Thursday, March 1, 2018

Di-PHP-in HRD

Not a good post to start the month.

Total udah 4 HRD nge-PHP-in gw.

Yang pertama ngegantungin gw setelah interview user 1. Entah si user yang berubah pikiran, atau HRD-nya yang ga suka sama gw~ Either way, bola merah lagi di HRD, and they did NOTHING!

Yang kedua memberi gw harapan 3x buat gw, but then THEY’RE GONE! Posisinya gw udah di-interview HRD sekali, interview user 2x, kemudian job test. Mungkin gw gagal jobtest, atau mungkin lulus, tapi mereka masih mempertimbangkan offering dan demand~ Either way, NO NEWS AND IT’S BEEN ALMOST ONE MONTH!

Yang ketiga approach gw out of nowhere via Linkedin, menawarkan pekerjaan yang tidak gw inginkan. Gw menolak, karena gw bener2 ga menginginkan pekerjaan itu. Kemudian dia berkata, “Baiklah Mbak Seeta, nanti kalau ada klien kami yang mencari orang untuk posisi sesuai keinginan Mbak, akan segera kami hubungi.” You know what, yang kayak gini cuma bikin ngarep, mending ga usah ngomong kalo gitu mah.

Yang keempat gw approach via Linkedin untuk menanyakan progress lamaran yang sudah gw kirim sejak November. Instead of menjawab YES or NO, si HRD malah menawarkan gw posisi lain—yang setelah gw lihat requirement-nya, ternyata cocok sama kualifikasi gw—walaupun not necessarily something that is in line with my passion—but still, worth to try (mending kerja daripada nganggur yes)~

Si HRD pun meminta gw mengirimkan CV dan portfolio ke emailnya. Ga pake nunggu besok, gw kirim malam itu juga, supaya besok pagi ketika dia cek email, email dari gw-lah yang ada di top inbox-nya, jadi bisa langsung di-review.

Gw berharap dia menghubungi secepatnya, meaning hari itu juga, but nope, it’s been 3 days since I sent the email, MASIH DIGANTUNGIN JUGA!!!

This is why I hate Indonesian employment scene~ HRD-nya suka gantungin orang!!! Mereka kan bertanggungjawab untuk memberi kabar apapun hasilnya, karena kita udah mempercayakan segenap data kita ke mereka~~ 

Apa sih susahnya ngasih tau kita result yang ada??! Ga mau bikin kita kecewa?? That's bulshit~ Semakin cepet dikecewakan semakin cepet kita move on!!!

Capek, asli. Menunggu itu melelahkan lahir batin.

Cari kerja itu susah—not in a sense of susah tapi menantang jadi tetep semangat nyoba—but more like ini tuh bener2 bukan proses yang menyenangkan~ Ini tuh bikin frustasi dan mungkin berpotensi bikin depresi~~

Gw beruntung punya Grace, punya Rini, yang jadi go-to-person whenever I’m feeling down dalam proses job-seeking ini. Gw beruntung punya orang tua yang ga komplen gw di rumah terus doing nothing walaupun gw tahu mereka stres and it’s only a matter of time until people start talking “eh anaknya pak/bu ***** kan pengangguran, malu2in ya padahal udah sekolah di luar negeri”~

Cari kerja itu susah.

Jadi kalo lo punya pekerjaan, sayangilah. 

Ya, sayangilah pekerjaan lo.

Karena at least, lo punya pekerjaan.

***

Alright, March, 30 days to go. Semoga akhirnya happy ending.


-->
Semangaaaatttt!!! *kata Grace dan Rini* hahaha

No comments:

Post a Comment