Sunday, September 12, 2010

Bosen


Beberapa taun belakangan ini gw bosen sama segala hal yang berhubungan dengan hari raya Idul Fitri. Semua, dari mulai euforia menjelang dan selama bulan puasa, very sucks buka-puasa-bersama schedule, sahur thingies, mudik, raising prices on everything, pantangan ini pantangan itu, ketupat, opor ayam, minal aidin-an, salam2an, maaf2an, and the blah blah blah lainnya.
Bosen sumpah!

Gw ga ngerti kenapa gw bisa berpendapat kalo semua itu membosankan. Gw pun ga tau apakah sebenernya gw boleh atau ngga berpendapat demikian. Secara kebanyakan orang menganggap bulan puasa + paket2 lebaran itu sebagai hal yang menyenangkan, bulan penuh hikmah, penuh berkah, lalalala. Whatever. Gw tidak berpendapat demikian.
Sebenernya kebosanan ini udah gw rasain dari beberapa taun lalu, tapi selama ini gw selalu mencoba bersabar dan terus2an menekankan pada diri sendiri kalo gw ga boleh bersikap begitu, ga boleh bosen, ini udah tradisi, udah kewajiban, kalo ga dijalanin dosa, dan lain-lain. Tapi taun ini entah kenapa gw ga bisa nahan lagi untuk terus2an mencoba bersikap seolah-olah ini semua ga apa-apa. Gw bosen!
Gw ga suka bulan puasa karena jadwal makan dan tidur gw jadi ga beres, terserah orang-orang mau bilang puasa bikin sehat atau apalah. Sehat sih sehat, tapi dari Hongkong! Yang gw rasain malah kalo bulan puasa orang-orang jadi makin ga sehat! Nahan laper seharian malah bikin asam lambung meningkat! Terus kalap waktu buka puasa, makan terus ga karuan. Padahal asam lambung lagi bahaya2nya tuh! Belom ada 12 jam makan itu diolah tubuh, kita udah dipaksa makan banyak lagi pas sahur.. Kalo badan kita bisa diterawang, pasti kita bisa liat betapa chaos-nya keadaan sistem pencernaan kita selama bulan puasa!
Gw ga suka bulan puasa coz everybody’s acting like fuckin Saint, pretending to be good for self or others’ sake, what the hell! Jadi kalo bulan puasa aja lo harus bersikap baik? Kalo bulan puasa lo ga boleh bilang ‘shit’ atau ‘damn’? Kalo bulan puasa lo ga boleh ngerokok? Tapi di bulan-bulan lain boleh?! Hahahaha. Don’t make me laugh!
Banyak orang yang jadiin bulan puasa alasan untuk melakukan hal-hal baik. Gw kasian sama orang-orang itu. Seriously.
Sama halnya dengan Idul Fitri atau Lebaran yang jadi saat untuk maaf2an ga jelas sama siapa aja. Hahaha. Ini lucu. Kemaren setelah sholat Ied, banyak orang-orang entah siapa yang nyamperin gw dan nyokap untuk salam2an sambil minta maaf. Kalo salam2an masih okelah ga apa-apa, tapi minta maaf? Wtf! Gw bahkan ga kenal sama orang-orang itu, ga pernah interaksi apa-apa sebelomnya, dan jelas gw ga punya salah ke mereka dan mereka pun ga begitu kan? Trus ngapain minta maaf?
And i hate this tradition, when people around neighborhood got to visit each others, silahturahmi antar tetangga maksud gw. Gw gatau kalo di lingkungan lain gimana, tapi kalo di komplek gw, ato di RT gw doang mungkin, tradisinya itu saling jemput-menjemput dan bersama-sama keliling buat salam2an maaf2an lalalala. I don’t like that. Argumen yang sama, gw dan para tetangga itu hampir ga pernah berinteraksi sama sekali dalam setaun, ya- oh come on! Bukan karena gw anti-sosial ato gimana tapi kan that exactly what will happen when you grow up, right? Jadi ya gw berpendapat ga ada gunanya ikutan keliling buat maaf2an itu, lah gw ngerasa ga pernah salah dan disalahin sama mereka, jadi ya, buat apa?
Menurut gw kalo lo ngerasa salah ya ga harus nunggu Lebaran buat minta maaf. That’s a waste of time! Kayanya alasan gw cukup logis kog! Tapi gw tetep dapet jackpot ceramah bokap yang intinya kecewa karena gw bersikap begitu dan ngebandingin sikap gw sama abege2 komplek yang pada ikutan keliling tadi. Halaaah.. paling mereka juga begitu karena disuruh orang tua-nya, atau mau pamer baju lebaran, atau ngecengin abege2 lainnya, atau saling pamer tempat kuliah/kerja-
Typical.
Indonesia tuh lebay ya kalo Lebaran! Dari mulai media massa-nya yang kaya tadi gw bilang, orang-orangnya, tradisi-nya, aturan-aturannya. Bikin cape, bikin bosen. Ya maklum sih, negara dengan penduduk Islam paling banyak di dunia katanya, mau di-gimanain lagi~
Pengen deh sekali-sekali ngerasain lebaran di luar negeri, di negara2 yang Islam-nya minoritas! Negara yang penduduknya ga ngeributin mudik, ga melebih2kan adzan maghrib, ga memanfaatkan waktu sahur untuk kepentingan komersil~
Mungkin disana kemasan lebarannya ga semegah disini tapi siapa tau dengan begitu kewajiban-kewajiban Idul Fitri bisa lebih total dijalankan! Dengan begitu makna idul fitri bisa lebih kita pahami, bukan?
Sebenernya masih banyak banget hal-hal lame seputar lebaran yang mengganggu otak gw, tapi entah kenapa susah banget ditemuin intisarinya. Gw memutuskan untuk tidak men-share lebih banyak soal pola pikir gw yang kontroversial ini. Too much controversies may kill me, I guess.

No comments:

Post a Comment