Sunday, July 8, 2012

The Amazing Spider-Man Review


Prolog:

Hi all! How you guys doin?

Sebenernya gw lagi ga mood untuk ngepost apapun malem ini karena gw baru sembuh sakit. Well, belom sepenuhnya sembuh sih, tapi seenggaknya lebih mendinganlah daripada kemaren. Entah kenapa ngerasa ada suatu keharusan untuk ngeblog. Tadinya pengen curcol satu dan lain hal tentang… life, tapi ngerasa bahan curhatannya belom kekumpul semua. There’s still something unclear about what I’ve been worrying this past few weeks, so I need to figure out what it is. I’ll tell you guys later when I got the answer, yes?

So, I’ve watched The Amazing Spider-Man.

(Thank you Ema, for accompanying me last Friday!)

So I think about making a review. Udah lama juga ga nge-review film di blog.

Hmmm… where do I start?

Seperti halnya The Avengers, Spidey juga jadi film unggulan tahun ini. Jadi harom namanya kalo ga nonton, lebih harom daripada ga nonton Brave. Apalagi cast utamanya, Andrew Garfield dan Emma Stone adalah artis yang gw tunggu-tunggu~

………………………………………………………………………………………………………………..

Ini sebenernya gw mau ngomong apa sih?!

Bingung sumpah mau nge-review darimana~

Oke, satu-satu.


Filmnya: menurut gw The Amazing Spider-Man ga bagus. There, I said it. Kalo diminta nilai pake angka gw kasih 6.5 dari 10. Tadinya mau gw kasih 7 buat chemistry Andrew Garfield dan Emma Stone yang luar biasa, tapi… Nah, ini yang mau gw bahas.

Film ini film reboot, yang berarti jalan ceritanya beda total sama Spidey yang sebelumnya. Sebetulnya reboot ini bisa jadi sesuatu yang menguntungkan karena ada kebebasan untuk melakukan apapun yang belum pernah dilakukan di Spidey yang dulu. Apalagi, dari segi cerita pun udah dibikin beda banget. Sayangnya, secara keseluruhan filmnya kurang terintegrasi dengan baik.

Gw ga ngerti ya batasan2 reboot itu sendiri ada di apa aja. Apakah semuanya boleh beda total atau ceritanya beda tapi karakter pemainnya sama, atau sebaliknya~ karena gw melihat hal ini sebagai sesuatu yang masih mengambang di film ini. Maksud gw gini, awalnya gw kira reboot berarti ceritanya diubah, tapi karakter tokoh2nya tetep sama. Menurut gw karakter itu sesuatu yang harom kalo diubah, apalagi Spidey adalah adaptasi komik legendaris yang mana karakter tokoh2nya itu harus dipegang teguh persis seperti aslinya. 

Tapi di film ini nggak~ Ini masalah banget buat gw ketika Peter Parker yang harusnya jadi anak SMA yang nerd, cupu, culun, geek, etc… jadi terlihat cool banget dengan skateboard, sikapnya yang selenge-an dan wajahnya yang maha ganteng. Emang sih Andrew Garfield pas banget ngebawain Peter Parker yang baru. Tapi men, please~ ini sih namanya mengkhianati komiknya dong~

Jujur gw keganggu banget sama karakter Spidey yang baru ini. Lepas dari fakta klo gw ngefans sama Andrew Garfield. Okelah di karakter itu dia ada geek2-nya juga, tapi itu dikit banget, banyakan versi cool-nya. Yang gw heran ya, cowok se-cool itu kenapa susah banget pas ngajakin Gwen Stacy kencan? Come on, nggak make sense. Dia bisa dapetin cewek manapun dengan sekali kedipan mata. Kalo masih susah ngajak cewek kencan sih, itu karakter cowok geek banget, bukan yang cool kayak gitu~

Ada poin yang hilang seiring dengan berubahnya karakter Peter Parker jadi cool guy ini. Menurut gw, se-beda-beda-nya cerita Spidey yang baru ini sama yang lama, tetep harus ada momen dimana Peter Parker mengalami fase pendewasaan diri ketika berubah jadi Spiderman. Ini yang ga gw liat di The Amazing Spider-Man. Karena Peter udah cool dari sananya, ketika dapet tanggung jawab yang lebih besar pun dia lebih terlihat menikmati privilege jadi superhero, tapi ga ada kesiapan untuk something like… membasmi kejahatan or something. Dari segi kepribadian, dia tetep bocah. Jadi Andrew, no offense, acting lo keren, tapi di mata gw Peter Parker yang bener ya tetep Tobey Maguire.

Second of all, banyak adegan gantung dan adegan yang ga masuk akal, don’t you think?
Ini gw list beberapa yang gw inget:

- Peter bersumpah akan memburu pembunuh Uncle Ben. Di Spiderman yang dulu, pembunuh Uncle Ben berhasil diburu dan dibunuh sama Spider-Man. Tapi di The Amazing Spider-Man, dikasih liat usaha Peter nyari si pembunuh, tapi ga selesai dan terlupakan begitu saja.

- Waktu dikejar gangster, peter jatoh ke ring tinju dan nemuin graffiti laba-laba dan… terinspirasi untuk bikin baju dengan gambar itu. Lah terus apa gunanya digigit laba2? Itu belom menginspirasi emangnya?

- Kisah cinta Peter sama Gwen menurut gw terlalu cepat. Just one date and they already make out. Padahal Peter bilang suka pun belom, membuktikan diri dengan menyelamatkan dunia pun belom. Keliatan banget usaha sutradara membuat penonton ga menyadari hal ini dengan ngasih liat terus2an chemistry Andrew Garfield dan Emma Stone. Chemistry mereka emang luar biasa, jadi wajar kalo orang2 never mind dengan logika cinta yang terlalu ga masuk akal ini.

- Hubungan Peter Parker sama Uncle Ben dan Aunt May kurang dalem. Gw ga ngeliat ada kasih sayang dari Peter ke mereka. Peter terlalu banyak membangkang. Again, kenapa juga Peter  dibuat cool banget? Terus lagi, gw bingung ya, sebenernya gimana sih kondisi keuangan keluarganya Peter Parker? Bukannya dia harusnya miskin? Kalo di Spidey yang dulu kan si Peter harus cari kerja sampingan buat bantu paman dan bibinya. Yang jadi fotografer freelance itu kan? Nah Spidey yang baru ini tajir banget kali ya? Sampe dia ga harus kerja macem2, udah bisa beli ini itu, bisa bikin lab mini di kamarnya, bisa bikin baju berbahan Spandex tanpa harus ikutan taruhan tinju liar, dsb~ The new Spidey is a spoiled~

- Dr Connors yang awalnya baik banget, kenapa jadi jahat banget? Karena kehilangan pekerjaan? Oke itu make sense. But correct me if I’m wrong, bukankah kronologinya gini:

Dr Connors dipecat –> si Irrfan Khan (that India executive who fired him) mau uji coba serum itu ke rumah sakit veteran –> Dr Connors berusaha mencegah –> dia uji coba serum itu ke tangannya sendiri –> dia pingsan –> pas bangun tangannya tumbuh –> dia seneng –> tapi kemudian dia berubah jadi The Lizard –> dia berusaha mencegah si Irrfan Khan –> di jalan dia kepalang jadi The Lizard –> dia cari mobilnya Irrfan Khan –> ketemu –> dia coba bunuh si Irrfan Khan –> ga berhasil, keburu dihajar Spider-Man –> dia kabur.

Gantung. Jadi Irrfan Khan-nya gimana? Apakah dia jadi uji coba serum itu ke rumah sakit veteran? Ini sampe akhir film pun ga dibahas lagi lho. Yang bikin gw tambah bingung, kenapa Dr Connors jadi jahat? Bukankah di tadinya mau mencegah si Irrfan Khan berbuat kejahatan? Kenapa kemudian dia jadi yang berambisi menyebarkan virus itu ke seluruh kota?

- adegan The Lizard keluar dari kloset kamar mandi sekolah buat nyari Peter Parker itu KONYOL banget. Kenapa harus kloset??? I mean, okelah dia bikin semacam lab darurat di selokan, tapi yaa again, KENAPA HARUS DI SELOKAN??? Apakah dia jatuh miskin karena dipecat? Apakah dia ga punya rumah sebelumnya? Wait a minute, bukannya ada adegan Peter berkunjung ke rumah Dr Connors?

- The Lizard sempet menularkan virus ke beberapa polisi tapi para polisi itu ga langsung berubah jadi monster. Padahal si professor itu langsung berubah abis disuntik. Lebih seru kayaknya kalo monsternya banyak, tapi kenapa para polisi itu ga berubah2 ya? Running out of budget?

- Para polisi udah spotted The Lizard bikin kekacauan dimana-mana, tapi yang dikomandokan Captain Stacy kepada anak buahnya adalah: “tangkap Spider-Man secepatnya!” wait, WHAT?!! Are you fuckin with me??? Itu monster bisa dimana aja, kenapa malah Spider-Man yang dikejar? Aneh bin ajaib....

- The Lizard mergokin Gwen Stacy bikin anti-serum buat membunuh virus berbahaya. Eh~ Gwen Stacy-nya didiemin aja~

- Tanpa alasan yang jelas, Peter mutusin Gwen. Padahal, bapaknya Gwen bilang sendiri ke Peter kalo Gwen jadi tanggungjawab Peter setelah dia meninggal. Terus kenapa diputusin??? Kalo ini cuma clue untuk sekuel berikutnya, gotta tell you, it’s lame as fuck! Penonton udah pada tau lagi, kalo Gwen Stacy itu cuma cinta monyetnya Peter Parker, bahwa selanjutnya akan ada karakter cewek baru di hidup Peter. Tapi ngasih tau penonton lewat adegan diputusin ini, hahahahaha~ Konyol abis.

Well, well, well, cuma itu yang kepikiran. Yang mau gw komenin lagi adalah sinematografinya. Gambar udah bagus, tapi ditonton ga 3D kayaknya ga apa2. Efek-efeknya juga udah bagus, udah sekelas summer movies yang lain. Usaha Andrew Garfield ngomong dengan aksen Amerika juga udah lumayan. Walaupun di beberapa dialog gw masih mendengar logat British-nya dia. Hahaha… Gw juga menghargai usaha Emma Stone untuk jadi ‘cewek normal’, if you know what I mean~ haha~ selama ini kan peran doi yang kocak2 mulu, sekalinya normal awkward sih, tapi okelah.

Yang bikin sebel lagi adalah ceritanya yang lompat-lompat, yang tadi gw bilang ga terintegrasi dengan baik. Jokes, humor udah lumayan, walaupun beberapa jayus. Ini juga yang lacking dari film ini. Ga ada quotes yang memorable gitu lho~ Quotes sesimpel ‘with more power comes more responsibility’ aja ga ada. Mungkin mereka berusaha mengubah quotes itu dengan dialog yang lain, tapi sayang feel-nya ga dapet.

And then… hmmm… apa lagi ya? Gw ngeliat film ini terlalu banyak ngiklan~ Gw lupa persisnya apa aja tapi yang paling ganggu adalah Sony Ericsson Android~ Gila ya, sampe games-games didalemnya dikasih liat~ OMG~ Gw juga ngeliat si Spidey ini kayak ketergantungan gitu sama handphone-nya. Dikit-dikit ditelpon Uncle Ben, disuruh ini pake telpon, disuruh itu pake telpon. Di adegan terakhir dia nelpon Gwen Stacy buat ngasih tau The Lizard lagi ke Oscorp~ Seriously? Lo nelpon??? Banci banget! Come on, you're superhero! You get there and save the girl that's how it goes~ Percuma juga kan lo telpon, serumnya belom jadi, tetep aja lo harus kesana toh? Terus ngapain telpon? Ya buat ngiklanlaaaahhh………………………………

Satu lagi, gw ngikutin The Amazing Spider-man dari satu trailer ke trailer lain sejak taun lalu dan semua trailer mengarahkan kita ke satu pernyataan yang sama: The Untold Story. Cerita tentang hilangnya orang tua Peter Parker. Tapi di film-nya sendiri gw ga melihat kisah hilangnya orang tuanya itu jadi sesuatu yang penting. Well, ada sih saat2 Peter sama Dr Connors ngebahas hal ini saat ngobrol2 dan di klipingan koran2 itu. Tapi ngga ngasih pengaruh apa2 ke ceritanya. Ga ada andil cerita orang tuanya itu ke perjuangan Spider-Man kedepannya. Peter pun ga mempertanyakan hal itu ketika dunia sudah berhasil diselamatkan. Kemudian apa maksudnya hal ini dibahas lagi di akhir film, ketika Dr Connors yang udah dipenjara mendengar suara lain yang mempertanyakan hal ini? Clue untuk sekuelnya? Apakah itu berarti Dr Connors akan jadi musuh Spidey lagi?

Well overall intinya gw ga suka film ini (still love Andrew Garfield nd Emma Stone though). Marc Webb, so sorry my friend, you lose the bet. Film lo jelek, best director akan jadi ajang rebutan antara Chris Nolan sama Josh Whedon aja.

Yang jelas ide reboot ini turns out to be a disaster. Keliatan banget eksekusinya belum se-siap konsepnya. Masih banyak celah, masih banyak kurangnya. It’s like puzzle with so many missing pieces. Mudah-mudahan di sekuelnya nanti masalah-masalah ini udah diatasi. Mudah-mudahan juga siapapun yang meranin Mary Jane nanti ga membuat Andrew sama Emma putus.

Anyway gw juga mau menyampaikan sesuatu buat cewek2 yang jadi tergila2 liat Andrew Garfield disini.

“OMG… Andrew ganteng banget.. hot banget.. lalala lilili...”

BASI LO SEMUA!

Pas The Social Network kemana aja lo???

Capek deh baru nyadar Andrew ganteng sekarang~


PS: Gw jadi parno nih kalo beberapa taun lagi ada yang inisiatif nge-reboot Harry Potter, dimana karakter Harry Potter akan jadi cool laid back gimana gitu~ OH MY GOD JANGAN SAMPE DEH! Remake aja deh remake. Kalo di-remake gw ridho. Hohoho…



No comments:

Post a Comment