Wednesday, June 10, 2015

Itung-itungan

Hi, guys! How y’all doin?

Jadi gw itu orangnya itung2an. Ini diferensiasi dari faktor pelit sih, jadi gw kalo mau ngapa2in, pasti itung2an. Gw bisa kasih banyak banget contoh praktek itung2an gw, tapi yang sekarang mau dibahas disesuaikan dengan topik yang lagi hot aja: KONSER BIGBANG.

AON-JKT = 1 artist = 2 hours = 1,7M
YGFC-SG = 5 artists = 4 hours = 2,7M
MADE-INA = 1 artist = 2 hours = ?

Kemarin price list dan seat plan konser BigBang baru diumumin dan seperti pengalaman beli tiket konser 2NE1 dan YGFC, it takes me looooooonngg time to decide which one I’d buy.

Waktu 2NE1 sih gw cukup impulsif saat memutuskan, karena basically goals gw adalah pengen menikmati konser to the fullest sambil joget-joget dan lari2an ngejar Kak Dara. Jadi pastinya gw harus beli section festival, yang bisa mewujudkan semua goals gw itu.

But it’s not that I thought 1,7M was cheap. I did think that it was pricey~ Apalagi kala itu gaji gw masih di bawah standar yang manusiawi, belum lagi expense2 untuk beli barang2 penunjang konser, like clothing, lightstick, dll~ Tentu gw ga cuma harus menyiapkan 1,7M saja.

But then gw sadar kalo gw terus2an mikirin kerugian finansial yang akan gw alami paska konser, gw ga bakalan jadi nonton!

Jadi gw memikirkan apa aja yang membuat 1,7M itu worth it. Pertama, of course becoz it’s 2NE1, bias utama gw di Kpop. Kedua, mereka nyanyi live dan (waktu itu kirain) bawa band. Ketiga, itu konser pertama dan terakhir mereka di Indonesia, which made it all or nothing, once in a lifetime experience. Dan kalau bener pembagian hasil di YG itu 60:40 (60% buat artis, 40% buat company), ini berarti… wait…

60% x 1,7M = 1.020.000

2NE1 ada 4 member, jadi masing2 dapet 255 ribu!

Geez~~ That was……… cheap!

LOL~

Mahalan lightstick yang gw beli seharga 350 ribu~ Masa mahalan lightstick daripada artisnya? Hahahahaha~

Yaudah deh, gw merasa uang segitu worth it buat bayar CL, Dara, Minzy dan Bom. Akhirnya beli.

Berasa makin worth it dan nggak ada apa2nya ketika gw dikasihtau kalo gw bakal interview mereka.

Maaaannn~~

That opportunity is worth at least 10M!

LOL~

Like seriously… At the interview I got to talk to them, ask them questions, record their voices, and then when the interview was over, I got to shake hands, take pictures and send them off to stage, wave to them AND GOT RESPONSE!

That was crazy, man~ I mean, orang bayar fanmeeting supaya bisa lebih deket sama idolanya aja bisa mahal banget. Fanmeeting BigBang di Singapore taun lalu setau gw tiketnya at least 5 juta. Kalo mau foto bareng/dapet tanda tangan, pasti ada extra charge at least sejuta.

Gw bisa mendapatkan lebih dari sekedar itu hanya seharga 1,7M!!??!! LMAO CRAZY!

That’s why I can’t really complain on 2NE1 concert. Hahahaha~

OKAY NEXT!

YGFC.

Waktu price list mereka diumumin, gw pesimis banget bisa beli yang bagus~ Basically becoz it was in freakin Singapore, which means gw harus sediain uang buat tiket pesawat, penginapan, makan, jajan, dll juga. Perhitungannya harus sangat2 smart.

Gw inget waktu itu gw propose ke anak2 buat beli tiket yang paling murah. Langsung ditolak mentah2 sama mereka~ Mereka maunya yang 2,7M!! Jadi harus puter otak lagi.

Gw pake strategi yang sama: mendata apa yang bikin tiket ini worth it untuk dibayar mahal.
Pertama, artisnya banyak, it’s like a festival! Kedua, setelah liat setlist, 90% lagunya gw suka. Ketiga, konser ini durasinya 4 jam! Setara SMTOWN, tapi dengan stage act yang jauh lebih dope. Keempat, mereka pake live band! Kelima, venue konsernya bagus dan sangat modern, not to mention organizer-nya sangat pro. Cukup membuat gw yakin konser ini akan sangat smooth eksekusinya. Keenam, salah satu artisnya adalah entertainer paling mahal di dunia dan artis2 lainnya pun punya title yang ga kalah significant: the biggest boyband in the world, #1 global girlgroup, k-hiphop pioneer_legend and 2014 best rookie in Korea!

Let's count!

60% dari 2,7M = 1.620.000

Let’s say the price comparison is like this:

Psy >>> BigBang >>> 2NE1 >>> Epik High >>> Winner

They prolly goes like this:

Psy = 35%
BigBang = 25%
2NE1 = 20%
Epik High = 15%
Winner = 5%

Ga usah itung semua, langsung ke 2NE1.

25% x 1.620.000 = 405.000

Dibagi per member jadi: 101.250

LEBIH MURAH DARI AON-JKT!!!

LOL~~~

Jadi gw putuskan 2,7M itu worth it buat YGFC.

HAHAHAHAHA~~~


Kesimpulan bodoh dan dangkal. Tapi tetap berujung pada satu keputusan yang tidak disesali. Well, daripada dilema terus, malah ga jadi nonton~

Now, it left me with BigBang.


Pengennya sih nonton di pink. Jadi pe-er gw sekarang adalah mencaritahu apa yang bikin tiket 2,2M ini worth it buat dibeli, selain untuk melihat Seungri.

Hmmm... Any idea?


**
Disclaimer: gw pun ga ngerti tujuan/pesan postingan ini apa, gw bener2 lagi mati gaya di kantor, ga ada kerjaan~ Maklum, newbie~ :P

No comments:

Post a Comment