Monday, January 18, 2016

Purpose #3: The Interview: Expectation vs. Reality


LANJOT!

Hari-H pertama: 11 November 2015 di UNJ.

Ngapain hari ini? Verifikasi berkas jam 10 dan interview jam 13.40.

Gw yang #niatgamestrong tentu saja sudah bangun dari jam 4 pagi, takeoff jam 5~

Apakah nyampe jam 6? TENTU SAJA TIDAK~ Karena ada drama~

1. Jalanan yang mau dilewatin ditutup karena ada galian. FML~

2. Supir taksi ga tau jalan. Ini super duper fucked up sih, bisa jadi karena si supir ga tau jalan beneran, atau ya dia pure ngerjain gw, sok2 tersesat biar muter-muter n argonya makin mahal~ berhubung gw-nya juga ga tau jalan, jadi cuma bisa pasrah~

Fyi lagian gw KZL ya, masa setiap orang yang gw tanyain “UNJ dimana ya?” selalu jawab: “deket Labschool~” yakelesssss gw tau Labschool dimana~~~ yang gw tau Labschool ada 3, atau bahkan udah 4 sekarang~ masa gw harus cek satu2?!

And unfortunately, malang melintang hampir 4 taun jadi reporter majalah remaja, gw sekalipun belom pernah ditugaskan ngeliput ke Labschool, whichever it was~ lo bisa tanya gw sekolah paling random di Jakarta, gw pasti tau lokasinya karena pernah liputan kesana. Tapi Labschool sekolah lumayan ngetop dan punya 4 cabang, satu pun belum pernah gw datengin~~

WTF-LAH~ JADI UNJ TUH DIMANAAAA???

*SIGH*

Anywaaay~~ akhirnya sampai setelah argo taksi mencapai 180ribu. Percayalah kawan, ini pure karena nyasar berkali2, bukan karena Bekasi sejauh itu~ T.T

Dan ternyata UNJ lumayan gampang ditemukan, cuma nyari kampus A atau B-nya aja yang tricky, banyak petunjuk jalan –as in person– yang menyesatkan~ fuck you abang ojek A, B, C, D, E, tukang gorengan A, B, C, D, E, mahasiswa X, Y, Z~

Oke. Kalo ga salah sampai di UNJ sekitar jam 8, gw langsung menuju gedung yang diminta, Gedung Dewi Sartika Lantai 2. Tepatnya di Aula Brigjen. Latief Hendraningrat.

Sampai di sana udah banyak orang, udah lumayan penuh dan tempat duduk terisi semua. Suasananya mengingatkan gw sama suasana orang2 bayar pajak. Ada 5 meja staf verifikasi berjejer, di depannya ada puluhan kursi buat nunggu.

bayar pajak tampak kanan

bayar pajak tampak kiri


Sampain di sana harus absen dulu, barcode di kartu peserta di-scan. Berhubung waktu verifikasi gw masih jam 10, dan instruksi menegaskan kalau kita HANYA diperkenankan datang di jam yang sudah ditentukan, meaning kalo belom waktunya, better GTFO, karena penuh banget, nyet~ Jangan bikin makin penuh~

Kebetulan gw juga laper, akhirnya gw cari makan dulu~ Eh, ga nyari deng, gw bawa makanan dari rumah, cuma cari tempat buat makan, dan dapet di gedung sebelah. Lumayan cozy spot gw, jauh dari hiruk pikuk.

Gw pun menunggu dan menunggu. Sekitar jam 9an, balik lagi ke Aula. Kenalan sama beberapa orang buat nanyain alur verifikasi. Surprisingly, jawaban yang gw dapet beda-beda. Ada yang bilang tunggu dipanggil, ada juga yang bilang tunggu nama lo muncul di layar.

Tadinya gw mau nurut sama yang bilang tunggu nama dipanggil. Tapi terus I met this girl, dia dapet giliran verifikasi jam 9 dan sampai sekarang namanya belum dipanggil/muncul di layar~ Wew~ Apa kabar gw yang jam 10?

Akhirnya gw hajar aja maju ke meja staf jam 10 teng. Ketika ada staf yang kosong, langsung gw datengin. Kalo ternyata belom giliran yowis, tapi kalo bisa verifikasi saat itu juga that would be great.

Gw: Mbak, saya dapet giliran verifikasi jam 10.
Mbak-mbak staf (MMS): Oke, boleh liat KTP-nya?

*kasih KTP*

MMS: Oke mbak, tunggu sebentar di kursi itu ya. Kalau saya panggil, nanti mbak kesini lagi.

1 menit kemudian…..

MMS: Mbak LMC!

ALRIGHT! Jadi gitu aja pemirsa, ga usah nunggu nama lo dipanggil/muncul di layar. Langsung aja datengin stafnya! Hohoho~

Not much happened during verifikasi. Semua berkas lo di-cek, terus surat pernyataan yang bermaterai diambil. Itu doang sih yang diambil, yang lain bawa pulang lagi. Mbaknya bilang berkas2 yang lain akan diperiksa nanti sama interviewer, jadi jangan ditaro sembarangan.

Oiya gw juga ditanya udah punya LOA atau belum. Gw jawab belum. Ga diapa2in. Antiklimaks.

Anywayyy, verifikasi went well. Ga sampai 10 menit udah selesai.  Sooo… I got up to 2 hours to kill before my interview. What to do?

Ga mungkin stay di Aula karena berkali2 dikasih tau lewat loudspeaker YANG SUDAH/BELUM WAKTUNYA VERIFIKASI/TIDAK BERKEPENTINGAN DIHARAP MENINGGALKAN RUANGAN. Mau eksplor2 kampusnya tapi takut nyasar~ Akhirnya gw ke…… mesjid~

Sekitar jam 12an gw balik ke Aula. Sebenernya during this time ada sesuatu yang ajaib terjadi. But I’m not allowed to talk about it~ Well, at least for now. Tapi mungkin gw bisa bahas soal ini around bulan Maret/April. Ingetin gw ya! :)))

Anyway~ Sooo… interview gw ngaret~ Tapi gapapa, tetep happy, soalnya konsep gw kan happy. Long story short, interview gw jadinya jam 3! T.T

Nama gw dipanggil dan gw menuju ruangan tepat di atas Aula yang jadi lokasi verifikasi. And here’s where we’re gonna play Expectation vs. Reality game. :p

#1

Expectation: Wawancara akan berlangsung di ruangan-ruangan kecil, satu orang satu ruangan dan vibe-nya seperti ruang sidang.

Reality: Wawancara berlangsung di ruang besar, ga besar2 amat sih, paling 10x15 meter, ada sekitar 10 meja dengan 3 kursi untuk 3 interviewer di belakangnya dan 1 kursi untuk interviewee di depannya. A bit crowded if you ask me. Jarak antara 1 meja dan meja lainnya ga jauh, paling 2 meter. Jadi kalo ngomong bisa kedengeran meja sebelah.

Gw yang sudah membayangkan ruang sidang yang dingin dan mencekam. Kenyataannya ruangan super hangat karena seruangan rame-rame dan banyak cahaya matahari masuk dari jendela.

Oh! Since gw #niatgamestrong, gw juga mempelajari cara duduk yang benar in case you know, table manner bla bla bla dinilai juga. Jadi gw pelajarin tuh, kakinya harus gimana, tangan harus gimana, salaman gimana, dll.

In reality, bagian tubuh gw yang keliatan oleh para interviewer hanya perut ke atas. LOL~

#2

Expectation: Gw akan diwawancara orang-orang penting yang namanya tersohor, such as Pak Triawan Munaf, Pak Anies Baswedan, Pak Rudiantara, dll.

Reality: There were 3 interviews. Two guys, one woman. 2 experts, 1 psikolog. Let’s call them Mr. A, Mr. B dan Ms. C. I didn’t know and never saw any of them before. STILL HAPPY THOUGH~ #sugesti

#3

Expectation: disuruh gelar berkas2, karena kata mbak2 verifikasi kita akan diminta menunjukkan berkas dan presentasiin satu2. 

Reality: masing2 interviewer udah berbekal laptop yang most likely data kita udah ada di situ. Berkas gw anteng di tas, ga gw keluarin lagi sampai pulang.

#4

Expectation: dibantai pertanyaan berat2, tentang perkembangan seni dan budaya di Indonesia, termasuk di dalamnya seluk beluk industri kreatif. It’s okay tho, I did my research and look forward for that kind of question.

Reality:

Berikut (seinget gw) urutan yang terjadi saat interview.

Mr. A: Hai! Welcome! My name is Mr. A and this is Mr. B and Ms. C. Please tell me about yourself.

Langsung disuruh perkenalan pake English.

Kemudian Mr. A lanjut nanyain soal kerjaan gw. Dia tampak tertarik dengan profesi Content Strategist. Dia bilang belom pernah denger kerjaan ini sebelumnya (ah~ kurang g4ul lo, Pak~ wkwk). Dia juga nanya2 soal SEO-marketing dan nanyain kerjaan di XXXXX juga.

Abis nanyain kerjaan, dia nanya soal tujuan kuliah gw dan bertanya kenapa gw ambil ****, padahal kerjaan gw yang sekarang ga ada kaitannya sama ****~ Gw bilang aja visi dan misi gw untuk ke depannya adalah berkarier di sektor ****, yaitu untuk bekerja sebagai “anu” di XOXO, dan bahwa kerjaan gw sekarang semata2 adalah kesempatan gw untuk belajar dan berkecimpung di dunia digital yang merupakan masa depan segala industri juga.

Dia tanya kenapa mau kuliah di ********* dan gw jawab dengan gilang gemilang karena udah riset sebelumnya.

Dia tanya kenapa pilih kampusnya *******, gw bilang karena gw paling suka programnya, terutama kelas internship yang udah dipersiapkan kampus. Jadi gw ga hanya dapet ilmu tapi juga pengalaman kerja.

Semuanya pake English.

Setelah sekitar 20 menit, Mr. A puas nanya2 dan gantian sama Mr. B. Ga seperti Mr. A, Mr. B nanya pake bahasa Indonesia dan lebih tertarik mengulik hal2 pribadi. Beliau nanya soal keluarga gw. Apa kerjaan bokap dan nyokap. Terus dia nanya gimana reaksi/sikap bonyok soal keputusan gw kuliah di luar negeri.

Yang paling membekas di hati *halah* adalah pertanyaan ini:

Mr. B: Gaji kamu lumayan nih. Kayaknya kamu bisa biayain kuliah kamu sendiri, ga perlu beasiswa.

HAHAHAHAHA~~

Yang mau tau jawaban gw, boleh japri. :)))

Move on ke Ms. C. Kayaknya beliau psikolognya deh~ Beliau nanya soal problem solving.

Ms. C: Kamu udah kerja 4 tahun, selama 4 tahun itu, kerjaan apa yang menurut kamu paling susah dan bagaimana kamu mengatasinya?

Hmmm………….

Terus dia juga nanya apa kontribusi yang udah gw lakukan buat masyarakat. Gw jawab sesuai esai yang gw buat, which is kontribusi as a journalist. Eh terus dia bilang: 

Ms. C: Itu kan kontribusi buat perusahaan, kalau buat masyarakat apa? 

Hmmm..............

Oiya, ketika Mr. B nanya2 gw, masa Mr. A tidur~~ wkwk~~ can’t blame him, pasti dia capek seharian interview 50 orang lebih.

And… that’s about it~

Interview gw berlangsung lancar dengan total 30-40 menit. Setelah semua beres, gw pun salaman buat pamitan. Tadinya gw mau nanya nama mereka (soalnya abis kenalan langsung lupa seketika saking overwhelmed-nya) supaya bisa di-mention di blog, tapi lupa~ Pas gw nanya ke staf yang ada di sana, dia ga mau kasih tau~ T.T


So yeah that’s it, gw keluar ruangan wawancara dengan cukup tenang. Lega banget, langsung berasa enteng gitu. Well, ada sih beberapa jawaban yang bikin gw kurang puas, like I can do better gitu~ Tapi gapapa, sekitar 70% pertanyaan bisa gw jawab dengan baik. 

Btw gw kasih spoiler soal jurusan sama kampus juga ya di atas, wkwk~ ga sadar~ Nanti deh lengkapnya gw jelasin di postingan selanjutnya, amiennnn~~~

OWKAY! Until next Purpose Series, byeeeee~~~

No comments:

Post a Comment