Saturday, December 5, 2020

This weight loss is concerning

Hi, guys! How y’all doin?

So a month ago I brought my mom to the clinic coz she was sick, and when I was there I checked my weight and shooketh!

Berat gw 42kg aja, lho!

Fyi, berat normalnya itu di angka 47-48kg. Seinget gw pas bulan Februari gw sakit gara2 makan cemilan Bandung kebanyakan itu, pas ke dokter nimbang masih 47-48kg.

Then the pandemic happens. Selama pandemi ini gw ga pernah nimbang sama sekali. Sekalinya nimbang udah 42kg, ya gw syoklah~

I mean, ini concerning banget. Ketika 47-48kg aja gw sebenernya udah terhitung kurus. Cuma gw cuek aja selama masih sehat dan nggak sakit2an. Ga pernah terlalu peduli sama berat badan juga. 

But somehow ketika jadi 42kg ini gw panik, karena ini dampak nyata pandemi. I mean, kita ga pernah tau pandemi ini sampai kapan. Kalau dalam kurun 8 bulan aja gw kehilangan 6kg, gimana seterusnya? Gw bisa makin kurus~

Ga bisa, ini ga bisa dicuekin.

Lalu mulai menganalisis kenapa berat gw turun.

Faktor pertama, sering skip makan. Ya, masa2 kerja di Dian tuh, ketika kerjaan numpuk, semuanya level urgent, call seharian ga berhenti2, eventually lupa makan, atau inget tapi memutuskan untuk skip aja, karena waktu makan jadi kurang penting dibanding waktu kerja~

OMG DIAN~

WHAT THE FUCK HAVE YOU DONE TO ME??!!!

Gila, it just came to me. Gw bukan foodie, tapi gw adalah orang yang mengerti makan teratur itu sangat penting. Ga pernah skip sarapan, makan siang selalu jam 12 teng, makan malam selalu jam 7. In between biasanya ngemil sore atau malem untuk menjaga perut tetap kenyang, either sereal atau chicken nugget atau kentang goreng atau whatever. I don’t like being hungry and I really value meal time. 

Baru sadar mindset itu berubah pas kerja di Dian~

BANGSAT~

Untung gw udah ga di situ lagi. Hiihhhh~~ Mitamit~

Gila, emosi~ 

Tau gitu resign lebih cepet… 

Huhuhu… Maafkan aku ya badanku… Aku nggak sadar kamu suffering sekian lama~ T.T

Faktor kedua adalah stress. Masih berhubungan dengan kerja di Dian. Obviously gw stress dengan load dan pressure kerjaan yang sinting itu. Ditambah gw ga suka apa yang gw kerjakan di sana daaaannn tentu saja bos gw yang make everything worst. 

Gw itu kalo stress asam lambung naik. Mual dan pusing. Udah deh, nafsu makan hilang. No appetite at all. Padahal selama WFH nyokap gw sering masak makanan enak, tapi gw-nya ga makan~ T.T

Faktor ketiga adalah lack of motivation karena makan sendirian~ Kalo di kantor, makan selalu jadi momen bersama. Ke kantin bareng-bareng, diskusi mau makan apa dan dimana, pilih2 restorannya, ngejar apa yang lagi hype di Jaksel, ngejar promo, gosip di perjalanan naik taksi online atau jalan kaki menuju tempat makannya, atau janjian sama temen di kantor lain buat maksi bareng.

Pokoknya apapun makanannya, makannya bareng-bareng.

Walaupun kadang ada disagreement. Harganya mahal, tempatnya jauh, restoran penuh dan harus waiting list, atau alasan2 lain yang membuat momen makan bersama itu jadi less-exciting, overall it is still something to look forward to everyday. 

Ketika WFH, makannya sendiri. Bitter, beb. Meal time jadi nggak spesial lagi~

Faktor keempat, teknislah. Soal nutrisi yang tidak seimbang, kecapean, kurang tidur, metabolisme dan toilet habit yang berubah, depression might also take a part a little, lost of interests, etc.

Nggak bisa nih, ini nggak bisa dibiarin.

Harus cari cara secepatnya buat gain weight, otherwise taun depan gw ga ada bedanya sama those starving children in Africa~

Sekarang sih setelah dapet kerjaan baru, Alhamdulillah ga pernah skip meals lagi. Well, paling masih suka skip breakfast, karena gw bangun kesiangan mulu, tau2 udah jam 9, udah harus mulai kerja. Tapi jarang sih, karena sekarang jarang call back to back dan ga ada daily check in, jadi bangun jam 9 pun masih sempet leha-leha santai. Masih bisa bikin Indomie atau toast sama minum susu.

Makan siang juga ga pernah skip lagi. Apalagi catering yang dipilih nyokap gw sekarang enak banget, jadi semangat makan. Kalo iseng sore2 sering grabfood boba atau mie ayam Alex. Waktu itu pernah order pisgor Bu Naniek juga di Tokped, mayan beli setengah lusin bisa buat 3 hari. 

Kalo mumet, sore2 juga bisa jalan kaki ke Indomaret beli cemilan sambil menghirup udara segar.

All in all, life is getting a lot better now and I’m really thankful for that. 

Mudah2an ini ter-reflect di kebiasaan makan supaya eventually bisa gain weight lagi. 

Gw juga menerima tawaran makan di luar ya, especially kalo lagi waktunya gw ngantor. Posisi kantor gw di SCBD, lumayan tengah, gampang kalo mau makan dimana aja selama masih dalam jangkauan MRT/busway, gw jabanin deh.

Ga mau pelit lagi urusan makanan, speeeeenndd… speeeeenndd.. bakar duit macem ecommurz kebakaran jenggot kalo lagi mega campaign. Wkwkwk~ Itung2 selain nambah berat badan, ikut memajukan ekonomi bangsa yang lagi terseok-seok. Kasian para pebisnis restoran itu, terdampak banget gegara pandemi..

Okay then. It’s a nice weekend so far for me. 

Bangun pagi, sarapan dimsum plus hot chocolate.

Kemudian les Mandarin, laoshinya baiiikk banget.. Aku dipuji piaoliang~ Xixixi~~

Kemudian makan siangnya mala hotpot Haidilao, karena udah craving dari minggu lalu~ Beli di Shopee

Kurang enak sih Haidilao punya, kurang berasa dan kurang pedes, enakan Bashulanren~ Tapi dimana bisa beli bashulanren di sini? Hixx.. I miss China~

Siangnya telponan sama Matahari yang udah back for good ke China karena nasibnya di Aussie semakin ga jelas gegara pandemi. Expected sih. Yang gw ga nyangka ternyata doi experience diskriminasi juga sebagai kaum pendatang di sana. Apalagi kalo konteksnya persaingan dalam mencari pekerjaan dan penuntutan hak sebagai warga negara. Klasiklah, white privilege, yang non-white dikesampingkan.

Melbourne walaupun gencar banget menyuarakan semangat multiculturalism dan inclusivity di campaign2nya kotanya, by the end of the day masih rasis diskriminatif juga sama warga pendatang. 

So yeah, Matahari is back for good and now resides in Beijing. Gw sedih karena ga bisa main di Melbourne sama dia lagi, tapi at the same time hepi karena ini berarti kalo gw ke Beijing lagi udah ada temen~~ hohohoho~~

Makin semangat balik ke Beijing, apalagi headquarter QQ disana juga, who knows later next year ada work trip kesana, terus bisa sekalian ketemu Matahari~ Azeeekkkk~~~ Amien yang kenceng~~~

Abis telponan bobo siang lumayan lama. It’s a really good sleep, ga mimpi macem2. Terus bangun langsung makan malem, sekarang lagi nulis blog ini, abis ini rencananya mau ngemil mala, terus bikin Tiktok. 

Aaah… weekendku menyenangkan sekali. <3

Okelah guys, segitu aja today. Hope your weekend is as nice as mine! Byeeee~
 

No comments:

Post a Comment