Sunday, October 10, 2021

Just like the ‘ol days.

 Hi, guys! How y’all doin?

It’s been a rather unproductive Sunday, so I decided to step it up a little bit by blogging. 

First half of the day, migraine. Ceritanya kamar gw direnov, jadi ngungsi ke kamar si Cuprit, kemudian tidur. Eh, bangun-bangun migren~

Kirain ini cuma efek telat makan aja, ternyata setelah maksi masih berlanjut. Dibawa tidur lagi bentar, masih ga ilang juga, so Paramex it is.

Gini amat sih penuaan, ga bisa liat orang santai dikit, ada aja keluhannya~

Anyway.. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang semakin ciamik menangani covid, angka kasus sekarang kisaran seribuan per hari, angka kematian semakin menurun juga. Bisnis-bisnis pada reopening, kantor udah boleh minimal 25% WFO, orang2 yang fully vaccinated udah mulai dikasih banyak privilege, termasuk di antaranya traveling.

Gw tidak mau menunda new normal lebih lama, so I’m slowly reclaiming my old life. Mulai keluar rumah setiap weekend, termasuk di antaranya, nonton bioskop! :’)

Minggu lalu nonton James Bond, kemarin Shang-Chi. 

It feels so great. It hasn’t been a while sejak terakhir gw nonton bioskop. Kalo ga salah tuh terakhir nonton Cruella sama Rini sekitar bulan Mei. Lumayan sih jedanya 5 bulan. Tapi at least ga kayak si Iip yang 1,5 tahun. Hahaha~

Well, 5 bulan buat gw udah cukup empty sih. Bioskop itu tempat yang sakral buat gw sebagai penyuka pop culture terutama film, jadi kalo sebulan ga nonton bioskop tuh rasanya empty banget. 

Anyway mau cerita sedikit soal nonton bioskop. Kemarin tuh sempet conflicted karena ga ada yang bisa diajak nonton. Iip kerja, Nanien kerja, Grace ke dokter, Elia masih parno keluar rumah, Opiq udah nonton duluan 2x~ 

Sempet mau urung, tapi kok sayang, Shang-Chi minggu depan udah turun kemungkinan besar, karena film2 lain mau masuk, di antaranya Dune dan Venom.

Shang-Chi ini produk MCU, sebuah statement pop culture. Setelah Black Widow bernasib tragis karena ga mendapatkan rilis yang layak karena covid, tentu Shang-Chi tidak boleh dilewatkan. Rasanya ga sama kalo nonton di OTT, harus di bioskop. Jadi ini urgent, ga bisa ditunda lagi. Akhirnya gw memutuskan untuk nonton sendiri. 

Awalnya berasa aneh, tapi setelah dipikir2, lho ini kan kebiasaan lama gw dari zaman kuliah. Kenapa harus bergantung sama orang lain kalo mau nonton bioskop, hajar aja nonton sendiri, just like the ‘ol days. 

Lah iya ya~ Bener juga~ WKWK

Gila ya sekian lama pandemi, gw jadi lupa punya kebiasaan ini. Dulu tuh gw nonton di bioskop whenever I feel like it. Kalo emang lagi pengen nonton, ga usah ngajak2 orang, hajar bleh nonton sendiri. Kadang2 impulsif juga, kayak waktu kuliah, pulang kuliah kepagian, males pulang, akhirnya dari Cawang ke Uki ambil bus ke Bekasi buat nonton di bioskop favorit gw waktu itu, Mega Bekasi XXI yang bioskopnya seukuran lapangan bola. I had the whole theatre for myself kalo nonton jam 12 teng pas bioskop baru buka. Berasa chaebol. Hahaha~~

Waktu kerja di XXXXX, kebiasaan menonton sendiri ini diberikan platform: press screening, dimana wartawan dikasih kesempatan nonton duluan alias premiere. Secara waktu itu masih baru jadi jurnalis, ga ada kenal, ya sama aja kayak nonton sendiri. 

Waktu tinggal di Osi, gw literally melakukan segara cara buat bisa nonton atau nonton hemat. Sayangnya, temen2 gw ga ada yang movie buff di sana, atau lebih tepatnya ga ada yang menganggap nonton bioskop sebagai kebutuhan primer seperti gw, jadi ga ada yang mau spending money buat nonton. Ujung2nya gw nonton sendiri lagi. Nyehehehe~

Moving on pas kerja di WKWKWK dan Dian, lokasi kantor tinggal ngesot ke Planet Hollywood, ya langsung menyebranglah sepulang kantor. Bioskop murce, lokasi strategis depan halte busway. Pulang tenggo bisa nonton yang jam 6 or 7, selesai film belom terlalu malem, tapi udah ga macet. Perfect timing. 

Sekarang? Bisa lebih gila lagi nih, secara kantor di mol~ Hahahaha~ Tapi bioskopnya mahal sih, jadi ga bisa sering2. Nyehehe~

So yeah gw bingung sih kenapa kemarin ada keraguan untuk nonton dan sampai kepikiran untuk ga jadi nonton hanya karena ga ada yang nemenin. Padahal sendirinya punya gelar Ph.D di jurusan Nonton Sendirian. Hahaha~~

Well I guess satu2nya alasan adalah saya lupa, gais. Covid really fucks. 

Anyway, bolehlah mulai sekarang dibiasain lagi back to cinema. Once a week mungkin terlalu ambi, jadi maybe KPI-nya 2-3 times/month aja. Yang penting priority-nya blockbusters, pop-culture significant, critically acclaimed, and of course film Indonesia. :)

Kasian industrinya hampir mati. Well ga sepenuhnya mati sih, beberapa produser film sudah pintar dan memutuskan untuk rilis secara online/nebeng di OTT. But, buat penggemar film sejati, it doesn’t feel the same-lah. Pretty sure filmmakers juga sedih kalo filmnya ga dapet theatrical release. So, yuk nonton bioskop lagi gengs! Just like the ‘ol days!

Selalu waspada tapi ya, prokes jangan kasih kendor, masker jangan dilepas2. Jangan makan/minum dulu di bioskop (fyi, caramel popcorn costs 55K now. More reason to keep your mask on the whole time! :p), I know rasanya berat, tapi step by step dululah. Indonesia sebentar lagi pulih kok gw yakin. Semangat, guys!

No comments:

Post a Comment