Sunday, December 16, 2012

The Hobbit is so not recommended…



Hari Kamis kemarin gw screening The Hobbit.



Gw ga punya ekspektasi apa2 sama film ini, ga baca novelnya, ga nonton The Lord of The Rings sebelumnya, bahkan baca sinopsisnya for the sake supaya pas nonton ga blank2 amat aja nggak gw lakukan. Satu2nya alasan gw nonton adalah pengen liat si Sherlock a.k.a Benedict Cumberbatch.

Tapi The Hobbit ini promonya heboh sih. Fansnya LOTR terutama, menganggap film ini sebagai ajang nostalgia sama LOTR. Jadi mereka excited banget. Mungkin gw akan kayak gitu juga kalo someday Harry Potter dibuat spin off-nya juga. 

Suasana screening malem itu cukup ramai. Malah sangat ramai sampe studionya full house. Kurang lebih empat row kursi bioskop udah di-reserved, berarti selain wartawan, ada tamu VIP juga yang nonton, bule2 gitu. Terus ternyata ada fans LOTR juga, kayaknya member fanbase LOTR Indonesia gitu yang dateng pake kostum karakter2 LOTR. Klasik.

Film pun dimulai.

You see, di postingan ini gw ga akan nge-review The Hobbit, walaupun judulnya mengesankan demikian. Gw cuma mau cerita pengalaman nontonnya aja.

Adegan2 pertama okelah, flashback gitu kan. Gw belum pernah nonton LOTR jadi agak sedikit norak pas ngeliat setting The Hobbiton yang jadi tempat tinggalnya si… siapa nama hobbitnya? Err… Barto? Dido? Err… Frodo? Eh itu anaknya ya? Ya pokoknya dia deh.

The Hobbiton keren juga yaa.. apik dan hijau gitu kayak rumah Teletubbies.. katanya itu set-nya beneran ya di New Zealand? Mantap.

Terus gw mencoba mengerti jalan ceritanya. Jadi si hobbit itu disuruh Gandalf ikutan journey buat nyari Smaug. Jadi sepanjang film itu adegan2nya akan seputar perjalanan nyari Smaug itu. Intinya gitu kan? Okelah.

Adegan2 pertama journey-nya lumayan menghibur. Membuat gw sedikit nostalgia akan Harry Potter. Ada Gandalf yang mirip Dumbledore, troll gunung, laba2 raksasa mirip Aragog, etc.. Aah.. fans LOTR pasti menganggap JK Rowling plagiat JRR Tolkien seperti gw menganggap Stephanie Meyer plagiat JK Rowling.

Anyway! Awalnya sih seru2 aja ngeliat petualangannya si hobbit sama dwarfs itu. Visually okay, very HD, angle pengambilan gambar juga oke, it’s like nothing is wrong with the cinematography and acting. Apalagi di tengah2 dwarfs itu ada Aidan Turner, lumayanlah eye candy.

Tapi ceritanya kok… panjang banget ya?

Well I know the movie is about a journey, tapi haruskan sepanjang itu?

Satu jam pertama gw mulai agak bosen. Si Sherlock belom keliatan juga (atau kayaknya gw yang ga liat). Jadi gw rassa tidur sebentar sepertinya gapapa. Tidurlah gw. Entah adegan apa yang gw lewatin, hopefully ga terlalu penting jadi gw tetep bisa keep up pas bangun.

Gw tidur kira2 30 menit. Pas bangun lanjut nonton, adegannya entah udah sampe mana, tapi masih tetep rintangan2 di sepanjang journey. Belom ada adegan yang mancing emosi gw sebagai penonton. Jadi setelah melek kira2 setengah jam, gw ngantuk lagi dan tidur lagi.

Gw bener2 berharap pas gw bangun adegannya udah final deh, atau adegan apa kek yang bisa bikin mata gw stay awake. Ternyata masih belom juga! Akhirnya gw tidur lagi. Yang gw inget, yang bikin gw kebangun adalah suara serak2 familiar yang lumayan bikin heboh studio. Ternyata lagi adegannya Gollum yang adalah icon-nya LOTR. Pantesan para fans itu heboh. Mungkin gw akan bereaksi seperti itu juga kali ya kalo someday di spin off-nya Harry Potter muncul si Dobby.

Gollum lumayan bikin gw stay awake, tapi dalam keadaan tidak prima. Gw rasa saat itu film udah berlangsung lebih dari dua jam. Seperti halnya manusia normal, badan gw mulai bereaksi. Kebelit pipis pastinya, kedinginan, laper dan haus. Gw sama sekali ga antisipasi kalo The Hobbit akan segitu lamanya jadi gw ga bawa cemilan, ga bawa pashmina/sweater dan ga pipis dulu sebelom nonton. Gw mikirnya film ini kan fantasi, akan selama apa sih? Kan tinggal nonton doang, ga pake mikir, paling 2 jam kelar. Kenyataannya, udah hampir 3 jam di bioskop, filmnya ga kelar2! Jangankan kelar, menunjukkan adegan klimaks aja belom!!! Damn it!

Tapi yang paling bikin frustasi itu, semua sequence adegannya itu ga penting! I mean, kalo beberapa sequence itu dibuang, kayaknya the whole movie akan baik2 aja. Action-nya so-so. dialog-nya STD, adegan per adegannya gampang ketebak. It’s like: “ah abis ini mereka bisa ketemu di X lagi nih, tapi ntar ditolongin si Y” or “ntar pasti nemuin senjata di sana” or “pasti di A ini betrayer” bla bla bla, reaksi2 seperti itu sering banget gw ucapkan pas nonton.

Gw langsung sok2 analisis kenapa The Hobbit bisa sepanjang itu. Bisa jadi karena modalnya kegedean dan pihak produksi ga tau sisa uangnya mau diapain, jadi adegannya dibanyakin. Bisa juga karena bingung mau motong adegan mana di buku buat dimasukin ke film, akhirnya malah sayang dan dimasukin semua. Atau ya, simply pengen memanjakan mata penonton aja.

Manjain apaan~ yang ada mata jadi sakit nonton film 3,5 jam. Apalagi disiksa kacamata 3D~ huhuhu

To make it even more dramatic, ini pertama kalinya gw diperlakukan kayak gini sama film Hollywood. The Dark Knight Rises aja yang filmnya seru banget cuma 2,5 jam! Lah The Hobbit yang hampir semua adegannya boring masa 3 jam?! Gw langsung concern sama orang2 yang nanti akan beli DVD original The Hobbit. Pasti rugi karena ga ada deleted scenes~ hahaha~ Gile aje, masa filmnya udah 3,5 jam, masih ada deleted scenes~

Ah pokoknya gw ilfillah. Tadinya pengen bikin review secara ini film ngetop, tapi keburu ilfil. Kalo dari sinematografi bisa gw kasih nilai 8/10, karena ilfil gw bisa aja gw kasih 5/10. Tapi daripada ntar didemo massa, jadi mending ga usah gw review.

Begitulah.

Tapi sebenernya gw don’t mind nonton film yang durasinya panjang bgt kayak gini, even Fantasy, asal abis nonton gw dapet sesuatu gitu lho. Kayak pas nonton film India 3 Idiots, lama juga 3 jam-an. Tapi pesan moral dan konfliknya banyak. Jadi gw ga keluar gedung bioskop dengan sia2. Atau nonton The Dark Knight Rises yang sepanjang film otak gw dipaksa mikir, biar ada alasan buat mantengin satu adegan ke adegan lain kan?

Tapi film fantasi yang sepanjang film cuma disuguhin visual doang kayak The Hobbit gini sih……… *lambai2 ke kamera*

Begitulah lagi.

Intinya, The Hobbit is so not recommended for the sake of your eyes. Sayangilah matamu, Nak. Durasi terbaik menonton film untuk mata adalah 2 jam. Jadi pertimbangkan kembali kesehatan mata sebelum menonton The Hobbit, apalagi yang 3D.

Tapi tentu saja lo akan tetep nonton kalo lo fans LOTR kan? Hahaha~

Anyway apa sih sebutannya? Kalo Harry Potter kan Potterheads tuh, kalo LOTR apa? Frodoheads? Hobbithards? What? :O

Catcha later!

~

Bonus info:
Jadi setelah bertahan 3,5 jam di bioskop, gw kan tetep ga nemu si Sherlock ya~ Besoknya pas gw Google, ternyata dia jadi Smaug si naga! Jadi yang dipake cuma suaranya doang! Damn it!!!! X(

6 comments:

  1. Ehem, sebetulnya sih gw nggak pingin mencela atau menuduh atau sebangsanya, tapi memang mungkin agak terlalu banyak scene yang muncul, sampe sebetulnya ada scene yang gak ada di buku, ini kemungkinan karena filmnya dibikin trilogi, padahal bukunya cuma 300 halaman, jadi ga mungkin kan film cuma 1 jam ? mau puas dari mana ? Tapi saran gw, sebagai pecinta fantasi (Harry Potter, Narnia, LOTR,Inheritance, dll) baca bukunya deh, itu buku paling bagus yang pernah gw baca.

    ReplyDelete
  2. jangankan nonton The Hobbit, disuruh nonton Pirates of The Carribean aja aku kapok. Pernah nonton di bioskop, pas yg ke-2, duh lama bangettt.... bosaaaan... *yawn*

    ReplyDelete
  3. gue suka the hobbit. mungkin karena gue cinta mati sama LOTR ya hahhaa. jadi, apa yang ada di bayangan anak kelas 1 SMP pas baca The Hobbit ada di film ini. gue setuju sama komen pertama di blog lo ini. baca bukunya. ngk heran jika buku ini masuk list 100 book you must read before you die. dan Shire itu bener2 cakep hahha

    ReplyDelete
  4. Bener bangett, baca bukux. Klo aku seh nilaix 9 secara dah baca bukux jdi tau.walopun the fellowship jauh lebh keren.

    ReplyDelete
  5. haha, karena ngga pernah nonton lotr dan ngga baca bukunya yah..
    2,5 jam kok filmnya.. bukan 3,5 jam..
    bagi gw sih ini seru banget, ampe pengen nonton sambil berdiri.. hahaha dan klo lanjutannya langsung diputer berturut2 ampe subuh rasa2nya gw akan bertahan nonton :))

    ReplyDelete
  6. Awal film tuh bener2 mondar-mandir ga fokus, harusnya di-edit lagi nih supaya lebih padat tapi ga kepanjangan bertele-tele.. :(
    tapi overall ane menikmati banget, who doesn’t love Middle-earth?

    ReplyDelete