Saturday, September 23, 2023

Yoga Komunal

Hi, guys! How yall doin?

It’s a beautiful Saturday. It’s currently 12 p.m. and I’m almost done with every weekend thingie. By weekend thingie I mean yoga dan nonton drakor. Karena kalo belum yoga dan drakoran kayak belum weekend gitu. Wkwk~~

Semua udah tau kan kalo yoga adalah kegiatan rutin setiap weekend yang sudah gw gandrungi sejak Januari 2022. Pernah gw ceritain di sini.

Hampir dua tahun berjalan, komitmen gw terhadap yoga masih half-ass, kadang rajin, kadang males. Kadang 1 jam, kadang 45 menit, bahkan kadang 30 menit aja udah give up.

Lalu karena ini adalah kegiatan yang gw mulai saat pandemi, selama ini yoganya ya di rumah doang nonton YouTube. Mulai dari instruktur lokal sampai bule gw coba. Mulai dari hatha, ke vinyasa, sampai ke power yoga yang segobyos-gobyosnya, hajar aja.

Tapi ya itu… Karena half-ass, ga tau deh gerakannya bener atau salah. Ga ada yang ngawasin. Kadang2 salah gerakan berakibat cedera ringan. Kadang2 coba gerakan baru udah diulang berkali2 masih ga bisa. Gw tuh ambi banget pengen bisa hand stand tapi karena belajar sendiri dan cuma ngikutin YouTube, ga bisa-bisa karena ga ada yang evaluasi~

I’m a woman who is trying to progress, ga bisa nih stuck hampir 2 tahun ga bisa-bisa. Harus do something biar ada progress. So I decided to join an offline class! First time ever yoga komunal! Uhuy~

Setelah riset sana sini, deket rumah ternyata ada studio yoga, namanya Freya Studio. I’ve been eyeing this studio since I saw my friend joined their Zumba class a while back. Setelah kepoin IG-nya, ternyata dia juga punya kelas yoga. Harganya pun relatif murah, cuma 35k sekali pertemuan. Ladies only. Naisuuu~~ Yuk kita booking~~

Gw kontak adminnya via Whatsapp, kemudian dibilang olehnya kalo mau book slot harus konfirmasi lagi H-1, lalu bayar, baru deh secure slot. 

Sayangnya karena sekarang udah full WFO, cuma bisa ikutan kelas weekend dan itu pagi banget jam 7:15. :’)

Ngejar apa sikk weekend pagi2 dah yoga?? Wkwkwk~

Tapi gapapa, ini komitmen untuk kesehatan, harus dibela-belain. 

Berangkatlah gw tadi pagi jam 6:50 naik Gojek ke Freya Studio. Ga pake mandi karena pasti abis yoga mandi anyway. Ga pake sarapan karena sungguh perut gw jam segitu belum siap menghadapi dunia, kalo dipaksain makan yang ada muntah.

Cuma bawa yoga mat, hape, dompet, minum (tiga yang terakhir gw taro tas Kanken sling karena tas yoga mat sungguh fragile). 

Sampai di sana jam 7 teng, gw menjadi satu dari 5 orang pertama yang hadir. Tapi ga sampai 10 menit kemudian, studionya langsung penuh. Wah orang-orang sini on time!

Begitu sampai ngisi absensi, lalu langsung cari posisi. Karena dateng duluan, gw dapet posisi yang diincer: belakang. Well, karena newbie ya, insecure kalo di depan. Gw ga tau gerakan yoga di sini sesusah apa. Tau-tau advanced level kan kalo gw posisi depan dan melakukan kesalahan/something embarassing bakal keliatan semua warga. Wkwk~




Studionya sendiri ga terlalu besar, tapi keliatan besar karena ada cermin di depan. Gw prediksi ukuran studio 5x10m, kapasitas paling di 15-18 orang. Ada 2 lantai, yoga di lantai bawah.

Sambil nungguin kelas dimulai, gw memperhatikan kanan kiri. Wah mbak-mbak yang dateng ke sini super niat, ada yang bawa handuk, tali yoga, head band, dll. Rata-rata mereka hijabi, yang awalnya gw pikir pas yoga tinggal pake baju olahraga hijabi aja, ternyata mereka lepas semua bablas sports bra. Wkwk~ 

Kita dari awal udah disuruh bawa mat sendiri, jadi ga ada adegan pinjem2 mat. Mat orang2 gw perhatiin mostly pake yang 5-6mm. Tipis-tipis. Kenapa yak pada suka yang tipis-tipis? Gw ga suka loh, in certain poses kalo lutut lagi di bawah sakit banget kalo tipis~

Dari segi merek, lumayan bervariasi ya. Ada yang no brand biasa aja sampai merek2 Shopee yang sering gw liat. Tapi sempet juga liat yang bawa Lululemon. Berarti dari sisi sosial warga sini bervariasi. Wkwk~~

Do I make friends? Unfortunately no. Orang-orangnya cukup individualis. Ga ada yang ngobrol atau dateng berkelompok. Kirain warga Bekasi lebih social daripada warga Jakarta. Bahkan gw kira kelas2 di Freya Studio ini udah ada komunitasnya sendiri-sendiri yang isinya circle of friends. Dari limited interaction antar peserta yang gw liat, nampaknya mereka ga kenal satu sama lain. Cuma dateng buat yoga, lalu pulang.  

Lalu sesi yoga dimulai. Instrukturnya ibu2 umur 40-an yang visualnya yogini banget. Diawali dengan pemanasan 15 menit yang buat gw masih cukup mudah. Gw mengenali gerakan2nya tapi memang setnya sedikit berbeda dengan yang gw biasa liat di YouTube. 

Setelah pemanasan baru masuk ke core. Instrukturnya contohin di depan, lalu dia berkeliling memeriksa peserta apakah gerakannya udah bener atau belum dan kasih komentar. Yang masih salah/kurang dibenerin sama dia. Awalnya gw ga didatengin, bangga dong, which means udah bener. Tapi ketika udah memasuki menit ke-30, badan udah gobyos (dia banyak mainan kaki, which means jadi lebih gampang berkeringat), mulai ngaco deh tuh gerakannya. Akhirnya didatengin dan ditarik-tarik sama dia. Haha~

Instruktur juga ngajarin hand stand bakasana alias crane pose, posisi nungging tapi kaki ga napak. Salah satu pose hand stand yang gw incer, tapi yaolohhh susahnya minta ampun. Pas nyoba angkat satu kaki masih bisa, tapi pas 22nya, bahkan ga sempet melayang, langsung jatoh lagi. Kalah ama gravitasi, tsay~

Instrukturnya bilang “kunci perutnya dulu, perutnya dikunci!” Aposeee?? Gimana caranya kunci perut?? Plz bgt universe kasih tau gw~ Wkwkwk~

Oh well pelan-pelanlah. Jangan terlalu ambi. Yoga itu olahraga santai, jangan digabung sama ambisi. 

Oiya selama sesi disetel musik instrumental kalem buat yoga gitu. Tapi karena si Freya Studio ini letaknya pas banget samping jalan raya yang rame, suara musiknya jadi ketelen suara mobil dan motor yang bising. Well, ga ngaruh-ngaruh banget sih ke mood, kan the whole time fokusnya dengerin suara instruktur aja. 

Overall it’s a good session. Buat gw yang utama adalah gobyos (keringet bercucuran berliter-liter—meaning semua dosa stress seminggu keluar semua), yang kedua adalah melakukan gerakan dengan benar, dan yang ketiga adalah komitmen yang lebih terjaga. It’s a progress. 

I’m so very proud of myself to be able to wake up at 6AM in the morning ON A SATURDAY, get my ass to the class, roll out the mat, and join the journey with the community. 

Namasteee~~~

No comments:

Post a Comment