Monday, November 15, 2010

Singapore Trip 2010 - Day 1


Bukannya gw mau mengulang kesalahan yang sama pada postingan Singapore Trip sebelomnya yang ga slese dibahas karena udah ketunda berbulan-bulan. Makanya gw bertekad postingan kali ini ga mau dibikin terlalu panjang dan detail. Yang penting tempat-tempat yang gw datengin dibahas semua. Gimana laknatnya gw di tempat-tempat itu ya ga usah dibahaslah ya.. hehe


- Changi International Airport -

Naek Lion Air JT 155 tujuan Singapore yang berangkat jam 06.20, tapi pesawatnya delay jadinya baru berangkat jam 07.00. Perjalanan 1 ½ jam gw lebih banyak tidurnya karena udah bangun dari jam 3 pagi, pas bangun tau-tau di bawah udah Kepulauan Riau, jadinya gw manfaatkan untuk foto-foto buat makanan Tumblr gw. Selang beberapa menit, Singapore udah keliatan dan OH MY GOD bahkan dari atas pun Singapore udah keliatan GORGEOUS!

Hayo tebak-tebakan apa aja fenomena Singapore yang ada di foto ini!

Sekitar jam 9-an waktu setempat gw mendarat di Terminal 1 Changi Airport. Karena udah pernah kesini sebelomnya, gw ga buang-buang waktu buat foto-foto lagi. Gw langsung online-in hape buat hubungin Bone. Sialnya, sinyal SingTel-nya ga langsung dapet kaya jaman gw ke Singapore via Ferry dari Batam. Shit! Kutukan-punya-hape-canggihan-dikit menimpa gw juga! 

Untung dari rumah gw udah antisipasi bawa dua hape, satu lagi hape Nokia 1200 gw yang lama, kuno, monokrom, tapiii ga ribet soal sinyal-menyinyal [bahasa apa pula inih??!!]. Iya serius, somehow punya hape canggihan ga selamanya menguntungkan! Gampang kagetan! Apalagi kalo dibawa keluar negeri! Norak deh! Nyari sinyal-nya lama banget!

Setelah gw tuker simcard gw ke hape Nokia 1200, beuh!! Langsung dapet sinyal Sing-Tel dong mamen!! Ga pake lama~ langsung ada SMS >> “Welcome to Singapore! Your number is now under validation of Sing-Tel, to make outgoing calls back home, please dial blah blah blah!” AZEK! Langsung nge-SMS Bone kalo gw udah mendarat, dengan harapan Bone segera bales posisi-nya udah dimana biar gw samperin. Eeeh.. Si Bone malah telepon!!! Shitss!! Kena roaming deh! Pulsa gw yang pas di Jakarta masih sekitar 150ribuan, ditelpon Bone 10 detik doang jadi tinggal 120ribuan! Damn! 

Jadi begitulah gw pun mengantri imigrasi, alhamdulillah ga ditanya macem-macem jadinya langsung capcus ke lokasi Bone di depan Gate 16. Yeaaaaayy!! Itu dia si Bone!!! Ayo Bone kita capcus! Yeah! Jadi deh ni liburan gw! Ihiy!

Tadinya gw mau nungguin pesawatnya nyokap yang landing sekitar setengah jam-an lagi. Tapi kog kalo dipikir2 males juga ya, yaudahlah kita cau aja ke rumah Bone! Pertama-tama gw harus membeli EZ Link card dulu dong pastinya! Apa jadinya berpetualang di Singapore tanpa The Mighty EZ Link card! Hohoho! EZ Link Card bisa didapetin di semua MRT Station atau di beberapa 7eleven. Harga kartu barunya $12, include $7 credits-nya, $3 depositnya, dan $2 untuk harga kartunya.

si malaikat kecilku


- 115 Rivervale Walk, Sengkang -


Ini alamat rumahnya Bone. Sengkang itu di North East-nya Singapore, cukup jauh dari pusat kota. Bagusnya, Sengkang lumayan deket Changi (cuma naek bus sekali) dan masuk ke dalam Purple Line MRT, yang merupakan jalur MRT yang mencakup tempat-tempat yang happening di Singapore!


Sekitar jam 11an, sampe deh di rumah Bone dan kembali bertemu dengan para housemates! Halo semua! Aku datang lagi! Hehe. Housemates-nya Bone ga berubah, tapi bertambah satu orang, orang India juga! hahaha. Bone.. bone.. nasib lo tinggal sama orang India mulu dah! Hehehe~

Satu hal yang berasa banget pas sampe rumah: laper! Laper berat karena tadi pagi ga makan apa2 pas berangkat! Ya menurut lo?? Dibangunin jam 3 pagi gitu emang ada nafsu makan?? Kita pun langsung cari makanan untuk brunch. Satu hal yang gw suka dari kompleks perumahan di Singapore adalah selalu tersedianya Food Court! Bahkan di Rivervale ada Kopi Tiam! Nah! How could i expect more, huh? 


- Far East Plaza, Orchard Road -

Setelah makan siang, rencananya Bone adalah mau beli perlengkapan untuk Halloween Party besok di Orchard Road. Sekalian si Kum-kum juga mau ke daerah Mustafa. Yo weis gw ikutlah, lagian gw udah janji mau nyamperin hotel nyokap yang berlokasi di Little India malemnya dan kata Bone, Little India sama Orchard itu ga terlalu jauh, tinggal transit di Dhoby Ghaut sekali terus jalan kaki. Okelah.

Gw, Bone, dan Kum-kum naek MRT ke Orchard Road. Kalo dari Sengkang, untuk mencapai stasiun MRT, kita harus naek LRT. LRT atau Light Rail Transit adalah semacam mini MRT yang menghubungkan daerah-daerah yang ga terjangkau MRT, yaitu Sengkang dan Punggol. Thanks to Bone, kalo Bone ga pindah rumah ke Sengkang, gw ga akan pernah ngerasain naek yang namanya LRT di Singapore. Hehehe.


Sesampainya di Orchard kita menuju ke Far East Plaza, yang menurut gw adalah Mall paling-mengerti-anak muda di Orchard. Gw menganalogikan Far East Plaza seperti Plaza Semanggi gitulah. “Gw banget!” istilahnya. Kita menuju ke satu toko yang jual perlengkapan Halloween selengkap-lengkapnya. Tokonya sesak banget karena banyak banget anak muda deadliners yang nyari kostum Halloween pas banget di H-1 Halloween, kaya si Bone itu! Ckck. Okelah selengkapnya di postingan khusus Halloween aja.

Abis beli kostum Halloween, kita makan malem di Ion Orchard, gw beli Yong Tau Fu seharga $7 gara2 laper mata. Pada akhirnya gw menyesal karena ga abis.. huhuhu.


- Deepavali Festival, Mustafa -

Selesai makan, kita ke Mustafa. Dari dulu gw pengen nyoba ke Mustafa karena itu daerahnya orang India di Singapore. Semua-semuanya tentang India. Kebetulan disana lagi ada Festival Deepavali, semacam Thanksgiving di India, jadinya Mustafa rame banget! 

in front of Deepavali Festival way-in

Festivalnya kaya gabungan pasar seni dan pasar malem, banyak yang jualan makanan, tas ibu-ibu, pajangan, lukisan, dll. Banyak juga yang jual aromatheraphy, jadi sepanjang jalan kecium wewangian tradisional India. 

another shots from Deepavali

Gw sok-sok-an nyobain kuliner India dengan membeli jajanan khas India, Gulab Jamun, atas rekomendasi Kumsy. Gulab Jamun itu kue bulet kaya onde-onde, tapi pake kuah dari gula merah sama apalah-itu-rempah-rempah-india yang bikin kuahnya kentel banget. Harganya $3  buat 2 pieces. Wah mahal juga ya, brarti satunya sekitar 10ribu ya? *kapok maen asal beli jajanan di Singapore*


Gulab Jamun dan Jalebis

Masuk ke festival itu berasa ada di India banget deh! Ga keliatan satu pun etnis China atau Singaporean yang dateng ke festival itu. Yang mukanya Melayu juga paling gw doang, secara si Bone kan Ambon, nyaru juga sama orang India. Hahahaha. *peace Bone caem!*


- City Hub Hotel, Little India - 

Ini hotel tempat nyokap gw dan rombongan kantornya nginep. Gw harus kesana buat ngambil beberapa baju gw yang dititipin di koper nyokap sekaligus nanya rencana besok detailnya gimana. Kalo menurut prediksi Bone, hotel ini ga bakalan jauh dari Mustafa karena letaknya di Little India. Jadi ya masih sekitar neighborhood-nyalah. Jadi kita memutuskan untuk mencari hotel itu dengan jalan kaki, sambil jalan-jalan santai sepanjang Mustafa – Little India. 

Awalnya sih santai-santai aja karena sepanjang jalan banyak spot foto-foto yang oke. Tapi kog lama-lama berasa jauh juga ya. Udah mulai pegel aja tuh kaki. Mana gw pake sepatu teplek lagi! Ga berapa lama udah memasuki Little India. Karena ga tau letak hotelnya, kita nanya ke salah satu penjaga toko sekitar situ. Dia ngasi tau arah jalan menuju City Hub Hotel. Kalo dari cara dia nerangin jalan ke kita sih, kayanya tuh hotel ga jauh. Okelah berangkat deh kita.
 
Pertama dia nyuruh kita jalan terus sampe nemu perempatan. Dari situ kita nyebrang ke arah kiri. Terus tinggal lurus aja dan City Hub Hotel ada di sebelah kanan jalan yang kita lalui, jadi masih harus nyebrang sekali lagi. See? Beneran keliatan gampang kan? Ternyata oh ternyata.. ga nyampe-nyampe mamen!! Udah sekitar ½ jam kita jalan yang namanya perempatan juga belom nyampe2! 
Pas udah nyampe dan nyebrang sesuai petunjuk si penjaga toko kita masih harus menghadapi kenyataan kalo jalanan selanjutnya lebih panjang lagi!!! Gila!!! Oh betisku maafkan akuuu...
Kita jalan terus sambil ngeliat ke sebrang untuk mencari plang dengan tulisan City Hub hotel. Tapi udah hampir ¾ jalan kita tempuh, kog tuh hotel ga ketemu2 juga??? Sempet nanya orang juga, eh tuh orang dengan innocent-nya bilang dia belom pernah denger ada hotel namanya City Hub di daerah sini! OMAIGAT! How come???
Pegel dan kecapean, kita pun ngaso bentar di anak tangga sebuah bangunan. Gw udah setengah tepar, baru mau jalan lagi kalo udah duduk minimal 5 menit. Bone masih belom nyerah, setiap ada uncle-uncle atau auntie-auntie jalan di depan kita, pasti dia tanyain “Do you know where City Hub Hotel is?”. Dan sumpah ya, ga ada orang yang tau!!! Shittsss!!
Sampai pada suatu ketika ada Uncle China lewat dan...
Bone     :               “Excuse me, Uncle, do you know where City Hub Hotel is?”
Uncle    :               “City Hub Hotel? [dia nengok kanan kiri depan belakang bentar] Do you mean the one behind you?”
Bone     :               “HAH??”
Dan bener aja gituh, City Hub Hotel ya bangunan tempat kita ngaso sekarang~~~
OMFG! 
Lah??? Jangan salahin kita!! Wong tuh hotel ga ada plang nama gede atau poster atau apa identitas apa gituh!! Satu2nya identitasnya cuma tulisan kecil di pintunya yang ga bakalan kebaca dari luar kalo malem karena gelap banget!!! 
Liat betapa kecilnya tulisan keparat di atas kepala gw, dan betapa gelapnya jalanan di luar!
Dooohh!!! Kalo ga punya modal bikin plang, mbok ya tulisannya dibikin glow in the dark toh!!! Atau sengganya, BELI LAMPU! Susah banget sih hidup lo!
Gw udah cape banget jadi langsung capcus abis ngambil baju. Alhamdulillah stasiun MRT paling deket tinggal jalan kaki 10 menit. Bagusnya itu udah di Farrer Park yang satu line sama Sengkang, jadi ga usah transit. Bahkan dari hotel deketan stasiun MRT Farrer Park daripada stasiun Little India! Jadi tadi tuh gw jalan sepanjang satu stop MRT??? #EAAAA!!! Pantesan aja jauuhhh!!! 
F!
Udah deh sampe rumah beneran tepar! Kaki sakit sesakit2nya sampe harus turun ke bawah beli koyo! Duh pengeluaran tak terduga nih,, salah gw sih soalnya memutuskan ngga bawa Counterpain dari rumah gara2 ngerasa ga bakal butuh,, ternyata malah butuh,, di hari pertama lagi,, huhuhuhu.. kaya lagi dapet aja.. T_T
Alright gotta rest. Big date tomorrow. 
Mau tau kemana gw jalan-jalan di hari kedua?
Next Post!
:D

No comments:

Post a Comment