Saturday, September 2, 2023

Upskilling! My 1st Sewing Experience!

Hi, guys! How yall doin?

Word of the day: UPSKILLING!

I’m sooo happy!!!

Sebuah wishlist dari tahun lalu akhirnya kesampaian: Les Jahit!!!!!!!!!

Aaaakkk~~ So happy, one step closer to my dream~~~

Sebelum gw ceritain gimana lesnya, I wanna talk about the decision-making behind why I signed up out of nowhere~

Jadi niat les jahit ini kan udah dari tahun lalu. Tapi karena (sok) sibuk ini itu, ga pernah sempet buat mulai. Gw inget pertama kali reach out tempat lesnya itu Januari 2023 dan udah mau daftar. Tapi urung karena kelasnya require kehadiran 6 minggu berturut-turut. Secara waktu itu udah plan ke Hong Kong 2 minggu di bulan Maret, ga bisa dong fulfill syarat itu~

Balik dari Hong Kong, mau lanjutin niat yang tertunda, eh ketemu puasa. Ga bisa juga dong pasti heboh bukber lalala. Abis Lebaran, mau daftar, eh ketemu konser Blackpink, ketunda lagi. Abis Blackpink, muncullah bulan Juni, eh bos gw berangkat Haji, jadi kudu standby sebulan deh, jaga kandang in case something’s going on. Bulan Juli, kena taichi tugas orang yang rempong mampus. Huff~~

Long story short, ada sedikit window “luang” di bulan September, sebelum gw balik hectic lagi di Oktober dan November. So I just grabbed that. Decision making-nya exactly seminggu yang lalu. Senin kemarin langsung bayar buat book class-nya. Hari ini mulai. ihiy! I’m so proud of myself~~~

So yeah, setiap Sabtu selama 3 minggu ke depan gw les lagiii~~ Terakhir les setiap Sabtu itu zaman QQ les Mandarin di Tutor Ming yang dibayarin kantor. I miss you, QQ. :’)

I’m heading to tempat les jam 8, karena lesnya jam 9am-2pm. Full day macem pesantren. Wkwk~~

Ternyata karena ga terlalu jauh, kecepetan sampainya. Jadi gw jalan2 sekitar dulu cari kopi. Untung daerahnya rame jadi gampang nemu kopi. Enak dan murah meriah! Terima kasih Kata Kopi!

Jam 9 masuk kelas, gurunya sudah hadir. Mbak-mbak gitu, dengan logat Betawi. Baik sih, dan sangat sabar. Gw ambil product class, yang mana untuk belajar produk-produk jahitan non baju. Kenapa ga ambil kelas bikin baju? Karena itu butuh komitmen 6 minggu kehadiran. Kalo product class cuma butuh 3 minggu, lebih doable. 

Product yang gw pelajari hari ini adalah drawstring bag dan scrunchie. Begitu mulai kelas, langsung praktek bikin drawstring bag. Gw dikasih modul buat dibaca, dilanjutkan dengan membuat pola, dan memotong kain berdasarkan pola tersebut.

Setelah kain siap, let’s get to the machine!!! Kyaaaa~~ Ini bagian yang paling gw tunggu-tunggu. Selama ini cuma bisa liat berbagai macam mesin di YouTube/Shopee, sekarang beneran pegang beneran~ Wkwkwk norak maaf yaa

Dikasih mesin yang paling basic, merek Janome. Ya okelah. Kan ga bikin desain yang gimana-gimana juga. 

sok serius~~


Diajarin basic-nya, dari mulai nyalain mesin, pasang benang, sampai praktek jahit pola. Susah nggak? Susah kak, banyak hapalan. Mesin jahit walaupun kecil gitu detilnya banyak banget~ Part-nya ada seratus kali tuh totalnya, masing-masing dengan fungsi sendiri.

Mesin jahitnya mungkin baru proses kenalan juga sama gw ya, masa benangnya copot mulu dari jarum. Adegan banget setiap ganti posisi kain kudu masang benang lagi~

Lalu praktek jahit pola membuat gw mempertanyakan separah apa silinder gw, karena mencong mulu shay~ Padahal udah ada polanya~~~

Sungguh menguji kesabaran. :’)

Untung kesabaran gw unlimited, hasil ditempa di kantor setiap hari. Wkwk~~

Mayan uga hasilnya!


Fun fact: di balik kerapihan luarnya, ada thread chaos di dalamnya~ wkwk

Believe or not, untuk tas berukuran 15x20cm itu dibutuhkan waktu 3,5 jam!!! 

I’m such a rookie~~ heuheuheuheu

Mulai sekarang akan lebih menghargai usaha-usaha kecil penghasil barang-barang hand-made yang dijual grosiran dan harganya murah-murah banget.. Gw pernah beli bulk mini drawstring bag buat packaging small business gw zaman dulu, itu harganya nggak sampai 1000 perak satuannya…

Itu kalo drawstring bag rookie gw dihargain 100k aja gw ga terima loh!!!

Materials…

Tools…

Craftsmanship…

Artistry…

Manhour… 

Well, kayaknya yang bikin mahal yang terakhir sih. HAHAHAH~~

The scrunchie making is as exciting! Apalagi udah menggebu-gebu banget bikin scrunchie. Teknik yang diajarin mbaknya beda sama teknik YouTuber-YouTuber. Dengan hands on, gw jadi punya gambaran teknik mana yang lebih gampang/susah. Can’t wait to own my own sewing machine so I can practice!

My first “professional” scrunchie


Ya okelah, belum sesuai ekspektasi sih, but okay for first-timer. 

Kelas berakhir molor gegara kelamaan di drawstring bag. Scrunchie yang tadinya mau coba bikin 2 ukuran, nggak sempet karena udah jam 2:30pm. Kasian mbaknya, ga ada uang lembur. Wkwk~~

So kita save scrunchie kecil buat minggu kedua. Udah janjian sama mbaknya mau bikin sarung bantal dan tas laptop juga! ihiy!

Until then, mari liat-liat harga sewing machine di Shopee sambil nabung~ Yuk bisa yuk~~ <3

Laters!

No comments:

Post a Comment