Wednesday, September 26, 2012

Mengejar Harry Potter Part 2 #1

Hello!

Ceritanya mau bikin postingan khusus Singapore Trip kemaren, tapi takut kejadian kayak yang udah-udah, kalo judulnya dinamain “Singapore Trip 2012” entar malah ke-pending lagi tulisannya, bahkan nggak selesai sama sekali~ Kebiasaan~

Tapi jangan khawatir, tulisan buat ini udah rampung semuanya, tinggal di-schedule untuk publish, karena ga mungkin gw masukin dalam satu postingan, panjang buanget cing!

Judulnya dinamain sesuai dengan highlight trip-nya aja: Mengejar Harry Potter. Since, ini kedua kalinya gw ke Singapore untuk mengejar Harpot, jadi judulnya pun dikasih embel2 Part 2. Begitulah. :)

So yeah, when I heard that there is a Harry Potter exhibition in Singapore, I was so thrilled. Bagaimana pun caranya, Gw.Harus.Liat.

Kemudian Tuhan seolah-olah mempermudah jalan gw, karena Dia tau gw masih probation di kantor, Alhamdulillah gw dapet rejeki tiket gratis, menang doorprize dari sebuah launching buku. Setelah urus sana urus sini, deal sana deal sini, sempet dilemma karena kerjaan dan tragedi paspor harom, akhirnya gw jadi pergi tanggal 20-23 September 2012. And here I am, writing about the trip.

Kamis, 20 September 2012 –

“Geylang”

Flight gw dijadwalkan berangkat jam 3 sore. Believe or not, paginya gw masih ke kantor. Sekitar jam 10 gw berangkat ke bandara. Perjalanan ke bandara yang gw kira bakal makan waktu lama, ternyata cuma setengah jam! Ya secara orang-orang banyak yang diliburin gara2 pemilu kan~ -intermezzo- gw ga nyoblos lho kemaren, bukan karena gw ngejar flight, tapi ga mau nail art khusus Singapore Trip rusak gara2 kecelup tinta~ nyehehe

Anyway, tibalah gw di Singapore jam 6 waktu setempat. FYI, ini pertama kalinya arrival gw di Sg ga dijemput sama Bone, karena doi juga ngantor. Pulang kantornya jam 6 sih, tapi kok rasanya tega ya kalo nyuruh Bone jemput ke Changi, apalagi gw baru tau kantornya Bone di Jurong, yang adalah ujung barat dari green line MRT, sedangkan Changi sendiri letaknya di ujung timur, jadi kalo Bone jemput gw, doi harus naik MRT dari ujung ke ujung~ gile aje~

Akhirnya win win solution-nya gw sama Bons sepakat untuk ketemuan di Raffles Place MRT, karena letaknya di tengah2 Changi sama Jurong. Awalnya gw nervous karena belom pernah bener2 sendirian dari airport ke downtown. Untung MRT system bener2 piece of cake, jadi whatever happens, gw ga bakal nyasarlah.

Gw nyampe duluan di Raffles Place, train-nya Bone belum dateng. Sesuai perintah tuan rumah, gw disuruh nunggu depan MRT-nya aja. “Jangan pindah2, nanti ilang!” gitu katanya. Padahal gw bawaannya udah pengen eksplor aja tuh. Hehehe~ Nggak lama kemudian… voila! Bone is coming!!!

back in Farrer Park with homie, @bran7789. Miss me, huh? :D

Waktu itu baru sekitar jam 7 malem, sangat sia2 kalo langsung pulang ke rumah, tapi lebih sia2 lagi kalo kita memutuskan untuk pergi ke tempat2 basi macem Orchard Road, Bugis, City Hall, etc.. Jadi, gw men-challenge Bone untuk mengantar gw ke…. GEYLANG!

Muahahahahaha~

Do you know Geylang? Itu tuh semacam taman lawang-nya Singapore, red area gitulah. Gw selalu penasaran mengunjungi Geylang karena kalo di-Google, pemandangannya lumayan bagus. Tapi ya itu… rawan~ Hahahaha~ But whatever, I came by just to see, not to join them~ :P

Geylang secara visual mengingatkan gw pada daerah Mangga Besar di Jakarta, ya Mangga Besar sampe lurusannya ke Kota sanalah. Seperti Chinatown, tapi dengan komposisi yang lebih berantakan, tapi juga lebih gemerlap. Restoran disana sini, dipenuhi pengunjung2 berwajah absurd oriental yang asyik menyantap babi~

Walaupun imagenya udah buruk, daerah ini tetep ramah turis dengan tersedianya banyak hotel/hostel murah, transportasi yang memadai (kalo naik MRT bisa turun di Kallang atau Aljunied), restoran yang buka 24 jam dan lokasi yang deket sama Changi.

Geylang terbagi dalam banyak jalan yang disebut dengan istilah Lorong atau disingkat Lor. Jumlah persisnya gw lupa, tapi yang pasti banyak, karena Geylang yang gw kunjungi pun udah Lor 17.

Sebenernya Geylang tempat yang asyik buat wisata kuliner, karena restorannya buanyak buanget, segala macem makanan ada. Yang terkenal di Geylang itu bubur kodok. Yes, bubur kodok. Setiap restoran kayaknya jual bubur kodok. Tadinya gw udah niat mau nyobain, tapi beberapa hari sebelum keberangkatan, teman kantorku yang baik, si Ayushinchi dengan wise-nya ngasih tau gw kalo kodok itu haram. Shit!

Tapi pesen bubur kodok ataupun tidak, makanan disini mostly mengandung babi, jadi for you Moslems, hati2 kalo mesen makanan di Geylang, please make sure ke penjualnya kalo makanannya bener2 “no pork included” sebelum mesen.

Gw sendiri end up makan dimsum karena direkomen sama temennya Bone. Nah banyak juga restoran dimsum disitu, yang recommended adalah Restoran 126 di Lor 17 (yes, kebanyakan restoran disini dinamain pake nomor). Anyway restoran ini ada bagian indoor dan outdoor-nya. Gw sih ga keberatan untuk duduk di outdoor karena toh daerahnya bersih, ga ada polusi. Tapi Bone ngeri kalo di luar, takut ditawar. Muahahahaha~

Kita pun memilih duduk di bagian indoor. Ukuran restorannya kecil sih, paling 6x6 meter. Tapi comfy banget, ber-AC dan bersih. Waiter ngasih kita menu dan disana ada paling nggak 100 jenis dimsum dari segala bentuk dan warna. Ajaibnya, semua tulisannya pake aksara China!

Hen hao le!

Suka gw kalo begini caranya!

Singapore selalu bisa membangkitkan hasrat gw untuk practice Chinese lagi.

Sebenernya ga susah baca huruf2 China di menu-nya, karena gw tinggal menerawang dari bentuknya. Toh dimsum itu daging, jadi pasti nggak jauh-jauh dari ayam, bebek, sapi, kambing, ikan, dan tentu saja babi. Oh ya, gw masih inget dong gimana bentuk huruf China binatang2 itu. Kan pernah belajar di Chapter “Animals” waktu les dulu. Hehehe~

鸡 = chicken

= duck

= beef

= lamb

= fish

= pork

So easy! Tinggal cari aja makanan yang ada huruf2 China di atas, hindari yang babi.

Setelah membaca, menerawang dan mengucap bismillah, kita memesan 4 porsi dimsum yang Insya Allah kita percaya sebagai chicken, beef dan fish. Insya Allah halal. Hohoho~

Anyway I got few pictures to share with you guys:

Bone with our drinks, I got lemon-tea and she got minuman-tebu-something. Didalemnya ada jelly slices banyak banget yang bisa bikin lo kenyang walaupun belum makan main dishes-nya. Hahaha~ Lucu ya tempatnya, kayak ember kecil imut2 gitu~ Pengen bawa pulang tapi Bone ngancem ga ngebolehin gw masuk rumah, yasudahlah.

Me and the foodie! Yang coklat itu ceker, yang kuning sejenis siomay, satu lagi kalo ga salah sejenis bakwan. Nom~ Nom~ Nom~

Anyway, enough with the food, gimana dengan fenomena Geylang ituh?? Sadly, Bone menolak ketika gw ajak melihat ‘daerah bahaya’-nya Geylang. Gw pun ga berani kesana sendirian. Jadinya kita liat dari jauh aja. Emang banyak sih, ruko remang2 sepanjang Lor-Lor Geylang itu, tapi kegiatan di dalamnya kita ga pernah tau. Kata Bone, tanpa harus masuk ke tempat2 itu pun kita udah bisa liat fenomenanya kok. Contohnya uncle-uncle (om-om) yang lagi nongkrong di restoran2 Geylang, hampir semuanya ditemenin cewek muda dengan baju kurang bahan. Well, itu cukup representatiflah.

Kita di Geylang sampe sekitar jam 11 malem, sampe akhirnya memutuskan balik. Sebenernya masih ada MRT jam segitu, tapi ternyata ada bus langsung dari Geylang ke rumah Bone di Farrer Park. Sesampainya di Farrer Park, gw dan Bone pun melanjutkan kebiasaan sebelum tidur: nongkrong di taman/playground setempat dan ngobrol sampe ngantuk. Gw pun mengulang kebiasaan kalo lagi ke Singapore: melakukan hal yang ga pernah bisa gw lakukan (dengan bebas) di Indonesia.