Sunday, December 5, 2010

Cerita Liz


Bulan Agustus kemaren si Liz n Kum-kum, temen2nya Bone di Singapore, pada berkunjung ke Jakarta. Waktu itu gw belom kenal nih ceritanya sama si Liz, baru kenal Kum-kum doang. Tapi Bone selaku anak-Jakarta-kelamaan-di-Singapore minta tolong gw untuk ikutan nemenin mereka selama di Jakarta -in case Bone lost- Okelah gw temenin, lumayan juga latian kalo suatu hari nanti gw jadi Host seseorang untuk Couchsurfing, nyehehehehe.

Kita bawa mereka jalan-jalan ke Bandar Jakarta, ITC Mangga Dua, Dufan, Monas dan museum-museum sekitarnya, dan supaya mereka ga terlalu ilfil sama Jakarta kita ajak juga ke Grand Indonesia dan Senayan City. Ahahahaha

But that’s not the point. Yang mau gw omongin disini bukan tentang wisatanya Liz dan Kum-kum di Jakarta karena untuk itu overall mereka ga beda sama turis2 pada umumnya. Gw lebih mau ceritain pengalaman lucunya Liz sesaat sebelum dia balik ke Singapore. 

Jadi ceritanya si Liz ini harus balik duluan karena satu dan lain hal. Tiket pesawatnya pun udah di-booking sebelumnya. Flight-nya kalo ga salah Tiger Airways jam 6 sore. Gw harus pulang cepet, jadi ga menyaksikan langsung pengalamannya itu dan postingan ini adalah hasil gw me-retell apa yang diceritain sama Bone. Gapapa kan? Gapapa dongs... Gw ga menambahkan efek exaggerating kog. hehe~

Kalo ga salah mereka udah sampe bandara jam 4an jadi masih ada sisa waktu untuk bercengkrama dan hahahihi. Ga berapa lama, Liz masuk ke boarding room. Bone dan Kumsy tadinya mau langsung cabut, tapi mereka memutuskan untuk nungguin Liz dulu sampe pesawatnya bener2 take off.

Tapi kemudian Liz BBM-in Bone kalo pesawatnya di-cancel!

Wtf!

Katanya Bone sih tadi tuh sesaat sebelom Liz masuk boarding room, mereka sempet liat di board-nya itu dan Tiger Airways tulisannya masih Gate Open. Brarti kan cancellation ini mendadak banget!

Paniklah semua! Terutama si Liz! Dia pikir gila kali nih Indonesia maen asal cancel flight aja! Hei gw udah bayar loh! Dan sedetik yang lalu flight itu masih ga kenapa2 loh!

Terus Bone suruh Liz pergi ke operatornya buat nuntut ganti rugi karena mereka harusnya udah minta maaf plus balikin duitnya Liz dong! Pas Liz ke operatornya, si petugasnya dengan nyantainya bilang (gw lupa persisnya gimana yang diceritain Bone tapi kira2 gini):

“Sorry for the inconvenience, but I’m sure we’ll give your money back, and you don’t have to worry because in any minute there’ll be another flight to Singapore by Garuda Indonesia.”

Awalnya si Liz kira flight itu gratis dong~ sebagai permintaan maaf atau apa keg konsekuensi formalitas sesuai dengan keadaan yang dia alami sekarang. Ternyata oh ternyata... Liz harus bayar $150 bow!!! Terus mending dolar Singapore, lah ini dolar US! Sinting!

Yang bikin Liz tambah panik adalah dia ga punya uang cash, kartu kreditnya bukan visa, dan dia sendirian! Ditambah lagi penumpang-penumpang Tiger Airways yang senasib sama Liz udah memutuskan untuk membayar yang US$150 itu karena mereka rata-rata eksekutif muda semua! 

Liz desperate. Dia telpon bokapnya dan bokapnya bilang Liz harus marah-marah lebih heboh lagi! Biar semua orang denger betapa nestapanya kelakuan karyawan Soekarno Hatta! Dan Liz beneran melakukannya loh! Dia teriak maki-maki sana sini dan bikin cerita kalo dia harus ada di Singapore segera karena keluarganya sakit parah apalah.. Acting total deh pokonya.

But guess what? It ain’t works...

Tetep aja disuruh bayar US$150!

Liz ga ilang akal! Dia telp bokapnya lagi dan bokapnya nyuruh dia untuk bilang sama petugas bandara untuk nganterin dia ke bos mereka. Bokapnya Liz mau ngomong (baca: ngomel) langsung ke bos bandara itu via telp. Logikanya ini bagian dari customer service dong? It means harusnya sah-sah aja kalo customer mau complain langsung ke Bos kalo dia bener2 merasa dirugikan~ Eh si petugas bandaranya ga ngebolehin aja gituh.. Mereka nyari2 alesan supaya si Liz ga bisa ketemu sama Bos mereka. Entah mereka takut ketauan kerjanya ga bener atau emang Bos-nya yang chicken out, entahlah, only God knows.

Liz kemudian telpon lagi dan guess what kali ini bokapnya bilang apa:

“Okay, Liz, now it’s a perfect time for you to cry. Do it, out loud.”

Oh my God!!! Is that an idea that come out from your father???? ahahaha

Dan Liz beneran nangis aja loh!! Emang edan deh ni anak! 

Dia bilang awalnya dia sok-sok mellow gitu, pasang muka sedih, terus ngomong sendiri pelan2 “I’m sorry, Dad, i’m sorry, Mum, i know i’ve been a bad girl, i know i won’t make it there.. blah blah blah..” makin lama makin kenceng dan sambil nangis yang makin lama makin kenceng juga! huahahahahhaah!!

Petugas2 bandaranya langsung luluh katanya.. ga berapa lama ada mba2 pake setelan rapi (humas-nya bandara) ngedatengin Liz dan ngajak dia ke ruang tunggu kantor. Disitu Liz katanya ditenangin, dikasih minum teh, dan yang paling penting>>> dikasih tiket Garuda Indonesia GRATIS

Gila Liz gw salut banget sama lo!! Ngebayangin kejadian itu aja lucu banget! Gimana kalo ada di TKP ya? hahahaha

Liz langsung nge-BBM Bone, yang masih panik, dengan dua kata: “Cry works.”

Selamat sukses deh dia sampe di Singapore sejam kemudian.

Well that is not just a story, i think. Dari situ bisa keliatanlah ketidakprofesionalan karyawan bandara Soekarno Hatta untuk pelayanan pada turis asing. Bisa keliatan juga betapa ga bener-nya usaha mereka untuk dapet duit atau sekedar promosiin Garuda. That’s so uncool! Licik sepertinya kata yang tepat.

Keesokan harinya gw chat sama Liz di Facebook.

Gw : “Liz!! Vania told me what happened! Are you okay??”
Liz : “Yea, don’t worry, takes more than just airport guys to bring me down.”
Gw : “LOL!! That’s amazing!! And ur Dad’s idea was really cool!!”
Liz : “Haha! I kno, right? He’s been travelling a lot, so he knows what to do in situation like that!”
Gw : “Yea! Cool! I’m sorry things like that happened when u’re in my country!”
Liz : “Well, don’t worry. It did give me a lesson though.”
Gw : “Well really? What was that?”
Liz : “That i’ll never ever visit Indonesia again! Hahaahahaha!!”
Gw : “Ouch!”
Liz : “Yea! Except for Bali maybe, or Lombok.”

Nah lho!

No comments:

Post a Comment