Sunday, November 21, 2010

Epic Finale of Worldwide Phenomenon


Mau review nih, boleh ya? boleh dong..
Yang belom nonton yaa.. maap2 aja.. hwehehe~



Oke. Setelah penantian panjang, satu setengah taun setelah Half Blood Prince dirilis, Jumat 19 November 2010 kemaren, the epic finale of worldwide phenomenon, Harry Potter and The Deathly Hallows AKHIRNYA tayang!

Eniwei intermezzo sedikit cerita selama masa penantian, gw dapet seliweran kabar HP7 tayang di Indonesia tanggal 18 November, bukan 19, yang berarti hari Kamis. Kebenaran rumor ini 50% karena situs IMDb pun bilang HP 7 di Indonesia tayang tanggal 18. Hmmm.. Mana nih yang harus gw percaya.. Kalo trailernya sih bilangnya tanggal 19, tapi entah kenapa i had this strong feeling that HP will show earlier. Blitz Megaplex terang-terangan proclaim di Twitter kalo mereka baru nayangin HP7 hari Jumat. Sedangkan 21, sampe Rabu Malam pun mereka ga bilang apa-apa di Twitter soal HP7. Gw makin curiga.

Kamis pagi, gw cek website-nya 21 dan mereka belom masukin HP7 dalam list Now Showing. Tapi, di pagi yang sama gw liat di TV udah ada Trailernya plus tulisan klasik "Saksikan di bioskpo kesayangan anda!" Wanjrit! Ini mana yang bener sih???

Pada akhirnya kebenaran datang pada sebuah Twit dari @cinema21. Mereka bilang Harry Potter tayang besok dan tiket sudah bisa dipesan dari sekarang. Hmmm. Gw curiga ada konspirasi disini. Biasanya kalo IMDb bilang tanggal sekian film ini tayang, ya emang pasti benar tanggal segitu tayangnya. Ini beneran kejadian waktu gw nonton Iron Man 2. Tapi kenapa pas Harry Potter.. mereka ga ikutin jadwal yang diberikan IMDb??

Mulailah gw menganalisis pake ilmu yang gw dapet setelah kuliah komunikasi. [tsaaah...] Menurut gw, sebenernya mungkin bioskop di Indo udah dapet license tayang HP7 untuk hari Kamis, tapi.. berhubung Kamis termasuk hari nomat.. Jadi mungkin.. pendapatan mereka kalo premiere hari Kamis ga akan sebanyak hari Jumat yang hitungan harga tiket-nya udah termasuk weekend. Jadi... sebenarnya... ini... strategi... dagang... belaka! Shitman! 

Beruntung yee.. die-hard fan Harry Potter di Indonesia ga banyak~ *cih!*

Wah, sebagai die-hard fan, ga mungkin gw melewatkan kesempatan nonton premierre! Buat gw ga ada tuh istilahnya Harry Potter ditonton pas hari kedua atau ketiga setelah tayang, wew, itu dosa hukumnya buat gw! Nonton di hari pertama pun, ya harus yang jam pertama showing, kalo baru nonton jam 3 ke atas yaa sama aja nonton hari kedua~ it’s too late.

Ih lo se-freak itu sama Harry Potter ya, Ta? 

Ya, gw se-freak itu.

Gw ada di-level paling freak yang bisa lo bayangkan.
Buat yang follow Twitter gw, mungkin bisa liat betapa cerewetnya gw ngoceh tentang Harry Potter dua minggu belakangan. Ya karena emang gw se-freak itu.

Sejak awal filmnya rilis sampe sekarang, pas udah minimal sebulan sebelom beneran rilis filmnya, gw udah gelisah. Gw heboh baca ulang bukunya, nonton ulang film-film sebelomnya, just in case, gw bakalan lupa atau ngga ngeh ini adegan apa, maksudnya apa, wah gw ga mau ada kejadian kaya gitu.

I wanna be the one who understand the whole movie without bothering others, I have to be the one who others bother to ask, I have to be the who can explain. It just has to be me.

Ain’t I just said that I’m that freak?

I repeat, I am that freak.

Anyway, mari kita me-review.


Bagusnyaaa...


Tidak ada satu bagian pun dalam buku yang dihilangkan! Untuk hal ini, gw standing ovation buat David Yates. Gw absen masing-masing chapter di buku dan semuanya ADA. Emang di beberapa adegan ga exactly the same kaya di buku, kaya adegan Seven Potters, kan harusnya Hagrid ga pingsan, Hagrid jatoh malah iya, ini malah Hagrid pingsan. Terus yang jadi turning point-nya death eaters sadar kalo yang sama Hagrid itu Harry Potter yang asli harusnya Expelliarmus Charm, tapi ini malah Hedwig. Mengecewakan fans (seperti gw) sih, tapi toh maksudnya sama, Hedwignya juga emang mati juga kan ujung2nya. Jadi ya no probs.
Adegan Seven Potters-nya juga lucu sih, gw menanti-nantikan adegan itu banget loh!! But Harry Potter in bra is extremely hilarious! Haha. Thumbs up, Yates!

Skenario, dialog, quotes di film juga SAMA BANGET sama bukunya. Di film-film sebelomnya banyak dialog yang sengaja dibuat beda sampe pemahamannya pun beda, kalo yang di film ini, most of them exactly the same, sebagian kecil lainnya dibikin beda, tapi intinya sama. Kaya waktu adegan Harry sama Ron berantem, waaahh.. itu total beda banget kaya dibuku, tapi esensinya tetep sama~ 

Gw juga mengagumi bagaimana satu chapter dalam buku disulap menjadi adegan berdurasi beberapa detik saja dalam film, tapiii… makna adegan itu tetep sama dengan makna satu chapter dalam buku! Esensinya ga ilang sama sekali. Ih gw cium deh David Yates! :D

Gw suuukaaaaaaa baaaangeeeetttt adegan-adegan awalnya, even though ga ada di-buku, eh ada sih, cuma kalo dibuku kan cuma sebatas omongan biasa, di film omongan itu di-visualisasikan dengan apik sekali. Alhasil, nangis deh gw. Apalagi pas adegan si Hermione mantrain orangtuanya~  Haha. Baru 5 menit filmnya mulai, udah nangis.

Sukaaaa animasi The Tale of Three Brothers! Keren yah! Untuk animasi dongeng anak-anak bisa dibilang cukup unik. Tapi untuk sebuah ilustrasi kisah tentang kematian, nuansa dark-nya juga dapet. Wuih, animator-nya pasti besar sekali gajinya. :}
 
Part I ended more than I’ve expected. Gw bertanya-tanya film ini akan terbagi 2 di bagian mana?? Kalo menurut prediksi gw, harusnya film berakhir di sekitar Godric’s Hollow (rumahnya Bathilda Bagshot pas mereka ketemu Nagini), atau di Forest of Dean (tempat mereka ketemu The Silver Doe yang ngasih pedang Gryffindor), atau di rumahnya Xenophilius Lovegood di Desa Ottery St Catchpole.
Ternyata petualangan Part I berakhir di Malfoy Manor, bahkan menyentuh sedikit Shell Cottage. Kalo di buku, Malfoy Manor itu udah setengah bagian buku lebih dikit-lah.


Jeleknyaaa...


ADEGAN DANSA GA PENTING!!! WHAT THE FUCK!!! It's not like i'm getting jealous or whatever, tapi ini kebiasaan buruk David Yates yang menodai keseluruhan film!!!

Film ini ‘menggantungi’ penggemar terlalu parah~ saking complicated-nya ceritanya, Potter’s on the run, make us really like running.. Kemaren pas nonton sih gw ga rela film-nya selesai. No way! Seven months awaiting is just too.. difficult..

Di beberapa adegan waktu mereka berkemah, pindah ke satu tempat ke tempat lain, jedanya terlalu lama, dan dalam jeda itu ga banyak dimasukin dialog, jadinya boring. Helloooo~ bukunya setebel itu, jangan bilang scriptwriter-nya running out of words… 

Empty soundtrack. Ada adegan yang emosinya jadi ga dapet karena ga ada soundtracknya, misalnya pas Harry sama Ron berantem, pas Hermione disiksa Bellatrix di Malfoy Manor, The Tale of Three Brothers, etc…


So that's it. My priceless review like always, subjectivity rules!
Happy watching u guys, ask me if u get lost!

:D

5 comments:

  1. meeeennn ini udah komen ketiga gw, drtd komen gw ilang terus.

    wow gila-gila, gw ga pernah liat orang segila lo tergila-gila sama sesuatu. lo kenapa bisa secinta itu ta sama harpot? ceritakan juga dong sejarahnya.
    soalnya klo gw sendiri, cuma suka bukunya dan itu pun cuma suka sampe buku ketiga.

    ReplyDelete
  2. sebenernya gw udah siapin postingan sejarahnya kenapa gw bisa suka Harry Potter, udah siap di-post, tapi kayanya lebih penting review filmnya dulu. biar yang baca tapi belom nonton filmnya jadi kesel.
    huahaahahahahaha

    coming up next, dach! don't worry be harry! *freak*

    ReplyDelete
  3. Gue juga pingin nangis pas adegan "Obliviate" nya Hermione. Filmnya makin dark. Gue suka banget. Interpretasi Yates bagus. Dan kalo gue sih ngga masalah Lei sama adegan Harry-Hermy. hahaha. Secara udah putus sama Dan Radcliffe dari SMP.

    ReplyDelete
  4. gw mau baca ulang ah.
    gw mau cipokan ama ron dan harry pas mereka blum cukuran. geli-geli ahahahahahahhahahahaha

    ReplyDelete
  5. @nyanya: adegan dansa masalah buat gw karena status gw masih in a relationship with Harry. :P
    film makin dark sejak HP5, ya iyalah kalo ga dark gw ngambek. haha

    @nien: if u get lost, don't be shy to ask me. *teteeeeppp*

    ReplyDelete