Sunday, December 20, 2020

Brand yang bikin gw loyal - #2 MUJI



OMG I L.O.V.E MUJI!

I love everything about it.

Konsepnya: “No Brand” brand. Ga pernah tuh di produk2nya ada tulisan Muji segede2 gaban buat branding. Bersih.

Brand berbicara lewat kualitasnya. Juga di design dan konsep minimalisnya. Menurut gw ini keren banget. 

Gw sudah mencintai Muji sejak lama, tapi baru bisa afford beli barang2nya kira2 tahun 2016 di Australia. Sedih, ya? LOL~

Kecintaan ini bermula dari hobi mengunjungi toko offline Muji di PI (sekarang udah ga ada) dan GI. Bikin betah banget tokonya. Masuk ke sana berasa masuk ke rumah idaman. I love every spot and the way they curate the collection.

Ketika pindah ke Aussie, toko Muji di Emporium Melbourne lebih bikin betah lagi, karena koleksinya lebih lengkap dan tokonya harum sekali. Sejak saat itu mulai deh beli2 barangnya. 

Dimulai dari essentials. Waktu itu kondisinya lagi winter di Aussie, jadi gw beli kaos kaki segepok. Mayan murah, $20an udah dapet 5 pasang. Kualitasnya JUARA! Literally gw pake di rumah dan di luar rumah. Lagi tidur, jalan, olahraga, piknik, dll selalu gw pake. 

Terus mulai beli peralatan kuliah juga, seperti stationary dan notebook. Mahal sih. Tapi ga nyesel, karena kualitas bagus. Pulpennya enak banget dipake. Enteng, ga bikin capek nulis. 

Ketika liburan, ada rencana traveling, jadi beli kebutuhan traveling Muji To Go: bantal pesawat. Canggih banget dia punya yang panjangnya adjustable gitu. Super soft pula pas dipake. I love it!

Sebenernya sampai sekarang masih kepengen beli koper Muji To Go yang keren banget itu, tapi nggak diskon2 euy.. Masih awet di angka 2 jutaan buat koper kabinnya. 

Memasuki summer di Aussie, butuh T-Shirt yang adem buat piknik/main, saat itulah berkenalan dengan Muji Fashion. Koleksi T-Shirt-nya mantap, berbagai macam motif dan warna. Ga mahal2 amat, $15an kalo ga salah. Sampai tulisan ini dibuat, gw udah punya 7 T-Shirt Muji~ wkwk~

Balik ke Indonesia, ada kebutuhan ngantor, perlu outfit yang lebih proper, mulai beli kemejanya. Kualitasnya JUARA, oops I did it again, tapi bener guys, bahannya tuh bagus banget. Tebal, tapi ga panas. 

Pro-tips kalo mau belanja kemeja di Muji: cek men’s collection. Wkwk~ Kadang2 pilihan style-nya lebih banyak, warna juga lebih banyak. Gw pake men’s size ukuran S muat kok. 

“Tapi bukannya koleksi fashion Muji terbatas ya? Lebih banyak Uniqlo.”

Hmmm.. Buat gw sih Uniqlo vs Muji sama aja kayak Android vs Apple ya. Fungsi dan kualitas ketauanlah mana yang lebih baik. Jadi selama bisa afford Muji, ya gw akan terus pake. 

Ketika diffuser mulai hype, terobsesi pengen punya diffuser-nya Muji karena keren banget. Tapi mehong waktu itu $120ish di Melbourne, di Jakarta juga 1,5 jutaan. Eh, jodoh ga kemana. Waktu ke Muji Shanghai, lagi diskon 300an yuan aja, sekitar 600ribu. YA BELILAH, masa diskon setengah harga disia2kan~ Wkwkwk

Oiya, tadi sempat mention experience di tokonya. Toko di Jakarta dan Melbourne berhasil bikin betah, jadi gw sekarang berambisi untuk mengunjungi setiap toko Muji di berbagai belahan dunia. Yang udah kesampean itu Shanghai. My goodness keren banget, merangkap hotel, perpustakaan, cafe dan diner makanan sehat. Oh sama di Singapore juga udah pernah, yang di Plaza Singapura. Itu juga the best, ada restorannya. Makanannya bule sih, salad and all that. Tapi suka service dan vibe-nya.  

Oh satu lagi, Muji di luar negeri tuh jualan snack yang ENDULITA~ Tapi mahal~ Heuuuuuu~~ Gw belum pernah beli, cuma pernah nyobain kerupuk punya temen gw. Nggak tega banget makannya, sekali kunyah $1~ wkwkwk

Next-nya pengen nyobain nginep di hotelnya. Nanti deh kalo ke Jepang, OG-nya. Bismillah! 

Until then, bye folks!

---

Update 07  Feb 21

This week I received the devastating news that Muji is closing down all stores in Indonesia. Tutup for good, guys.. T.T

Sebenernya ini bukan berita baru, karena Muji Amrik udah duluan tutup--bankrut karena Covid-19 pertengahan tahun lalu. Kirain hal serupa ga berdampak sama bisnis di Asia, turns out kita tetep kena~

Sedih banget dengernya. Muji Indonesia, walaupun barang2nya ga selengkap Muji luar negeri, tetep rajin gw kunjungi setiap abis gajian, walaupun cuma buat beli bulpen atau kaos. Just because like other Muji stores in the world, tokonya bikin betah.

Hiks.. Satu lagi hobi gw hilang karena pandemi. Lebih menyedihkan karena hobi ini berkaitan dengan brand yang gw sayangi. 

Sekarang cuma bisa berdoa supaya Muji di negara2 lain tetep survive, at least Singapore sama Aussie-lah. Rumah kedua. 

Tadi gw paying homage to this beloved brand dengan mengunjungi store-nya untuk terakhir kali di GI. Rencana mau beli banyak barang, puas2in, but alas, gw telat, barang2nya tinggal sisaan aja. Semua yang ada di list gw udah ga ada. Tokonya pun bentuknya udah kayak garage sale, berantakan, vibe homie-nya udah ga kerasa. Akhirnya ga beli apa2..

Selamat tinggal, Muji. Terima kasih atas semua wonderful experience yang diberikan selama ini. 

No comments:

Post a Comment