Thursday, September 8, 2011

Majalah


Dulu, waktu kecil, ada masanya gw suka baca majalah Bobo. Langganan bertaun-taun, dari mulai bisa baca sampe bosen sendiri. Selalu menanti2kan edisi selanjutnya dan selalu riang gembira kalo edisi baru terbit. Terus dibaca. Anteng. Seneng.

Ketika beranjak abege (dan pengaruh teman-teman), gw mulai baca majalah Gadis dan Kawanku. Tapi ga intensif, sekali-sekali aja kalo lagi ada berita tertentu yang pengen gw baca, ya gw beli (baca: merengek minta dibeliin nyokap). Kedua majalah ababil itu, entah kenapa nyokap gw ga memperbolehkan gw langganan.

Ga berapa lama dari masa Gadis dan Kawanku, nyokap surprisingly melangganankan gw majalah Cosmogirl. Itu waktu kelas 1 SMP, Cosmogirl Indonesia edisi pertama terbit. Nyokap diundang temennya untuk menghadiri launching Cosmogirl dan semua tamu yang dateng launching itu dikasih potongan harga untuk langganan selama 6 bulan. Jadilah gw pembaca Cosmogirl untuk 6 bulan. Tapi, gw suka majalah ini. Kontennya kaya majalah luar negri, sama sekali ga ada standardisasi majalah remaja Indonesia (karna masih baru kali ya?). Waktu apapun yang ditampilkan disitu, produk2nya, artikel2nya, tips and trick, whatever, menurut gw sih terlalu out of reach untuk gw waktu itu, entah kenapa gw tetep suka. Setelah jangka waktu 6 berakhir, gw request ke nyokap untuk terus langganan. Surprisingly lagi, nyokap ngebolehin.

Sekitar kelas 3 SMP, gw beli pake uang sendiri majalah Cinemags edisi Harry Potter and The Prisoner of Azkaban karena ngincer bonusnya (syal Gryffindor). Kali pertama gw baca Cinemags, gw langsung suka juga. Walaupun gaya bahasanya belom cukup umur untuk gw baca, tapi gw suka. Pas gw request minta langganan, nyokap ga ngebolehin. Nyokap bilang gw langganan Cosmogirl aja.

Pas SMA, gw makin suka baca Cinemags. Gw sering nabung uang jajan gw biar bisa beli Cinemags. Cosmogirl tetep dateng tiap bulan tapi cuma gw baca sekilas sampe akhirnya ga gw baca sama sekali. Banyak Cosmogirl gw yang gw kasih ke temen gw di sekolah karna mereka bahagia banget kalo bisa baca itu. Sementara gw strive untuk terus beli Cinemags. Di saat yang bersamaan, gw kenalan sama National Geographic Indonesia. Langsung suka, karena gw dari dulu suka pelajaran geografi. Seperti biasa, gw request langganan, dan masih ditolak sama nyokap.

Tapi lama-lama nyokap sadar gw ga mau baca Cosmogirl lagi. Walaupun ga lantas memperbolehkan gw langganan Cinemags, nyokap malah beliin gw majalah-majalah remaja luar negeri. Kalo kebetulan lagi keluar negeri atau beli di toko buku lokal, nyokap pasti beliin gw majalah kaya Girlfriend AU, Dolly, Teen Vogue, Teen People, Cleo, dsb. Kebetulan gw juga suka baca majalah terbitan luar, supaya bisa practice English. Tapi sesekali, nyokap beliin gw Cinemags atau NG atau Reader’s Digest (oh ya gw juga kenalan sama Reader Digest dan suka juga, feature-nya bagus2) untuk gw baca. Jadi masa itu, variasi majalah yang gw baca cukup banyak.

Masuk kuliah, gw enough banget sama majalah remaja dan cuma pengen baca majalah yang gw suka aja: Cinemags, NG, dan RD. Alhamdulillah nyokap udah mengerti akan hal itu dan cukup men-support semua itu sama sekarang. Gw kira gw akan seterusnya menyukai ketiga majalah itu. Yes, indeed. 

Tapi, belakangan ini, gw mencoba referensi lain. Gw coba baca Grazia (pinjem dari Iif) dan suka. Gw coba baca Joy (pinjem dari Iif juga) dan suka. Pas gw baca dua majalah itu, gw merasakan excitement yang sama dengan ketika gw baca Cosmogirl. Ini sebenernya poin yang mau gw omongin, kenapa fase minat gw terhadap suatu majalah, bisa naik turun kaya gitu ya?

Padahal personally, gw merasa ga mengalami perubahan dari segi kepribadian, psikologis, pola pikir, atau hobi misalnya. Tapi kenapa minat gw terhadap majalah bisa berubah2 ya? Kenapa ya gw ga bisa setia sama satu majalah untuk kurun waktu yang lama. Gw liat banyak orang (baca: iif) sangat setia sama suatu majalah sampe menganggap majalah sebagai kitab sucinya. Nyokap gw juga, dari jaman gw bayi sampe sekarang, bertahan sama Femina. Kakak sepupu gw (beda 6 taun), dari mulai SMP sampe sekarang udah merit, masih baca Cita Cinta.

Sedangkan gw, yang bisa membuat gw bertahan setia untuk membaca cuma satu: Harry Potter.

Antiklimaks.

No comments:

Post a Comment