Sunday, May 29, 2016

Me Wassup #39: RESIGN

 HANJIRRRRR~~~

Udah lama banget gw ga bikin tulisan Me Wassup, which means udah lama banget gw ga sharing tentang kehidupan gw sehari2~~

So sorry you guys~~ T.T

Gw bener2 sibuk 3 bulan belakangan ini. Banyak banget urusan yang menyita pikiran dan harus diselesaikan, mulai dari urusan kantor, beasiswa, kampus, visa, tugas buku angkatan PK-56, kerjaan freelance, pop culture, etc.. etc..

Okelah kita langsung aja kalo gitu.

GW SUDAH RESIGN.

Yesss~~ Hari Kamis, 26 Mei 2016 adalah hari terakhir gw di WKWKWK, yang juga menandakan tepat setahun gw bekerja di agensi digital di bilangan Jakarta Selatan ini, karena gw masuk WKWKWK exactly tanggal 27 Mei 2015.

Gw inget waktu baru masuk, niat gw emang ga mau lama2 kerja di sana. Minimal 6 bulan, maksimal setahun. Jujur aja gw masuk WKWKWK ga pake consideration macem2. Gw kala itu udah merasa enough kerja di XXXXX, meaning gw merasa ilmu dan pengalaman yang gw dapetin di XXXXX udah cukup, saatnya gw mencari ilmu dan pengalaman baru di dunia yang bener2 beda, supaya gw dapet exposure di dunia lain yang ga kalah penting, juga membangun koneksi dengan orang2 di dunia lain tersebut for future sake.

Waktu itu kebetulan WKWKWK buka lowongan untuk editor, yaudah gw apply dan diterima. WKWKWK bukan satu2nya pilihan though. Di saat bersamaan gw diterima di WKWKWK, gw juga diterima di salah dua media portal news&lifestyle terkenal di bilangan Kebon Sirih dan Kedoya. Semuanya jadi editor.

But then balik lagi, kalo gw masuk media lagi, sama aja dong? Gw akan bekerja dengan sistem yang serupa, orang2 yang setipe, dan kerjaan yang sama. Paling cuma produknya yang beda~ I need more than that. Jadi gw pilih WKWKWK.

Lagian pertimbangan lain gw adalah jarak. Kerja di Kebon Sirih dan Kedoya akan membuat gw bermasalah sama jarak dan mengharuskan gw untuk ngekos, dan gw ga dalam posisi untuk bisa ngekos karena alasan personal. So yeah.

Setaun di WKWKWK, gw dapet ilmu banyak banget. Exposure di dunia digital yang utama. Gw jadi melek digital dan teknologi banget. Exposure tentang marketing juga, jadi ngertilah walaupun minimalis. Terus yang ga kalah penting adalah ketemu orang2 baru, baik colleague atau yaa just random people yang berkecimpung di dunia marketing juga. Orang2 yang vibe-nya beda banget sama orang2 media.

And then not to mention, clients. Clients after clients, yang kelakuannya 11-12 sama artis yang lagi naik daun. Rese.

Hahahaha~ Seriously!!! Dulu kalo gw dengerin curhatan temen2 gw yang kerja di agensi atau jadi marketing, kerjaannya selalu mengeluhkan klien. Gw selalu bingung, karena gw ga pernah ada di posisi mereka sih ya~ Semasa kerja di XXXXX, gw banyak berhubungan dan kerja sama dengan berbagai macam orang. Tapi ga dalam konteks klien dan vendor. Konteksnya yaa.. sama2 butuh aja. Tapi ga ada tanggungjawab yang di-seal pake agreement dan duit.

Jadi gw ga ngerti kenapa mereka selalu mengeluh. “Masa sih semua/mostly klien rese? Lo aja kali kerjanya ga bener~” Sering gw berpikiran kayak gitu, jujur aja.

But then setelah merasakan sendiri berhubungan sama klien, gw jadi ngerti apa yang mereka rasakan dan ngerti kenapa mereka selalu mengeluh to the point sumpah serapah in some cases.

Satu pelajaran berharga yang gw dapetin setelah bekerja di WKWKWK yang membuat gw lebih mengenal diri gw sendiri: It turns out… I really can’t deal with clients. Gw bukan tipe pekerja yang kayak gitu ternyata, yang “nurut” sama klien. Gw bekerja berdasarkan SOP. Special request boleh, asal masih make sense dan sesuai agreement. Tapi kalo udah ga make sense, yah wassalam~ I really can’t deal with that.

Unfortunately, most clients tuh kayak gitu. Out of nowhere minta sesuatu yang di luar logika dan ga realistis, which is tugas kitalah untuk mengembalikan ke jalan yang benar.

Kok jadi ngomongin klien ya? Hahaha~~

Anyway, bekerja di WKWKWK juga memberi gw pelajaran lain, yakni membuat gw tersadar bahwa dunia gw bukan di sini.

Ini udah gw sadari sejak lama sih, tapi gw denial. I always think as long as the job matches my skill, as long as the job can help me understand things I don't understand before and help me grow intellectually, as long as I do the job right, as long as the job is easy, doesn't require high responsibility nor give me so much pressure, there's nothing I should be worried about.

But I was wrong. 

It still didn't feel right. 

The longer I stayed in WKWKWK, the more I felt like I'm trapped in the wrong industry, in the wrong playground, in the wrong home. 

I felt like I worked only because I had to, not because I wanted to.

Every time I woke up in the morning, I felt like my body was forced to do shits, even though my mind and my heart screamed no.

Gw kerja pake badan aja, tapi ga pake hati.

That was when I realised why it is a must to find a workplace that matches your passion, or if passion is too deep, just matches your interest.

WKWKWK has nothing to do with arts or culture, or their industry. Even though it's indeed connected to the creative industry.

Maybe that's why I didn't really enjoy it. Even though I was pretty good in what I was doing -at least my boss said so-, it didn't motivate me in any way.

But one thing for sure, gw sangat tidak menyesali keputusan gw untuk bekerja di WKWKWK. Karena walaupun gw harus deal with pekerjaan yang gw ga suka, gw dapet colleague yang seru2 banget –hands down- jauh lebih seru dari XXXXX. Saking serunya, kalo ada yang nanya sama gw, mana yang lebih gw suka: XXXXX atau WKWKWK, jawaban gw adalah: kalo di XXXXX gw mencintai pekerjaannya. Kalo di WKWKWK, gw mencintai orang2nya.

Seriously, motivasi gw setaun kerja di WKWKWK itu yaa mereka sih. They are the awesome people I looked forward to meet every day in the past one year. It was very easy to get along with them. Mereka tuh selalu baik sama gw, ga tau kenapa. Padahal role gw di kantor bukan role penting dan kontribusi gw ga segitunya. Tapi mereka sangat supportive. Bahkan saat gw bilang gw mau unpaid leave sebulan buat les IELTS, mereka dukung. Ketika gw masuk lagi setelah sebulan cuti, mereka menyambut gw sama hangatnya dengan ketika pertama kali gw masuk.

Mereka lucu, banget. Jokes2nya pasti selalu sukses bikin gw ketawa. Kayak masing2 orang di WKWKWK itu punya bakat terpendam jadi komedian gitu. Ada aja deh tiap orang personality-nya, ga anak baru, ga anak lama.

Mereka juga enak diajak ngobrol, which also entitled them to be a very good listener. Seriously, these geeks -yes, WKWKWK 90% isinya adalah geeks yang literally make love to computer every night- walaupun judulnya geeks, tapi diajak ngomong segala rupa masih nyambung. Mulai dari pop culture sampai homoseks, mereka punya perspektif yang unik dan remarkable. Seru deh, kalo udah ngobrol sama mereka. Ga pake baper soalnya, hahaha~ Bener2 diskusi sehat dan menyenangkan. :)))

Oh dear friends, what have I done to deserve you? T.T

Thank you for creating a colorful year for me.

Please stay in touch. :)



See you on top!

With love, S.


No comments:

Post a Comment