraweh. So yeah, ga sepenuhnya serba berkekuranganlah.

Yang kurang cuma 1: THR~ #eaaaaa

Gila guys, ini udah memasuki tahun ke-3 gw ga terima THR~

2015 ga dapet THR soalnya baru ganti kantor. 2016 ga dapet karena udah resign siap2 ke Melbourne. 2017, well… udah jadi mahasiswa lagi~ Sejak kapan mahasiswa dapet THR?! #huft

Makanya nih 2018 harus bener2 langsung occupied. Ain’t waste no damn time. Lulus, pulang, cari kerja, sign kontrak, hajar!

Ckckck~ Keknya gw udah lupa gimana rasanya dapet THR deh~ Entah gw akan bereaksi seperti apa ketika pada akhirnya nanti dapet THR lagi~ Mungkin gw akan berubah wujud jadi laki-laki~

Anywaaaay~~ So yeah itu tadi puasa. Lebarannya gimana? Mana gw tau, masih besok kan? wkwk~

Harusnya sih ga jauh beda sama Idul Adha, yang mana gw rayakan dengan solat Eid di sebuah lapangan basket indoor di Brunswick. Agak drama juga tuh waktu itu pas mau solat, karena gw kira lapangan basketnya deket rumah~ Maklumlah ya waktu itu baru 2 bulan di Melbourne, belum tau arah n jadwal tram~ Jadi ketika di-notice jam 6.30 solatnya mulai, gw berangkat jam 6.00.

Kenyataannya? Jam 6.30 baru naik tram~ WKWKWK~ Asem~

Jadilah gw solatnya telat 1 rakaat~ Udah solat cuma 2 rakaat, 1 rakaatnya telat~ Mau jadi apa, jenderal??? Dear God I hope You have some sense of humor~ :S

Okelah, besok ga boleh telat lagi. Cuaca besok pagi menurut app akan shower dengan suhu terendah 3 derajat. Gapapalah. Sekali-sekali, ya nggak? Motivasinya adalah opor ayam hangat yang sudah menunggu di rumah. Hohoho~ Yasssss… Housemate gw masak opor ayam~~ Mantap jiwa!

Gw akan solat Eid di kampus besok. Yes, di kampus~ Gymnasium-nya disewa gitu buat solat. Abis solat gatau deh mau ngapain atau ada apa~ Maybe ke rumah temen buat nebeng makan silahturahmi~ Eh, tapi kan ga punya temen ya?

Mau ke rumah Bunda dan Papi di Pakenham, tapi merekanya mudik ke Indo~

Oh well, liat besok deh~

Alright, what else do you wanna know? I think I have answered most of y’all questions. So yeah, dari Melbourne saya mengucapkan Happy Eid Mubarak, enough with “mohon maaf lahir batin” bullshit, you guys didn't do anything wrong to me and I didn't either, so let's just cut the bullcrap, no need to apologize, and just… have an awesome Eid y'all!!! Semoga THR-nya berkah dan liburannya menyenangkan!

Love,


-->
-S

No comments:

Post a Comment