Friday, September 29, 2023

Thank you Kiehl's Indonesia

Hi, guys! How yall doin?

Just wanna make a quick shoutout to one of my favorite skincare brands, Kiehl's for quick and responsible customer service action.

Jadi ceritanya sekitar 3 minggu yang lalu gw belanja face wash di Kiehl's Senayan City. My usual face wash, Calendula Deep Cleansing Foaming Face Wash seharga 240k. Gw biasanya beli yang 75ml karena sungguh itu aja baru abis 6 bulan kalo gw yang pake. I’m super hemat. Wkwk~

Tapi kemudian mbak-mbak Kiehl's-nya menawarkan yang 230ml karena harganya lebih murah, 560k untuk ukuran yang hampir 3x lipatnya. 

Gw menolak, karena bener2 udah nyaman sama yang 75ml. Gw bilang ke dia bahwa gw sering traveling dan kalo traveling ga suka bawa yang berat2 dan gede. 

Eh terus dia nawarin lagi, kalo gw beli yang gede, bakal dapet free yang 30ml, jadi bisa gw bawa traveling. Sa ae nih mbaknya upselling-nya. wkwk~

Gw tetep menolak. Nggak wise juga kalo gw tiba-tiba keluarin duit 560k (dua kali lipat lebih dari plan awal) cuma karena kena upselling. Yowis, mbaknya pun memproses yang 75ml. Gw ke kasir, bayar, lalu mbaknya masukin belanjaan gw ke paperbag.

Di sini ada yang aneh. Biasanya kalo abis belanja di Kiehl's itu, berapapun pengeluarannya, pasti dapet free sample (minimal) 3. Last time gw kesana bulan Februari, bahkan dapet 5. Ini udah SOP mereka. Beli online pun akan dapet free sample, gw udah pernah juga. 

Nah, kemarin, ga dapet apa-apa..

Hmmm.. apakah ini kebijakan baru? Apakah sekarang free sample ada T&C tertentu, misalnya, ada minimum purchase-nya? 

Or.. Apakah mbaknya baper karena gw tetep memilih yang murah instead of yang mahal?

Karena posisinya lagi buru-buru, gw ga sempet nanya. Lagian malu juga kalo nanya ternyata itu policy udah ditiadakan sejak lama.

Tapi gw masih penasaran, so bertanyalah gw di Instagram-nya Kiehl's. 



Balesan terakhir mereka, sudah diinfo ke tim terkait dan akan ditangani dalam 2x24 jam. Eh, maksudnya ditangani apa ya?

Keesokan harinya gw menerima chat Whatsapp dari seseorang yang mengaku dari Kiehl's. 



Wow! They actually took this seriously! Beneran mau kirimin free sample loh! Padahal gw totally okay kalo ga dapet, misal policy-nya emang udah berubah gitu. 

Eh ternyata belum berubah dan mereka sampai minta maaf segala, berarti kan ada semacam “pelanggaran” yang dilakukan si mbak-mbak Kiehl's. Hadeuh.. Mudah-mudahan ga ada adegan matiin rezeki orang ya. Mudah-mudahan mbaknya hanya ditegur aja dan dia bisa belajar banyak dari situ. Jangan sampai kejadian lagi karena reputasi brand sebesar dan setua Kiehl's yang dipertaruhkan. Bayangkan kalo gw influencer/SJW nyebelin yang niatnya viralin via “twitter plz do ur magic” atau send ke base kontroversial, bisa panjang urusannya~

Anyway so yeah mereka mau kirimin free sample gw yang “ketinggalan”. Gw ditanya mau sample apa, gw jawab serum aja. Gw kasih alamat dan kemarin barangnya sampai. Gokil, dapet 6!



Gw dapet:
- Retinol Skin-Renewing Daily Micro-Dose Serum (2)
- Clearly Corrective Dark Spot Solution (2)
- Ultra Light Daily UV Defense (1)
- Ultra Pure High-Potency Serum 1,5% Hyaluronic Acid (1)

Bisa buat at least sebulan nih. Mayan. Hehehe~

Terima kasih Kielh's Indonesia! Sebagai customer saya puas sekali dengan penanganannya yang bertanggungjawab dan cepat. Semoga pengalaman saya ini tidak terjadi pada customer lain ya. 

No comments:

Post a Comment