Saturday, July 15, 2017

Mount Buller

Hi, guys! How y’all doin?

Minggu lalu, di kala gw lagi miserable banget karena liburan ga kemana2, campuran lagi bokek, atau ga ada temen yang bisa diajak jalan2, atau ga punya temen in general, tiba2 bos gw memberi kabar gembira: liputan ke Mount Buller!

Apa itu Mount Buller? Gunung bersalju paling dekat dari Melbourne. Sudah jadi daerah wisata dan resort, jadi emang bener2 mengakomodasi turis di musim dingin.

Honestly, awalnya gw sama sekali ga ada niatan ke Mount Buller, walaupun gw sama sekali belum pernah liat salju~ #katro

Pun ga tertarik untuk ke sana karena selain terlalu mainstream, main salju di Melbourne tuh kayaknya gimana gitu~ Ga pas aja~ Ga ada esensinya, karena semua orang tau Melbourne ga bersalju~

Sama kayak tahun lalu Melbourne bikin festival tulip. Itu temen2 gw pada heboh kesana. Gw diajak, tapi terus gw merasa, what’s the point of having tulips in the country that is not the origin of tulips? Kalo mau liat tulip, ya gw ke Belanda. Kalo mau liat salju, ya gw ke negara2 bagian northern, atau NZ-lah yang deket~

Tapi kebetulan perjalanan kemarin judulnya liputan, alias gratis, which is menghemat kurang lebih $100. Terus ga perlu rempong bawa makanan dari rumah karena semuanya disponsorin. Ga perlu bawa persiapan macem2 juga, karena sepenuhnya di-service~ Macem artis endorsan aja deh gw~ wkwkwk~

So yeah, berangkut!

Gw pergi sama Mba Kat (pimred) dan Mba Keke (fotografer). Berangkat dari city jam 6 am dan langsung tewas seketika di bus karena masih pagi banget dan dingin. Perjalanan kurang lebih 3 jam dengan sekali toilet break. Mount Buller letaknya 240 km dari Melbourne, so sleeping is only natural.


A post shared by Lescha Mayseeta (@seetalesch) on

Sampai di Mount Buller, kerjaan pertama adalah food review! Kita me-review restoran Popo Kitchen yang ownernya baiiikk banget~~ Idealnya kalo food review kita disediain 3-4 meal, plus dessert dan drinks. Kemarin, saking baiknya si owner, kita dikasih 12 MEAL! Gokil! Alhasil makanannya ga abis dan pulang dari sana masing2 bawa 2 makanan takeaway. Mayan buat di kos. Hehehe~

Abis makan baru the real liputan dimulai. Diajak tur ke spot2 menarik dulu sama marketing executive-nya. Begitu melangkah keluar restoran, dinginnya langsung menusuk tulang, -1 derajat dengan real feel -6. Dan hari itu diramalkan blizzard (heavy snow) sepanjang hari dan ga ada matahari! Mantap!

Ini baru the real snow experience. Kalo cuma main salju yang udah jatoh ke tanah mah ga seru~ Menyaksikan salju turun dengan lebat dari langit, itu baru seru!

Anyway kostum gw hari itu 4 lapis:
1. Bra
2. Thermal
3. Woolen sweater
4. Ultra Light Down

Ditambah beanie, sarung tangan wol dan syal tebel, harusnya sih anget ya? Kenyataannya, tetep dingin~~ Tangan tetep kaku, jadi ga bisa leluasa main IG stories. :p

Tadinya berencana bikin snowman juga (katro banget I know~) tapi karena tangan kaku akhirnya bikin snowball aja~ wkwk~

Sebenernya mungkin ga akan terlalu dingin kalo kostum2 itu waterproof. Disarankan emang pake baju waterproof sih, karena salju kan ketemu badan langsung meleleh. Akibatnya baju jadi basah dan dengan cuaca -1 tentu susah kering. Jadi, sebagai antisipasi, bawa tolak angin, karena potensi masuk angin sangat besar. Wkwk~

Gw sendiri terlindung dari kebasahan karena ultra light down waterproof, walaupun ga totally waterproof. Yang ga selamet adalah sepatu~

Karena gw terlalu pelit untuk beli/sewa snow shoes, atau simply beli snow boots $20 di Target (buat sekali pake doang, ngapain beli??), akhirnya gw pake sneakers aja.

Terus aman, Ta???

Aman-aman aja tuh. My Black Adidas Superstar 80s with "METAL TOE" 3D (UUUWWW~~ Brand drop!) terbukti tahan banting dibawa berpetualang di tengah blizzard. Body sepatunya yang terbuat dari leather bisa nahan air masuk sampai kira2 3-4 jam setelah keliling2. Overall fungsional kok, masih bisa jalan walaupun harus ekstra hati-hati. Paling bawa kaos kaki cadangan aja buat pulang supaya kaki tetep anget.

Terus gw ngapain aja di Mount Buller?

Nyobain feature2-nya tentu saja.

Naik chair lift, both yang chair dan box (gondola). Kurang menantang ah tingginya~ Lebih tinggi chair lift di Sentosa Island. Terus karena lagi blizzard, sepanjang 20 menit di atas chair lift mata kelilipan salju mulu~ Tapi kan sayang kalo pake shades atau tutup mata, ga bisa menikmati pemandangan. Jadi ya keep my eyes open aja sambil kedip2 kek anak kecil cacingan. Sambil nge-scan depan belakang, atas bawah, kiri kanan. Elsa mana Elsa?

Main Toboggan, yang saking katronya gw ga tau itu apaan sampai gw akhirnya tiba di sana. Oh papan seluncur. Kirain disuruh main sama bogan (aussie’s alay :p)~

Bikin snowball. Main sendiri karena Mba Kat dan Mba Keke sibuk foto2. Kumpulin salju, dibulet2in, lempar ke muka sendiri, repeat sampai muka mati rasa. Terus nangis di pojokan.

Foto-foto. Thank God ada Mba Keke fotografer profesional jadi fotonya caem-caem!

MOUNT BULLER SNOW FUN 

Ga main ski, soalnya ga masuk paket sponsor. Kalopun masuk, ga dikasih asuransi. Kan ga lucu kalo pulang ga one piece. This million-dollar baby right here! Gw personally ga minat juga sih. Arena skinya penuh banget orang kayak cendol (secara itu Mount Buller kalo ga musim dingin ga dapet revenue, jadi ketika winter dipenuh2inlah itu quota gunung~), ga lucu banget seluncurannya seret gara2 takut nabrak orang.

Jadi ya udah deh, main toboggan aja sampai ogeb~ 10 kali lebih bolak balik, cobain segala posisi dari duduk, berdiri, surfing, duduk nyamping, jongkok, tengkurep, jalan mundur, kayang, dll sampai keabisan ide, baru nepi dan menikmati orang2 main aja. Ngetawain orang2 yang jatoh/tabrakan dengan posisi lucu. Wkwkwk~

Kita main sampai jam 4, terus kumpul, terus pulang deh. Overall ga terlalu capek sih, karena total paling cuma 6 jam di sana. Yang capek itu perjalanannya. 6 jam sendiri bolak balik. Apalagi buat orang yang ga suka road trip seperti gw, yang gampang mabok perjalanan kalo udah naik turun gunung, ya wassalam. Kalo ga tidur, minimal muntah~

So yeah, moral of the story, impor Antimo dulu dari Indo sebelum ke Mount Buller, or any mountain in general. Penting itu.

Oh yeah, since perjalanannya menyenangkan, gw mau rekomendasi travel yang gw pake kemarin. Namanya EXTRAGREEN. Mereka ini Chinese travel agent tapi jangan khawatir karena stafnya bisa bahasa Inggris. Mereka profesional banget dan kalo travel sama mereka banyak banget perks-nya. Bisa langsung cek dan booking di sini.


-->
That’s all, folks!

No comments:

Post a Comment