Monday, September 5, 2011

Summer 2011 : HK-SZ Trip #3


Hi guys! How y’all doin?

Mungkin lo heran belakangan ini postingan gw berbau emo semua *yeah blame lebaran* but enough about it, the sucky lebaran is over, everything’s going back to normal and why don’t we start with something real fun? :)

Gw mau ngelanjutin cerita perjalanan ke China dua bulan yang lalu, yeah, telat banget.

Okay where were we?

Hmmm.. abis dari Disneyland ya?

Abis dari Disneyland gw... nonton Transformers~

*tertunduk lesu masih ada aja utang posting*

Ah coba kita fast forward sedikit:

Transformers 3 seperti yang lo semua udah nonton di bioskop2 kesayangan, adalah film super panjang dan super melelahkan, paling melelahkan di antara film2 summer 2011. Meskipun demikian, ceritanya menurut gw lebih baik daripada Transformers 2, Michael Bay mengambil momen yang pas untuk memulai cerita (Peluncuran Apollo 11) dan tetep menjaga keutuhan ceritanya dari awal sampe akhir. Robot2nya juga ditampilkan dengan cukup epic (seriously, all those crashes and explotions from special effects, i never seen something that enormous before) dan salah satu redline-nya adalah Michael Bay bisa menampilkan sisi emosional dari para robot, something he never did before. Ini prestasi sendiri, menurut gw. Rotten Tomatoes boleh cuma ngasih 36% buat film ini, tapi mereka harus mengakui kalo belom ada sutradara yang bisa ngasih efek sedahsyat itu sebelomnya, (not even from Nolan, no?) so i called this Michael Bay’s biggest dignity. :)

Wew i just reviewed a movie in one paragraph! That’s... terrific!

Anyway, time goes on, abis nonton Transformers, gw balik ke hotel dan langsung tidur pules ga pake mandi. Seriously?! Itu udah jam 3 pagi dan morning call gw jam 6, belom ditambah jetlagnya 2 jam. Doh~

Hari ke-3 kita dijadwalkan untuk transfer by bus to Shenzhen – China (Woohooo!!!!). Jam 6 kita bangun, mandi, packing dan langsung breakfast. Untungnya kita makan cepet jadi satu jam kemudian gw, nyokap, sama ade gw udah duduk manis di lobby nunggu rombongan tour. Eh tiba2 tour guide kita ngasih tau kalo kita baru bisa berangkat jam 9 karena sekarang jalanan lagi macet2nya (kenapa ga bilang dari kemaren?! tau gitu gw tidur lagi~), tapi males balik lagi ke kamar jadi kita mutusin buat jalan2 sekitar hotel. 

Here’s a few random things to check out:

Went to local 7/11 to buy some candies

Magazines, tempted to buy but then realized it’s in Cantonese, not Chinese~

Found Indonesia Restaurant! Jauh-jauh... (-__-“)

The bridge to MTR station, too bad we didn’t get to try one :(


~hidden treasure~

Kemudian kita berangkat menuju Shenzhen. Perjalanannya kurang lebih 2 jam yang sebagian besar gw gunakan untuk lanjut tidur. Sekitar jam 2, kita sampai di imigrasi China. Disini kita ngantri buat dapet visa on arrival di Shenzhen. Karena ikut tour, semua dokumen kita udah diurusin, kita tinggal ngantri buat di-cap. Suasana tempat imigrasinya mengingatkan gw akan terminal ferry di Batam, crowded dan tidak teratur, penuh manusia dari berbagai ras juga. Kita ngantri 2 kali, pertama buat ngecap paspor tanda keluar dari hongkong, kedua buat ngecap paspor tanda masuk ke China. Antreannya panjang banget, ada kali sejam kita ngantri, sampe kebelet pipis. 

Setelah keluar dari imigrasi, langsung cari toilet umum, which is a very bad idea karena toilet umum di China itu JOROK LUAR BIASA! Sumpah deh, kalo bisa tahan pipis mendingan tahan aja sampe balik hotel karena secara umum toilet di China emang jorok2 banget, di mall, di tempat wisata, di restoran, wah kalo lo nemu yang bersih itu jarang banget deh. Beda sama Hong Kong, toilet2 HK tuh masih beradablah, masih berbentuk kloset duduk dan ada tisu. Kalo di China toiletnya kloset jongkok semua dan ga pernah ada tisu (atau gw yang ga beruntung nemu tisu ya?) instead, dia punya selang aer buat cebok! Wtf bangetlah~

Kita melanjutkan perjalanan ke Windows of The World, salah satu tempat wisata terkenal di Shenzhen. Kalo lo buka Flickr gw, jangan kaget kalo lo liat foto gw di depan menara Eiffel, piramid, Arc d’Triumph, Big Ben, Volendaam, dll, itu semua fake saudara-saudara! Tersangkanya ya si Windows of The World di Shenzhen ini. Hihihi~

Emang WoTW isinya tiruan2 landmark2 dunia semua. Gedenya lebih kurang sama kaya Taman Mini tapi entah kenapa masih sanggup dijelajah pake kaki. Ada kereta, sepeda, dan segway juga buat keliling2, tapi rentalnya mahal (sekitar 100, 1 (1 Yuan) = ± Rp 1300, sedikit lebih mahal dari $HKD (Rp 1100,-) tapiiii harga barang2nya lebih murah :)

Setelah menjelajah WoTW, kita langsung menuju ke Splendid China Folk Village. Ini kaya miniatur China jaman dulu, semacam pusat kebudayaan China juga. Tujuan kita disini adalah untuk makan malam dan menyaksikan atraksi opera China. For the first time, i was like... uwow! Ini kan yang sering disebut2 Laoshi waktu jaman les mandarin: Jingju! Jingju! Wo yao gan Jingju! Hahah~

I’m in China, baby!

Operanya overall keren sih, walaupun ceritanya boring, nyehehe~ namanya juga sejarah, eh ga semuanya sejarah sih, ada beberapa folklore di-medley, kolosal2 gitu, tapi ya sama2 boring~ Tapi gw cukup terkesan sama sound dan lightingnya. You know, gw punya fetisisme terhadap musik dan lagu2 China (both traditional and modern) jadi walaupun gw ga menikmati alur ceritanya, setidaknya gw bisa menikmati musiknya sambil merem. Hehehe.

few scenes i ‘pirated’ from the show, no camera allowed though :p

Abis nonton opera kita ke hotel karena badan udah mulai encok. Khusus gw, badan udah mau roboh karena terlalu excited bisa ke China :p

Di Shenzhen, kita nginep Best Western Felicity Hotel and gotta tell you, the hotel's R.A.W.K.S! tadinya kita udah pesimis bakal dikasih hotel yang crap kaya di HK, tapi hotel kedua kita ini ternyata Exceed Expectation – Di Luar Dugaan banget! Ya standar hotel bintang 5 deh! Hohoho~ 

View from our hotel (front)

View from our hotel (back)

Dan yang luar biasanya lagi, kalo di Hotel HK kita harus mengemis kalo mau pake internet (baca: internet sistem colokan ke laptop dengan charge $40 per jam, cuih!) kalo di Hotel SZ, gw bahkan bisa napas pake internet karena internet is everywhere and it’s free because the whole area is wified!!! Horeeee!!!! 


Linuxed Penguins, must be the relatives of the penguins of madagascar

Surprise! Surprise! Karena privilege nyokap gw, gw dapet kamar yang udah ada komputernya! Hohoho! Sampe kamar capenya ilang, langsung online buat temu kangen sama social media. Awalnya sempet bingung karena sistemnya Linux yang berbahasa China, tapi untung ada simbol Internet Explorer, langsung klik buat buka email dan tentu saja Twitter. Email kebuka walopun cukup lama, tapi manage buat chatting lewat Ymail. Tapi Twitter kenapa ga kebuka2 ya? Coba Facebook juga ga kebuka2, blogger juga ga kebuka2. 

Kemudian kenyataan ini menghantam gw seperti Avada Kedavra:



Terjemahan:

“Sorry, bitch. You can’t open freakin’ Twitter and freakin’ Facebook in freakin’ China!”

!!!Jeder!!!

Atapilooooo ~~

Gw lupa banget! China kan satu2nya negara yang ga memperbolehkan akses social media! Doooohh.... Gw cinta sih cinta sama China tapi kog yaaa... YTF!

Huhuhuhuhu... berarti... masih... harus... puasa... Twitter... dong...

*emo berat* 

Apalah artinya oksigen jadi wifi kalo ga bisa buka Twitter.....

hix.hix.

*masih emo berat*


See ya on Day 4 post, guys!

:)

No comments:

Post a Comment