Sunday, December 20, 2020

Brand yang bikin gw loyal - #1 APPLE


Bangun tidur kepikiran bikin postingan ini. Mumpung inspirasi lagi mengalir, hayuklah kita dig in!

Gw sudah jadi Apple user sejak 2013, dengan produk pertama iPad mini—yang gw gw beli di Hong Kong. Kenapa beli di HK? Karena waktu itu di Indo belum keluar sedangkan gw udah ngebet banget pengen punya. Belinya sebenernya iseng aja karena harganya mayan murah, kek cuma 5jutaan kalo diconvert ke IDR. Buat nemenin kerja—waktu itu masih jadi wartawan, keknya lumayan.

Ternyata ga cuma sekedar nemenin kerja tapi juga nemenin main. Seru banget bawa si iPad kemana2. Bisa buat main game, foto2, edit foto, doodling, ngeblog, social media, nonton YouTube. Kalo lagi kerja pun enak banget liputan pake iPad. Bisa foto sambil nyatet bahan liputan. Pergerakan lebih lincah. Terlihat lebih fancy juga di antara wartawan2 lain yang rata2 pake hape. Hehehe… Paling diprotes sekali dua kali karena kalo motret ngalangin wartawan lain yang berdiri di belakang karena layarnya kegedean. Haha~~

Secara zaman itu belum punya laptop bagus, iPad jadi teman sementara yang menyenangkan. Sekarang iPad 2nd generation itu udah almarhum. Masih bisa nyala sih, tapi udah lemot banget karena memori sedikit dan ga bisa di-upgrade lagi karena udah uzur. Jadi gw istirahatkan. 

Pengabdian terakhirnya adalah nemenin hari2 membosankan di Melbourne tahun 2016-2017, ketika gw lagi muak banget sama laptop karena assignment. iPad jadi sweet escape untuk nonton YouTube dan doodling. Terima kasih iPad-ku. <3

Produk Apple kedua yg gw beli adalah Macbook Air, pernah gw ceritain di sini. Long story short, sekarang Jess—iyes namanya Jess, udah 5 tahun and we are stronger than ever. Jess berjasa banget waktu gw di Melbourne, dengan mobilitas tinggi setiap hari, intensitas assignment dari Unimelb yang lumayan sadis, Jess got them under control.

Sampai sekarang, Jess performanya masih bagus—amazing banget, padahal iOS-nya stop di Yosemite. At this rate, gw optimis Jess masih bisa nemenin gw untuk 3-4 tahun ke depan, bahkan lebih. Go, Jess!

Produk ketiga adalah iPhone 6S, pernah gw ceritain di sini. Gw beli dia sesaat sebelum gw pindah ke Melbourne, belinya di SG, again, karena di Indo belum keluar. Mayan ada cashback dari GST.  Hwehehe~

Ngomongin si 6S… Wah, where do I start, dia mirip2 sama Jess-lah, udah menemani gw bertahun2, dari 2016, udah menghubungkan gw dengan bermacam2 tipe orang. Udah jadi saksi jatuh bangun gw selama 4 tahun ke belakang. 

Per September kemarin, iPhone tersayang ini gw istirahatkan, karena udah getting slow, ga bisa keep up dengan pace gw. Segala fungsinya masih bekerja, tapi slow aja. Sebenernya ga 100% gw istirahatkan sih, jadi hape kerja sekarang karena kantor belum punya hape operasional. Jadi gw pake buat IG. As soon as kantor punya hape operasional, si 6S rencananya mau gw sumbangkan ke komunitas yang bantuin anak2 kurang mampu School From Home. Mereka mendistribusikan hape2 bekas untuk dipake anak2 itu sekolah online, so yeah since 6S has been a great help for me these past 4 years, I believe she’s gonna make a difference untuk anak2 itu juga. 

Produk keempat adalah BOBACHAAAANN~~ hahaha~~ Gw belom pernah cerita ya? Gw beli iPhone 11 Pro sebagai penerus tahta si 6S. Sebuah spending yang bikin tobat, karena harganya bahkan lebih mahal dari si Macbook Air. Keterlaluan!

Tapi ya gimana.. Kalo beli produk Apple, itu tuh hitungannya investasi jangka panjang. I mean, this is the very reason why I am so loyal to this brand. Ga rusak2 mamennn~~ It’s crazy~ Over the years cuma slow aja, wajar, karena apps2 zaman sekarang kan makin lama makin kompleks, makin canggih dan makin berat.

Tapi ga ada satupun produk Apple yang gw punya pernah rusak. GA ADA! 

Ini beda banget experience-nya ketika dulu gw pake hape Android. Hape Samsung gw, pernah MATI TOTAL ga ada angin ga ada hujan, yang bikin gw kena liability mendadak 2 jutaan buat service-nya. Terus berkali2 error juga, I mean gw sampai nyerah gitu kalo dia tiba2 ngehang atau restart mendadak, ya udah pasrah aja. 

Waktu gw pake laptop Windows juga.. God knows berapa kali gw harus install ulang tuh Windows.. Dari mulai cari yang bajakan sampai original. Penuh dosa banget. Terus ga kuat dipake ngapa2in, inget banget zaman kuliah gw punya laptop tapi masih harus struggling ngantri komputer kampus di perpus, karena laptop gw segitu useless-nya!!! 

Masalah2 seperti ini ga gw temukan ketika gw beralih ke Apple. It’s like one of my life problems just gone. Hidup jauh lebih tenang. 

Alasan kedua adalah user interface. Awalnya skeptis pindah ke Apple dari Android atau Windows, takut ga ngerti, takut susah adaptasi~ Eh ternyata gampang tuh. Ga perlu waktu lama buat adaptasi, karena user interfacenya memudahkan user banget. Ibaratnya gini, satu pekerjaan yang dulu di Android/Windows itu dilakukan dengan 2 langkah, di Apple cukup 1 langkah aja. Lebih cepat! Another life problem solved. 

And I also love the way Apple maintaining its quality. Kamera, sound, iOS, screen, body, connectivity, semuanya top notch. Hands down the best quality. Temen gw dulu punya MacPro, one day jatoh ke lantai, MacPro-nya ga kenapa2, lantainya yang retak~ LOL~ 

I think gw udah berkali2 jatohin my Apple devices, ga ada rusak2nya~ Ga pernah tuh ada adegan gw reach out ke CS buat komplen masalah apapun atau servis apapun, dan kayaknya ga bakal pernah~ Sedangkan zaman Android/Windows bisa quarterly berkunjung ke Ambas buat service~

That’s why gw segitunya sama Apple~ Heuheuheu~

It is my soulmate. Visi dan misi kita sama. Fokus ke problem solving dengan cepat dan mudah, serta offering the best quality. Dia mengerti kebutuhan aku, mengerti aku apa yang aku mau. <3

Perihal status sosial otomatis terangkat ketika punya produk Apple buat gw bonus ajalah. Ga penting2 amat. Yang paling penting buat gw adalah fungsi. 

I don’t think I would ever move to another brand. Selama gw masih bisa afford Apple, gw akan setia sampai kapanpun.

2021 rencananya mau nambah anggota baru my Apple family. Mau beli iPad Pro sama Airpod. Lagi ngumpulin duitnya. Maybe beli pake bonus pertama di kantor baru. Bismillah.

Until then~ Bye folks!
 

No comments:

Post a Comment