Friday, December 24, 2010

Team Work

Hola! It's been a while ya sejak postingan terakhir yang berbau hedonisme itu. Now I'm back in business, let's talk about something even more... realistic.
Well gw mau ngomongin tentang team-work a.k.a kareja babarengan alias kerja sama.


Hmm.. where do I start?


Okay, kalo lo lagi wawancara kerja, entah itu untuk oprec organisasi, magang, kerja kantoran, etc. etc. Sering kan ditanya langsung atau menjebak: "Lo bisa kerja dalam tim gak?" atau "Kamu lebih suka kerja sendiri apa dalam tim?" Ya.. sort of begitulah kira-kira.


Gw sering banget mengalami pertanyaan itu dan sampe sekarang jawaban gw masih: Ya, saya lebih suka bekerja dalam tim daripada kerja sendiri. Tapi pas ditanya: kenapa demikian? Wah gw bingung! Selama ini sih gw belom pernah menemukan jawaban yang tepat kenapa gw lebih suka kerja dalam tim. Mungkin hal itu yang pengen gw analisis di postingan ini.


Kalo ada hal paling make-sense yang bisa gw jadiin alasan adalah kalo kerja dalam tim kerjaan jadi ga seberapa berat, kan ngerjainnya bareng-bareng, sharing gitu capeknya. Jadi yaa.. gitu deh..


Ah tunggu dulu, alesan itu kayanya terlalu klise~


How about.. Kalo team-work kan kita bisa atau bahkan harus menggabungkan berbagai macam ide dan gagasan dalam satu ember [blah kog jelek banget bahasanya], dalam satu wadah [nah bagusan dikit!]. Nah bisa dibilang gw suka sama efek yang ditimbulkan ketika serangan ide dan gagasan dari masing-masing personil tim itu datang dengan seketika, kayak molekul-molekul proton dan neutron yang bergabung dalam satu atom, dimana terjadi tabrakan, chaos, perang ide yang sedemikian rupa hebat, dimana masing2 personil berusaha mempertahankan idenya sekuat mungkin, sampai akhirnya tercipta suatu pemahaman yang realistik yang datangnya dari sesama personil tim, yang kesannya 'menyadarkan' atau 'mengembalikan pada realita' tentang ide siapa yang lebih pantas dan lebih realistis dijalankan untuk kebaikan bersama.


Sound like fun, eh?


That's what i feel.


Di tahap concepting, wah team work itu oke benget. Segala hal yang ga mungkin jadi mungkin, ya walau segala hal yang mungkin bisa jadi ga mungkin juga sih. Tapi still, perang ide itu menyenangkan! Jadi keliatan gitu kan siapa yang idenya kuat dan siapa yang lemah. Yang idenya kuat tentunya bakalan lebih susah ngejalanin eksekusinya, tapi pasti hasilnya lebih spektakuler dong. Kalo idenya lemah sih ya ke laut aja Haha ngga deng bacanda, kalo idenya lemah tapi eksekusinya mudah sih sebenernya oke2 aja menurut gw. Cuma ya.. nanti kalo hasilnya diliat bareng-bareng dan di-compare sama yang lain, jangan jiper yaaaaa....!!!


Eniwei, itu asyiknya team-work! Tapi team-work kan juga buatan manusia, pasti ada kekurangannya dongs.. Yang bisa bikin team-work ga asyik cuma 2: kerjaan kebanyakan dan sucks partner. Kalo kerjaan kebanyakan sih menurut gw itu bukan masalah tim ya, lebih cenderung masalah sendiri sih. Let just say each of the team member has their own personal matters and their work is just the victim of the situation. Maksudnya kalo lo bekerja dalam tim, sebisa mungkin bikin jobdesc lhaa.. tapi yang adil.. jadi ga ada deh yang ngeluh tugasnya kebanyakan -kecuali yang bermasalah kaya itu tadi- Bisa kog bisa.. bisa gila!


Then, sucks partner. This is totally a pain in the ass~ Well kita ga selamanya bakalan kerja dengan orang-orang super duper asyik. Ada kalanya yang jadi partner kita adalah orang yang kalo boker ga cebok! Ya kind of lah, haha. Maksud gw adalah orang-orang ga banget gitulah, ngerti kan?


Masing-masing dari kita pasti punya kriteria sendiri tentang orang kaya gimana yang ga banget buat dijadiin temen satu tim. Amit-amit jabang beibi-lah pokonya. Kalo gw pribadi, orang-orang ga banget itu ya yang kaya gini:


>>> Orang yang GA PUNYA inisiatif!
Tau inisiatif kan? Itu lho temennya solatip [ignore]! Ya pokonya orang yang ga punya inisiatif itu.. ga banget! Istilahnya ni orang udah syukur dikasih anugrah sama Tuhan berupa otak di kepalanya, tapi ga dipake! Didiemin aja gitu sampe berlumut! Ih.. tega bener deh sama otaknya!
Eniwei, gw sering kerjasama sama orang yang otaknya berlumut kaya gitu. Mereka itu ya, kalo kita tinggal pipis sebentar pun ga bakalan jalan.. Kaya motor ga ada mesinnya.. 
Progress kerja kita jadi lamaaa... banget!! Padahal kan gw cuma pipis!!! 
contoh kasus:


Si A: "Eh, B! Gw pipis bentar ya, lo tolong nyalain laptop dulu biar ntar kita langsung ngerjain."
Si B: "..."
Si A: (balik dari kamar mandi) "Lho, B! Kog laptopnya belom dinyalain?"
Si B: "Kan nungguin lo dulu, kalo ga ada lo apa yang mau dikerjain?!"
Si A: "Bentar ya gw ambil golok."


Ya mungkin kenyataan yang ada ga se-frontal dan se-menohok itu, tapi kira-kira begitulah. Gw bencihhhh cuih sama orang yang ga punya inisiatif! 
Hell-oooo!! Kerjaan kita masih banyak loh!! Masa semuanya harus nungguin gw, nungguin otak gw mikir, nungguin tangan gw ngasah golok buat gorok leher elo! Ah~ ga asyik lo! 
Well, I'm not trying to be the most inisiative person alive on planet earth or kinda leader of the team something, NO. Gw cuma menghimbauuu saja kalo elo terus-terusan kaya gitu.. Mau jadi apaaa~ 
I mean, emang sih kadang-kadang gw suka ga percayaan sama yang dikerjain orang-orang macem Si B. But, at least they can try gitu.. Nanti bagus/ngga-nya di-review bareng-bareng kan bisa.. Toh yang gw kerjain sendiri pun ga bakalan langsung oke kan? Saran dan kritik tentu masih diperlukan, dan mereka tidak membunuh lho! Ya membunuh sih, tapi kan perlahan-lahan.. Jadi gausah sebegitunya panik-lah.. Coba aja dulu kerjain versi lo, sukur2 langsung bagus, kan bisa menghemat tenaga yang lain untuk ngerjain yang lain.. Bagus toh? Semua senang deh! Happy ending deh!


Eh, tapi disclaimernya adalah gimana kalo sebenernya orang-orang ga punya inisiatif itu ga salah.. Jadi mungkin mereka khilaf aja gitu.. Dan gw bersikap kaya gini mungkin karena gw yang bermasalah sama flow kerja gw. Jujur gw termasuk orang yang flow kerjanya cepat. Misalnya gw dikasih tugas hari Senen dengan deadline hari Minggu, then I'll have my own deadline>> Selasa.
Sebisa mungkin gw pengen tugas itu selese. Gw bahkan jadi ga nafsu makan kalo tugas gw belom selese..
Males aja ga sih nunda-nunda kerjaan.. Bete aja gw kalo to-do-list gw jadi numpuk. 


Eniwei 'bete' artinya apa ya? Lupa deh~


Jadi sebenernya yang salah siapa dong?? 


Ah whatever~ I'm not blogging to judge someone, even if i want to judge someone, that is nobody goddamn business. (Easy A - 2010 :D)




>>> Orang-orang yang masalah pribadinya adalah TUHAN!
Maksud gw bukan orang-orang kafir ya, tapi orang-orang gila yang lebih mentingin masalah pribadinya dibanding masa depan kelompok. 
Seriously, mereka gila! 
contoh kasus:


Si C: "D, gimana laporannya udah di-print belom?"
Si D: "Belom.."
Si C: "Lho! Kenapa ga di-print?? Kan deadlinenya satu menit lagi!!!"
Si D: "Pacar gw belom bales BBM gw~"
Si C: "......."


Andai Rumah Sakit Jiwa bisa dipanggil segampang manggil taksi, mungkin gw akan intens berhubungan sama mereka buat ngurusin orang macem Si D! 
Oh dear God, You're so effin creative! Menciptakan orang-orang se-ajaib itu.. Luar binasa.
Gw speechless deh kalo orang-orang kaya mereka udah bikin forum sendiri di dalem tim yaaaang.. ga ada hubungannya sama kerjaan kita sama sekali!! Haish! Gemesss!!!
Dear people-like-that.. Please.. Don't be like that lhaa.. I mean, bukannya ini dasar utama pelajaran PPKn waktu SD, dimana kita harus selalu mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.. Inget kan Bu Guru pernah bilang gitu?!
Kalo lo terus-terusan kaya gitu, pertanyaannya bukan lagi "Mau jadi apa lo???" tapi "Mau jadi apa kelompok lo???"
Kalo satu anggota tim aja ga bisa ngontrol emosinya, perasaannya, sikapnya, pola pikirnya, MASALAH PRIBADINYA, ngapain lo masuk kelompok wooii!!! Bikin susye aje dah ahh... 
Kagak suka ane.. Nuff said.


Tapi kadang-kadang mereka suka minta maaf sih~ 


"Aduh maaf ya gw lagi ga bisa konsen nih, tadi pagi belom boker.."


Oke 1st: Iuh!
2nd: AVADA KEDAVRA!


That's so effin unforgivable you kno!!!!




>>> Orang-orang who is just wrong from the start!
Hahaha. Seems so real, eh? Gw gatau ya ini keajaiban-alam-aku-mempercayainya atau bukan, tapi ada aja kan ya orang-orang yang dari awal udah ga beres~
Ini maksudnya orang-orang yang dari awal pemahamannya udah salah gitu loh, entah teorinya, entah prakteknya, he/she is just wrong..
contoh kasus:


Si E: "Oke makalah kita nanti 100 halaman aja ya."
Si F: "Loh kenapa ga 1000 halaman?"
Si E: "Err.. kan 100 halaman cukup, ngapain banyak-banyak?"
Si F: "Kalo bisa banyak ngapain sedikit?"
Si E: "Kalo bisa sedikit ngapain banyak? Go Green, remember?"
Si F: "Ngapain dicetak di kertas warna ijo?"


Pas orang-orang bilang A, eh dia bilang B sendiri. Pas orang-orang pake kaos kaki duluan baru pake sepatu, eh dia pake sepatu duluan baru pake kaos kaki.. 
Ya.. bukan berarti dia salah sih.. Mungkin itu keunikannya dia sendiri.. Tapi somehow it just ain't right, right?
Bukan berarti orang itu gila kaya Si D ya. Mereka ini cenderung ke orang-orang lebay yang terlalu ngimpi, ga realistis, konsepnya besar tapi gatau eksekusinya gimana, eh terus salah lagi! Eeeaaalaaah...
Eh tunggu, kayanya gw pernah denger karakter orang semacam ini di film...
Ha!
Luna Lovegood!
Luna Lovegood kinda person!
Sebenernya mereka itu unik, malah kadang-kadang unyu (kenapa gw ikut-ikutan pake kata ini sih -__-)!
Unluckily kalo mereka udah dimasukin ke dalam tim, malah bisa merugikan tim karena pemikiran dia yang tidak umum itu tidak selamanya bisa diterima tim yang mengutamakan rasionalitas.
Makanya orang-orang itu lebih enjoy sendirian kemana-mana! (Lah berarti gw juga? Iya sih, yang bagian unyu-nya. xp)


Yang ga bagusnya adalah ketika dia mencoba memaksakan kehendaknya yang tidak umum itu ke anggota tim yang lain. Ih sumpah itu rasanya kaya dijejelin biskuit buatan Malaysia! Pernah makan biskuit Malaysia ga? Ih sumpah ga enak banget deh! Kaya makan makanan vegetarian tapi dalam bentuk biskuit! Yuck!




Yaa.. Begitulah kira-kira analisisnya. Sorry kalo postingan ini menyinggung siapapun yang membacanya. Itu semua menurut gw loh... Bukannya gw berarti ngomongin orang yaa.. Kalo orangnya ngerasa diomongin yaa.. omongin gw balik aja..  Gw suka kog diomongin. Hahaha


Sometimes we just have to speak our mind, right? So here I am #justsaying. No offense, dear friends! Take it eas-lhaaa... So, we cool?


Dan hei! Gw menemukan alesan baru deh kalo ditanya kenapa lebih suka kerja dalam tim! Ya gampang, gw bilang aja gw ga mau jadi orang-orang tersebut diatas. Tapi kayanya kebanyakan ya kalo gw jelasin dari awal.. Jadi mungkin kalo ditanya gitu lagi, jawaban gw adalah: "Oh Mas/Mba bisa liat jawabannya di blog saya. Twitter Mas/Mba apa? Nanti saya mention dan kasih link-nya. Terima kasih."


Just kidding~


Eh tapi gw jadi penasaran, emang kalo ditanya kaya gitu, sebenernya kita harus jawab yang apa sih yang bener?

4 comments:

  1. terserah elo dah.. dipilih2 aja.. kalo gw sih ga mau masuk kelompok mana2, hwehehehe~

    ReplyDelete
  2. Eh, gue pengen tau itu siapa sih pencetus kata "unyu"??
    Agak annoying karena mudah menyebar,,jd gue ketakutan ikut pake kata2 itu...hahahaha

    Oke, counter-argument:
    1. Ah yg itu sih temen lo emang udah berontak dan ga mau jadi anak buah lo aja! Saatnya bagi lo buat melatih disiplin mereka lebih keras,,suruh push-up aja kl gitu lagi (ini temen ato pelatihan militer??khe khe)

    2. Yg ini sih emg ga bisa diapa2in lagi y,,bunuh aja lain kali gimana? tp kl tb2 gue ikut kelompok ini,,jgn bunuh gue,,mending lempar aja ke laut kutub utara

    3. JUST WRONG FROM THE START?! Gimana kl lo ikutan team work sama anak iklan yg random, banyak intermezzo-nya, pada ga fokus waktu perang otak (brainstorm -red)?? Jadinya bukan kami yg lo bunuh, tp lo yg bunuh diri.
    gyahahahahahah XD

    ReplyDelete
  3. klarifikasi @decu:
    1> baru mau bikin jadwal latian militer, eh keburu uas~
    2> iya nih lagi nyari assasin di kaskus
    3> kalo random becandaannya sih ga apa2 dech, malah bagus bikin hidup suasana, yang gw maksud tuh yang salah konsep dari awal, hahahaha

    ReplyDelete